Sukses

Cara Menghitung Luas Bangunan, Mulai Metode Konvensional Hingga Pakai Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung luas bangunan adalah sesuatu hal yang penting dan berguna untuk kamu ketahui. Mengetahui cara menghitung luas bangunan akan banyak membantu saat membeli ataupun menjual rumah.

Luas bangunan adalah salah satu faktor utama yang menentukan harga dari suatu rumah atau bangunan tersebut. Dengan menghitung luas bangunan, kamu dapat mengetahui dan memperkirakan harga jual dari properti tersebut.

Selain itu, mengetahui cara menghitung luas bangunan juga akan membantu ketika membangun properti yang dimiliki. Selain membantu untuk membuat rancangan rumah idaman, mengetahui luas bangunan juga bisa membantu untuk memperkirakan jumlah material serta modal yang akan dibutuhkan untuk proses pembangunan properti tersebut. Di samping itu, mengetahui luas bangunan juga akan membantu untuk merancang interior rumah idaman.

Ada berbagai cara menghitung luas bangunan yang bisa digunakan. Kamu bisa menggunakan cara yang tradisional yakni dengan menggunakan rumus-rumus matematika untuk menghitung luas bangunan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantuan berbagai aplikasi untuk menghitung luas bangunan, seperti Excel dan Google Maps.

Berikut ini beberapa cara menghitung luas bangunan yang bisa kamu gunakan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Menghitung Luas Bangunan

1. Menggunakan Rumus Matematika

Cara menghitung luas bangunan yang pertama dan paling konvensional ialah dengan menggunakan rumus matematika. Ada beberapa rumus matematika yang bisa digunakan untuk menghitung luas bangunan propertimu.

Rumus yang digunakan bergantung pada bentuk properti yang hendak kamu hitung. Setiap bentuk harus menggunakan rumus yang berbeda untuk menghitung luas bangunan tersebut. Berikut ini beberapa rumus matematika yang bisa kamu gunakan untuk menghitung luas bangunan.

a. Cara Menghitung Luas Bangunan Persegi Panjang

Menghitung luas bangunan yang berbentuk persegi panjang adalah yang termudah dibandingkan bentuk-bentuk yang lainnya. Apabila bangunan yang ingin anda hitung luasnya berbentuk persegi panjang, anda bisa menggunakan rumus untuk mengukur luas persegi panjang, yaitu:

Luas = panjang x lebar

Apabila rumah anda memiliki panjang 18 meter dan lebar 8 meter maka luasnya adalah:

Luas = 18m x 8m

Luas = 144 meter persegi

b. Cara Menghitung Luas Bangunan Berbentuk Segitiga

Bila properti yang ingin anda ukur berbentu segitiga, anda bisa menggunakan rumus luas segitiga untuk menghitung luas bangunan anda. Tentu saja, setiap bentuk segitiga memiliki rumus perhitungan yang berbeda.

Bila bangunan yang ingin anda ukur memiliki bentuk segitiga siku-siku, anda bisa menggunakan rumus berikut ini:

L = 1/2 x Alas x Tinggi

Contoh : Bila rumah anda memuliki alas 15 meter dan tinggi 10 meter, maka perhitungannya adalah:

L = 1/2 x 15m x 10m

L = 75 meter persegi

Sementara itu, kalau bangunan yang ingin anda ukur berbentuk segitiga sembarang, anda bisa menggunakan rumus:

S = (A+B+C) : 2

L = ✓[S x(S-A) X (S-B) x (S-C)]

S = keliling segitiga

A; B; C; = panjang sisi segitiga

L = luas segitiga

C. Cara Menghitung Luas Bangunan Berbentuk Trapesium

Bila bangunan yang ingin anda hitung berbentuk trapesium, anda bisa menggunakan rumus luas trapesium untuk menghitung luasnya. Rumus luas trapesium adalah

Luas = 1/2 X (Jumlah rusuk sejajar) X Tinggi

Contoh :

Bila rumah anda memiliki bentuk trapesium sama kaki dengan panjang sisi-sisinya 8 meter X 12 meter X 8 Meter X 10 Meter, maka cara untuk menghitungnya ialah:

Luas = 1/2 X (10+12) X 8

Luas = 88 meter persegi

3 dari 3 halaman

Cara Menghitung Luas Bangunan

2. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan Aplikasi

Selain cara konvensional dengan menggunakan rumus matematika, anda bisa menghitung luas bangunan dengan menggunakan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu mengukur luas bangunan anda. Berikut ini beberapa cara menghitung luas bangunan menggunakan aplikasi

a. Cara Mengukur Luas Bangunan Menggunakan Google Maps

Google Maps adalah salah satu aplikasi populer yang banyak digunakan. Aplikasi ini sering digunakan untuk membantu sebagai penunjuk arah. Akan tetapi, anda sebenarnya juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk menghitung luas bangunan. Berikut ini cara menghitung luas bangunan menggunakan Google Maps :

1. Bukalah aplikasi Google Maps menggunakan browser

2. Pilihlah opsi Satelit untuk mengubah tampilan menjadipenampakan satelit, lakukan ini supaya anda bisa melihat kondisi tanah dari atas.

3. Masukkanlah alamat tanah yang akan diukur di kotak pencarian.

4. Jika lokasinya sudah tepat, atur pembesaran maksimal atau sesuai keperluan

5. Pilihlah “Measure distance” atau “Ukur jarak”, lalu klik tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang ingin diukur pada beberapa titik sampai kembali ke titik awal.

6. Google Maps akan menampilkan informasi total area yang menunjukkan luas lahan yang telah dipilih dan juga total distance dalam miles (mi) dan kilometer (km) yang menunjukkan keliling lahan tersebut.

b. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang terkenal. Aplikasi ini bisa membantu kita untuk melakukan perhitungan, termasuk menghitung luas bangunan. Rumus mencari setengah keliling segitiga (S) di excel sama seperti rumus di atas. Jika Anda ingin mencari perhitungan luas, maka rumus yang digunakan sedikit berbeda.Cara menghitung akar pada Microsoft Excel adalah dengan menggunakan rumus = SQRT (angka). Jika sudah didapatkan hasilnya, jumlahkan dengan rumus =SUM (rentang data).

c. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan AutoCAD

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghitung luas bangunan adalah AutoCAD. Lisensi dari aplikasi ini bersifat gratis, sehingga anda bisa menggunakannya dengan bebas. Ada beberapa fungsi yang terdapat dalam aplikasi ini, diantaranya adalah DraftSight. Berikut ini langkah-langkah untuk mengukur luas bangunan menggunakan AutoCAD:

1. Buatlah denah menggunakan garis poly line hingga semua garis saling menyatu.

2. Klik garis yang telah digambar agar semuanya ter-block, Tandanya garis yang semula terlihat lurus berubah menjadi putus-putus.

3. Ketik ‘li’ pada command section, lalu tekan tombol enter pada keyboard dan keluar halaman baru yang menginformasikan area dari tanah yang telah digambar.

Untuk menggunakan aplikasi ini, anda harus benar-benar teliti dalam menggambar denahnya. Bentuk gambar yang salah akan menghasilkan perhitungan yang salah juga.