Sukses

15 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Bantu Pencernaan hingga Cegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ubi jalar didapatkan dari kandungan nutrisinya yang dapat membantu melawan beragam penyakit yang datang menyerang tubuh. Ubi jalar sendiri bukanlah makanan baru dan sangat familiar dengan lidah masyarakat Indonesia.

Dikenal luar oleh masyarakat Indonesia, ubi jalar bisa diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dijadikan bahan tambahan pelengkap menu lain. Makanan ini tidak hanya digemari karena rasanya yang manis dan mengenyangkan, namun juga karena manfaat ubi jalar yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh

Manfaat ubi jalar yang sangat banyak ini, bisa didapatkan karena ubi jalar mengandung lebih dari 40 persen nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-harinya, seperti vitamin A, potassium dan serat. Ubi jalar juga diketahui mengandung kadar gula alami yang baik bagi tubuh.

Kalori yang dikandung oleh ubi jalar juga sangat cukup untuk tubuh sehingga membuat konsumsi ubi jalar sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu ubi jalar juga mengandung sifat anti-inflamasi, anti-diabetes, dan antikanker. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber pada Rabu (20/7/2022) beberapa manfaat ubi jalar bagi kesehatan yang dapat diperoleh dengan konsumsi harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

1. Ubi jalar membantu mencegah kekurangan vitamin A

Manfaat ubi jalar yang pertama adalah membantu mencegah kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A merupakan masalah serius terutama di negara berkembang di seluruh dunia. Dampak kesehatan dari kekurangan vitamin A sangat serius dan dapat mencakup penurunan resistensi terhadap penyakit menular.

Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang sangat penting karena mengandung beta-karoten tingkat tinggi. Beta-karoten ini diubah menjadi vitamin A di hati kita, dimana setiap molekul beta-karoten menghasilkan dua molekul Vitamin A.

 

2. Ubi jalar juga dapat membantu mengelola diabetes

Manfaat ubi jalar yang kedua adalah untuk mengatur diabetes. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ubi jalar dapat meminimalkan terjadinya resistensi insulin dan kadar gula darah rendah, serta gula darah tinggi pada orang yang menderita diabetes.

Indeks glikemiknya yang relatif rendah membuat ubi jalar dapat melepaskan gula ke dalam aliran darah secara perlahan, tidak seperti makanan bertepung lainnya. Pelepasan gula yang stabil inilah yang membantu mengendalikan kadar gula darah individu sehingga tidak turun atau baik tiba-tiba.

Serat dalam ubi jalar juga diduga bermanfaat untuk manajemen diabetes. Ubi jalar adalah makanan berserat tinggi, yang telah terbukti menurunkan kadar gula darah individu yang menderita diabetes tipe I. Selain itu, ubi jalar merupakan sumber magnesium yang penting, yang juga telah terbukti meminimalkan risiko individu terkena diabetes tipe II.

 

3. Ubi jalar dapat membantu mengelola tingkat stres

Manfaat ubi jalar yang ketiga adalah dapat membantu mengelola tingkat stres. Ubi jalar mengandung sejumlah besar magnesium, yang merupakan mineral penting untuk dapat menjalankan fungsi tubuh dengan normal.

Salah satu manfaat magnesium yang paling penting adalah membantu mengurangi stres dan kecemasan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan kekurangan magnesium dalam makanan modern telah menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kasus Depresi yang dilaporkan di seluruh dunia.

 

4. Membantu Meredakan Peradangan

Manfaat ubi jalar yang berikutnya adalah bisa membantu mengatasi peradangan. Ubi jalar mengandung sejumlah besar vitamin, yang sebagian besar memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Studi yang dilakukan pada ubi jalar ungu secara meyakinkan menunjukkan bahwa ekstrak dari varian sayuran ini memiliki kemampuan menghambat produksi komponen inflamasi aktif dalam tubuh.

Selain itu, ubi jalar memiliki konsentrasi kolin yang tinggi, yang merupakan nutrisi yang sangat serbaguna. Salah satu manfaat utama kolin adalah mengurangi respons peradangan dalam tubuh sehingga peradangan berkurang.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak dari ubi jalar ungu mengandung anthocyanin, yang terbukti penting dalam mengurangi dan mencegah peradangan pada sel kanker usus besar serta pengurangan proliferasi sel pada sel kanker tertentu.

 

5. Ubi jalar dapat membantu mencegah kanker

Manfaat ubi jalar selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya kanker. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa ubi jalar berdaging ungu sangat efektif dalam memerangi kanker. Variasi ubi jalar ini memiliki unsur yang mampu menghambat pertumbuhan kanker tertentu yang meliputi kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar dengan menginduksi kematian sel sel kanker tersebut.

Kandungan antosianin yang tinggi pada ubi juga menjadi alasan di balik aktivitas anti-kanker ubi jalar dalam hal kanker lambung dan payudara. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa ekstrak dari bagian yang berbeda dari ubi jalar juga dapat menyebabkan kematian sel pada sel kanker prostat, memastikan bahwa kanker tidak tumbuh dan menyebar ke bagian lain dari prostat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

6. Ubi jalar dapat membantu mencegah bisul

Manfaat ubi jalar lainnya yang masih jarang diketahui adalah untuk mencegah adanya bisul. Bisul terjadi ketika jaringan yang meradang terlepas dari selaput lendir atau dari kulit. Studi pada model hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak metanol dari akar ubi jalar dapat melindungi jaringan gastrointestinal dan mencegah terjadinya bisul.

Banyak studi lainnya yang menunjukan bahwa ekstrak ubi jalar menunjukkan memiliki bahan kimia yang dapat membantu menyembuhkan luka dan borok di perut. Dengan demikian, konsumsi makanan ubi jalar dapat menjadi rencana pengobatan yang efektif terhadap jenis utama bisul termasuk bisul yang diinduksi etanol dan aspirin.

 

7. Ubi jalar dapat membantu meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat ubi jalar yang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Oksidasi dalam tubuh mengakibatkan komplikasi seperti aterosklerosis, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perkembangan sejumlah penyakit kardiovaskular.

Ekstrak daun dari ubi jalar telah diuji dan para ilmuwan menemukan bahwa tingkat polifenol yang tinggi dalam ekstrak daun ubi mampu menekan oksidasi pada manusia dan mengurangi kemungkinan perkembangan penyakit kardiovaskular .

 

8. Ubi jalar mencegah perkembangan bakteri

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah tubuh terinfeksi bakteri. Sejumlah laporan ilmiah telah menyimpulkan bahwa ubi jalar memang memiliki beberapa tingkat aktivitas antimikroba. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ekstrak etanol dan aseton dari daun ubi jalar memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri penyebab pneumonia dan tipus.

Serat dalam ubi jalar juga telah didokumentasikan untuk menghambat pertumbuhan bakteri bawaan makanan. Penelitian lain menemukan bahwa bubuk daun ubi jalar dan ekstraknya juga memiliki antimikroba terhadap bakteri Salmonella typhi , E.coli , dan Klebsiella pneumoniae.

 

9. Ubi jalar dapat membantu memperbaiki rambut dan kulit

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat memperbaiki keseatan rambut dan kulit. Ubi jalar kaya akan vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan atau suplementasi Vitamin E berpotensi meningkatkan jumlah rambut secara signifikan pada individu yang menderita kerontokan rambut.

Vitamin C juga efektif menetralkan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Selain itu, kombinasi Vitamin C dan E secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker kulit pada individu. Vitamin C juga penting dalam sintesis kolagen, yang merupakan protein struktural utama kulit. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa Vitamin C mengandung sifat anti-inflamasi. Artinya, vitamin tersebut dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Selain itu Vitamin A telah terbukti efektif dalam perawatan dan pengelolaan kulit yang rusak akibat sinar matahari. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin ini juga efektif dalam pengobatan kanker kulit bersamaan dengan kemoterapi, dan solusi pengobatan lainnya.

 

10. Ubi jalar baik untuk pencernaan

Manfaat ubi jalar lainnya adalah dapat menjaga pencernaan. Ubi jalar mengandung sejumlah besar serat, yang telah lama dikenal untuk meningkatkan kesehatan usus serta pencernaan . Banyak obat pencahar yang digunakan saat ini terbuat dari serat, artinya konsumsi ubi jalar dapat meningkatkan asupan serat yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari ubi jalar juga dapat membantu mencegah sembelit pada anak-anak dan orang dewasa.

4 dari 4 halaman

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

11. Ubi jalar dapat membantu mengatur tekanan darah

Manfaat ubi jalar yang selanjutnya adalah untuk mengatur tekanan darah. Ubi jalar dapat membantu mengendalikan tekanan darah karena kaya akan magnesium dan potasium. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan kalium yang lebih tinggi menghasilkan penurunan tekanan darah, yang kemudian secara signifikan mengurangi kemungkinan seseorang terkena stroke atau masalah jantung.

 

12. Ubi jalar dapat meningkatkan kesuburan

Manfaat ubi jalar berikutnya adalah untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin A dosis tinggi dalam ubi jalar membuat sayuran ini ideal untuk dikonsumsi oleh wanita usia subur untuk meningkatkan kesuburan mereka. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan infertilitas sekunder pada wanita usia subur.

Ubi jalar juga mengandung dosis zat besi yang sehat, yang merupakan mineral penting dalam meningkatkan kesuburan pada wanita usia subur. Laporan menunjukkan bahwa anemia, atau kekurangan zat besi, adalah penyebab infertilitas di kalangan wanita.

 

13. Ubi jalar penting untuk penglihatan yang baik

Manfaat ubi jalar lainnya adalah baik untuk penglihatan. Ubi jalar mengandung banyak vitamin A, dan kebanyakan dari kita tahu bahwa vitamin A baik untuk penglihatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin sangat penting dalam pembentukan pigmen yang bertanggung jawab untuk penyerapan cahaya.

Selain itu, vitamin A juga penting dalam menjaga struktur retina yang tepat. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, dan dalam beberapa kasus kebutaan. Kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan rabun senja.

 

14. Ubi jalar dapat membantu menjaga berat badan

Manfaat ubi jalar yang umum diketahui adalah untuk menjaga berat badan. Ubi jalar mengandung serat larut dan dapat difermentasi yang meningkatkan rasa kenyang yang cocok untuk orang yang sedang dalam diet untuk mengatur berat badan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu serat makanan larut utama dalam ubi jalar, pektin, efektif dalam mengurangi asupan makanan, mengurangi penambahan berat badan, dan juga meningkatkan aktivitas hormon kenyang dalam tubuh.

Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa asupan serat yang lebih tinggi berkorelasi kuat dengan penurunan berat badan. Peningkatan konsumsi ubi jalar akan mengakibatkan peningkatan asupan serat, yang pada gilirannya akan menyebabkan penurunan berat badan.

 

15. Ubi jalar juga merupakan makanan penambah daya ingat

Manfaat ubi jalar yang adalah untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan daya ingat otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa antosianin yang terkandung dalam ubi jalar ungu memiliki sifat yang dapat meningkatkan memori. Keyakinan yang mendasari di sini adalah bahwa sifat antioksidan dari anthocyanin dalam ubi jalar mampu untuk meningkatkan daya ingat serta memori otak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS