Sukses

26 Manfaat Temu Lawak Untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bantu Kurangi Lemak

Manfaat temu lawak untuk kecantikan dan kesehatan salah satunya membantu samarkan noda hitam.

Liputan6.com, Jakarta Temu lawak adalah salah satu tumbuhan obat yang berasal dari Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Di Indonesia temu lawak banyak digunakan untuk membuat jamu godog. Selain itu, manfaat temu lawak juga bisa diolah menjadi bubur untuk dikonsumsi, karena karbohidrat yang terkandung dalam temu lawak berguna untuk orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.

Tanaman yang dibudidayakan ini sering kita jumpai di daerah pedesaan, baik dataran sedang, maupun di dataran tinggi. Manfaat temu lawak dipercaya mampu meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Hal ini karena temu lawak memiliki kandungan zat tepung, kurkumin juga minyak atsiri.

Manfaat temu lawak juga diketahui mampu menjaga daya tahan tubuh serta memiliki segudang manfaat bagi kecantikan wajah. Manfaat temulawak mampu untuk meremajakan kulit wajah dan bisa dilakukan dengan dua cara yakni mengonsumsi sarinya atau bisa juga dengan menggunakannya sebagai masker.

Berikut ini manfaat temu lawak untuk kecantikan juga kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Temu Lawak Untuk Kecantikan

1. Melembapkan Kulit

Manfaat temu lawak untuk wajah, dapat membantu melembapkan kulit. Wajah yang lembap dan tidak kering merupakan kondisi wajah yang diidamkan oleh banyak orang.

Agar dapat membuat kondisi kulit tetap terjaga dan selalu lembap, serta bisa menggunakan masker temulawak. Berbagai faktor dapat membuat kulit wajah menjadi kering alias tidak lembap akibat terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

2. Meremajakan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah gejala penuaan dan bisa juga membantu meremajakan kulit. Gejala dari penuaan dini yang sudah terlanjur muncul, bisa menggunakan temu lawak. Cukup dengan melakukan perawatan mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat.

3. Atasi Jerawat Membandel

Manfaat temu lawak untuk wanita terutama pada wajah adalah mampu mengatasi yang membandel. Jerawat merupakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicu dari jerawat juga beragam, mulai dari hormon, kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah dan masih banyak lagi.

Untuk sebagian wanita, pada kondisi munculnya jerawat, cukup mengganggu dan meresahkan lantaran selain menimbulkan rasa sakit, juga amat mengganggu penampilan. Kandungan yang ada pada temulawak, memiliki efek anti-inflamasi yang berfungsi meredakan peradangan jerawat dan juga membuat jerawat menjadi lebih cepat kering.

4. Cerahkan Kulit Wajah

Manfaat temu lawak selanjutnya adalah dapat membuat kulit wajah lebih cerah. Temu lawak memiliki khasiat dalam mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Untuk membuatnya menjadi lebih cerah, bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Dikarenakan penumpukan sel kulit mati di wajah adalah satu di antara penyebab dari kulit menjadi lebih kusam juga gelap.

5. Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Halus

Manfaat temu lawak selanjutnya, memiliki khasiat yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Anda bisa menggunakan masker temulawak dengan rutin guna mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar. Kulit wajah akan terlihat terawat serta membuat make up yang digunakan menjadi lebih sempurna.

6. Samarkan Noda Hitam

Manfaat temu lawak, selain membuat kulit lebih halus, khasiat yang selanjutnya mampu menyamarkan noda hitam. Noda hitam pada wajah bisa diakibatkan lantaran sinar matahari  juga radikal bebas, serta bekas jerawat dan gejala penuaan. Agar noda hitam tidak semakin parah, bisa menyamarkannya dengan menggunakan masker yang terbuat dari temu lawak secara rutin.

3 dari 6 halaman

Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

7. Peradangan

Manfaat temu lawak juga berfungsi mengatasi radang, karena kandungan yang dimiliki berupa kurkumin dan minyak esensial memiliki sifat antiinflamasi. Ekstrak temulawak memiliki khasiat yang alami sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Bisa dikonsumsi dengan cara direbus menggunakan air lalu diminum setelah dingin.

8. Nafsu Makan

Manfaat temu lawak selanjutnya, dapat meningkatkan nafsu makan. Hal ini bermanfaat karena temu lawak mampu mengosongkan lambung sehingga akan merasa lebih cepat lapar. Saat memiliki masalah dengan nafsu makan, temu lawak dapat dijadikan sebagai minuman hangat dengan merebusnya menggunakan asam jawa dan gula merah, untuk dikonsumsi.

9. Pencernaan

Manfaat temu lawak untuk kesehatan juga bisa menjaga saluran pencernaan. Serta  merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Temu lawak juga baik untuk orang yang mengalami peradangan usus dan membantu penyembuhan lebih cepat. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung.

10. Fungsi Hati

Temu lawak juga memiliki khasiat untuk organ hati. kandungan kurkumin yang terdapat dalam temu lawak mencegah sel-sel hati berlemak, dan dijadikan obat tradisional bagi para pengidap penyakit hati. Tak heran jika kemudian, temulawak dapat dikonsumsi untuk menghambat proses perkembangan penyakit hepatitis.

11. Maag

Manfaat temu lawak juga bisa membantu menyembuhkan maag. Penyakit maag dapat diatasi dengan temulawak, karena kandungan kurkumin, monoterpen, dan seskuiterpen. Maag dapat disembuhkan secara alami dengan mengonsumsi temulawak secara teratur. Caranya direbus menggunakan air, dan konsumsi secara teratur.

4 dari 6 halaman

Manfaat Temu Lawak Kesehatan

12. Stamina

Temu lawak juga memiliki manfaat dalam meningkatkan stamina tubuh. Kandungan tonikumnya membuat temu lawak berguna untuk kesehatan. Cukup diracik dengan kunyit untuk kemudian dikonsumsi secara teratur.

13. Sistem Imun

Temulawak juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh, karena memiliki kandungan antioksidan. Sistem imun yang terjaga akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya, termasuk infeksi virus, bakteri, dan kuman. Cukup haluskan temu lawak dan tambahkan madu juga air hangat.

14. Kanker

Manfaat temu lawak juga memiliki sifat anti radang sehingga membantu mencegah perkembangan sel-sel yang menjadi pemicu kanker. Manfaat temulawak untuk kesehatan ini dapat mencegah berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan payudara. Dengan mengonsumsi secara teratur, maka sel-sel kanker tidak bisa berkembang dan tubuh akan terhindar dari kanker.

15. Kolesterol

Manfaat temu lawak juga memiliki kandungan kurkumin yang membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Kadar kolesterol yang cukup tinggi dapat menyumbat peredaran darah yang kaya akan oksigen menuju ke jantung dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, satu di antaranya adalah munculnya penyakit jantung. Dengan mengonsumsi temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan terbukti cukup efektif.

16. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan yang terjadi pada persendian. Di mana sendi akan terasa sakit dan kaku. Manfaat temu lawak terkait osteoarthritis juga pernah diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine yang menyatakan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen dan berfungsi mengurangi sakit pada sendi.

5 dari 6 halaman

Manfaat Temu Lawak Kesehatan

17. Kurangi Lemak

Manfaat temu lawak untuk kesehatan sangat berpengaruh dengan metabolisme lipid atau lemak. Metabolisme lemak sendiri merupakan proses penguraian asam lemak untuk menjadi energi tubuh. Dengan mengonsumsi temu lawak, maka kandungan yang dimiliki membantu mengurangi lemak pada tubuh.

18. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat temu lawak selanjutnya juga bisa mengendalikan kadar gula darah pada tubuh. Khasiat temu lawak diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap stabil. Memiliki efek antioksidan dan anti radang yang dapat menekan stres oksidatif dan peradangan, serta meningkatkan efektivitas insulin dalam mengontrol gula darah.

19. Mencegah serangan jantung

Manfaat temu lawak untuk kesehatan juga mencegah serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Kerusakan endotelium membuat peredaran darah tidak lancar sehingga mengalami pembekuan darah. Kandungan kurkumin pada temu lawak memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya peningkatan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

20. Sebagai obat diuretik alami

Manfaat temu lawak juga menjadi obat diuretik secara alami. Zat ini terkandung dapat membersihkan tubuh dari garam berlebih dan merangsang ginjal untuk melepaskan natrium ke urin yang dikeluarkan tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi temu lawak maka dapat mencegah gagal jantung, masalah pada ginjal maupun masalah pada hati.

21. Meringankan nyeri haid

Manfaat temu lawak yang berikutnya selain menjadi obat diuretic alami, juga meringankan nyeri haid. Temu lawak yang dingin, membuat tubuh terasa rileks dan perlahan-lahan nyeri haid akan hilang. Caranya cukup dicampur bersama kunyit lalu direbus untuk diminum selama nyeri haid berlangsung.

6 dari 6 halaman

Manfaat Temu Lawak Kesehatan

22. Mengatasi masuk angin

Perut kembung akibat masuk dapat diatasi dengan mengonsumsi temu lawak.  Temu lawak dapat mampu mengatasi masuk angin karena memiliki kandungan piridoksin yang membantu mencegah masuk angin.

23. Demam

Manfaat temu lawak selain mengatasi masuk angin, bisa juga untuk mengatasi demam. Cukup dengan merebus temu lawak, dan mengonsumsi maka sangat membantu dalam mengatasi demam yang berlebihan pada tubuh.

24. Radang Rahim

Manfaat temu lawak selain mengatasi sembelit, juga membantu mencegah peradangan pada rahim. Dengan mengonsumsi temu lawak secara teratur setelah melahirkan, maka membantu mengurangi peradangan.

25. Dispepsia

Saat mengalami dispepsia, maka konsumsi temu lawak secara teratur agar terhindar dari kondisi tubuh yang tidak nyaman. Diketahui temu lawak memiliki khasiat untuk mengatasi keluhan dispepsia atau rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa penuh.

26. Mengatasi Sakit Jangka Panjang

Manfaat temu lawak selanjutnya, dapat mengatasi sakit jangka Panjang akibat sindrom iritasi. Dengan mengonsumsi temu lawak, maka sakit perut jangka panjang pada usus besar, yang disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar atau IBS dapat teratasi dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.