Sukses

12 Wisata di Klaten, Pesona Alam yang Unik dan Menyenangkan

Pesona wisata di Klaten yang unik juga menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Klaten merupakan salah satu kabupaten yang terletak di antara Solo dan Yogyakarta. Meskipun kecil, tempat ini menyimpan banyak destinasi wisata unik, dan sayang untuk dilewatkan.

Wisata di Klaten ini lebih banyak memiliki tempat dengan sejumlah sejarah juga kebudayaan yang masih kental. Salah satunya Candi Prambanan, Candi Sewu, juga Candi Plaosan.

Selain memiliki tempat bersejarah, wisata di Klaten ini juga tersedia berbagai macam destinasi, mulai dari wisata edukasi, wisata alam juga banyak tempat rekreasi. Saat berada di Klaten, pengunjung akan menemukan tempat mandi yang sangat jernih, hingga wahana yang memacu adrenalin.

Beberapa wisata di Klaten seperti umbul, bisa menjadi rekomendasi tempat wisata untuk mengisi waktu luang bersama keluarga. Tempat wisata yang cukup terjangkau ini menjadi pilihan tepat bagi para wisatawan untuk rehat dari banyaknya aktivitas.

Berikut ini kumpulan wisata di Klaten yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata di Klaten

1. Gondola Girpasang

Wisata di Klaten yang cukup memacu adrenalin para pengunjungnya adalah Gondola Girpasang. Tempat yang awalnya digunakan untuk barang, telah dialih fungsikan menjadi gondola orang. Saat pengunjung datang ketempat ini, akan menyeberangi jurang yang cukup mengerikan. Wahana Gondola yang baru dibangun awal tahun 2021 ini memiliki kapasitas 4 orang. Desain Gondola ini juga dibangun dengan unik bak sangkar burung namun tembus pandang.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai, pemandangan yang tersaji membuat pengunjung yang datang bisa menikmati pemandangan khas pegunungan. Lintasan gondola ini berada 138 meter di atas jurang, dan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung. Jangan takut kelaparan saat berada disini, karena tersedia warung makan, tempat ibadah juga toilet.

2. Deles Indah

Tempat wisata di Klaten berikutnya yang cukup menarik adalah Deles Indah. Tempat yang terletak di Klaten ini memiliki kurang lebih enam objek wisata dalam satu tempat. Dengan tiket masuk sekitar Rp5.000 pengunjung sudah bisa mengunjungi Pesanggrahan Pakubuwono X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, Taman Ngajaran, Bukit Pring Cendani, Goa Sapuangin.

3. Batu Kapu

Tempat wisata di Klaten bisa dikunjungi adalah Watu Kapu. Saat berada di tempat wisata ini, pengunjung seolah memacu adrenalin karena tersedia arum jeram sebagai aktivitas utama yang bisa diakses saat berada disini. Akan tetapi tempat ini akan seru bila pengunjung menikmati aktivitas yang menantang ini lengkap dengan segala perlengkapannya.

Tempat wisata di Klaten ini berada tepatnya di Jalan Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, Kecamatan Polanharjo. Pengunjung bisa mengakses tempat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

3 dari 5 halaman

Wisata di Klaten

4. Umbul Ponggok

Tempat wisata di Klaten yang cukup populer juga menawarkan pemandangan indah adalah Umbul Ponggok. Tempat ini berlokasi di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Wisata di Klaten ini terkenal karena memiliki kolam mata air alami, yang dulunya digunakan sebagai penampungan air pabrik gula dan perkebunan. Mata air yang berada di Umbul Ponggok membentuk kolam dengan ukuran panjang 70 m dan lebar 40 m.

Saat berada di tempat ini, pengunjung akan menikmati wahana air yang bisa digunakan untuk snorkeling dan diving. Umbul Ponggok merupakan wahana air pertama di Indonesia karena memiliki kolam mata air alami. Tempat ini tidak pernah sepi, selalu dikunjungi oleh para pelancong dari berbagai daerah. Cukup dengan Rp 15.000, pengunjung sudah bisa untuk menikmati keindahan Umbul Ponggok.  

5. Rowo Jombor

Salah satu wisata di Klaten yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, adalah Rowo Jombor. Tempat wisata ini terdapat sebuah rawa yang cukup luas dengan air yang bersih. Saat ini, selain digunakan sebagai saluran irigasi dan untuk memelihara ikan, tempat ini juga digunakan sebagai restoran. Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan area karaoke, area bermain anak, alat pancing, mushola, dan lainnya.

6. Umbul Manten

Umbul Manten merupakan wisata di Klaten yang cukup terkenal karena memiliki mata air yang jernih serta mempesona jika diabadikan dengan kamera. Tempat yang terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah ini, memiliki cerita unik dibalik penamaannya.

Konon pada zaman dahulu ada sepasang pengantin baru yang dilarang keluar setelah maghrib. Hingga 40 hari setelah pernikahan oleh orang tua mereka, namun keduanya melanggar perintah dan akhirnya menghilang. Lokasi menghilangnya sepasang pengantin tersebut tidak jauh dari mata air yang hingga kini disebut sebagai Umbul Manten oleh warga setempat.

 

4 dari 5 halaman

Wisata di Klaten

7. Umbul Kapilaler

Tempat wisata di Klaten berikutnya yang bisa diakses oleh pengunjung secara gratis adalah Umbul Kapiler. Tempat ini adalah wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi tanpa memikirkan biaya. Tempat wisata yang unik serta menarik ini, terletak di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Tempat ini dihiasi oleh beringin juga bebatuan besar, sehingga pengunjung yang mandi, tidak akan kepanasan malah sebaliknya akan betah untuk menikmati air yang jernih dan segar.

8. Umbul Nilo

Umbul Nilo adalah wisata di Klaten yang unik juga mengagumkan. Wisata Umbul Nilo ini memiliki daya tarik yang cukup unik untuk dinikmati para pengunjung. Tempat ini memiliki kualitas air paling bersih, jernih dan segar. Tempat yang berlokasi di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah ini masih sangat alami juga asri. Bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari banyaknya aktivitas, bisa langsung berkunjung ke Umbul Nilo.

9. Umbul Cokro

Tempat wisata di Klaten yang wajib di kunjungi adalah Umbul Cokro. Tempat ini dikenal karena memiliki Waterboom Cokro. Wisata air ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti water sliding, kolam, dan taman air. Wisata ini berlokasi di tepi aliran Kali Busur di Kecamatan Tulung, Klaten. Kamu bisa menikmati keindahan tempat ini sambil mencoba wahana air yang tersedia.

5 dari 5 halaman

Wisata di Klaten

10. Candi Sewu

Wisata di klaten yang terbaru dan cukup populer di kalangan masyarakat adalah Candi Sewu. Tempat wisata ini memiliki nilai sejarah yang sarat akan banyak informasi tentang berbagai candi. Jumlah candi yang ada sekitar 249 candi dengan satu candi utama, delapan candi pengapit serta 240 candi perwara.

Tempat ini menjadi destinasi yang wajib untuk dikunjungi bersama dengan keluarga, juga sahabat dan kerabat. Susunan candi ini cukup simetris dengan candi utama berada di tengah serta dikelilingi oleh candi pengapit dan candi prawara pada keempat sisinya.

11. Candi Prambanan

Tempat wisata di Klaten yang liburan di Klaten yang sangat populer juga terkenal hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan. Tempat yang terletak di perbatasan antara Klaten dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat yang menyajikan wisata sejarah dengan bangunan yang cukup ikonik.

Di Candi Prambanan juga selalu rutin diadakan Sendratari Ramayana pada hari-hari tertentu yang semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana, juga diadakan konser musik setiap setahun sekali bahkan bisa lebih.

12. Candi Plaosan

Salah satu objek wisata Klaten ini juga cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal juga mancanegara. Candi bercorak Buddha ini sering digunakan untuk acara doa saat perayaan Waisak. Tempat ini diperkirakan berdiri pada abad ke-9 Masehi oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Candi ini dikelilingi oleh arca Buddha dan stupa-stupa yang berada di sekitar sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.