Sukses

20 Cara Memulai Pola Hidup Sehat Menurut WHO, Bebas dari Penyakit

Kumpulan cara memulai pola hidup sehat, hidup menjadi lebih berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara memulai pola hidup sehat adalah langkah tepat untuk menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik dan berkualitas. Cara memulai pola hidup sehat, tidak cukup dengan menghindari konsumsi alkohol, menghindari rokok, dan makan tiga kali sehari.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) dalam keterangan tertulisnya, mengupdate cara memulai pola hidup sehat. Ada 20 cara memulai pola hidup sehat yang harus segera dipraktikkan. Bagaimana cara memulai pola hidup sehat tersebut?

Cara memulai pola hidup sehat adalah dimulai dengan memperhatikan seimbangnya konsumsi makanan sehari-hari, menghindari alkohol, hingga rokok. Kemudian aktif secara fisik, mendapat vaksinasi, melakukan tes kesehatan mandiri rutin, hingga melakukan hubungan seks aman.

Memperhatikan suasana hati dan ketenangan pikiran juga bagian terpenting dari cara memulai pola hidup sehat. Saat sedang merasa sedih, jangan ragu untuk mengatakannya kepada orang yang dipercaya atau profesional kesehatan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam dua puluh cara memulai pola hidup sehat menurut WHO, Kamis (21/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Memulai Pola Hidup Sehat

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara memulai pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat. Cara memulai pola hidup sehat yang dimaksud, kombinasikan antara konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

“Orang dewasa harus makan setidaknya lima porsi (400g) buah dan sayuran per hari,” dijelaskan.

Cara memulai pola hidup sehat adalah wajib meningkatkan asupan buah dan sayuran, selalu memasukkan sayuran ke dalam menu makan sehari-hari. Kemudian cara memulai pola hidup sehat, makan buah dan sayuran segar sebagai makanan ringan.

“Makan berbagai buah dan sayuran, lalu memakannya pada musimnya,” dijelaskan.

Cara memulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, akan mengurangi risiko kekurangan gizi dan penyakit tidak menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

2. Kurangi Konsumsi Garam dan Gula

Cara memulai pola hidup sehat adalah mulai kurangi konsumsi garam dan gula. Dijelaskan, orang Filipina mengonsumsi dua kali jumlah natrium yang disarankan. Kebiasaan itu menempatkan mereka pada risiko tekanan darah tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

“Kebanyakan orang mendapatkan natrium melalui garam,” dijelaskan.

Mulailah kurangi konsumsi garam sebagai cara memulai pola hidup sehat. Kurangi asupan garam menjadi 5g per hari, setara dengan sekitar satu sendok teh saja. Lebih mudah melakukannya dengan membatasi jumlah garam, kecap, kecap ikan, dan bumbu bernatrium tinggi lainnya.

Di sisi lain, dampak buruk mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Pada orang dewasa dan anak-anak, asupan gula harus dikurangi hingga kurang dari 10% dari total asupan energi.

“Ini setara dengan 50g atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa,” dijelaskan.

WHO merekomendasikan cara memulai pola hidup sehat dengan mengkonsumsi kurang dari 5% dari total asupan energi untuk manfaat kesehatan lebih baik. Kurangi asupan gula dengan membatasi konsumsi makanan ringan manis, permen, dan minuman manis.

3. Kurangi Asupan Lemak Berbahaya

Cara memulai pola hidup sehat adalah kurangi asupan lemak berbahaya. Lemak yang dikonsumsi harus kurang dari 30% dari total asupan energi setiap individu. Cara memulai pola hidup sehat ini, akan membantu mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat dan PTM (Penyakit Tidak Menular).

“Ada berbagai jenis lemak, tetapi lemak tak jenuh lebih baik daripada lemak jenuh dan lemak trans,” dijelaskan.

WHO merekomendasikan cara memulai pola hidup sehat, dengan mengurangi lemak jenuh hingga kurang dari 10% dari total asupan energi. Kemudian mengurangi lemak trans hingga kurang dari 1% dari total asupan energi. Lalu mengganti lemak jenuh dan lemak trans menjadi lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi sebagai cara memulai pola hidup sehat, bisa ditemukan pada kombinasi ikan, alpukat, dan kacang-kacangan. Kemudian kombinasi bunga matahari, kedelai, kanola, dan minyak zaitun.

Waspadai, lemak jenuh ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa sawit serta kelapa, krim, keju, ghee dan lemak babi. Sementara lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan digoreng, serta makanan ringan dan makanan yang dikemas sebelumnya, seperti pizza beku, kue kering, biskuit, serta minyak goreng dan olesan.

4. Hindari Konsumsi Alkohol

Cara memulai pola hidup sehat adalah hindari konsumsi alkohol. WHO mengatakan tidak ada tingkat aman untuk minum alkohol. Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan mental dan perilaku, termasuk ketergantungan alkohol.

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko penyakit sirosis hati, beberapa jenis kanker dan penyakit jantung, serta cedera akibat kekerasan dan bentrokan dan tabrakan di jalan karena pengaruh alkohol.

5. Jangan Merokok

Cara memulai pola hidup sehat adalah jangan merokok dan berhentilah merokok. Merokok tembakau menyebabkan PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti penyakit paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Tembakau membunuh tidak hanya perokok langsung tetapi bahkan non-perokok melalui paparan tangan kedua.

“Saat ini, ada sekitar 15,9 juta orang dewasa Filipina yang merokok tembakau tetapi 7 dari 10 perokok tertarik atau berencana untuk berhenti,” diungkap.

Jika saat ini masih menjadi perokok, belum terlambat untuk berhenti. Setelah melakukannya sebagai cara memulai pola hidup sehat, rasakanlah manfaat kesehatan langsung dan jangka panjangnya. Jika bukan perokok, itu bagus! Jangan mulai merokok dan perjuangkan hak untuk menghirup udara bebas asap rokok.

3 dari 5 halaman

Cara Memulai Pola Hidup Sehat

6. Aktif Secara Fisik

Cara memulai pola hidup sehat adalah selalu aktif secara fisik. Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan pengeluaran energi.

Ini termasuk olahraga dan aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi.

Jumlah aktivitas fisik yang dibutuhkan sebagai cara memulai pola hidup sehat, tergantung pada kelompok usia. Orang dewasa berusia 18-64 tahun harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas (sedang) sepanjang minggu.

“Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang menjadi 300 menit per minggu untuk manfaat kesehatan tambahan,” dijelaskan.

7. Periksa Tekanan Darah Teratur

Cara memulai pola hidup sehat adalah memeriksakan tekanan darah secara teratur. Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebut sebagai silent killer. Ini karena banyak orang menderita hipertensi tidak menyadari masalah ini karena mereka tidak merasakan gejala apa pun.

“Jika dibiarkan, hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya,” dijelaskan.

Periksakan tekanan darah secara teratur sebagai cara memulai pola hidup sehat, kepada ahlinya. Jika tekanan darah tinggi, dapatkan saran dari petugas kesehatan untuk mulai mengontrolnya. Cara memulai pola hidup sehat ini penting dalam pencegahan dan pengendalian hipertensi.

8. Melakukan Tes Kesehatan Sendiri

Cara memulai pola hidup sehat adalah melakukan tes kesehatan sendiri. Melakukan tes sendiri memungkinkan mengetahui masalah terkait HIV, hepatitis B, infeksi menular seksual (IMS), dan tuberkulosis (TB).

“Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian,” dijelaskan.

Mengetahui status kesehatan hari ini, akan menjadikan seseorang mencari tahu cara memulai pola hidup sehat agar terhindar dari masalahnya lagi. Pergi ke fasilitas kesehatan publik atau swasta, di mana pun merasa nyaman, untuk memeriksakan diri.

9. Mendapatkan Vaksinasi

Cara memulai pola hidup sehat adalah mendapatkan vaksinasi. Vaksinasi adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit. Vaksin bekerja dengan pertahanan alami tubuh untuk membangun perlindungan terhadap penyakit.

Terutama penyakit seperti kanker serviks, kolera, difteri, hepatitis B, influenza, campak, gondok, pneumonia, polio, rabies, rubella, tetanus, tipus, dan demam kuning.

10. Melakukan Seks yang Aman

Cara memulai pola hidup sehat adalah melakukan hubungan seks yang aman. Menjaga kesehatan seksual penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Lakukan seks aman sebagai cara memulai pola hidup sehat, tepatnya untuk mencegah HIV dan infeksi menular seksual lainnya seperti gonore dan sifilis.

Dijelaskan, ada tindakan pencegahan yang tersedia seperti profilaksis pra pajanan (PrPP) yang akan melindungi seseorang dari HIV dan kondom yang akan melindungi seseorang dari HIV dan IMS lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Memulai Pola Hidup Sehat

11. Tutup Mulut Saat Batuk atau Bersin

Cara memulai pola hidup sehat adalah menutup mulut saat batuk dan bersin. Mengapa ini penting? Penyakit seperti influenza, pneumonia, dan TBC ditularkan melalui udara.

Ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, agen infeksi dapat ditularkan ke orang lain melalui tetesan udara.

Ketika merasa batuk atau bersin datang, cara memulai pola hidup sehat adalah pastikan telah menutup mulut dengan masker wajah atau menggunakan tisu kemudian membuangnya dengan hati-hati.

“Jika tidak memiliki tisu saat batuk atau bersin, tutupi mulut sebanyak mungkin dengan lekukan (atau bagian dalam) siku,” dijelaskan.

12. Mencegah Gigitan Nyamuk

Cara memulai pola hidup sehat adalah mencegah gigitan nyamuk. Nyamuk adalah salah satu hewan paling mematikan di dunia. Penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, malaria dan filariasis limfatik ditularkan oleh nyamuk dan terus mempengaruhi orang Filipina.

Cara memulai pola hidup sehat adalah cobalah langkah sederhana untuk menghindari gigitan nyamuk ini. Jika bepergian ke daerah yang diketahui memiliki penyakit bawaan nyamuk, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan vaksin atau menggunakan lotion anti nyamuk.

Kemudian, kenakan kemeja dan celana lengan panjang berwarna terang dan gunakan obat nyamuk. Di rumah, gunakan tirai jendela dan pintu, gunakan kelambu dan bersihkan lingkungan setiap minggu untuk menghancurkan tempat perkembangbiakan nyamuk.

13. Ikuti Peraturan Lalu Lintas

Cara memulai pola hidup sehat adalah selalu ikuti peraturan lalu lintas. Kecelakaan di jalan merenggut lebih dari satu juta nyawa di seluruh dunia dan jutaan lainnya terluka. Cedera lalu lintas jalan dapat dicegah melalui berbagai tindakan yang diterapkan oleh pemerintah.

Mulai dari undang-undang dan penegakan hukum yang kuat, infrastruktur dan standar kendaraan yang lebih aman, dan peningkatan perawatan pasca-kecelakaan.

Cara memulai pola hidup sehat adalah perhatikan penggunaan sabuk pengaman untuk orang dewasa dan pengaman untuk anak-anak, mengenakan helm saat mengendarai sepeda motor atau sepeda, tidak minum dan mengemudi, dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara atau menyetir.

14. Hanya Minum Air Aman

Cara memulai pola hidup sehat adalah pastikan hanya minum air yang aman. Minum air yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit yang terbawa air seperti kolera, diare, hepatitis A, tipus, dan polio.

“Secara global, setidaknya 2 miliar orang menggunakan sumber air minum yang terkontaminasi tinja,” dijelaskan.

Dalam situasi di mana seseorang tidak yakin dengan sumber air, rebus air setidaknya selama satu menit. Ini akan menghancurkan organisme berbahaya di dalam air. Biarkan dingin secara alami sebelum diminum.

15. Menyusui Bayi dari Usia 0 - Usia 2 Tahun ke Atas

Cara memulai pola hidup sehat adalah bagi wanita jangan ragu untuk menyusui bayi dari usia 0 sampai usia 2 tahun ke atas. Menyusui adalah cara terbaik untuk memberikan makanan yang ideal untuk bayi baru lahir dan bayi.

WHO merekomendasikan agar ibu memulai menyusui dalam waktu satu jam setelah kelahiran. Menyusui selama enam bulan pertama sangat penting bagi bayi untuk tumbuh sehat.

Disarankan agar menyusui dilanjutkan hingga dua tahun dan lebih. Selain bermanfaat bagi bayi, menyusui sebagai cara memulai pola hidup sehat juga baik untuk ibu karena mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium, diabetes tipe II, dan depresi pascapersalinan.

5 dari 5 halaman

Cara Memulai Pola Hidup Sehat

16. Berbicara dengan Seseorang yang Dipercaya Saat Sedih

cara memulai pola hidup sehat adalah jangan ragu untuk berbicara dengan seseorang yang dipercaya saat merasa sedih. Depresi adalah penyakit umum di seluruh dunia dengan lebih dari 260 juta orang terkena.

Depresi dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, ini akan membuat seseorang merasa putus asa atau tidak berharga. Begitu pula membuat seseorang selalu memikirkan pikiran negatif dan mengganggu menjadi rasa sakit luar biasa.

Jika mengalami ini, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Bicaralah dengan seseorang yang dipercayai seperti anggota keluarga, teman, kolega, atau profesional kesehatan mental tentang perasaan yang sebenarnya.

17. Minum Antibiotik Sesuai Resep

Cara memulai pola hidup sehat adalah konsumsilah antibiotik sesuai dengan resep dokter atau apoteker. Resistensi antibiotik adalah salah satu ancaman kesehatan masyarakat terbesar di generasi kita.

Ketika antibiotik kehilangan kekuatannya, infeksi bakteri menjadi lebih sulit untuk diobati, yang menyebabkan biaya medis yang lebih tinggi, rawat inap yang lebih lama, dan peningkatan kematian.

“Antibiotik kehilangan kekuatannya karena penyalahgunaan dan penggunaan berlebihan pada manusia dan hewan,” dijelaskan.

Cara memulai pola hidup sehat, pastikan hanya minum antibiotik jika diresepkan oleh profesional kesehatan yang berkualifikasi. Lalu setelah diresepkan, selesaikan hari perawatan atau konsumsinya seperti yang diinstruksikan. Jangan pernah berbagi antibiotik atau membaginya dengan orang lain.

18. Bersihkan Tangan dengan Benar

Cara memulai pola hidup sehat adalah bersihkan tangan dengan benar. Kebersihan tangan sangat penting tidak hanya untuk petugas kesehatan, tetapi untuk semua orang. Tangan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit menular.

Cara memulai pola hidup sehat adalah harus cuci tangan menggunakan sabun dan air ketika tangan terlihat kotor. Bisa pula, cara memulai pola hidup sehat dengan menggosok tangan menggunakan produk berbasis alkohol.

19. Menyiapkan Makanan dengan Benar

Cara memulai pola hidup sehat adalah pastikan untuk menyiapkan makanan dengan benar. Makanan tidak aman yang mengandung bakteri, virus, parasit atau zat kimia berbahaya, menyebabkan lebih dari 200 penyakit – mulai dari diare hingga kanker.

“Saat membeli makanan di pasar atau toko, periksa label atau produk sebenarnya untuk memastikan aman untuk dimakan,” dijelaskan.

Jika menyiapkan makanan atau hendak memasak, cara memulai pola hidup sehat pastikan mengikuti Lima Kunci Makanan yang Lebih Aman:

- Jaga kebersihan

- Pisahkan bahan mentah dan matang

- Masak hingga matang

- Menjaga makanan pada suhu yang aman

- Menggunakan air dan bahan baku yang aman

20. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Cara memulai pola hidup sehat adalah lakukan pemeriksaan yang rutin. Pemeriksaan rutin dapat membantu menemukan masalah kesehatan sebelum menjadi lebih parah.

Profesional kesehatan dapat membantu menemukan dan mendiagnosis masalah kesehatan lebih awal, ini baik untuk penyembuhan.

Cara memulai pola hidup sehat adalah kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksa diri. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan yang dapat diakses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.