Sukses

30 Destinasi Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi, Keindahan Alamnya Mengagumkan

Destinasi wisata di Bali terdiri dari pantai, budaya, alam hijau, dan tempat-tempat seru lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata di Bali sudah terkenal di mancanegara sebagai destinasi yang indah dan begitu lengkap. Dari wisata alam yang keindahannya tidak dapat kamu temukan di daerah lainnya, hingga wisata kebudayaan yang tentunya hanya ada di daerah ini bisa kamu jadikan destinasi liburan pilihan.

Bali menjadi destinasi wisata yang selalu akan disebut saat mendengar nama Indonesia, apalagi bagi wisatawan mancanegara. Tidak hanya pantai, budayanya yang masih kental juga menjadi daya tarik tersendiri orang-orang ke Bali.

Destinasi wisata di Bali terdiri dari pantai, budaya, alam hijau, dan tempat-tempat seru lainnya. Selain menikmati keindahan alam yang begitu memesona, kamu juga bisa menikmati berbagai aktivitas yang disediakan di tempat wisata tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022) tentang destinasi wisata di Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Destinasi Wisata di Bali

Nusa Penida

Nusa Penida merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang sangat populer akhir-akhir ini. Keindahan alamnya yang begitu memanjakan mata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin melepas penat kehidupan. Ada beberapa tempat wisata di Nusa Penida yang saat ini sangat terkenal, seperti pantai Kelingking, Broken Beach, Angel’s Billabong, hingga pantai Atuh Nusa Penida.

Pura Tanah Lot

Destinasi wisata di Bali selanjutnya adalah Pura Tanah Lot. Pura Tanah Lot memiliki keunikan yaitu terdapat pura di atas sebuah karang di pinggir laut. Pura Tanah Lot terdiri dari dua buah pura yang merupakan pura tempat memuja dewa laut dan sering digunakan untuk acara-acara adat oleh masyarakat Bali.

Masyarakat yang biasanya melakukan prosesi adat, akan ke sana jika saat air laut surut. Karena saat air laut pasang, di sekitar pura akan dikelilingi oleh air laut dan pura tidak bisa di datangi. Satu hal yang unik dari pura ini adalah terdapat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot.

Jatiluwih

Bali terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah, dan kamu bisa mengunjungi Jatiluwih untuk menikmati pemandangan persawahan khas Bali yang begitu memukau. Jatiluwih termasuk dalam daftar destinasi wisata di Bali yang bisa kamu eksplor. Terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Jatiluwih yang berada di bagian utara kota Tabanan, Bali ini menyuguhkan pemandangan sawah dengan pengairan subak dan udara yang sejuk.

Desa Wisata Penglipuran

Mengunjungi Desa Wisata Penglipuran yang terletak di Bali bisa jadi alternatif destinasi wisata di Bali selain pantai. Desa Wisata Penglipuran terkenal karena masih berisi adat Bali yang sangat kental. Hal ini terlihat dari bangunan rumah yang hampir semuanya masih menggunakan arsitektur tradisional. Udaranya yang sejuk membuat wisatawan betah mengunjungi Desa Wisata Penglipuran.

Joger

Selain Krisna, wisata belanja yang tak kalah populer adalah Joger. Joger menawarkan beragam bentuk oleh-oleh seperti kaos, sandal, mug, dan lainnya dengan kata-kata unik khas Joger. Joger bahkan dijuluki sebagai pabrik kata-kata di Bali.

Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang sangat terkenal dengan keindahannya. Tempat ini juga terkenal dengan aktivitas water sports seperti parasailing, jet ski, banana boat, rolling donut, snorkeling dan masih banyak lagi pilihan lainnya. 

3 dari 6 halaman

Destinasi Wisata di Bali

Menonton Tari Kecak di Uluwatu

Uluwatu merupakan sebuah pura yang letaknya berada di ujung bukit yang sangat tinggi. Salah satu kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini adalah menonton tari kecak dengan latar belakang sunset yang sangat indah.

Biasanya kamu akan diminta membeli atau memesan tiket menonton tari kecak dulu beberapa jam sebelum dimulai karena tiketnya terbatas. Pokoknya jangan sampai terlewatkan tidak menonton tari kecak di Uluwatu saat sunset tiba karena kamu pasti akan sangat menyesal.

Pura Ulun Danu

Nama Pura Ulun Danu menjadi tersohor karena menjadi gambar di bagian belakang uang kertas Rp 50.000 dengan gambar pahlawan I Gusti Ngurah Rai di baliknya. Kamu bisa mengunjungi Pura Ulun Danu sebagai alternatif destinasi wisata di Bali selain pantai. Terletak di Bedugul, tentu saja pura ini memiliki udara yang sejuk dengan pemadangan yang menenangkan.

Ubud

Destinasi wisata di Bali yang wajib dikunjungi selain pantai yaitu Ubud. Ubud menyediakan wisata budaya dan kesenian di Bali. Suasana pedesaan, hingga persawahan yang masih luas dan hijau, akan memanjakan matamu dan membuat fikiranmu menjadi segar kembali.

Banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan di Ubud, seperti bersepeda, menonton kesenian Bali, Ayung rafting, menonton tari kecak, pergi ke monkey forest, hingga wisata oleh-oleh khas Bali di pasar seni Ubud.

Ubud juga terkenal akan tempat penginapan yang menyajikan pemandangan pedesaan dan pemandangan alam yang menyejukkan. Berbagai pilihan disediakan di sini mulai dengan harga yang paling murah hingga yang paling mahal.

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain - lain.

Pantai Sanur

Sanur adalah salah satu nama Pantai yang ada di daerah Bali Selatan. Sanur juga menjadi awal perkembangan pariwisata di Bali Selatan. Destinasi wisata di Bali ini menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk pencinta ketenangan. Suasana pantai Sanur memang lebih tenang dengan deru ombak dan angin tidak terlalu kencang.

Di sepanjang bibir pantai terdapat pasir putih yang luas dan kursi-kursi yang siap memanjakan tubuhmu untuk menikmati suasana pantai asri nan sejuk karena masih banyaknya pepohonan. Di Sanur, kamu bisa menikmati pemandangan bawah lautnya karena memang keadaan laut di sini cukup tenang dengan ekosistem yang masih bersih dan beragam.

Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba berada di Kendran, Tegalalang, Gianyar. Tempat wisata di Ubud ini masih tergolong jarang dikunjungi wisatawan. Air terjun terpencil ini menawarkan suasana tenang yang cocok bagi mereka yang ingin bersantai setelah melewati hari yang melelahkan.

4 dari 6 halaman

Destinasi Wisata di Bali

Bukit Campuhan

Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah, sebagai tempat wisata unik di Bali. Hamparan rumput hijau dan pepohonan bisa kamu nikmati dengan menyusuri jalan setapak yang panjangnya mencapai 2 kilometer. Biasanya wisatawan suka berjalan kaki, bersepeda, atau jogging untuk menikmati indahnya bukit Campuhan ini.

Selain itu, bukit Campuhan ini merupakan salah satu tempat untuk melihat sunrise terbaik di Bali. Untuk mendapati keindahan sunrise dari sini, kamu perlu datang pagi-pagi setelah subuh. Atau kalau memang tidak sempat, kamu masih bisa menyaksikan keindahan sunset yang tidak kalah bagusnya. Jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, karena di area ini tidak terdapat penjual makanan atau minuman. Selain itu, jangan membuang sampah di sembarang tempat karena lokasi ini merupakan tempat suci.

Pura Tirta Empul

Selain Pura Ulun Danu, ada pula Pura Tirta Empul yang belakangan ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Di Pura Tirta Empul terdapat kolam persegi panjang dengan 30 pancuran yang sering digunakan masyarakat Bali untuk menyucikan diri. Pura Tirta Empul terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

Bajra Sandhi Renon

Destinasi wisata di Bali bertema sejarah yang juga sangat terkenal adalah Bajra Sandhi Renon. Monumen Bajra Sandhi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Monumen ini dibangun untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali ke generasi mendatang.

Sawah Terasering Tegalalang

Wisata di Ubud yang wajib dikunjungi adalah Sawah Terasering Tegalalang. Terasering di Tegalalang sangat unik, karena lerengnya yang sangat miring. Sawah di kawasan ini berundak-undak dengan warna hijau yang sangat asri.

Candi Tebing Gunung Kawi

Candi Tebing Gunung Kawi merupakan situs purbakala yang dilindungi di Bali. Destinasi wisata di Bali ini berada di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Candi Tebing Gunung Kawi merupakan bangunan candi yang dibangun dari pahatan dinding tebing batu di tepi sungai.

Goa Gajah

Goa Gajah merupakan gua buatan yang berfungsi sebagai tempat ibadah. Gua ini berada di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Sebutan Gua Gajah mungkin berasal dari pahatan wajah raksasa di atas mulut gua, yang dianggap menyerupai muka gajah.

5 dari 6 halaman

Destinasi Wisata di Bali

Pantai Kuta

Salah satu destinasi wisata di Bali yang wajib dikunjungi adalah Pantai Kuta. Pantai Kuta Bali menjadi tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi karena keindahan dan suasananya yang sangat berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Meskipun sudah terkenal, dan banyak dikunjungi.

Pantai Kuta Bali tidak pernah memberikan kesan membosankan, bahkan membuat pengunjungnya ingin kembali lagi ke sana. Jika kamu ingin pergi ke Pantai Kuta Bali, datanglah saat waktu menjelang sore hari. Kamu bisa menyaksikan matahari terbenam dengan jelas. Ombak yang ada di Pantai Kuta juga cocok untuk kamu peselancar pemula yang sedang belajar berselancar.

Krisna

Menyoal belanja di Bali, siapa yang tak kenal Krisna. Krisna merupakan pusat oleh-oleh terbesar yang ada di Bali. Krisna Oleh Oleh Bali tersebar di banyak titik di Pulau Bali dan menjadi tujuan para wisatawan untuk mencari oleh-oleh khas Bali.

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran merupakan destinasi wisata di Bali yang tidak boleh dilewatkan dari daftar kunjungan liburan kamu. Apalagi bagi kamu yang sangat menyukai wisata kuliner. Tempat ini dikenal sebagai lokasi untuk menyantap makan malam berupa hidangan seafood yang lezat dan segar. Harga berbagai makanan di tempat ini juga tidak terlalu menguras kantong.

Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang merupakan sebuah ngarai yang berada di wilayah desa guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Hidden Canyon Beji Guwang menjadi istimewa karena aliran sungai yang diapit dua tebing yang menjulang tinggi. Wisata alam satu ini bisa dibilang cukup menantang namun akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler.

Seperti namanya, Hidden Canyon Beji Guwang merupakan tempat yang cukup tersembunyi. Untuk dapat menikmati keindahan Hidden Canyon Beji Guwang cukup membayar tiket masuk Rp 15.000. Disediakan pula pemandu wisata yang bisa memandu Anda menyusuri kawasan ini.

Air Terjun Kanto Lampo

Destinasi wisata di Bali selanjutnya adalah air terjun Kanto Lampo. Air terjun Kanto Lampo ini merupakan air terjun buatan yang tidak sengaja terbentuk. Saluran irigasi desa Beng setempat jebol yang menyebabkan dinding batuan bekas pengalian paras di bawahnya dialiri dengan air terjun yang deras. Karena kejadian itu, terbentuklah air terjun Kanto Lampo.

Savana Tianyar

Tak cuma pantai dan pegunungan yang eksotis, di Bali kamu juga dapat menemukan padang savana yang menarik mata. Berlatar belakang Gunung Agung, Savana Tianyar menawarkan suasana savana seperti di Afrika. Hamparan rumput yang luas dengan pemandangan perbukitan menjadikan Savana Tianyar sebagai lokasi wisata alternatif saat menugnjung pulau Dewata.

Suasana savana makin indah saat musim kemarau karena rumput akan menguning. Tak jarang hewan ternak seperti sapi dan kuda dibiarkan berkeliaran membuat susana savana makin alami dan memesona. Savana Tianyar berada di wilayah Desa Tianyar di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem.

6 dari 6 halaman

Destinasi Wisata di Bali

Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana atau yang biasa disebut dengan GWK memang bukan tergolong wisata Bali terbaru. Taman budaya yang terletak di Ungasan, Kabupaten Badung, Bali ini menawarkan warisan budaya Indonesia yang mewah dengan ikon budaya nomor satu di Bali, Patung Garuda Wisnu Kencana.

Patung Garuda Wisnu Kencana adalah lambang Dewa Wisnu yang menunggangi Garuda agung sebagai sahabatnya. Patung GWK mulai digagas pada tahun 1989 dan selesai pembangunannya pada September 2018 lalu. Kini Pengunjung baik lokal maupun mancanegara bisa menikmati kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana secara utuh dan sebagai destinasi wisata di Bali terbaru.

Pura Besakih

Pura Besakih merupakan pura terbesar umat Hindu yang berdiri kokoh di kaki Gunung Agung. Dapat dikatakan Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh pura yang ada di Pulau Bali. Tidak hanya kental dengan suasana religius, pemandangan di Pura Besakih juga sangat indah dengan latar belakang Gunung Agung.

Bali Safari And Marine Park

Destinasi wisata di Bali selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Bali Safari and Marine Park. Tempat ini menjadi tempat penangkaran bagi hewan-hewan yang rawan punah. Konsep dari Bali Safari and Marine park ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman bersafari dimulai dari daerah Bali Modern dan kemudian masuk ke daerah Bali kuno yang memberikan beberapa edukasi seputar sejarah, mitos, filosofi, dan lainnya yang berhubungan dengan kehidupan liar.

Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari berlokasi di Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar. Pasar Kumbasari adalah salah satu pasar terbesar di Denpasar yang menjual beraneka ragam alat seni dan bahan pokok makanan. Pasar ini buka 24 jam. Di malam hari, pasar ini menjual beragam pernak pernik khas Bali. Produk yang dijual di antaranya kerajinan perak, batik Bali, aksesoris dan pernak pernik khas Bali, patung, makanan, hingga lukisan.

Pantai Pandawa

Jika liburan keluarga bersama anak-anak, pantai Pandawa wajib kamu kunjungi. Pantai ini diberi nama pantai Pandawa karena pada tebing karang menuju akses masuk ke area pantai terdapat patung dari panca Pandawa. Saat ini, pantai Pandawa menjadi destinasi populer di pulau Bali terutama untuk wisatawan Indonesia. Daya tarik utama dari pantai Pandawa terdapat pada bentangan pasir putih sekitar 1 kilometer. Ombak di pantai Pandawa sangat tenang, sehingga sangat aman untuk anak-anak berenang.

Air Terjun Tegenungan Kemenuh

Air terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Air terjun memiliki ketinggian 15 meter. Debit airnya yang deras serta air yang bersih dan bening menjadi daya tarik wisata alam bagi para wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.