Sukses

15 Tujuan Wisata Jogja, Tawarkan Panorama Pantai Indah di Kabupaten Gunung Kidul

Liputan6.com, Jakarta Jogja adalah satu diantara puluhan kota yang menawarkan berbagai destinasi indah juga menyenangkan. Tempat yang dijuluki dengan kota pelajar ini memberikan sensasi wisata yang bisa dinikmati oleh para pelancong  yang berkunjung ke Yogyakarta. Tujuan wisata Jogja yang bisa diakses sangat beragam mulai dari wisata edukasi, kuliner hingga wisata alam dan pantai yang memukau salah satunya Kabupaten Gunung Kidul. 

Kebanyakan tujuan wisata Jogja lebih banyak mengeksplor suasana alam juga pantai, karena suara ombak dan suasana alam yang menyenangkan bisa menjadi obat paling mujarab untuk mengatasi stres. Menikmati suasana pantai di akhir pekan bisa jadi pilihan yang tepat untuk pelancong yang merasa penat dengan rutinitas sehari-hari. 

Selain terkenal dengan pemandangannya yang memukau, tujuan wisata Jogja dengan hamparan pantai di Gunung Kidul juga masih sangat asri karena belum banyak dijamah para wisatawan. Laut yang biru, dengan pasir terbentang luas menyejukkan mata juga sangat instagramable bila diabadikan dengan kamera.

Berikut ini tujuan wisata Jogja yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tujuan Wisata Jogja

1. Pantai Watu Kodok

Tujuan wisata Jogja yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Watu Kodok. Tempat wisata pantai ini meskipun belum seterkenal pantai-pantai yang lainnya, namun pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan laut dan pasir yang berwarna putih. Nama pantai ini diambil dari tebing batu karang yang terdapat di sisi barat dan timur pantai ini yang berbentuk menyerupai kodok. Tempat wisata ini berlokasi di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul dan untuk ditempuh sekitar 70 Km atau 2 jam perjalanan dari kota Jogja. 

2. Pantai Wediombo

Tujuan wisata Jogja selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Pantai Wediombo. Pantai yang terletak di Kecamatan Pendowo, Gunung Kidul bisa ditempuh kurang lebih 80 Km atau sekitar 2-3 jam perjalanan. Jarak yang cukup jauh tidak membuat pengunjung kapok, karena saat berada di pantai ini, para pengunjung akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan hamparan pantai pasir putih yang luas serta gugusan karang yang cantik. Tempat wisata ini tersedia kolam alami atau laguna yang terbentuk dari gugusan karang, yang bisa digunakan ketika ingin mandi dan bersenang - senang.   

3. Pantai Siung

Wisata Jogja yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Siung. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul ini bisa ditempuh dengan jarak sekitar 77 Km atau kurang lebih sekitar 3 jam dari kota Jogja. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang diapit oleh dua bukit karang serta cantiknya pemandangan laut yang bersih dan alami. Pantai Siung menawarkan segudang aktivitas untuk dinikmati oleh para wisatawan mulai dari menjelajahi pantai, berenang, dan bermain pasir di pantai ini. Selain itu, anda juga bisa naik ke atas tebing yang mengapit pantai ini dan menikmati keindahan laut dan pantai dari ketinggian. 

4. Pantai Cemoro Sewu

Pantai Cemoro Sewu adalah salah satu pantai yang dipenuhi oleh pohon cemara. Saat berada di tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan pantai saja, namun juga bisa mengelilingi pantai menggunakan delman, ATV, ataupun jeep. Karena banyaknya pohon cemara di pantai ini, maka pantai ini diberi nama Cemoro Sewu. Tempat ini menjadi destinasi yang cocok jika liburan bersama keluarga. 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Tujuan Wisata Jogja

5. Pantai Sadeng

Tujuan wisata Jogja yang selanjutnya, adalah Pantai Sadeng. Pantai Gunung Kidul dulunya adalah muara sungai Bengawan Solo purba. Akan tetapi karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa. Saat berada disini, pengunjung bisa bermain air atau sekadar foto-foto, bisa juga memancing dan naik kapal ke tengah laut serta berwisata kuliner seafood. Wisata pantai di Gunung Kidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohonan hijau yang terhampar. Salah satu destinasi keluarga yang cukup menarik untuk disambangi

6. Pantai Ngandong

Tujuan wisata Jogja yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Ngandong. Meski tidak mudah untuk mencapai pantai ini, karena pengunjung harus melewati jalanan yang berbatu dan pepohonan besar di kanan kirinya, akan tetapi keindahan pantai ini membuat para wisatawan tidak kapok dan tetap menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan. Tak heran jika pantai menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan panorama alam sambil melihat sunrise juga sunset. Ombak di pantai Ngandong begitu tenang sehingga aman untuk pengunjung mandi dan bermain air. 

7. Pantai Ngrumput

Wisata pantai di Gunung Kidul meskipun terbilang masih sepi dari pengunjung, namun hal ini menjadi keunikan tersendiri, karena cocok bagi pengunjung yang ingin mencari ketenangan untuk melepas kepenatan. Pantai ini cukup eksotis dengan pasir putih berpadu dengan rumput nan hijau. Ada pula lubang yang menjadi daya tarik tempat ini ketika air surut, bahkan kamu bisa masuk ke dalamnya. Bagi pengunjung yang ingin rehat serta menenangkan pikiran, bisa mengunjungi tempat ini. 

8. Pantai Wohkudu

Tujuan wisata Jogja selanjutnya adalah Pantai Wohkudu. Tempat ini menyajikan suasana alam yang ini, dan cocok untuk pengunjung yang ingin camping bersama dengan keluarga bahkan sahabat. Suasana yang begitu tenang membuat tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk disambangi. Lokasi tempat ini tidak terlalu jauh dari kota Jogja, sehingga lebih mudah untuk diakses. 

4 dari 5 halaman

Tujuan Wisata Jogja

9. Pantai Indrayanti

Tujuan wisata Jogja yang sangat populer salah satunya adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang berada di gunung kidul ini, memiliki keindahan yang cukup indah. Dihiasi oleh hamparan pasir putih luas, air laut biru jernih, serta terumbu karang hijau membuat pengunjung betah untuk berlama - lama memanjakan mata. Saat berada disini, pengunjung dapat puas bermain air atau menikmati pemandangan dari atas batu karang yang ada di tepian pantai. Keeksotisan pantai ini pun bisa dinikmati sambil memacu adrenalin bermain jet ski. 

10. Pantai Ngrawe

Tujuan wisata Jogja selanjutnya yang tidak kalah menarik dari pantai yang ada di gunung kidul adalah Pantai Mesra atau sering disebut Pantai Ngrawe. Keunikan serta keindahan pantai ini terletak pada hamparan rumput hijau yang tumbuh diatas pasir. Taman rumput ini seperti menjadi oase di tengah pesona pantai yang bersih dan jernih. Tersedia juga Gazebo di pinggiran pantai untuk bersantai dan rekreasi bersama keluarga,

11. Pantai Kukup

Tujuan wisata Jogja berikutnya yang bisa dikunjungi saat musim liburan adalah Pantai Kukup. Pantai ini terletak di Kemadang, Gunung Kidul dan bisa diakses kurang lebih sejauh 62 Km dari pusat kota Jogja. Saat berada disini, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih yang cantik serta pemandangan laut yang indah. Di samping itu, ada juga bukit-bukit karang yang semakin menambah keindahan pemandangan. 

12. Pantai Jogan

Wisata pantai Jogja selanjutnya yang wajib dikunjungi ialah Pantai Jogan. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Bisa ditempuh dengan jarak sekitar 74 Km dari pusat kota Jogja atau kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Pantai Jogan berbeda dengan pantai yang lainnya, karena tidak memiliki pasir putih yang cantik, bahkan tidak memiliki batas langsung dengan laut. Akan tetapi, di pantai ini anda dapat menikmati keindahan air terjun yang berada tepat di pinggir laut yang tingginya sekitar 10 meter. 

5 dari 5 halaman

Tujuan Wisata Jogja

13. Pantai Nguyahan

Tujuan wisata Jogja yang wajib dikunjungi adalah Pantai Nguyahan. Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang, tapi memiliki pasir berwarna putih serta diapit bukit karang baik di sisi kanan maupun kirinya. Pada musim penghujan, bukit di sekitar pantai ditumbuhi beragam vegetasi berwarna kehijauan. Perpaduan antara birunya air laut, putihnya pasir pantai, dan hijaunya perbukitan, menyajikan lukisan alam yang begitu indah. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, pasangan bahkan teman - teman. 

14. Pantai Sanglen

Spot wisata pantai selanjutnya di Gunung Kidul yang masih tergolong cukup sepi adalah Pantai Sanglen. Lokasi pantai ini berada di sebelah barat pantai Watu Kodok, tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari. Pantai Sanglen memiliki bentangan pasir pantai yang cukup panjang, ini cocok bagi kamu untuk bersantai menikmati keindahan pantai.

15. Pantai Sedahan

Tujuan wisata Jogja yang terakhir adalah Pantai Sedahan. Kalau kamu pernah datang ke pantai Wediombo, nah pantai Sedahan ada di sebelah timur pantai tersebut. Tempat wisata ini biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini, ditempuh dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi kamu tak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS