Sukses

12 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami, Ampuh dan Lebih Cepat Sembuh

Cara mengatasi sakit gigi bisa menjadi pertolongan sementara yang sangat efektif.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi sakit gigi bisa dilakukan untuk meredakan ngilu yang kamu rasakan. Biasanya, sakit gigi ditimbulkan oleh kerusakan gigi atau infeksi di dalam mulut. Kamu juga mungkin mengalami gigi ngilu setelah makan daging.

Sakit gigi jika tidak segera diobati bisa mengakibatkan suatu kondisi yang berbahaya. Jadi, penting untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi biasanya berfokus pada mengendalikan nyeri yang ada. Dengan begitu, rasa tidak nyaman dapat teratasi.

Cara mengatasi sakit gigi bisa menjadi pertolongan sementara yang sangat efektif. Kamu bisa mengonsumsi pereda nyeri, berkumur, hingga mengompres. Jika rasa sakit bertahan, segera lakukan pemeriksaan menyeluruh ke dokter gigi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022) tentang cara mengatasi sakit gigi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Kumur air garam

Cara mengatasi sakit gigi yang paling sederhana adalah berkumur air garam. Air garam adalah disinfektan alami, dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Berkumur dengan air garam saat sakit gigi juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Kompres dingin

Kompres dingin bisa menjadi cara mengatasi sakit gigi selanjutnya. Saat menerapkan kompres dingin, ia menyebabkan pembuluh darah di area tersebut menyempit. Cara meredakan sakit gigi ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Obat kumur berfluoride

Obat kumur dan pasta gigi berfluorida direkomendasikan untuk mengobati sensitivitas gigi karena membantu memperkuat enamel dan juga mengurangi sebagian besar sakit gigi. Bilas mulut dengan secangkir kecil obat kumur berfluorida. Kumur-kumur selama 1 hingga 2 menit sebelum meludahkannya. Lakukan cara mengobati sakit gigi ini dua kali sehari.

Madu dan air hangat

Madu adalah agen antibakteri, dan dapat digunakan untuk manajemen luka. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan, dan mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan. Cara mengatasi sakit gigi adalah dengan bilas mulut dengan air hangat dan sesendok madu. Bilasan ini akan meningkatkan penyembuhan mulut.

Teh hijau

Teh hijau adalah produk lain yang dapat digunakan untuk menjaga kesegaran mulut. Teh hijau juga dapat membantu kesehatan mulut. Untuk gigi sensitif atau sakit gigi, ara mengobati sakit gigi adala dengan menggunakan teh hijau tanpa pemanis sebagai obat kumur dua kali sehari untuk memperkuat gigi dan mengurangi peradangan.

Es batu

Cara mengatasi sakit gigi selanjutnya adalah menggunakan es batu. Es dapat membuat area tersebut mati rasa dan biasanya membuat seseorang merasa nyaman saat diletakkan di dekat gigi yang terkena. Taruh es di tangan, di sisi tubuh yang sama dengan gigi yang sakit. Gosokkan es di antara ibu jari dan jari telunjuk selama 7 menit, atau sampai area tersebut mati rasa. Para peneliti percaya es menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Bawang putih

Salah satu kegunaan bawang putih dalam pengobatan tradisional adalah sebagai cara mengatasi sakit gigi. Mengunyah bawang putih sebentar menghasilkan senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu membunuh bakteri yang dapat menyebabkan penyakit mulut, seperti Streptococcus mutans.

Cengkih

Cengkih telah digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi secara tradisional. Karena minyak cengkih dapat secara efektif menghilangkan rasa sakit dan mengurangi rasa sakit peradangan. Ini berkat kandungan eugenol yang merupakan antiseptik alami. Cara mengurangi rasa sakit dengan cengkih adalah dengan mengoleskan sedikit minyak cengkih. Minyak cengkih juga bisa ditambahkan pada air untuk berkumur.

Jahe

Cuci dan kupas satu inci jahe segar dan mulailah mengunyahnya perlahan di sekitar area yang sakit. Biarkan jahe mengeluarkan jusnya. Cara mengatasi sakit gigi yang dilakukan selama satu atau dua jam ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang disebut kurkumin yang dikenal dengan efek anti-inflamasi. Untuk kesehatan mulut dan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi sensitif, kunyit bisa dioleskan pada gigi. Cara mengatasi sakit gigi adalah dengan membuat pasta oles dari 1 sdt kunyit, ½ sdt garam, dan ½ sdt minyak mustard. Oleskan pasta ini ke gigi dan gusi dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit.

Kantong teh

Tanin yang terkandung di dalam kantong teh dapat membantu meredakan sakit gigi. Tempelkan kantong teh basah yang sedikit hangat pada gigi yang sakit selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda. Teh celup seperti teh peppermint mengandung mentol, yang memiliki sifat mati rasa yang dapat digunakan untuk mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit.

Daun jambu biji

Daun jambu biji telah lama digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi secara tradisional. Daun jambu biji memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Daun ini juga punya efek antimikroba, aktivitas yang dapat membantu dalam perawatan mulut. Cara meredakan sakit gigi adalah dengan mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sakit Gigi

Selain itu, kamu juga bisa mencegah sakit gigi. Beberapa cara berikut bisa kamu praktikkan agar terhindar dari sakit gigi:

1. Menyikat gigi minimal dua kali sehari. Lebih baik jika menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Sikat gigi setelah makan juga cukup dianjurkan.

2. Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Hal ini dilakukan agar gigi benar-benar bersih.

3. Membatasi konsumsi makanan atau minuman yang manis, seperti cokelat, permen, kue, dan lain sebagainya.

4. Berhenti merokok.

5. Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.