Sukses

30 Wisata di Jepang Paling Populer, Favorit Para Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Jepang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dunia. Negara yang terkenal dengan nama Negeri Matahari Terbit ini menyimpan banyak budaya, sejarah dan keindahan yang tidak ada habisnya untuk di explore oleh wisatawan.

Wisata di Jepang juga menyuguhkan beragam tipe wisata mulai dari religi, alam, sejarah, edukasi, kuliner hingga budaya. Merupakan salah satu negara kepulauan Jepang yang kaya akan sumber daya alam yang memukau membuat wisatawan dapat mendapatkan ketenangan selama berlibur di sana.

Walau Jepang juga dikenal sebagai negara maju dengan perkembangan teknologinya yang pesat, anda tetap bisa menikmati budaya Jepang yang masih dijaga keasliannya. Bahkan wisatawan akan mendapatkan pengalaman tidak terlupakan dari tempat wisata di Jepang yang menggabungkan teknologi terkini dengan budaya Jepang yang kental.

Sebagai negara empat musim, wisata di Jepang juga selalu menawarkan atraksi menarik setiap tahunnya, membuat jutaan turis selalu datang ke negara ini untuk berlibur. Sebagai rekomendasi, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022) daftar wisata di Jepang paling populer bagi wisatawan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Wisata di Jepang Paling Populer

1. Tokyo Sky Tree (Tokyo)

Wisata di Jepang yang juga menjadi ikon Jepang adalah Tokyo Sky Tree. Tokyo Sky Tree adalah menara TV tertinggi kedua di dunia. Struktur arsitektur kaca, beton, dan logam yang anggun ini menjulang ke atas, berkat upaya para desainer dan insinyur berpengalaman. Ketinggian bangunan adalah 634 meter.

Disini wisatawan dapat melihat pemandangan yang menakjubkan dan dapat dilihat dari ketinggian Tokyo Sky Tree yang megah. Kunjungan rombongan wisatawan ke Tokyo pasti termasuk kunjungan ke menara televisi ibu kota ini, yang juga merupakan salah satu dari tiga bangunan tertinggi di dunia.

 

2. Distrik Asaksuka (Tokyo)

Wisata di Jepang yang kedua adalah Distrik Asakusa. Di Jepang pengunjung dapat melihat pemandangan unik yang tidak ada di tempat lain. Salah satunya ada di distrik Asakusa yang berada di bagian tengah Tokyo dengan suasana kota tua.

Di sini terdapat banyak tempat-tempat yang menarik dan monumen berada dalam jarak yang relatif dekat sehingga dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Monument yang bisa dikunjungi diantaranya ada Kompleks Kuil Sensoji, Kuil Buddha Asakusa, Gang Suvenir Nakamise-dori dan banyak lagi.

 

3. Odaiba (Tokyo)

Wisata di Jepang yang terletak di kota Tokyo selanjutnya adalah Odaiba. Pulau Odaiba adalah tempat dimana wisatawan bisa melihat kota futuristik masa depan dengan berabagi tempat hiburan yang bisa dicoba wisatawan.

Pulau Odaiba terhubung ke Tokyo melalui Jembatan Pelangi. Untuk sampai ke pulau, anda dapat naik monorail atau kapal khusus yang menyerupai pesawat ulang-alik. Pulau Odaiba memiliki banyak hal untuk dilihat di Jepang. Ada robot pencakar langit, replika Patung Liberty, pameran mobil, dan museum kapal.

 

4. Pasar Ikan Tsukiji (Tokyo)

Wisata di Jepang popular berikutnya adalah Pasar Ikan Tsukiji. Terletak di jantung kota Tokyo. Pasar ikan ini terkenal dengan atraksi lelang ikannyanga, setiap hari terdapat hingga dua ribu ton ikan segar dan makanan laut yang dilelang di sini.

Selain mencoba untuk membeli ikan dengan mengikuti lelang, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di sekitar restoran yang berada di Pasar Ikan Tsukiji. Dengan bahan utama yang masih segar, wisatawan dapat menikmati segarnya makanan laut asli Jepang.

 

5. Istana Kekaisaran (Tokyo)

Wisata di Jepang selanjutnya adalah Istana Kekaisaran yang berada di Tokyo. Keindahan Istana Kekaisaran menjadi salah satu yang paling popular. Terletak di area taman Tokyo, bangunan istana menempati area seluas 740 hektar. Di sebelah Istana Kekaisaran terdapat kantor-kantor pemerintah negara. Namun lingkungan modern sama sekali tidak mengganggu arsitektur istana yang indah.

Bangunan seputih salju dengan kastil atap runcing ini terdiri dari dua lantai dan satu di bawah tanah. Interior istana dibuat dengan gaya Jepang. Kastil ini dikelilingi oleh parit pelindung yang berisi air. Di sekitar istana terdapat pemandangan alam yang indah.

 

6. Desa Hakone (Tokyo)

Wisata di Jepang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Desa Hakone. Pulau Honshu adalah salah satu pulau utama di kepulauan Jepang, di mana sebagian besar penduduk tinggal dipulau ini, dan salah satu tempat menarik yang ada di pulau ini tepatnya prefektur Kanagawa adalah desa Hakone yang terkenal dengan pemandian air panasnya.

Desa Hakone juga memiliki salah satu resor Jepang terbaik, di mana anda dapat merasakan semangat nasional, mengunjungi sejumlah bangunan bersejarah, museum terbuka, bersantai di hotel yang sangat lengkap dan kompleks spa. Dan yang paling penting - dari sini anda akan dapat melihat puncak Gunung Fujiyama yang terkenal.

3 dari 6 halaman

Wisata di Jepang Paling Populer

7. Kuil Todai-ji

Wisata di Jepang paling popular selanjutnya terletak di Nara. Nara yang merupakan kota warisan nasional Jepang, memiliki konsentrasi kuil Buddha dan salah satunya yang paling terkenal adalah Kuil Todai-ji. Ini adalah simbol kota yang paling penting dan tempat suci bagi jutaan peziarah, di mana layanan harian dimulai pada abad ke-8 dan berlanjut hingga hari ini.

Kuil ini juga menarik karena merupakan bangunan dengan struktur kayu terbesar di dunia dan memiliki patung Buddha perunggu terbesar di dunia. Untuk memasuki kuil, seseorang harus melalui gerbang kayu kuno Nandaimon, melalui aula yang penuh dengan awan asap dupa dan kemudian aula Besar Buddha, di mana patung dewa yang agung memandang ke bawah dari ketinggian 15 meter.

 

8. Distrik Shibuya

Wisata di Jepang selanjutnya adalah Distrik Shibuya. Jika anda mencari hal-hal untuk dilihat di Jepang selama liburan, sangat disarankan untuk mengunjungi Shibuya, distrik hiburan anak muda Jepang, yang dipenuhi dengan butik dan department store modis.

Di distrik Shibuya terdapat banyak toko-toko bergengsi yang kemudian menjadi surga bagi para wisatawan yang shopaholic dan hobi belanja. Disini juga pengunjung akan bisa belanja banyak produk original yang pasti terjamin keasliannya.

 

9. Jalur Ziarah Kumano-Kodo

Salah satu wisata di Jepang yang cocok untuk anda yang mencari ketenangan adalah jalur Ziarah Kumano-Kodo. Sesampainya di sini, peziarah memiliki kesempatan untuk mengunjungi situs-situs kuno, berhenti secara berkala di wisma tamu di sepanjang jalan.

Semua jalurnya terkenal dengan keindahannya yang luar biasa, melewati hutan pegunungan, sungai, dan sepanjang pantai laut. Hampir semua rute jalan setapak yang terkenal bertemu di kota Honggu, rumah bagi kuil suci terpenting yang ada di Jepang yaitu Taixia.

 

10. Kota Pemandian Air Panas Kusatsu

Wisata di Jepang selanjutnya adalah Kota Pemandian Air Panas Kusatsu. Jepang yang merupakan negara kepulauan juga memiliki banyak pegunungan membuat sumber air panas menjadi fenomena umum di sini. Sejak dahulu kala, penduduk negara itu telah menggunakan manfaat dari air vulkanik untuk menyembuhkan tubuh dan jiwa.

Dan Kusatsu adalah salah satu resor paling terkenal di kalangan wisatawan internasional karena pengolahan air panasnya yang modern. Ada banyak outlet air bawah tanah di sini, dan tempat sentral ditempati oleh Yubatake, mata air terbesar.

 

11. Pulau Okinawa

Wisata di Jepang yang harus dikunjungi berikutnya adalah Pulau Okinawa. Pulau yang merupakan bagian dari kepulauan Ryukyu ini, wajib masuk dalam rencana perjalanan anda. Okinawa adalah prefektur terhangat di Jepang, dan satu-satunya yang terletak di zona subtropis. Itu sebabnya pulau ini sangat menarik untuk rekreasi sepanjang tahun.

Disini juga ada jejak kerajaan Ryukyu abad pertengahan yang sangat diingatkan akan kemegahan Istana Shurijo yang telah dipugar. Ada juga reruntuhan benteng yang telah menjadi situs Warisan Dunia yang tersebar di seluruh pulau.

 

12. Kamakura

Wisata di Jepang selanjutnya adalah Kamakura. Salah satu kota tertua di Jepang ini terletak di selatan ibu kota Jepang, di pulau Honshu. Banyak turis tertarik dengan atraksi yang tak terhitung jumlahnya dan iklimnya yang nyaman.

Selain itu di Kamakura juga terdapat 170 monumen kuno yang bernilai sejarah tinggi. Di antaranya adalah kuil dengan banyak peninggalan Buddha, patung kuno dan patung Buddha, serta museum, hotel, restoran, dan bahkan pantai dengan pasir seputih salju. Menjadi perpaduan yang sempurna untuk istirahat yang nyaman.

4 dari 6 halaman

Wisata di Jepang Paling Populer

13. Kastil Matsumoto

Wisata di Jepang berikutnya yang masih berada si Pulau Honshu adalah kastil Matsumoto, dikenal juga dengan julukan Kastil Gagak kuno, kastil kni dinamai demikian karena fasad hitam dan menara sampingnya yang menyerupai sayap yang terentang. Arsitektur bangunan yang luar biasa selaras dengan keindahan alam sekitarnya.

Luas semua struktur kastil dan daerah sekitarnya sekitar 39 hektar. Fitur penting dari kompleks ini adalah serangkaian tangga curam yang ditempatkan secara kacau dan pengaturan kamar yang membingungkan semua ini didirikan sedemikian rupa untuk membingungkan musuh yang menyerbu pada abad Pertengahan selama perseteruan antar provinsi.

 

14. Kuil Kiyomizu-dera

Wisata di Jepang lainnya adalah Kuil Kiyomizu-dera. Berada di lereng Gunung Otowa di Kyoto terdapat kompleks kuil luas yang telah menjadi simbol kota yang dibangun atas nama dewi keberuntungan.

Struktur kompleks yang masih terjaga telah ada dari tahun 30-an abad ke-17. Sekitar 3 juta orang mengunjungi kuil ini setiap tahunnya. Selain bangunan kuil itu sendiri, lahannya meliputi: Pagoda 3 lantai, perpustakaan sutra, beberapa paviliun, dan sejumlah kuil kecil. Ada juga dek observasi tempat orang dapat menikmati pemandangan Kyoto yang indah.

 

15. Taman Perdamaian di Hiroshima

Tempat wisata di Jepang selanjutnya adalah teman perdamaian di Hiroshima yang didedikasikan untuk mengenang para korban bom atom. Ada ansambel peringatan di area besar yang mencakup Museum Perdamaian, monumen, lonceng ritual, dan tugu peringatan.

Ada juga air mancur doa di Taman Perdamaian yang melambangkan keinginan orang-orang yang ingin hidup setelah ledakan atom, dan menampilkan penderitaan ribuan orang yang tidak diberi air. Monumen arsitektur yang menyedihkan ini merupakan penghormatan kepada semua korban Jepang dari ledakan bom atom.

 

16. Kuil Izukushima Jinja (Prefektur Hiroshima, Pulau Miyajima)

Tempat wisata di Jepang selanjutnya adalah Salah satu contoh arsitektur Kuil Izukushima Jinja. Kuil ini terkenal karena terletak di atas laut. Gerbang kuil yang termasuk dalam landmark Jepang ini terletak di dekat Gunung Misen, dengan tinggi 16 meter gerbang cerah secara ekspresif menekankan lanskap sekitarnya.

Kompleks Itsukushima-jinja terdiri dari beberapa kuil, masing-masing didedikasikan untuk dewa yang berbeda. Kuil utama kompleks ini dibangun untuk menghormati dewi Mikoto. Kemudian ada juga rumah harta karun yang berisi benda-benda kuno, karya seni, dan gulungan kuno yang disumbangkan ke kuil Itsukushima-jinja.

 

17. Air Terjun Kegon

Wisata di Jepang dengan keindahan alamnya yang bisa dikunjungi adalah Air terjun Kegon. Air Terjun Kegon dikenal dengan air kristalnya yang memberikan kesejukan yang menyegarkan bagi pengunjung saat berkunjung di musim panas.

Mendaki melalui Taman Nasional Nikko yang indah, tempat air terjun berada, adalah pengalaman yang menyegarkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga seratus meter dan ada beberapa titik pandang untuk dilihat. Sebagai bonus ada 12 air terjun kecil di dekatnya.

 

18. Kastil Himeji (Pulau Honshu)

Tempat wisata di Jepang berikutnya adalah Kastil Himeji. Kastil tertua di Jepang ini juga dikenal dengan Kastil Bangau Putih. Kompleks ini mencakup 83 struktur, dan hampir semua bangunannya terbuat dari kayu. Himeji terletak di Prefektur Hego di kaki Gunung Hime. Pengaturan yang indah dilengkapi dengan kastil putih yang indah merupakan sebuah mahakarya arsitektur Jepang. Kastil ini berasal dari abad keempat belas, dan sekarang menjadi situs warisan UNESCO.

Patut dicatat bahwa Himeji dibangun sebagai struktur pertahanan, tetapi fitur arsitektur kastil tidak kalah dari ini. Garis-garis mengalir anggun dari dinding putih Kastil Heron selaras sempurna dengan keindahan alam sekitarnya. Ada beberapa menara pertahanan, taman dengan pepohonan yang indah dan parit pelindung yang dalam.

5 dari 6 halaman

Wisata di Jepang Paling Populer

19. Kota Nara

Pemandangan Jepang tidak hanya kuil dan kastil, tetapi juga seluruh kota. Wisata di Jepang selanjutnya adalah Kota Nara, yang juga menjadi warisan dan harta karun budaya dan seni asli Jepang.

Sekitar 1.600 rusa bebas berkeliaran di jalan-jalan kota yang indah. Dikatakan bahwa kaisar pertama Jepang turun dari surga dengan kereta rusa. Selain itu tepatnya pada abad 6-7 kota Nara adalah ibu kota pertama negara itu. Atraksi utama di Kota Nara diantaranya adalah Kuil Todaiji, patung Buddha, Taman Issuen, Kuil Kofukuji, Sarusawa-ike kolam, Suaka Kasuga Taisha, dan masih banyak lagi

 

20. Gunung Fuji (Pulau Honshu)

Wisata di Jepang berikutnya adalah simbol negeri Jepang yang terkenal yaitu Gunung Fuji. Jepang percaya bahwa gunung itu diciptakan dari kekacauan oleh para dewa. Ini adalah landmark negara yang paling dikenal. Puncak gunung yang megah menjulang ke langit hingga ketinggian 3.776 meter. Banyak peziarah melakukan pendakian ke Gunung Fuji.

Di sepanjang jalan terdapat stasiun tempat wisatawan bisa beristirahat. Gunung Fuji juga dikelilingi oleh lima danau dalam lengkungan yang aneh. Di antara danau terbentang hutan Jukai yang suram, yang mudah dimasuki, tetapi sulit untuk keluar, karenanya anda perlu pemandu agar tidak tersesat. Di dekatnya terdapat tempat piknik yang menyenangkan seperti air Terjun Shiraito setinggi 26 meter.

 

21. Kuil Toshogu (Kota Nikko)

Kuil Shinto Toshogu adalah monumen arsitektur utama di Nikko. Ini didedikasikan untuk Shogun Tokugawa Ieyasu yang merupakan sosok yang paling mencolok dalam sejarah Jepang karena di bawahnya penyatuan Jepang menjadi satu negara secara efektif selesai.

Kuil Toshogu memukau dengan keindahan garis dan ukiran yang megah, yang pengarangnya dikaitkan dengan pematung terkenal Hidari Jingoro. Ikon terkenal di kuil ini diantaranya adalah Patung kucing nemuri-neko yang sedang tidur, Ukiran berwarna rimbun yang menghiasi candi dan Gambar simbolis monyet pelindung kota.

 

22. Paviliun Emas (Kinkakuji)

Wisata di Jepang yang terkenal selanjutnya adalah Paviliun Emas atau dikenal dengan Kinkakuji. Istana yang dilapisi emas ini sangat indah dan mewah. Istana yang indah ini dibangun pada tahun 1397. Dindingnya berkilau di bawah sinar matahari dengan keindahan yang tak terduga. Kinkakuji adalah bagian dari kompleks kuil Rokuonji dan dianggap sebagai contoh terbaik dari budaya nasional.

Arsitektur istana secara harmonis menggabungkan aristokratisme periode Heian, kesederhanaan samurai, dan pertapaan sel biarawan. Tren arsitektur yang tidak sesuai disatukan oleh dekorasi istana dengan lembaran daun emas terbaik. Bagian atas Paviliun Emas dimahkotai dengan sosok burung phoenix yang terbuat dari emas murni. Ini melambangkan kelahiran kembali.

 

23. Monyet salju di sumber air panas (Nagano)

Atraksi wisata di Jepang selanjutnya adalah sumber air panas nagano dengan Monyet saljunya. Di lembah Sungai Yokoyu, 850 meter di atas permukaan laut, ada taman monyet salju Jigokudani yang unik yang dikenal di kalangan wisatawan. Disini terdapat kera Jepang yang menunjukkan perilaku asli. Daerah ini tertutup salju selama sepertiga tahun, tetapi berkat keberadaan mata air panas, monyet salju dapat hidup di Nagano.

Taman Jigokudani secara resmi dibuka pada tahun 1964. Segera kawasan unik ini mendapatkan ketenaran dan popularitas di seluruh dunia. Hal ini karena disini wisatawan memiliki kesempatan untuk mengambil gambar kera yang indah dan mengamati perilaku mereka. Di musim panas dan musim semi, monyet salju melakukan perjalanan melalui hutan, melompat dari pohon ke pohon, dan di musim dingin mereka berjemur di mata air panas.

 

24. Hutan Bambu Sagano (Kyoto)

Wisata di Jepang dengan tema alam selanjutnya adalah Hutan bambu Sagano. Hutan bambu yang indah dengan ribuan pohon cemara yang tinggi adalah ikon dari  Prefektur Kyoto. Di tengah infrastruktur perkotaan, sungguh menakjubkan melihat negeri ajaib yang begitu hijau. Batang pohon halus di Hutan Sagano mencakup area seluas 16 kilometer persegi.

Di Jepang, bambu dipercaya dapat melindungi dari roh jahat, sehingga banyak kuil yang dikelilingi oleh batang pohon. Di daerah Sagano, bambu tahan lama digunakan untuk menganyam keranjang, kotak, dan beberapa peralatan. Semua wisatawan yang mencari harmoni dan ketenangan pikiran harus mengunjungi Hutan Sagano di Taman Arashiyama. Landmark Kyoto.

6 dari 6 halaman

Wisata di Jepang Paling Populer

25. Kuil Fushimi-inari (Kyoto)

Wisata di Jepang berikutnya adalah Kuil Fushimi-inari. Kuil ini juga dikenal dengan Tempat Suci Seribu Gerbang Merah, yang didedikasikan untuk dewi kesuburan padi. Terowongan megah dengan portal yang dirancang untuk para dewa diciptakan sesuai dengan kepercayaan Shintoisme. Orang Jepang percaya bahwa kunjungan ke Kuil Fushimi-Inari membawa kesuksesan dan kemakmuran.

Bagian terbaik adalah mengunjungi Fushimi-Inari pada malam hari untuk menikmati suasana misterius dan mistis dari gerbang seribu merah. Ziarah melalui terowongan panjang berlangsung beberapa jam, kemudian wisatawan akan sampai ke tempat suci utama. Sepanjang jalan anda dapat melihat banyak patung rubah, kapel kecil, dan kuburan.

 

26. Festival Salju Sapporo

Wisata di Jepang dengan menampilkan atraksi budaya yang wajib dikunjungi adalah Festival Salju Sapporo. Budaya Jepang sangat kaya dan luar biasa, dan banyak tradisi Jepang terbentuk di bawah pengaruh beberapa peristiwa sejarah penting. Beberapa tradisi berusia ribuan tahun, sementara yang lain lebih baru. Contoh nyata dari yang terakhir adalah Festival Salju Sapporo.

Pada tahun 1950, beberapa siswa sekolah menengah dari salah satu sekolah kota mendirikan 6 patung hewan di Taman Odori. Sejak itu, setiap tahun di akhir musim dingin, penduduk kota menyusun patung besar yang terbuat dari salju dan es. Sejak tahun 2000-an, festival ini telah menjadi acara musim dingin terbesar di negara dan dikenal hingga seluruh dunia.

 

27. Taman Sankei-en

Wisata di jepang selanjutnya terletak di Yokohama. Salah satu tempat paling indah, tenang dan nyaman di Yokohama adalah Taman Sankeien. Taman ini adalah area taman yang luas sekitar 180 kilometer persegi. Di sini anda dapat beristirahat dari hiruk pikuk kota, mengagumi keindahan alam yang menakjubkan, melihat berbagai tanaman subur yang dikumpulkan dari berbagai belahan dunia, dan mengunjungi sejumlah bangunan bersejarah.

Secara khusus, taman ini juga pagoda tiga lantai dari abad ke-16 yang dibawa dari Kyoto, lalu ada sebuah rumah teh Cho Shukaku, dan sebuah rumah petani abad pertengahan dari prefektur Gifu. Perairan yang indah dan bunga-bunga harum seperti sakura, azalea, krisan, dan teratai juga dapat dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung.

 

28. Minato Mirai (Yokohama)

Banyak distrik yang menyuguhkan wisata budaya, belanja dan kuliner yang wajib dikunjungi di Jepang. salah satunya adalah distrik pusat di kota Yokohama atau lebih dikenal dengan distrik bisnis Minato Mirai. Wisatawan yang datang ke sini berkesempatan untuk berbelanja, berbagai macam rekreasi dan hiburan, mengunjungi monumen budaya dan sejumlah pameran tematik.

Di antara tempat-tempat terkenal yang disini yang paling sering dikunjungi adalah Menara Landmark 70 lantai, dek observasi Sky Garden dengan pemandangan pelabuhan, museum seni serta museum sutra dan Museum Maritim Nippon Maru.

 

29. Jalan Dotonborough

Wisata di Jepang untuk wisatawan yang hobi belanja berlanjut ke jalan Dotonbori. Terletak di sungai dengan nama yang sama. Lingkungan ini terkenal dengan banyaknya pilihan toko dan butik, serta sejumlah restoran yang mengesankan.

Kota ini juga memiliki nama kedua yaitu Kuidaore, atau "kota makanan gourmet" karena kulinernya yang terkenal. Selain berbelanja dan bersantap, anda dapat menikmati pusat karaoke, sauna, pertunjukan komedi, teater kabuki, dan galeri seni.

 

30. Pusaran Air Naruto

Wisata di Jepang popular yang terakhir adalah fenomena alam yang terjadi di Jepang. Salah satu fenomena alam luar biasa Jepang secara berkala terjadi di Selat Naruto yang menghubungkan dua prefektur Tokushima dan Hyogo. Selat itu sendiri, yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Laut Pedalaman Jepang.

Dua kali sehari, arus pertama kali menaikkan dan kemudian menurunkan permukaan Laut Pedalaman, sehingga menciptakan perbedaan antara permukaan laut luar dan laut dalam. Arus naik menjadi 15-20 kilometer per jam dan menghasilkan pusaran air dan terbentuklah fenomena alam yang menakjubkan berupa pusaran air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.