Sukses

6 Cara Menghitung Luas Bangunan, dengan Manual atau Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung luas bangunan dapat dilakukan dengan berbagai cara dan metode baik secara manual atau dengan menggunakan aplikasi. Menghitung luas bangunan biasanya dilakukan saat ingin mengetahui total luas dari sebuah bangunan.

Namun cara menghitung luas bangunan pada rumah dengan hanya satu lantai dan luas bangunan rumah dengan dua atau lebih lantai memiliki beberapa perbedaan. Terutama saat akan membangun rumah makan pengukuran luas bangunan akan sangat berguna untuk membuat desain, material dan modal yang diperlukan.

Cara menghitung luas bangunan yang paling banyak diketahui dan sudah dipelajari sejak sekolah adalah dengan menggunakan rumus matematika, namun saat ini dengan pesat perkembangan teknologi, anda juga dapat menghitung luas bangunan menggunakan beragam aplikasi.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara menghitung luas bangunan secara manual maupun menggunakan aplikasi untuk dapat dijadikan rekomendasi dalam menghitung luas bangunan. Jumat (22/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghitung Luas Bangunan

1. Cara Menghitung Luas Bangunan Secara Manual Dengan Rumus Matematika

Cara menghitung luas bangunan ini sangat sederhana dengan menggunakan rumus yang sering dipelajari di sekolah. Dan untuk menghitung luas denah rumah maka perlu diperhatikan dahulu bentuk rumah untuk menggunakan rumus yang tepat. Rumah yang berbentuk segitiga akan menggunakan rumus segitiga dan rumah yang berbentuk persegi akan menggunakan rumus persegi.

- Cara Menghitung Luas Bangunan Persegi Panjang

Jika bangunan berbentuk persegi panjang, maka Anda bisa menggunakan rumus:

Luas Tanah = Panjang x Lebar.

-  Cara Mengukur Luas Bangunan Berbentuk Segitiga

Jika bangunan berbentuk segitiga sembarang, maka Anda bisa menggunakan rumus:

S = (A+B+C) : 2

L = ✓[S x(S-A) X (S-B) x (S-C)]

‘S’ yang dimaksud adalah perhitungan keliling segitiga.

Sedangkan ‘A, B, C’ adalah besaran panjang sisi-sisi segitiga.

‘L’ merupakan luas segitiga itu sendiri.

 

Sedangkan jika ternyata bangunan memiliki bentuk segitiga siku-siku, maka Anda bisa menggunakan rumus:

L = ½ x Alas x Tinggi.

-          Cara Mengukur Luas Bangunan yang Berbentuk Tidak Beraturan

 

Jika Anda menemukan bangunan yang tidak beraturan, misalnya trapesium, maka Anda bisa menggunakan rumus trapesium, yaitu:

Luas = 1/2 x (Jumlah rusuk sejajar) x Tinggi.

 

2. Cara Menghitung Luas Bangunan Melalui Autocad

Cara menghitung luas bangunan berikutnya adalah dengan menggunakan Autocad. Autocad merupakan software dengan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur luas suatu bangunan. Dengan menggunakan autocad anda dapat mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Untuk ,menghitung luas menggunakan Autocad memerlukan beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu:

- Pastikan telah mempunyai denah bangunan yang nantinya akan dihitung. Gambar yang tidak beraturan dan tidak rapi akan mempengaruhi hasil angka perhitungan.

- Buatlah garis pada gambar denah bangunan, lalu garis tersebut akan berubah seperti garis yang putus-putus.

- Aplikasikan perintah “PL” atau “polyne”, lalu tekan enter.

- Kemudian buat perintah “LI” atau “LIST”, dan tekan enter.

- Terakhir, tampilan luas dan koordinat bangunan atau tanah akan muncul.

 

3. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan Roda Pengukuran

Cara menghitung luas bangunan yang berikutnya adalah dengan roda pengukuran. Caranya cukup dengan membeli dan gunakan alat ini untuk berjalan sekeliling daerah yang mau dihitung luasnya. Pastikan roda pada alat berbentuk seperti skuter ini berjalan karena dengan itu juga nanti hasil pengukuran luas akan keluar setelah kamu selesai berkeliling.

Ketika sudah selesai dan kembali ke titik awal, roda pengukuran luas ini akan menampilkan luas yang sudah tempuh. Tidak peduli rumah yang tidak simetris, roda ini akan memberikan hasilnya. Tetapi, hasil pengukurannya kurang akurat.

3 dari 3 halaman

Cara Menghitung Luas Bangunan

4. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan GPS Receiver

Cara menghitung luas bangunan dengan aplikasi selanjutnya adalah dengan GPS Receiver. Alat ini dapat  mengukur luas berdasarkan koordinat atau titik yang ditentukan. Tingkat akurasi GPS Receiver ini sekitar 1 meter, jadi tidak selalu akurat sampai pas, sehingga banyak yang menyarankan penggunaan alat ini hanya untuk luas tanah yang besar.

Kelebihan lain dari GPS Receiver adalah ukurannya yang kecil dan bisa ditaruh di kantong baju. Dengan menggunakan teknologi GPS, pemilik tinggal menentukan titik awal area yang akan dihitung. Lalu, buat titik, dan melanjutkan perjalanan ke batas akhir rumah yang akan dihitung sesuai sisi, dan kembali ke titik awal, dan lihat sendiri las areanya.

 

5. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan Kertas Grafik

Cara menghitung luas bangunan berikutnya adalah dengan menggunakan kertas grafik. Metode ini juga yang paling sering digunakan oleh penghitung rumah yang telah ahli selama bertahun-tahun. Cara menghitung luas bangunan rumah dengan kertas grafik adalah dengan mencoba menggambarkan denah rumah dengan skala yang pas. Ketika ada lekukan atau bentuk yang tidak simetris juga gambarkan saja, karena ini termasuk ke teknik perhitungannya.

Karena kertas ini bergaris-garis maka cara menghitungnya adalah dengan melihat seberapa banyak persegi grafik yang termasuk ke gambar itu, dan gambar diluar kotak persegi itu, tinggal ditambah saja dalam bentuk perhitungan rumus dasar matematika.

 

6. Cara Menghitung Luas Bangunan Menggunakan Google Maps

Cara menghitung luas bangunan selanjutnya yang masih jarang diketahui adalah dengan menggunakan Google Maps. Google Maps ternyata juga dapat mempermudah dalam melakukan menghitung luas tanah atau bangunan.

Untuk cara mengukurnya, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Google Maps melalui mobile anda

2. Pilih opsi satellite untuk mengubah tampilan menjadi satellite view, supaya anda bisa melihat kondisi tanah yang akan diukur

3. Masukkan alamat lokasi tanah yang akan diukur di kotak pencarian.

4. Jika lokasinya sudah tepat, atur pembesaran maksimal atau sesuai keperluan

5. Pilih Measure distance, lalu klik tepi-tepi lahan atau batas terluar tanah yang ingin diukur pada beberapa titik dan kembali lagi ke awal.

6. Terdapat informasi total area yang menunjukkan luas lahan yang telah dipilih.

7. Terdapat pula informasi total distance dalam miles (mi) dan kilometer (km) yang menunjukkan keliling lahan tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS