Sukses

9 Tujuan Sistem Operasi, Pahami Jenis dan Cara Kerjanya

Tujuan sistem operasi salah satunya adalah sebagai jembatan komunikasi antara pengguna dan perangkat keras komputer, berikut ini tujuan lengkap

Liputan6.com, Jakarta Tujuan sistem operasi yang utama adalah sebagai jembatan komunikasi antara pengguna dan perangkat keras komputer. Sistem operasi adalah bagian dari perangkat lunak yang mengatur alokasi perangkat keras komputer. Koordinasi perangkat keras harus tepat untuk memastikan kerja sistem komputer yang benar dan untuk mencegah program pengguna mengganggu kerja sistem yang benar.

Selain itu tujuan sistem operasi adalah untuk menyediakan platform dimana pengguna dapat menjalankan program dengan cara yang nyaman dan efisien. Contoh sama seperti seorang bos yang memberi perintah kepada karyawannya, dengan cara yang sama kita meminta atau meneruskan perintah kita ke Sistem Operasi.

Terdapat berbagai macam bahkan ratusan sistem operasi yang ada, mulai dari yang paling umum digunakan seperti sistem operasi Windows hingga sistem operasi UNIX. Setiap sistem operasi memiliki jenis, kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Sehingga untuk dapat memilih sistem operasi yang tepat sebelumnya anda harus tahu tujuan sistem operasi digunakan.

Selain mengetahui apa saja tujuan Sistem Operasi, berikut ini turut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (22/7/2022) pengertian, jenis Sistem Operasi, tujuan sistem operasi dan cara kerjanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tujuan Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah program di mana program aplikasi dijalankan dan bertindak sebagai jembatan komunikasi (antarmuka) antara pengguna dan perangkat keras komputer. Tugas utama yang dilakukan sistem operasi adalah alokasi sumber daya dan layanan, seperti alokasi memori, perangkat, prosesor, dan informasi. Sistem operasi juga mencakup program untuk mengelola sumber daya ini, seperti pengontrol lalu lintas, penjadwal, modul manajemen memori, program I/O, dan sistem file.

 

Tujuan Sistem Operasi:

1. Keamanan

Tujuan sistem operasi yang pertama adalah untuk keamanan pengguna. Sistem operasi menggunakan perlindungan kata sandi untuk melindungi data pengguna dan teknik serupa lainnya. Sistem operasi juga dapat mencegah akses tidak sah ke program penting dan data pengguna.

 

2. Kontrol Atas Kinerja Sistem

Tujuan sistem operasi yang kedua adalah memantau kesehatan sistem secara keseluruhan untuk membantu meningkatkan kinerja. mencatat waktu respons antara permintaan layanan dan respons sistem untuk memiliki pandangan lengkap tentang kesehatan sistem. Ini dapat membantu meningkatkan kinerja dengan memberikan informasi penting yang diperlukan untuk memecahkan masalah.

 

3. Akuntansi Pekerjaan

Tujuan sistem operasi juga untuk melacak waktu dan sumber daya yang digunakan oleh berbagai aplikasi tugas dan pengguna, informasi ini dapat digunakan untuk melacak penggunaan sumber daya untuk pengguna atau kelompok pengguna tertentu.

 

4. Alat Bantu Pendeteksi Kesalahan

Tujuan sistem operasi yang selanjutnya adalah untuk mendeteksi jika ada kesalahan. Sistem operasi secara konstan memonitor sistem untuk mendeteksi kesalahan dan menghindari kegagalan fungsi sistem komputer. Sehingga komputer dapat bekerja dengan maksimal.

3 dari 5 halaman

Tujuan Sistem Operasi

5. Koordinasi antara perangkat lunak dan pengguna lain

Tujuan sistem operasi yang berikutnya adalah menjadi penghubung antara perangkat dengan pengguna dan pengguna lain. Sistem operasi juga mengoordinasikan dan menetapkan penerjemah, kompiler, perakit, dan perangkat lunak lain ke berbagai pengguna sistem komputer lainnya.

 

6. Manajemen Memori

Tujuan sistem operasi selanjutnya adalah untuk memanajemen memori komputer. Sistem operasi mengelola Memori Utama. Memori utama terdiri dari array besar byte atau kata-kata di mana setiap byte atau kata diberikan alamat tertentu. Memori utama adalah penyimpanan yang cepat dan dapat diakses langsung oleh CPU. Untuk sebuah program yang akan dieksekusi, sebelumnya harus terlebih dahulu dimuat di memori utama.

Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen memori mulai dari melacak memori utama, yaitu, byte memori mana yang digunakan oleh program pengguna mana. Alamat memori yang telah dialokasikan dan alamat memori memori yang belum digunakan. Dalam multiprogramming, OS memutuskan urutan proses yang diberikan akses ke memori, dan untuk berapa lama.

 

7. Manajemen Prosesor

Tujuan sistem operasi yang berikutnya adalah dalam lingkungan multi-pemrograman, dimana OS bertugas memanajemen prosesor dengan memutuskan urutan proses yang memiliki akses ke prosesor, dan berapa banyak waktu pemrosesan yang dimiliki setiap proses. Fungsi OS ini disebut penjadwalan proses.

Sistem Operasi melakukan aktivitas berikut untuk manajemen prosesor. Mulai dari melacak status proses. Program yang melakukan tugas ini dikenal sebagai pengatur lalu lintas. Mengalokasikan CPU yang merupakan prosesor ke suatu proses. De-alokasi prosesor ketika suatu proses tidak lagi diperlukan.

 

8. Manajemen Perangkat

Tujuan sistem operasi lainnya adalah untuk memanajemen perangkat. OS mengelola komunikasi perangkat melalui driver masing-masing. Ini melakukan aktivitas berikut untuk manajemen perangkat. Melacak semua perangkat yang terhubung ke sistem. menunjuk program yang bertanggung jawab untuk setiap perangkat yang dikenal sebagai pengontrol Input/Output.

Memutuskan proses mana yang mendapatkan akses ke perangkat tertentu dan untuk berapa lama. Mengalokasikan perangkat dengan cara yang efektif dan efisien. Mengalokasikan perangkat saat tidak lagi diperlukan.

 

9. Manajemen File

Tujuan sistem operasi yang terakhir adalah memanajemen file. Sistem file diatur ke dalam direktori untuk navigasi dan penggunaan yang efisien atau mudah. Direktori ini mungkin berisi direktori lain dan file lain. Sistem Operasi melakukan aktivitas manajemen file berikut. Itu melacak di mana informasi disimpan, pengaturan akses pengguna dan status setiap file, dan banyak lag. Fasilitas ini secara kolektif dikenal sebagai sistem file.

4 dari 5 halaman

Tujuan Sistem Operasi Dan Layanan Tambahannya

Selain itu, Sistem Operasi juga menyediakan layanan tertentu ke sistem komputer dalam satu bentuk atau lainnya. Sistem Operasi menyediakan layanan tertentu kepada pengguna yang dapat dicantumkan dengan cara berikut:

Eksekusi Program: Sistem Operasi bertanggung jawab atas eksekusi semua jenis program baik itu program pengguna atau program sistem. Sistem Operasi menggunakan berbagai sumber daya yang tersedia untuk menjalankan semua jenis fungsi secara efisien.

Menangani Operasi Input/Output: Sistem Operasi bertanggung jawab untuk menangani semua jenis input, yaitu, dari keyboard, mouse, desktop, dll. Sistem Operasi melakukan semua antarmuka dengan cara yang paling tepat mengenai semua jenis Input dan Output.

Manipulasi Sistem File: Sistem Operasi bertanggung jawab untuk membuat keputusan mengenai penyimpanan semua jenis data atau file, misalnya, floppy disk/hard disk/pen drive, dll. Sistem Operasi memutuskan bagaimana data harus dimanipulasi dan disimpan.

Deteksi dan Penanganan Kesalahan: Sistem Operasi bertanggung jawab untuk mendeteksi segala jenis kesalahan atau bug yang dapat terjadi saat melakukan tugas apa pun. OS yang diamankan dengan baik terkadang juga bertindak sebagai tindakan balasan untuk mencegah segala jenis pelanggaran ke Sistem Komputer dari sumber eksternal mana pun dan mungkin menanganinya.

Alokasi Sumber Daya: Sistem Operasi memastikan penggunaan yang tepat dari semua sumber daya yang tersedia dengan memutuskan sumber daya mana yang akan digunakan oleh siapa untuk berapa lama. Semua keputusan diambil oleh Sistem Operasi.

Akuntansi: Sistem Operasi melacak akun semua fungsi yang terjadi di sistem komputer pada suatu waktu. Semua detail seperti jenis kesalahan yang terjadi dicatat oleh Sistem Operasi.

Perlindungan Informasi dan Sumber Daya: Sistem Operasi bertanggung jawab untuk menggunakan semua informasi dan sumber daya yang tersedia pada mesin dengan cara yang paling terlindungi. Sistem Operasi harus menggagalkan upaya dari sumber daya eksternal apa pun untuk menghambat segala jenis data atau informasi.

 

5 dari 5 halaman

Tujuan Sistem Operasi dan Jenisnya

Jenis Sistem Operasi

Terdapat ratusan sistem operasi yang ada di dunia namun ada tiga sistem operasi yang paling umum digunakan diseluruh dunia dikutip dari GCF Global, sistem operasi yang paling sering digunakan untuk komputer pribadi adalah Microsoft Windows, macOS, dan Linux.

1. Microsoft Windows

Microsoft menciptakan sistem operasi Windows pada pertengahan 1980-an. Ada banyak versi Windows yang berbeda, tetapi yang terbaru adalah Windows 10 (dirilis pada 2015), Windows 8 (2012), Windows 7 (2009), dan Windows Vista (2007). Windows sudah dimuat sebelumnya di sebagian besar PC baru, yang membantu menjadikannya sistem operasi paling populer di dunia.

2. Mac OS

macOS adalah jajaran sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Ia sudah tersedia otomatis di semua komputer Macintosh, atau Mac. Beberapa versi spesifiknya termasuk Mojave (dirilis pada 2018), High Sierra (2017), dan Sierra (2016).

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna mac OS menyumbang kurang dari 10% dari sistem operasi global, jauh lebih rendah daripada persentase pengguna Windows (lebih dari 80%). Salah satu alasannya adalah harga komputer Apple cenderung lebih mahal. Namun, banyak orang lebih menyukai tampilan dan nuansa mac OS daripada Windows.

3. Linux

Linux (diucapkan LINN-ux ) adalah keluarga sistem operasi sumber terbuka, yang berarti mereka dapat dimodifikasi dan didistribusikan oleh siapa saja di seluruh dunia. Ini berbeda dengan perangkat lunak berpemilik seperti Windows, yang hanya dapat dimodifikasi oleh perusahaan pemiliknya. Keunggulan Linux adalah gratis, dan terdapat banyak distribusi atau versinya yang dapat Anda pilih.

Menurut StatCounter Global Stats, pengguna Linux menyumbang kurang dari 2% dari sistem operasi global. Namun, sebagian besar server menjalankan Linux karena relatif mudah untuk disesuaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.