Sukses

Biro Perjalanan Wisata: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah jenis, fungsi, serta manfaat menggunakan jasa biro perjalanan wisata yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Biro perjalanan wisata adalah solusi berlibur yang praktis. Berlibur atau berwisata adalah salah satu kegiatan favorit untuk menghabiskan waktu luang di hari libur. Banyak orang pergi berwisata, mengunjungi berbagai destinasi wisata baik di dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Seiring dengan berkembangnya sektor pariwisata, ada berbagai kesempatan usaha baru yang muncul, salah satunya adalah biro perjalanan wisata. Biro Perjalanan menawarkan berbagai produk dan paket pariwisata kebergai tujuan kepada masyarakat atas nama perusahaan pemasok.

Keberadaan biro perjalanan wisata adalah suatu hal yang penting bagi industri pariwisata. Biro perjalanan wisata bisa membantu para wisatawan untuk membuat rencana liburan. Mereka juga akan memastikan supaya perjalanan tersebut menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi klien mereka.

Biro perjalanan wisata dibagi menjadi beberapa jenis. Selain itu, perusahaan ini juga memiiki berbagai fungsi dalam industri pariwisata yang sedang berkembang pesat. Apa saja jenis dan fungsi dari biro perjalanan wisata?

Berikut ini adalah jenis serta fungsi biro perjalanan wisata yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah Biro Perjalanan Wisata

Mengutip dari situs web kamus Mirriam Webster, biro perjalanan wisata atau travel agency adalah sebuah agen yang bergerak dalam penjualan dan pengaturan transportasi, akomodasi, tur, dan perjalanan untuk para wisatawan. Dari situ dapat disimpulkan bahwa biro perjalanan wisata adalah sebuah badan usaha yang menawarkan produk jasa yang terkait dengan perjalanan ataupun pariwisata.

Mengutip dari situs Tourism Notes, biro perjalanan wisata yang pertama kali didirikan di Inggris pada tahun 1845 oleh Thomas Cook. Akan tetapi, hal yang harus dicatat adalah adanya orang ketiga yang membantu orang untuk mengatur perjalanan orang lain sudah ada sejak dahulu kala. Sepanjang sejarah, ada orang ketiga yang membantu para pedagang ataupun para peziarah untuk mengatur perjalanan mereka.

Pada tahun 1841, Thomas Cook yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris dari South Midland Temperance Association mengorganisir perjalanan sejauh 22 mil menggunakan kereta untuk 570 anggota asosiasinya. Ia memborong tiket kereta dan menjualnya kepada orang lain.

Eksperimen ini berhasil dan semua orang merasa gembira. Cook melakukan tugasnya tanpa keuntungan. Tetapi, keberhasilan ini memberinya ide bisnis yang baru. Empat tahun kemudian, tepatnya di tahun 1845, Thomas Cook mendirikan sebuah "biro perjalanan wisata yang pertama di dunia." Perusahaannya mengkoodinir perjalanan kereta api dan kapal uap di seluruh Inggris, Skotlandia, dan Eropa. Idenya yang inovatif ini membuat Cook diberi julukan sebagai Bapak dari Biro Perjalanan Wisata.

Akan tetapi, perusahaan kereta api hanya memberinya komisi sebesar 5% yang tidak cukup untuk menutupi biaya oprasionalnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Cook kemudian memutuskan untuk mendiversifikasi bisnisnya dan masuk ke dalam bidang operasi tur. Pada tahun 1855, Cook mulai menawarkan paket wisata kepada masyarakat. Ia kemudian menjalankan tur internasional pertama dari Inggris ke Paris.

3 dari 5 halaman

Jenis Biro Perjalanan Wisata

Menurut sumber yang sama, biro perjalanan wisata dibagi menjadi 2 jenis. Berikut ini adalah 2 jenis biro perjalanan wisata: tersebut

A. Biro Perjalanan Wisata Ritel (Retail Travel Agency)

Menurut SARC (1967), “Bisnis agen perjalanan ritel terdiri dari kegiatan yang terlibat dalam menjual produk/jasa pariwisata secara langsung kepada wisatawan dan melakukan fungsi normal seperti menerbitkan tiket pesawat, membuat reservasi akomodasi dan transportasi, menyediakan layanan khusus, dan menerima dan melakukan pembayaran.”

Sumber pendapatan yang utama dari ritel biro perjalanan wisata berasal dari komisi yang diterima dari vendor. Akan tetapi besaran dari komisi tersebut berbeda-beda di setiap organisasi ataupun komponen wisata. Kurang lebih sebanyak 95% dari pendapatan biro perjalanan wisata ini berasal dari komisi tersebut, sementara sisanya didapatkan dari jasa konsultasi dan lainnya.

B. Biro Perjalanan Wisata Grosir (Wholesale Travel Agency)

Biro perjalanan wisata grosir adalah perusahaan jasa yang mengorganisir atau membuat paket-paket tur wisata yang akan dipasarkan kepada para konsumen melalui jarigan biro perjalanan ritel ataupun langsung kepada calon klien apa bila perusahaan ini memiliki divisi ritel. Biro perjalanan ini membeli produk wisata dalam jumlah besar dan merancang paket-paket wisata.

Perusahaan ini merancang berbagai paket wista yang dijual melalui ritel biro perjalanan wisata. Paket pariwisata ini biasanya termasuk tiket perjalanan, akomodasi. Selain itu paket ini juga bisa termasuk beberapa jasa atau servis lainnya seperti hiburan, tamasya, kegiatan olahraga, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Fungsi dan Tugas Biro Perjalanan Wisata

Sebagai salah satu komponen penting dari industri pariwisata, biro perjalanan wisata memiliki dan menjalankan berbagai fungsi dan tugas penting. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan tugas dari biro perjalanan wisata yang dikutip dari sumber yang sama:

A. Informasi Perjalanan atau Wisata

Setiap biro perjalanan wisata harus menyediakan informasi perjalanan yang diperlukan kepada wisatawan. Mereka harus memberikan informasi terkini, akurat, dan tepat waktu mengenai tujuan perjalanan, akomodasi, kegiatan tamasya atau jalan-jalan, kegiatan belanja, imigrasi, paspor, visa, prosedur bea cukai, aturan kesehatan dan keamanan, dan berbagai izin yang diperlukan untuk bepergian ke daerah tertentu, dan informasi lainnya.

B. Persiapan Rencana Perjalanan

Istilah rencana perjalanan wisatawan digunakan untuk mengidentifikasi asal, tujuan, dan semua titik perhentian dalam perjalanan wisata seorang turis.Rencana ini terdiri dari berbagai elemen dan dirancang melalui studi pasar yang terperinci. Biro perjalanan wisata menyiapkan rencana perjalanan untuk paket wisata.

C. Penjualan dan Reserasi Tiket Pesawat

Sebuah biro perjalanan wisata menjual berbagai produk pariwisata. Penjualan dan reservasi tiket pesawat masih menjadi salah satu sumber pendapatan mereka yang utama. Agen perjalanan menjalankan fungsi penjualan dan reservasi tiket atas nama berbagai maskapai.

D. Pembuatan Paket Tur dan Penetapan Harga

Biro perjalanan wisata menyiapkan paket wisata dan menjualnya kepada wisatawan. Pembuatan dan penetapan harga paket wisata sangat bergantung pada kemampuan biro tersebut terkait dengan seberapa efektifnya dia dapat bernegosiasi dengan para pemasok.

E. Reservasi

Reservasi adalah fungsi yang sangat penting dari semua jenis biro perjalanan wisata. Sebuah biro perjalanan wisata secara konsisten menjalin hubungan dengan sektor akomodasi, sektor transportasi dan organisasi hiburan lainnya untuk memesan kamar, dan kursi pada program budaya dan transportasi.

F. Asuransi Perjalanan

Beberapa biro perjalanan wisata skala besar melakukan fungsi tambahan dalam melayani klien mereka. Asuransi perjalanan melindungi pelancong terhadap orang tersebut serta kehilangan bagasi akibat berbagai kejadian yang terkait dengan perjalanan serta berbagai masalah lainnya.

G. Layanan Penukaran Mata Uang

Beberapa biro perjalanan wisata mendapatkan izin dari pemerintah untuk menyediakan jasa penukaran uang bagi para turis atau wisatawan.

H. Mengorganisir Konferensi ataupun Konvensi

Biro perjalanan wisata skala besar juga menawarkan paket konvensi atau konferensi lengkap yang mencakup pendaftaran peserta, penjemputan peserta, menyediakan proyektor overhead, proyektor slide, TV, VCR, loket informasi, jalan-jalan, dan lainnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menggunakan Biro Perjalanan Wisata

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya ataupun skeptis tentang manfaat dan keuntungan menggunakan biro perjalanan wisata untuk mengatur ataupun merencanakan liburan mereka. Ada yang menganggap dengan menggunakan biro wisata, perjalanan yang dilakukan menjadi kurang bebas, dan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk mengatur perjalanannya secara mandiri.

Akan tetapi, menggunakan biro perjalanan wisata untuk merenanakan dan mengatur perjalananmu sebenarnya memberi berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan jasa biro perjalanan wisata Travel With A Plan:

1. Perjalanan Adalah Keahlian Mereka

Menggunakan jasa biro perjalanan wisata berarti kita mendapatkan bantuan dari ahli dalam bidang ini. Agen perjalanan dilatih untuk mengetahui, memahami, dan beradaptasi dengan semua bentuk perjalanan yang berbeda. Mereka meneliti informasi tentang rencana perjalanan klien mereka dan menyampaikan detail penting termasuk nasihat perjalanan, berita terbaru, kondisi cuaca, dan dokumen yang diperlukan untuk tujuan anda.

2. Pengetahuan Mengenai Destinasi Wisata

Sebagai ahli dari industri ini, para biro perjalanan wisata memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai tempat wisata di seluruh dunia. Tidak hanya itu, mereka juga terus memperbarui informasi-informasi mengenai destinasi wisata terbaru. Biro perjalanan wisata juga memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai informasi yang bisa membantu untuk menjawab berbagai pertanyaanmu ataupun masalahmu.

3. Kemudahan dan Kenyamanan

Agen perjalanan menawarkan kenyamanan karena setiap aspek liburan atau perjalanan anda disatukan dalam satu rencana yang komprehensif. Ini termasuk meneliti dan menyarankan tujuan, serta mengatur penerbangan, akomodasi, transportasi bandara, dan kunjungan.

4. Menghemat Biaya Perjalanan

Sebagian orang berpikiran bahwa menggunakan biro perjalanan wisata akan menambah biaya yang dibutuhkan. Akan tetapi, mengunakan jasa mereka sebenarnya bisa membantumu untuk menghemat biaya perjalananmu. Biro-biro tersebut memiliki kesepakatan eksklusif dengan vendor yang membantu untuk menurunkan biaya yang dibutuhkan. Selain itu, biro-biro perjalanan ini juga memiliki informasi yang luas tentang promo-promo yang ada, serta bisa memberikan saran mengenai kapan waktu yang terbaik untuk melakukan pemesanan.

5. Hubungan dan Jaringan

Membangun hubungan dan jaringan dengan biro perjalanan wisata bisa membantumu untuk merencanakan liburan yang tak terlupakan. Kalau kamu memiliki hubungan yang baik dengan mereka, kamu biisa meminta mereka untuk merencanakan wisata yang sesuai dengan minatmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan hubungan dengan agen wisata serta jaringan mereka untuk menyediakan beberapa hal seperti pemilihan kamar hotel dan juga menu makan.

6. Bantuan Personal Selama Perjalanan

Biro perjalanan wisata bisa memberikan berbagai bantuan bagi kliennya ketika mereka menghadapi masalah dalam perjalanan mereka. Pada intinya mereka akan mengurus semua hal yang terkait dengan perjalananmu.

7. Mengurangi Stres

Merencanakan dan mengatur liburan bisa menjadi suatu hal yang melelahkan dan membuat stres. Belum lagi masalah-masalah yang ditemui ketika berada dalam perjalanan. Menggunakan biro perjalanan wisata dapat membantumu untuk mengurangi stres ini. Mereka akan mengurus semua keperluan dan masalah yang terkait dengan perjalananmu. Kamu cukup duduk manis dan menikmatinya tanpa perlu stres memikirkan masalah-masalah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.