Sukses

10 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami, Sembuh Lebih Cepat

Cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami dapat dijadikan pengobatan awal.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami dapat dijadikan pengobatan awal. Kamu bisa menggunakan bahan alami yang mudah ditemui di rumah untuk meringankan kondisi radang tenggorokan yang kamu alami.

Radang tenggorokan atau faringitis bisa diatasi dengan bahan alami seperti madu, teh, lemon, dan lain sebagainya. Kamu bisa meminumnya atau ada juga pengobatan alami dengan cara dikumur. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tindakan cara mengatasi radang tenggorokan lainnya seperti istirahat yang cukup, serta mengonsumsi air yang banyak untuk mencegah dehidrasi. 

Penyebab radang tenggorokan biasanya dipengaruhi oleh infeksi virus ataupun infeksi bakteri. Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang yang sedang menurun.  Radang tenggorokan ini biasanya menyebabkan penderita merasa tidak nyaman, nyeri, serta gatal pada tenggorokan.  Hal ini tentu dapat mengganggu kamu dalam beraktivitas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/7/2022) tentang cara mengatasi radang tenggorokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Minum Air Putih

Jika mengalami radang tenggorokan, kamu perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Ketika kamu kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembap. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Kamu harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin berwarna kuning terang atau jernih.

Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembap dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya. Minum setidaknya dua liter air putih per hari sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, pastikan kamu tidak dehidrasi, karena hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya akan memperberat radang yang terjadi.

Minum Air Hangat yang Dicampurkan Madu

Tidak hanya garam, air hangat yang dicampurkan dengan madu juga sangat efektif digunakan sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, madu sudah terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi saat malam hari.

Cara meracik ramuan ini sama seperti membuat air garam. Namun, saat menggunakan madu sebagai bahan campuran, pastikan untuk menggunakan madu alami yang dimana tidak menggunakan pemanis buatan di dalamnya.

Minum Air Lemon dengan Madu

Cara mengatasi radang tenggorokan berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengonsumsi kombinasi lemon dan madu. Kedua bahan ini bisa membantu meredakan radang tenggorokan dikarenakan adanya sifat asam dari lemon yang dipercaya dapat mengurangi bengkak pada tenggorokan dan menghambat pertumbuhan virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam melapisi tenggorokan dan memiliki sifat antibakteri.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi radang tenggorokan berikutnya bisa dengan kumur air garam. Larutan air garam yang hangat ini akan mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Hal ini jika diterapkan beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan saat menelan.

Salah satu penelitian bahkan telah membuktikan bahwa berkumur dengan menggunakan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan. Kamu cukup mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Obat sakit tenggorokan alami ini sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Air Perasan Lemon

Sebagai salah satu cara mengatasi radang tenggorokan secara alami, kamu cukup campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat, dan kumur selama beberapa detik. Lakukan beberapa kali dalam sehari untuk segera mendapatkan hasilnya.

Properti astringent yang terdapat dalam air perasan lemon dapat membantu mengempiskan pembengkakan pada jaringan tenggorokan dan menciptakan lingkungan asam yang dapat mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi.

Minum Air Jahe

Tidak hanya air lemon, air jahe juga memiliki manfaat yang sama baiknya sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Cara yang satu ini dapat menghangatkan tubuh, mengurangi peradangan, dan bersifat antibakteri.

Teh Chamomile

Cara mengatasi radang tenggorokan yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh chamomile. Teh ini telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan. Hal ini karena the chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile dapat menawarkan manfaat yang sama. Teh ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Minum Teh

Minum teh saat sedang radang tenggorokan juga bisa membantu mengurangi atau meredakan rasa nyerinya. Terdapat beberapa teh herbal yang bisa digunakan. Misalnya saja teh hijau dan peppermint yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk alternatifnya, kamu bisa memilih teh chamomile yang juga memiliki sifat sebagai pelumas pada tenggorokan, sehingga dapat mengurangi serak atau kesulitan menelan. Cara mengatasi radang tenggorokan ini bisa kamu terapkan secara rutin.

Kumur Air Kunyit

Kunyit merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Termasuk sebagai cara mengatasi radang tenggorokan. Cara menggunakannya mudah saja, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

Bawang Putih

Cara mengatasi radang tenggorokan yang berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Bawang putih dikenal mengandung allicin, senyawa organosulfur yang memiliki kemampuannya melawan infeksi.

Studi menunjukkan bahwa mengambil suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan juga merupakan cara untuk mendapatkan sifat antimikrobanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.