Sukses

7 Manfaat Natto untuk Kesehatan, Makanan Viral Khas Jepang Kaya Nutrisi

Manfaat natto dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat natto perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsinya. Makanan Khas Jepang, Natto belakangan sedang viral berkat tantangan Natto Challenge di dunia maya. Tantangan ini mengharuskan seseorang untuk mencoba merasakan natto yang memiliki rasa khas dan asing bagi sebagian orang.

Natto mungkin belum terlalu familier bagi masyarakat Indonesia, karena belum begitu banyak dijual di toko-toko. Natto dikenal memiliki bau khas yang menyengat. Natto merupakan makanan unik khas Jepang yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dan memiliki tekstur yang berlendir, lengket, dan berserabut. Natto kerap disantap dengan tambahan kecap, mustard, daun bawang, atau bumbu lainnya dan disajikan dengan nasi.

Teksturnya natto lengket dan rasanya perpaduan antara asin dan pahit. Bagi kamu yang belum terbiasa mungkin akan sedikit terganggu dengan baunya yang khas serta agak menyengat ke hidung.  Namun, natto mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh.

Manfaat natto dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Nutrisi pada natto didapatkan karena telah menjalani proses fermentasi. Proses fermentasi natto ini menggunakan bakteri Bacillus subtilis. Proses fermentasi natto umumnya memakan waktu 12-48 jam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/7/2022) tentang manfaat natto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Natto untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi

Manfaat natto dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Natto mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan yang optimal. Natto dikenal sangat bergizi karena menjalani proses fermentasi dan mengandung probiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat natto dengan probiotiknya yaitu dapat membuat makanan lebih mudah dicerna agar lebih mudah bagi usus untuk menyerap nutrisinya.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

​​Manfaat natto berikutnya adalah dapat meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini karena natto mengandung probiotik yang dapat berperan sebagai pertahanan pertama untuk usus terhadap racun dan bakteri yang berbahaya. Para peneliti mengungkapkan bahwa bakteri probiotik dapat membantu mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, serta gejala radang usus.

Menguatkan Tulang

Manfaat natto juga didapatkan dari beberapa nutrisi yang berkontribusi pada kesehatan tulang. Natto merupakan salah satu tumbuhan vitamin K2 yang langka. Vitamin K2 memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan mengaktifkan protein untuk tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang. Studi menunjukkan bahwa vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kekuatan pada tulang akibat penuaan usia dan Natto juga dapat mengurangi risiko patah tulang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Natto untuk Kesehatan

Menurunkan Berat Badan

Manfaat natto selanjutnya adalah bisa menurunkan berat badan. Hal ini tentunya sangat membantu bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Natto adalah sumbe rprobiotik yang bisa membantu membakar kalori. Selain itu, kandungan serat pada natto juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Menjaga Kesehatan Jantung 

Manfaat natto juga dapat menjaga kesehatan jantung. Natto mengandung serat dan probiotik yang keduanya bisa membantu mengurangi kadar kolesterol. Selanjutnya, fermentasi Natto juga menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. Selain itu, peneliti Jepang melaporkan bahwa Natto dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mengontrol tekanan darah. Selain memperkuat tulang, vitamin K2 dalam Natto juga membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri. Vitamin K2 yang dikonsumsi per hari akan membantu penurunan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

4 dari 4 halaman

Manfaat Natto untuk Kesehatan

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan isoflavon dan vitamin K2 dalam natto berpotensi mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat natto ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker hati, kanker usus, kanker payudara, dan kanker prostat. Namun, selain mengonsumsi natto, kamu tentunya juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan berolahraga rutin. Selain itu, untuk menjaga kesehatan, kamu juga perlu mengonsumsi buah dan sayuran serta istirahat yang cukup.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak cukup sampai di situ, natto mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan kaya probiotik seperti Natto berkontribusi untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Manfaat natto bahkan dapat meningkatkan produksi antibodi pada tubuh kamu, mengurangi risiko infeksi dan dapat membantu tubuh kembali fit lebih cepat jika kamu sakit. Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.