Sukses

15 Macam Pantun dan Contohnya yang Perlu Dipahami, Lengkap dengan Ciri-Ciri

Liputan6.com, Jakarta Macam pantun dan contohnya dapat menjadi dasar untuk belajar bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar bahasa indonesia atau KBBI, pengertian pantun adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu), tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b).

Mengetahui macam pantun dan contohnya juga sudah ikut melestarikan budaya. Pantun adalah salah satu bentuk asli Indonesia yang lahir dari budaya Melayu. Biasanya kita dapat mendengarkan pantun dalam kehidupan saat ada upacara adat, seperti masyarakat Betawi.

Macam pantun dan contohnya tidak hanya berkembang di masyarakat Betawi saja, tetapi juga digunakan di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya adalah di beberapa daerah dengan mayoritas Melayu dan mayoritas Sunda.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian pantun beserta macam pantun dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Pengertian Pantun

Secara umum, pantun merupakan sebuah karya sastra Melayu yang juga sebuah bahasa tutur untuk menunjukkan tata krama dan keindahan dalam berkomunikasi. Sementara secara etimologi, pantun berasal dari bahasa Minangkabau 'patuntun', yang berarti penuntun. Awalnya, pantun merupakan satu di antara bentuk dari sastra lisan.

Sedangkan menurut Endah Sri Nuryati dalam Jurnal Pendidikan Konvergensi, pengertian pantun adalah puisi Indonesia yang tiap bait biasanya terdiri dari empat baris bersajak ab-ab dan tiap larik biasanya terdiri dari empat kata.

Dikutip dari buku berjudul Kerongsang (500 Pantun Warisan) oleh Rendra Setyadiharja, Yoan Sutrisna Nugraha dan Barozi Alaika, ada pun beberapa pengertian lain dari pantun menurut pendapat ahli, yakni sebagai berikut:

1. UU Hamidy

Pantun adalah bahasa terikat yang dapat memberi arah, petunjuk, tuntunan, dan bimbingan.

2. Hamilton

Pantun terkadang menjadi dendang atau nyanyian orang tua, khususnya kaum ibu untuk mengantarkan anaknya tidur, biasanya pantun berupa cerita atau nasihat.

3. Yunos dan Bakar

Pantun adalah termasuk puisi lama yang terdiri dari empat baris atau rangkap, dua baris pertama disebut dengan pembayang atau sampiran, dan dua baris kedua disebut dengan maksud atau isi.

4. Van Ophuysen

Pantun berasal dari daerah Tapanuli (Batak). Pantun dahulu merupakan bahasa rahasia yang digunakan oleh dua orang kekasih. Bahasa rahasia itu menggunakan daun daun kayu. Nama daun-daun kayu itu menyatakan isi pantun.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Pantun

Sebelum mengetahui macam pantun dan contohnya, anda juga perlu mengenal ciri-ciri pantun. Mengutip buku Think Smart Bahasa Indonesia oleh Ismail Kusmayadi, berikut terdapat beberapa ciri-ciri pantun yang wajib anda ketahui adalah:

1. Tiap bait dalam pantun umumnya terdiri atas 4 larik, kecuali pada karmina (2 larik dalam satu bait) dan talibun (6, 8, 10, atau 12 larik dalam satu bait).

2. Tiap larik terdiri atas 8-12 suku kata.

3. Pantun memiliki sampiran dan isi.

4. Pola rimanya a-b-a-b (rima silang).

5. Pantun selesai dalam satu bait.

6. Pantun tidak diteruskan pada bait berikutnya, kecuali jika memang saling berkait.

7. Isinya mengandung pengungkapan perasaan.

4 dari 6 halaman

Macam Pantun dan Contohnya

1. Pantun Nasihat

Pantun nasihat adalah macam pantun dan contohnya yang bertujuan menyampaikan pesan moral dan didikan. Macam pantun dan contohnya yang nasihat biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik. Macam pantun dan contohnya nasihat adalah sebagai berikut:

Jalan-jalan ke Kota Blitar

jangan lupa beli sukun

Jika kamu ingin pintar

belajarlah dengan tekun

2. Pantun Agama

Pantun agama adalah macam pantun dan contohnya yang memiliki tujuan sama dengan pantun nasihat. Hanya saja isi dalam pantun agama memberikan pesan moral dan didikan yang sifatnya religius. Macam pantun dan contohnya agama mengungkap mengenai manusia dengan pencipta-Nya. Macam pantun dan contohnya agama, yakni:

Banyak bulan perkara bulan

Tidak semulia bulan puasa

Banyak tuhan perkara tuhan

Tidak semulia Tuhan Yang Esa

3. Pantun Kepahlawanan

Pantun kepahlawanan adalah macam pantun dan contohnya yang memuat hal-hal tentang kepahlawanan, patriotisme, serta semangat kebangsaan. Macam pantun dan contohnya kepahlawanan, yakni:

Bunga melati itu namanya

Berwarna putih di kelopaknya

Jenderal Sudirman itu namanya

Pemimpin perang di Ambarawa.

4. Pantun Anak

Pantun anak adalah macam pantun dan contohnya tentang tema anak-anak. Pantun anak terbagi atas macam pantun dan contohnya anak bersukacita dan berdukacita. Berikut macam pantun dan contohnya anak, yakni:

- Pantun anak bersukacita

Pagi hari pun segera datang

Pertanda ada hari yang baru

Hatiku senang bukan kepalang

Karena dapat sepeda baru.

- Pantun anak berdukacita

Senja hari pun segera tiba

Pertanda malam segera tiba

Hatiku kini tengah berduka

Teman baikku telah tiada

5. Pantun Nasib atau Pantun Dagang

Pantun nasib adalah macam pantun dan contohnya yang mengungkapkan keadaan yang sedang dialami seseorang. Berikut macam pantun dan contohnya nasib:

Bulan kini telah menyinari

Awan hitam turut menemani

Kini aku tengah dalam menanti

Nasib baik datang menghampiri.

5 dari 6 halaman

Macam Pantun dan Contohnya

6. Pantun Peribahasa

Pantun peribahasa adalah macam pantun dan contohnya yang memuat kalimat peribahasa yang pada umumnya memiliki susunan tetap. Berikut macam pantun dan contohnya peribahasa, yakni:

Berakit-rakit kita ke hulu

Berenang kita ke tepian

Bersakit-sakit kita dahulu

Bersenang-senang kemudian

7. Pantun Kiasan

Pantun kiasan adalah macam pantun dan contohnya yang memuat sejumlah kalimat kiasan. Pesan yang ada pada macam pantun dan contohnya yang kiasan ini disampaikan secara tersirat. Berikut macam pantun dan contohnya kiasan, yakni:

Berburu ke padang datar

Dapatkan rusa belang kaki

Berguru kepalang ajar

Bagaikan bunga kembang tak jadi

8. Pantun Jenaka

Pantun jenaka adalah macam pantun dan contohnya yang memiliki tujuan utama menghibur. Pantun jenaka biasanya dijadikan media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban. Kehadiran macam pantun dan contohnya yang jenaka biasanya tidak menimbulkan rasa tersinggung dan mampu membuat suasana menjadi semakin riang. Berikut macam pantun dan contohnya yang jenaka, yakni:

Duduk manis di bibir pantai

Lihat gadis, aduhai tiada dua

Masa muda kebanyakan santai

Sudah renta sulit tertawa

9. Pantun Teka-Teki

Pantun teka-teki adalah macam pantun dan contohnya yang memuat kalimat pertanyaan pada baris akhir pantun. Macam pantun dan contohnya yang teka-teki ini berisi teka-teki untuk para pendengarnya. Berikut macam pantun dan contohnya yang teka-teki, yakni:

Kalau tuan muda teruna

Pakai seluar dengan gayanya

Kalau tuan bijak laksana

Biji di luar apa buahnya

10. Pantun Perkenalan

Pantun perkenalan adalah macam pantun dan contohnya yang berisi pengenalan diri kepada orang lain atau ucapan yang digunakan saat berkenalan. Berikut macam pantun dan contihnya yang perkenalan, yakni:

Buah mangga buah kecapi

Bunga mawar bunga kesturi

Nama Saya Ahmad Badawi

Asli dari Tanah Betawi.

6 dari 6 halaman

Macam Pantun dan Contohnya

11. Pantun Persahabatan

Pantun persahabatan adalah macam pantun dan contohnya yang terkait dengan persahabatan. Berikut macam pantun dan contohnya yang persahabatan, yakni:

Siang hari akan berlalu

Malam hari gegas ke sini

Sampai jumpa kawan baikku

Semoga sempat jumpa kembali.

12. Pantun Adat

Pantun adat adalah macam pantun dan contohnya yang memuat hal-hal yang berkaitan dengan ada istiadat dan kebudayaan. Berikut macam pantun dan contohnya yang adat, yaitu:

Bunga cempaka bunga seroja

Ada tertanam danau sana

Adat dijaga junjung pusaka

Adat pusaka akan terjaga.

13. Pantun Cinta

Pantun cinta adalah macam pantun dan contohnya yang memuat pesan berhubungan dengan cinta, romantisme atau asmara antara dua insan. Tak jarang, pantun cinta memang sengaja dibuat untuk mengungkapkan cinta kepada yang terkasih. Berikut macam pantun dan contohnya yang cinta, yakni:

Walaupun hanya sebatang tebu

Tetapi bisa diramu

Walaupun jarang ketemu

Cintaku hanya untukmu

14. Pantun Budi

Pantun budi adalah macam pantun dan contohnya yang berisi tentang kesopanan. Berikut macam pantun dan contohnya yang budi, yakni:

Jikalau ada di Tanah Minang

Sempatkan diri membeli peci

Jikalau lewat di muka orang

Janganlah lupa ucap permisi.

15. Pantun Orang Tua

Pengertian pantun orang tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang dewasa. Biasanya berisi nasihat, agama, maupun adat budaya. Berikut contoh pantun orang tua adalah:

Sungguh manis buah pepaya,

Kalau matang warnanya merah,

Jika hidup ingin bahagia,

Banyak-banyak bersedekah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.