Sukses

Tujuan Pasar Modal, Jenis dan Fungsinya Untuk Perekonomian yang Perlu Diketahui

Salah satu tujuan pasar modal adalah untuk tempat jual beli instrumen investasi diperjualbelikan,

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pasar modal atau yang lebih dikenal dengan Capital Market salah satunya adalah sebagai tempat berbagai instrumen investasi diperdagangkan. Hal ini juga membuat pasar modal menjadi sarana pendanaan bagi perusahaan dan sarana investasi bagi investor.

Menjadi hal yang mulai awam dibicarakan oleh masyarakat, penting bagi kita untuk mengenal lebih dalam tentang pengertian, tujuan pasar modal, jenis nya dan fungsinya bagi perekonomian secara nasional. Terutama untuk anda yang ingin mulai berinvestasi di pasar modal.

Menjadi tempat untuk investor dan perusahaan bertemu, tujuan pasar modal juga mencangkup sebagai penghubung dalam perdagangan instrumen jangka panjang yang meliputi surat pengakuan utang, saham, obligasi dan surat berharga lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (25/7/2022) informasi lengkap tentang pasar modal mulai dari pengertian, tujuan pasar modal, jenis, dan fungsinya bagi perekonomian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tujuan Pasar Modal dan Pengertiannya

Pengertian Pasar Modal

Pasar modal mengacu pada bagian pasar di mana instruksi keuangan memobilisasi tabungan rakyat dan meminjamkan mereka pinjaman jangka panjang sehingga modal baru dapat dibangkitkan di negara tersebut. Pasar modal tidak lain adalah proses di mana dana dipinjam dan dipinjamkan dalam jangka waktu yang lama. Pasar modal juga dapat dianggap sebagai pasar di mana sekuritas keuangan (saham, obligasi, dan pinjaman yang didukung pemerintah) dibeli dan dijual.

 

Jenis Pasar Modal

a. Pasar Primer

Pasar Primer merupakan jenis pasar modal yang paling penting. Pasar primer juga dikenal sebagai pasar edisi baru. Fungsi utama dari pasar primer adalah untuk menangani sekuritas baru, yaitu sekuritas yang diterbitkan untuk pertama kalinya kepada investor baru.

Pasar primer melayani fungsi yang paling penting untuk menghasilkan modal bagi perusahaan, pemerintah, dan institusi. Investor dapat menemukan perusahaan melalui layanan ini dan berinvestasi dalam ekspansi atau proyek mereka.

b. Pasar Sekunder

Jenis pasar lain selain adalah pasar sekunder. Pasar bursa biasanya disebut pasar sekunder. Sekuritas di pasar ini dapat berupa dalam bentuk saham, surat utang, obligasi, tagihan, dan lain lain yang diperjual belikan antar pihak.

Disaat pasar primer hanya berurusan dengan sekuritas yang baru diterbitkan, pasar sekunder berurusan dengan sekuritas yang sudah ada dan tidak menerbitkan sekuritas baru yang bisa diperjualbelikan.

3 dari 5 halaman

Tujuan Pasar Modal

Tujuan Pasar Modal

Pasar modal yang ada di Indonesia pertama kali dibuka pada 14 Desember 1912 dengan nama Vereniging voor de Effectenhandel (Asosiasi Perdagangan Efek) di Jakarta. Bursa tersebut merupakan cabang bursa efek Amsterdamse Effectenbeurs dari Belanda.

Seiring berkembangnya jaman, saat ini pasar modal di Indonesia dikenal dengan nama Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) dan berhasil membuka kantor cabang di sejumlah wilayah Indonesia.

Pembentukan pasar modal di Indonesia dilatarbelakangi oleh kebutuhan dana dan pembangunan yang semakin meningkat. Tujuan pasar modal beroperasi adalah mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui penghimpunan dana.

Melalui pasar modal, perusahaan mampu mendapatkan dana jangka panjang untuk membiayai proses produksinya. Di sisi lain, pasar modal juga bertujuan untuk meratakan hasil pembangunan melalui kepemilikan saham serta menambah ketersediaan lapangan kerja dan pemerataan peluang usaha.

Regulasi pasar modal terutama ditujukan untuk melindungi investor, insider dealing, creative accounting dan pelaku pasar saham lainnya. Hal ini karena penyalahgunaan uang klien adalah beberapa kejahatan yang perlu dihindari untuk memberikan iklim investasi yang aman.

Beberapa tujuan pengaturan pasar modal adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan investor.

2. Memastikan pasar adil, efisien, dan transparan.

3. Mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko sistemik.

Oleh karena itu, pengaturan pasar modal dimaksudkan untuk melindungi kepentingan umum yang bertumpu pada kebutuhan untuk mendorong perkembangan dan kepercayaan ekonomi, yang pada gilirannya dapat mendorong masuknya investasi.

4 dari 5 halaman

Tujuan Pasar Modal dan Fungsinya

Fungsi Pasar Modal

1. Pembentukan Modal, di mana pasar modal mempromosikan tabungan dan membuatnya tersedia untuk perusahaan dan otoritas publik.

2. Berbagai instrumen keuangan tersedia di pasar modal yang memungkinkan pelaku ekonomi untuk menyatukan, menentukan harga, dan risiko nilai tukar.

3. Penghematan finansial didorong oleh aset dengan hasil yang menguntungkan, karakteristik likuiditas, dan karakteristik risiko.

4. Bursa saham memungkinkan investor jangka panjang untuk mengubah kepemilikan mereka menjadi uang tunai melalui pasar. Ini juga memberi perusahaan sekuritas pilihan untuk mendapatkan uang tunai tanpa mengurangi likuiditas mereka.

5. Memobilisasi dana dan sumber daya yang diperlukan untuk pembangunan dan untuk melaksanakan kebijakan yang berkaitan dengan stabilisasi, pengendalian moneter, dan pengaturan sistem perbankan.

 

Produk dan Instrumen Pasar Modal

Dalam pasar modal di Indonesia tersedia beberapa produk atau instrumen keuangan yang diperjual belikan yaitu sebagai berikut:

1. Saham (Stock) 

Saham adalah surat berharga sebagai tanda kepemilikan suatu pihak terhadap perusahaan (emiten). Dengan kata lain, ketika memiliki salam dengan persentase tertentu, anda telah menjadi bagian dari pemilik perusahaan.

2. Reksa Dana (Mutual Funds) 

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpn dana dari masyarakat yaitu investor yang kemudian dana tersebut dikelola dan diinvestasikan kembali oleh manajer investasi

3. Obligasi (Bonds)

Obligasi adalah surat utang yang memiliki jangka waktu tertentu dan memiliki suku bunda tertentu, yang diterbitkan oleh koperasi atau perusahaan yang membutuhkan sumber pendanaan dari masyarakat berupa modal.

4. Exchange Traded Fund

EFT merupakan reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang mana unit penyertaannya diperdagangkan di bursa efek seperti halnya saham. Oleh sebab itu ETF merupakan gabungan antara reksa dana yang dijual dengan mekanisme saham.

5. Derivatif

Derivatif merupakan kontrak yang nilai keuntungannya terkait dengan kinerja aset yang menjadi dasar. Derivative dapat dapat berbentuk unit penyertaan maupun utang.

5 dari 5 halaman

Tujuan Pasar Modal dan Metode Penggalangan Dananya

Beberapa Metode Penggalangan Dana

Perusahaan mengumpulkan uang di pasar modal dapat dilakukan melalui sekuritas seperti saham, surat utang, pinjaman dan deposito, dan saham preferen. Lebih jelasnya  terdapat berbagai metode bagaimana sekuritas baru mulai dijual di pasar modal.

1. Penawaran Melalui Prospektus

Metode ini melibatkan isu-isu publik. Metode ini banyak digunakan dalam metode publik untuk mengumpulkan dana. Dalam metode ini, perusahaan mengundang investor untuk berinvestasi di perusahaan mereka melalui iklan.

Setelah prospektus diterbitkan, masyarakat mulai berinvestasi dengan membeli saham, surat utang, dan lain sebagainya. Setelah memperoleh keuntungan dari perusahaan, saham akan dibagikan kepada publik. Jika keuntungan tinggi, penjatahan akan dilakukan secara rata. Saham perusahaan juga dapat dijual ke publik.

2. Private Placement

Metode ini menawarkan peluang investasi untuk memilih beberapa individu saja. Metode ini lebih disukai karena penawaran harga yang umumnya sangat tinggi. Mereka memberikan peluang Investasi kepada beberapa individu terpilih.

Jadi, ketika perusahaan menjual sahamnya ke lembaga keuangan mana pun seperti bank, perusahaan asuransi, dan sebagainya, itu membantu dalam mengumpulkan dana dengan cepat, ekonomis, dan efisien.

3. Rights Issue

Seringkali ketika sebuah perusahaan ingin melakukan ekspansi atau membutuhkan dana tambahan, umumnya pertama kali beralih ke investor yang sudah ada. Dengan demikian, pemegang saham saat ini memiliki kesempatan untuk berinvestasi lebih banyak di perusahaan. Mereka bisa membeli saham baru sebelum publik diberi kesempatan.

Penjatahan saham baru dilakukan secara pro rata. Jika pemegang saham memilih untuk melepaskan penawaran ini, maka masyarakat diperbolehkan untuk membeli saham tersebut. Jika pemegang saham ingin membeli saham maka mereka akan memperoleh lebih banyak saham.

4. e-IPO

Metode ini berarti Penawaran Umum Perdana Elektronik. ketika sebuah perusahaan bersedia menawarkan sahamnya kepada publik, ia dapat memilih penawaran online. Nantinya perusahaan dan bursa akan menandatangani perjanjian yang dikenal sebagai e-IPO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.