Sukses

9 Penyebab Kentut Bau Busuk, Hati-hati Bisa Karena Makanan Atau Kanker

Penyebab kentut bau bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik yang ringan maupun yang berat, mulai dari salah konsumsi makanan hingga tanda penyakit kanker.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kentut bau bisa disebabkan oleh berbagai faktor baik yang ringan maupun yang berat. Dalam beberapa kasus kentut bisa tidak berbau dan bersuara, tetapi kentut juga bisa menjadi bersuara keras dan berbau busuk hingga mengganggu banyak orang di sekitarnya.

Kentut merupakan cara alami bagi tubuh untuk mengeluarkan limbah gas, dan menjadi salah satu bukti sistem pencernaan manusia sedang berjalan. Penyebab kentut bau yang utama adalah karena produksi gas yang berlebihan dalam sistem pencernaan.

Namun penyebab kentut bau juga dapat disebabkan oleh penyakit kronis seperti kanker pada organ pencernaan terutama pada usus besar. Kentut juga menjadi indikator adanya infeksi, masalah pencernaan dan gangguan sistem metabolisme tubuh.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang penyebab kentut bau, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (25/7/2022) penyebab kentut bau dan cara mencegah serta mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kentut Bau

Ada sejumlah alasan mengapa kentut bisa berbau tidak sedap. Dalam kebanyakan kasus, perut kembung berbau busuk dikaitkan dengan makanan yang dimakan dan diet yang tidak seimbang.

Namun, selain itu ada penyebab lainnya yang lebih serius di balik kentut yang berbau busuk, berikut penjelasannya:

1. Makanan berserat tinggi

Penyebab kentut bau yang pertama adalah konsumsi makanan dengan serat tinggi. Banyak makanan berserat tinggi dapat menyebabkan anda mengeluarkan lebih banyak gas. Makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah dalam sistem pencernaan, sehingga mereka berfermentasi dari waktu ke waktu.

Makanan berserat tinggi yang berfermentasi dalam waktu lama akan menghasilkan gas yang berbau, yang berarti kentut yang anda keluarkan juga akan berbau. Hal ini juga berlaku terutama untuk sayuran seperti: Brokoli, pok choy, asparagus dan kubis.

Kentut anda mungkin berbau seperti telur busuk karena belerang dalam makanan kaya serat dari sayur yang anda konsumsi. Sulfur adalah senyawa alami yang berbau seperti telur busuk. Hal ini karena banyak sayuran yang berbahan dasar belerang.

 

2. Intoleransi makanan

Penyebab kentut bau yang kedua adalah reaksi terhadap makanan tertentu. Jika anda memiliki kepekaan atau reaksi terhadap makanan tertentu, gas anda bisa berbau tidak sedap. Misalnya, orang dengan intoleransi laktosa tidak dapat memecah gula laktosa. Akibatnya, itu difermentasi oleh bakteri di usus.

Gangguan terkait gluten, termasuk penyakit celiac, juga dapat menyebabkan kentut berbau. Penyakit celiac adalah penyakit autoimun di mana ada respon imun terhadap protein gluten. Hal ini menyebabkan peradangan dan cedera di usus, yang menyebabkan malabsorbsi dan perut kembung.

 

3. Obat-obatan

Penyebab kentut bau yang selanjutnya yang jarang terjadi adalah konsumsi obat-obatan tertentu yang kemudian menyebabkan perut kembung yang berbau dan anda juga bisa mengalami sembelit. Perawatan untuk penyebab ini cukup dengan penggantian obat, yang hanya boleh anda lakukan di bawah arahan profesional kesehatan.

Antibiotik yang terkandung dalam obat dapat membunuh patogen berbahaya dalam tubuh, tetapi mereka juga dapat menghancurkan beberapa bakteri baik di perut yang membantu proses pencernaan. Tanpa bakteri ini, gas kentut mungkin berbau.

 

4. Sembelit

Penyebab kentut bau yang diakibatkan gangguan pencernaan adalah sembelit. Sembelit menunjukkan bahwa anda memiliki penumpukan tinja, atau kotoran di usus besar. Jika anda tidak bisa buang air besar secara teratur, hal itu dapat menyebabkan berkembangnya bakteri hingga mengakibatkan bau busuk.

Hasil akhirnya adalah gas kentut yang berbau busuk dan menyebabkan BAB yang terkadang menyakitkan. Mengambil obat pencahar bisa menjadi salah satu pilihan obat rumah sederhana untuk mengatasi sembelit.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kentut Bau

5. Penumpukan bakteri dan infeksi saluran pencernaan

Saat tubuh anda mencerna makanan, tubuh mengekstrak nutrisi dan mengirimkannya ke aliran darah. Sedangkan untuk produk berupa limbah akan dikirim ke usus besar. Jika ada gangguan pada proses pencernaan, hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Beberapa bakteri dapat menyebabkan infeksi pada usus dan saluran pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan volume gas yang lebih tinggi dari biasanya dan bau yang menyengat. Orang dengan infeksi saluran pencernaan juga sering mengalami sakit perut dan diare.

 

6. Kanker usus besar

Penyebab kentut bau jarang namun serius adalah adanya kanker usus besar. Ketika polip atau tumor terbentuk di saluran pencernaan, dapat menyebabkan obstruksi usus parsial, yang mengakibatkan penumpukan gas dan kembung.

Jika anda mulai mengalami bau gas dan ketidaknyamanan yang tidak normal, dan perubahan pola makan atau pengobatan tidak mempengaruhi gejala anda, hubungi dokter atau tenaga medis untuk evaluasi lengkap. Mereka dapat menentukan apakah penyebab bau kentut anda berbahaya atau tidak.

 

7. Konsumsi kacang-kacangan yang kaya serat dan protein

Penyebab kentut bau yang selanjutnya adalah konsumsi kacang-kacangan yang berlebihan. Kacang-kacangan adalah sumber yang kaya protein, antioksidan, vitamin, dan mineral. Tapi selain itu kacang juga memiliki kandungan oligosakarida yang menyebabkan bau busuk pada kentut.

Kacang mengandung oligosakarida keluarga raffinose (RFO), sekelompok gula yang dapat menyebabkan perut kembung dan gas. Hal ini karena saluran pencernaan manusia kekurangan enzim penting yang dibutuhkan untuk dapat memecah dan mencerna gula ini.

 

8. Alkohol

Penyebab kentut bau yang selanjutnya adalah konsumsi alkohol. Alkohol dengan kandungan gula tinggi seperti sorbitol dan xylitol dapat ditemukan dalam minuman diet, permen bebas gula, dan beberapa permen karet. Pemanis ini tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh, sehingga dapat menyebabkan gas yang berbau tidak sedap.

 

9. Makanan Kaya Sulfur

Penyebab kentut bau yang terakhir adalah mengonsumsi makanan yang kaya sulfur. Makanan tinggi belerang dapat membuat kentut anda berbau telur busuk. Makanan kaya sulfur  termasuk bawang putih, bawang merah, kacang polong, keju cheddar, buah kering dan anggur. Bahkan protein hewani, seperti telur, daging, dan ikan memiliki kadar belerang yang tinggi.v

4 dari 4 halaman

Penyebab Kentut Bau Yang Harus Diperiksakan Ke Dokter

Penyebab Kentut Bau Yang Harus Diperiksakan Ke Dokter

Dalam kebanyakan kasus, memiliki perut kembung yang busuk atau tidak berbau bukanlah alasan untuk khawatir. Namun, jika kembung anda disertai gejala yang tidak teratur, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Beberapa gejala buruk yang mungkin anda alami bersama dengan kentut bau meliputi:

- Kram parah atau sakit perut

- Kembung

- Mual

- Muntah

- Diare

- Inkontinensia usus

- Tinja berdarah

- Penurunan berat badan

- Demam

- Nyeri atau kelemahan otot

 

Pencegahan Kentut Bau

Kentut adalah hal yang wajar terjadi dan diperlukan untuk membuang limbah dan gas dalam tubuh. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan kentut berbau busuk antara lain:

- Makan porsi kecil dengan kecepatan lebih lambat untuk mendorong pencernaan yang sehat dan mengurangi produksi gas

- Minum lebih banyak air untuk membantu memindahkan limbah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien

- Termasuk makanan probiotik seperti yogurt dalam diet anda untuk membantu memulihkan bakteri sehat di tubuh anda dan meningkatkan pencernaan

- Menghindari minuman berkarbonasi yang dapat menghasilkan gas, termasuk bir, anggur bersoda, dan soda

- Menghindari makanan yang menyebabkan gas bau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.