Sukses

12 Cara Membersihkan Wajah, Bisa Secara Alami dengan Buah-Buahan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki wajah bersih dan mulus adalah impian setiap orang, terutama wanita. Kulit kusam, jerawat dan kotor dapat mengganggu penampilan juga menurunkan kepercayaan diri seseorang. Cara membersihkan wajah juga bisa dilakukan secara variatif dan mudah, bisa dilakukan dengan produk kecantikan maupun dilakukan secara alami. 

Selain cara membersihkan wajah menggunakan produk kecantikan, ada cara alami yang bisa dilakukan agar wajah menjadi bersih juga sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah- buahan, baik itu konsumsi buah utuh, jus, atau bahkan sari buah yang diolesi langsung ke wajah.

Cara membersihkan wajah ini, sudah banyak dilakukan oleh masyarakat umum, karena dipercaya kandungan buah memiliki khasiat untuk wajah agar lebih mulus, cantik juga tidak memiliki efek samping. 

Berikut ini cara membersihkan wajah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/07/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Wajah

1. Yoghurt dan minyak kelapa

cara membersihkan wajah secara alami, dapat dilakukan dengan minyak kelapa juga yoghurt, cukup dengan mencampur 2 sendok teh yoghurt juga tambahkan setengah sendok teh minyak kelapa. Sebelum diaplikasikan di wajah, bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air secukupnya, setelah itu gosok lembut campuran yoghurt dan minyak kelapa pada wajah yang masih sedikit basah.

2. Jus apel

Cara membersihkan wajah selanjutnya, dengan menggunakan bahan dasar apel dipercaya memiliki manfaat untuk kulit kering. Bagi kulit wajah yang berjerawat, bisa menambahkan larutan cuka apel ke dalam jus apel, dan oleskan jus pada wajah, diamkan selama 10 hingga 20 detik, kemudian bilas dan keringkan.

3. Madu dan lemon

Cara membersihkan wajah selanjutnya, bisa menggunakan madu yang berfungsi melembabkan kulit, dan lemon yang mengandung asam mampu membersihkan kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru. Cukup dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan lemon, kemudian oles pada wajah dan pijat menggunakan gerakan melingkar. 

3 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Wajah

4. Jus Pepaya

Jus pepaya dipercaya memberikan nutrisi kepada kulit karena mengandung vitamin B, vitamin C, enzim, betakaroten, dan mineral. Dengan mengonsumsi jus pepaya, dapat membantu mebersihkan wajah secara alami. Cara membuatnya mudah, hanya dengan menghaluskan pepaya kemudian oleskan pada wajah sambil lakukan pijatan. Setelah itu, biarkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air bersih.

5. Jus Mangga

Cara membersihkan wajah bisa dilakukan secara alami, dengan mengonsumsi jus mangga yang dipercaya memberikan nutrisi juga kepada kulit. Sama seperti sebelumnya, haluskan mangga lalu oleskan pada wajah sambil dipijat secara pelan-pelan. Diamkan sebentar, kemudia bilas dengan air bersih

6. Madu murni

Cara membersihkan wajah yang bisa dilakukan secara alami, dengan mengolesi madu murni yang memiliki banyak khasiat. Namun sebelum mencuci muka dengan madu, kamu harus membersihkan wajahmu terlebih dahulu dari segala macam makeup. Setelah itu oolesi madu secukupnya dan pijat sebentar, setelah itu bilas wajah menggunakan air bersih. 

4 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Wajah

7. Air beras dan gliserin

Air sisa cuci beras bisa digunakan untuk mencuci wajah secara alami. Cukup dengan 2 sendok teh air beras kemudian campur dengan setengah sendok teh gliserin. Usapkan pada seluruh wajah dan pijat secara perlahan, dan biarkan selama 2 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Dengan cara ini, dipercaya dapat membersihkan wajah serta mencerahkan. 

8. Jus lemon dan tomat

Cara membersihkan wajah tanpa produk kecantikan, bisa dilakukan dengan lemon juga tomat. Siapkan segelas jus tomat dan lemon, setelah itu campurkan 1 sendok teh jus tomat dan setengah jus lemon dan oles campuran ke wajah, yang sebelumnya sudah dibersihkan. Melakukan pijatan pada wajah selama kurang lebih 1 menit, dan bilas wajah dengan air hangat.

9. Yoghurt dan lemon

Cara membersihkan wajah bisa juga dengan Yoghurt, yang dipercaya memiliki protein, selain itu juga kaya akan asam laktat dan lemak yang membentuk mendetoksifikasi kulit. Agar mendapatkan hasil maksimal, caranya campurkan 1 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok teh jus lemon. Usapkan pada wajah, diamkan kurang lebih selama 2 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Disarankan untuk menggunakan yoghurt tanpa rasa agar hasil lebih memuaskan. 

5 dari 5 halaman

Cara Membersihkan Wajah

10. Jus Mentimun

Cara membersihkan wajah, bisa dilakukan dengan Jus timun, yang dipercaya memiliki khasiat juga mampu membuat wajah menjadi mulus dan lebih segar kembali. Mentimun sudah sering dikenal sebagai masker wajah, namun mentimun juga bisa dijadikan sabun cuci muka alami. 

11. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk kesuburan rambut, akan tetapi bermanfaat juga untuk kesehatan wajah. Lidah buaya dipercaya mampu menyembuhkan iritasi kulit. Serta membuat wajah menjadi tampak lebih segar setiap saat. Karena lidah buaya juga berfungsi sebagai antiinflamasi pada kulit.

12. Air bunga lavender dan mawar

Mencuci muka dengan bahan alami bisa dilakukan dengan air bunga, seperti lavender maupun mawar. Dengan Air dari bunga-bunga organik, bekerja secara ampuh juga sangat baik dalam regenerasi kulit khususnya pada wajah. Karena memiliki kandungan asam yang mencapai pH 5-6, serta sangat cocok untuk kulit normal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS