Sukses

8 Cara Melancarkan BAB Secara Alami yang Mudah dan Efektif

8 cara melancarkan BAB secara alami yang efektif dan mudah untuk dilakukan di rumah

Liputan6.com, Jakarta Kesulitan buang air besar (BAB) adalah salah satu masalah yang cukup sering kita temui. Sulit untuk BAB bisa menjadi suatu masalah yang sangat mengganggu karena bisa menyebabkan perut kita merasa tidak nyaman atau sakit dan membuat kita harus bolak-balik ke toilet. Kesulitan BAB bisa membuat kita kehilangan konsentrasi dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara melancarkan BAB.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab BAB menjadi tidak lancar. Pada umumnya, masalah ini disebabkan oleh gaya hidup dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Gaya makan yang tidak sehat seperti kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan, dan juga kurangnya konsmsi air putih bisa menyebabkan seseorang kesulitan BAB.

Oleh karena banyaknya kasus kesulitan untuk BAB yang disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat, anda juga bisa mencegahnya dengan mengubah gaya hidup dan pola makan anda menjadi lebih sehat. Ada berbagai cara melancarkan BAB yang bisa anda terapkan di rumah. Cara-cara tersebut alami dan cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Lantas, apa saja cara melancarkan BAB tersebut?

Berikut ini adalah beberapa cara melancarkan BAB secara alami yang bisa anda terapkan di rumah anda yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Melancarkan BAB

1. Mengkonsumsi Air Putih

Cara melancarkan BAB secara alami yang pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih atau cairan dalam jumlah yang cukup. Salah satu penyebab utama seseorang kesulitan untuk BAB adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuhnya.

Pada umumnya, seseorang direkomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 1,5 hingga 2 liter cairan untuk menjaga kandungan cairan di dalam tubuh dan mencegah kesulitan BAB. Akan tetapi, anda mungkin harus mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang lebih banyak dari pada saran tersebut apabila anda tinggal di wilayah yang memiliki cuaca atau iklim yang panas atau bila anda banyak berolah raga.

Selain dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang mencukupi, anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan seperti tomat dan semangka. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi teh herbal ataupun minuman non-kafein lainnya untuk membantu anda melancarkan BAB.

2. Mengkonsumsi Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat adalah salah satu cara melancarkan BAB secara alami yang lain yang bisa anda lakukan. Serat sudah banyak dikenal sebagai kandungan yang penting bagi kesehatan pencernaan dan kelancaran BAB.

Serat larut dalam makanan dapat menyerap cairan dan membantu untuk melunakkan kotoran sisa pencernaan, membuatnya mudah untuk dibuang dari dalam tubuh. Sementara itu, serat tidak larut dapat berperan seperti sikat gigi raksasa yang membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di usus untuk kemudian dibuang.

Untuk mencukupi kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh tubuh, anda bisa banyak dan rutin mengkonsumsi berbagai kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran serta buah-buahan. Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang selain mengandung serat yang tinggi juga mengandung banyak cairan yang bisa membantu melancarkan BAB.

3 dari 5 halaman

Cara Melancarkan BAB

3. Mengunyah Makanan Secara Menyeluruh

Cara melancarkan BAB secara alami yang berikutnya ialah dengan mengunyah makanan secara menyeluruh. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan menyeluruh, kita dapat membantu meringankan kerja sistem pencernaan dan membantu melancarkan BAB.

Saat kita mengunyah makanan yang kita makan dengan perlahan dan menyeluruh, gigi akan membantu kita untuk menghancurkan atau memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal tersebut membuat makanan tersebut lebih mudah untuk diubah menjadi cairan yang dikirim masuk ke usus kecil.

Selain itu, mengunyah juga bisa membantu tubuh untuk memproduksi air liur. Semakin lama anda mengunyah, semakin banyak liur yang keluar. Air liur ini dapat membantu sistem pencernaan dengan berbagai cara. Air liur membantu memecah sebagian kandungan karbohidrat serta lemak yang ada di dalam makanan. Selain itu, air liur juga bisa membantu melancarkan makanan yang masuk ke usus.

4. Olahraga secara teratur

Kurangnya olahraga dan aktivitas fisik dapat menyebabkan seseorang kesulitan BAB. Padahal, olahraga juga penting bagi kesehatan tubuh dan sistem pencernaan.

Bila anda sembelit, anda bisa berolahraga secara rutin sebagai salah satu cara melancarkan BAB. Berolah raga dapat membantu untuk melancarkan makanan dalam sistem pencernaan. Menurut studi, olahraga ringan seperti jogging dan bersepeda bisa membantu meningkatkan waktu transit usus sampai hampir 30%. Selain itu, rejimen olahraga harian termasuk berjalan selama kurang lebih 30 menit bisa membantu seseorang untuk mengurangi gejala sembelit.

4 dari 5 halaman

Cara Melancarkan BAB

5. Mengelola Stres dan Relaksasi

Salah satu faktor risiko yang menyebabkan seseorang kesulitan BAB adalah stres. Rasa stres pada seseorang dapat berpengaruh pada kelancaran dan kesehatan pencernaan. Menurunkan stres dengan cara relaksasi dipercayai dapat membantu seseorang untuk mengatasi kesulitan BAB dan menjaga kesehatan usus.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari Universitas California, Amerika Serikat, orang dewasa yang melakukan yoga secara rutin dapat secara signifikan pulih dari kesulitan BAB dan berbagai gejala lain setelah melakukannya selama beberapa minggu. Oleh sebab itu, menjaga stres dan pikiran serta relaksasi dapat membantu anda untuk mengatasi sembelit secara alami.

6. Konsumsi Teh atau Kopi Hangat

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti teh dan kopi adalah salah satu cara melancarkan BAB yang bisa anda coba di rumah. Mengkonsumsi kopi ataupun teh dapat membantu seseorang untuk memperlancar sistem pencernaannya. Hal ini disebabkan oleh karena kandungan kafein pada kopi dan teh. Kafein bisa membantu usus supaya bergerak lebih cepat.

Dengan demikian, mengkonsumsi teh atau kopi dalam jumlah sewajarnya bisa membantu anda untuk memperlancar pencernaan dan BAB. Anda juga tetap bisa mengkonsumsi kedua minuman tersebut dalam kondisi dingin.

5 dari 5 halaman

Cara Melancarkan BAB

7. Mengkonsumsi Probiotik

Cara melancarkan BAB yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan pobiotik. Probiotik adalah bakteri baik yang menguntungkan dan penting bagi kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan tubuh. Probiotik ini membantu sistem pencernaan untuk memecah serat-serat atau makanan-makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Ada berbagai makanan yang mengandung probiotik yang bisa anda konsumsi. Umumnya, probiotik dapat ditemukan di makanan-makanan fermentasi seperti yogurt, tempe, dan kimchi. Selain itu, anda juga bisa memenuhi kebutuhan probiotik anda dengan mengkonsumsi suplemen probiotik.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik ataupun suplemen probiotik dapat menjadi salah satu cara melancarkan BAB secara efektif yang bisa anda coba di rumah. Selain itu, probiotik juga penting bagi kesehatan pencernaan dan mampu untuk mencegah berbagai masalah pencernaan atau penyakit pencernaan lainnya seperti infeksi usus.

8. Berjongkok di Toilet

Cara melancarkan BAB yang berikutnya ialah dengan berjongkok di toilet. Posisi tubuh seseorang dapat berpengaruh pada kelancaran dan kemudahan BAB. berjongkok di toilet membantu untuk merilekskan otot-otot tubuh di bagian tersebut sambil mengangkat sebagian usus. Hal ini membantu kita untuk mempermudah keluarnya kotoran sisa makanan dari dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.