Sukses

Primer Adalah Salah Satu Produk Riasan, Begini Cara Memilih Sesuai Jenis Kulit

Liputan6.com, Jakarta Primer adalah salah satu produk riasan yang menjadi base make up. Berbicara mengenai primer dalam dunia kosmetik merupakan hal yang peting diketahui oleh setiap wanita. Primer adalah produk riasan yang diaplikasikan sebelum menggunakan foundation. 

Menggunakan primer adalah kunci dari riasan kita yang dapat tahan lebih lama. Sebab produk primer adalah membantu untuk mengunci minyak dalam kulit wajah. Maka, penting juga memilih primer yang sesuai dengan jenis kulit.

Umumnya, primer adalah roduk yang tersedia dalam bentuk krim, gel dan bubuk. Kini, primer banyak dipertimbangkan saat makeup, karena fungsi utamanya yang ampuh membuat riasan tetap bertahan sepanjang waktu.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai primer beserta fungsi dan tips memilihnya sesuai dengan jenis kulit yang telah dirangkum dari berbaga sumber, Selasa (26/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Primer

Dilansir dari Byrdie, primer adalah produk yang digunakan sebagai dasar untuk menyempurnakan aplikasi riasan secara keseluruhan. Primer dapat digunakan untuk menyempurnakan banyak bagian dari rutinitas kecantikan, termasuk mata, wajah, bulu mata, bibir, dan kuku.

Primer sangat berguna untuk menghaluskan pori-pori, membuat alas untuk riasan tahan lama, mengelola kulit berminyak, atau mencegah kilau berlebih. Primer bisa mengatasi riasan pada kulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, hiperpigmentasi, dan jerawat.

Primer digunakan sebelum menggunakan foundation, artinya primer adalah produk riasan dasar yang membantu menciptakan lapisan antara kulit dan riasan. Dengan begitu, menggunakan primer pada dasarnya membantu untuk mempersiapkan kulit sehingga memberikan riasakan hasil akhir yang sempurna, glowing, dan tahan lama.

3 dari 5 halaman

Fungsi Utama Primer untuk Kulit Wajah

Dikutip dari Huffpost, fungsi utama primer adalah sebagai dasar riasan sebelum foundation dan alas bedak diterapkan yang membuatnya lebih halus dan tahan lama. Primer ini juga membantu menghaluskan permukaan dan mencegah foundation membuat titik-titik di T-zone.

Primer juga disebut sebagai fondasi yang kuat untuk foundation. Primer ini dapat membuat dasar yang halus, sehingga membuat foundation yang diaplikasikan dapat berbaur lebih baik dan membuatnya bertahan di kulit lebih lama.

Apabila kulit anda berminyak, primer ini juga dapat membantu memberikan mattifikasi atau pelembap. Dengan mengaplikasikan primer pada kulit berminyak atau kombinasi dapat menyerap minyak dalam kelenjar kulit yang keluar secara terus menerus. Sehingga membuat foundation dan alas bedak tidak cepat pecah. Selain itu, fungsi primer pada kulit sensitif apabila terdapat kulit wajah yang memerah, maka primer dapat membantu menenangkannya.

Sedangkan, bagi mereka yang memeiliki kulit kering, primer dapat membantu untuk tetap memberikan hidrasi pada kulit supaya foundation dan alas bedak tidak menjadi ‘cakey’. Dengan begitu, primer adalah produk yang mirip dengan pelembap. Tapi, primer jauh lebih tipis dan mengapung di kulit, sedangkan pelembap meresap di kulit.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Primer dan Pelembab

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa primer jauh lebih tipis dan mengapung di kulit, sedangkan pelembap meresap di kulit. Sebagian besar produk skincare primer memiliki kandungan hyaluronic acid, yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, primer juga umumnya mengandung dimethicone untuk memberikan efek kulit halus di wajah. Sedangkan untuk pelembab, umumnya mengandung emolien, humektan, oklusif, dan bahan-bahan aktif lain, yang baik untuk mengatasi masalah kulit tertentu. 

Untuk fungsi kedua produk riasan ini memang memiliki perbedaan. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa fungsi primer adalah untuk membantu mempersiapkan kulit agar bisa menerima riasan, sehingga riasan pada kulit akan tahan lama. Sedangkan, fungsi pelembab adalah untuk menjaga hidrasi kulit agar tidak kering. Selain itu, pelembap juga dapat membantu mencegah kekusaman kulit berkat kandungan yang ada di dalamnya. 

Dengan perbedaan tersebut, pelembap atau moisturizer dapat digunakan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan primer. Hal ini bertujuan untuk membuat lapisan pelindung kulit, agar kelembapannya tetap terjaga. Apabila terbalik, primer digunakan sebelum pelembap, hal tersebut malah dapat menimbulkan sensasi kering dan kusam pada kulit. Alhasil, riasan wajah Anda pun tidak akan tampak maksimal.

5 dari 5 halaman

Tips Memilih Primer Sesuai dengan Jenis Kulit

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih primer adalah bahan dasarnya. Samakan bahan dasar yang terkandung pada primer dengan foundation agar pengaplikasiannya lebih mudah. Formula yang sama juga akan membuat kedua produk makeup menyatu dengan sempurna.

Anda bisa mengetahui bahan dasar primer atau foundation dengan membaca daftar kandungannya. Beberapa primer memiliki bahan dasar air. Jadi, anda harus menggunakan foundation yang berbahan dasar air.

Jika kulitmu berminyak, anda dapat memakai primer berbahan dasar silikon. Begitu pula dengan jenis foundationnya. Primer dan foundation berbahan dasar silikon akan terlihat lebih sempurna ketika diaplikasikan pada jenis wajah berminyak atau kombinasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.