Sukses

Cara Menyikat Gigi yang Benar, Jangan Asal-asalan

Cara menyikat gigi yang benar dimulai dengan memilih peralatan menyikat gigi yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyikat gigi yang benar mungkin sudah sering kita lihat di berbagai media sosial, menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan setiap hari, menyikat gigi sangat berguna untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut.

Sayangnya meski sudah banyak disosialisasikan, masih banyak orang yang belum benar-benar memperhatikan cara menyikat gigi yang benar. Terdapat beberapa langkah dan poin-poin penting yang perlu diperhatikan saat menyikat gigi.

Hal ini penting karena dengan cara menyikat gigi yang benar maka tidak hanya gigi bersih saja yang bisa didapat namun juga dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit gusi, mencegah adanya kerusakan gigi dan mengurangi resiko kita mengalami gigi sensitif.

Menurut The American Association, mereka merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali dalam sehari selama 2 sampai 3 menit setiap gosok gigi dengan cara yang benar, sebagai pedoman berikut ini Liputan6.com kutip dari Wikihow cara menyikat gigi yang benar. Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi Yang Benar Bagian 1

Bagian 1 Menggunakan Alat yang Tepat

a. Gunakan sikat gigi yang baik. Pilih sikat gigi dengan bulu nilon yang lembut. Sikat gigi harus secara efektif menghilangkan plak dan kotoran dari gigi anda, tanpa mengiritasi gusi atau mengikis enamel gigi seperti yang dapat dilakukan oleh sikat berbulu keras saat digunakan dengan gerakan menyamping.

Sikat gigi juga harus pas dengan nyaman di tangan anda, dan memiliki kepala yang cukup kecil untuk dengan mudah menjangkau semua gigi anda, terutama yang di belakang. Jika anda kesulitan memasukkan sikat gigi ke dalam mulut, mungkin ukurannya terlalu besar.

Anda juga harus menghindari sikat gigi dengan bulu "alami" yang terbuat dari bulu hewan karena dapat menampung bakteri dan harus diganti lebih sering.

b. Ganti sikat gigi anda secara teratur. Bulu-bulunya akan aus seiring waktu, kehilangan fleksibilitas dan efektivitasnya. anda harus membeli sikat gigi baru setiap tiga hingga empat bulan, atau segera setelah bulu mulai melebar dan kehilangan bentuknya.

Penelitian telah menemukan bahwa terdapat ribuan mikroba pada bagian bulu sikat gigi dan gagang yang telah melebihi masa 3 bulan pemakaian, dan hal ini dapat menyebabkan infeksi. Sekitar tiga bulan, bulu sikat gigi juga menjadi tajam karena gesekan dan dapat menyebabkan gusi berdarah.

Selalu bilas sikat Anda setelah menggunakannya, dan simpan dalam posisi tegak dan terbuka sehingga dapat mengering sebelum digunakan berikutnya. Jika tidak, bakteri akan tumbuh.

c. Gunakan pasta gigi berfluoride. Tipe pasta gigi ini tidak hanya membantu menghilangkan plak, tetapi juga membantu memperkuat email gigi. Penting untuk dicatat bahwa pasta gigi berfluoride tidak boleh ditelan, karena menelan terlalu banyak dapat memiliki konsekuensi kesehatan yang serius. Seharusnya tidak digunakan untuk anak di bawah usia tiga tahun.

Anda bisa mendapatkan pasta gigi untuk mengatasi berbagai macam masalah gigi dan gusi, termasuk gigi berlubang, karang gigi, gigi dan gusi sensitif, radang gusi dan gigi bernoda. Pilih yang paling sesuai dengan anda atau mintalah saran dari dokter gigi atau ahli kesehatan.

d. Gunakan benang gigi. Flossing gigi anda sama pentingnya dengan menyikat, karena menghilangkan plak, bakteri dan partikel makanan yang terperangkap di antara gigi, yang tidak dapat dijangkau oleh bulu sikat gigi floppy lembut bahkan ketika digunakan dengan gerakan alami naik/turun.

Ingatlah untuk floss dengan lembut. Jangan menarik benang  secara tiba-tiba dan cepat di antara gigi karena dapat mengiritasi gusi sensitif . Turunkan dengan lembut, mengikuti lekukan setiap gigi.

Jika anda merasa benang gigi tidak nyaman digunakan, atau anda memiliki kawat gigi, carilah tusuk gigi sebagai gantinya. Ini adalah tongkat kayu atau plastik kecil yang dapat anda masukkan di antara gigi, mencapai hasil yang sama seperti flossing jika ruangnya cukup besar.

3 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Benar Bagian 2

Bagian 2 Menguasai Teknik Menyikat

a. Gunakan sedikit pasta gigi. Gunakan pasta gigi seukuran kacang polong ke sikat gigi anda. Menerapkan terlalu banyak pasta gigi dapat menyebabkan busa berlebih, membuat anda untuk cepat meludah dan selesai terlalu dini. Selain itu busa pasta gigi juga meningkatkan risiko anda menelan lebih banyak pasta gigi yang mengandung fluoride, yang sangat tidak sehat.

Jika menyikat terasa menyakitkan, cobalah menyikat lebih lembut dengan gerakan melingkar yang akurat saja atau beralih ke pasta gigi yang diformulasikan untuk gigi sensitif.

b. Atur bulu pada sikat gigi pada garis gusi pada sudut 45 derajat. Sikat dengan lembut dengan gerakan melingkar pendek.

c. Luangkan waktu dua hingga tiga menit untuk menyikat. Sikat hanya beberapa gigi pada satu waktu, dan kerjakan di sekitar mulut dalam lingkaran sehingga bisa menjangkau setiap gigi, luangkan sekitar 12 hingga 15 detik di setiap tempat.

Coba mulai dari luar gigi kiri bawah, pindah ke luar kanan bawah, lalu luar kanan atas ke kiri atas. Ubah ke bagian dalam bagian atas dan sapukan bagian dalam kanan atas, bagian dalam kanan bawah, dan terakhir bagian dalam kiri bawah.

d. Sikat geraham anda. Posisikan sikat gigi sehingga tegak lurus dengan bibir anda, atau agar bulu sikat berada di atas geraham bawah anda. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan keluar-masuk, dan gerakkan dari bagian belakang mulut ke depan.

Kemudian selesaikan gerakan ini dengan melakukan gerakan memutar sikat untuk menghilangkan bakteri yang telah terkilir dari permukaan. Ulangi di sisi lain mulut anda. Saat gigi bawah bersih, balikkan sikat gigi dan kerjakan pada gigi geraham atas.

Untuk mengakses geraham atas luar, selalu ayunkan rahang bawah ke sisi yang sedang anda kerjakan. Ini akan menambah ruang yang tersedia untuk menggerakkan kuas anda ke atas dan ke bawah beberapa kali sehingga tidak terjadi gerakan menyamping.

e. Sikat permukaan bagian dalam gigi anda. Miringkan sikat gigi sehingga kepala sikat gigi mengarah ke garis gusi dan gosok setiap gigi. Dokter gigi melaporkan bahwa area yang paling sering dilewati adalah bagian dalam gigi depan bawah, jadi pastikan untuk tidak melupakannya.

f. Sikat lidah anda dengan lembut. Setelah membersihkan gigi, gunakan bulu sikat gigi untuk membersihkan lidah dengan lembut. Ini membantu menjauhkan bau mulut dan menghilangkan bakteri di lidah anda. Pastikan juga jangan menekan terlalu keras, atau anda akan merusak jaringan yang ada pada lidah.

4 dari 4 halaman

Cara Menyikat Gigi yang Benar Bagian 3

Bagian 3 Penyelesaian

a. Bilas mulut anda. Jika anda memilih untuk berkumur setelah menyikat, minumlah air dari cangkir sekali pakai, atau taruh tangan anda di bawah keran. Kumur di sekitar mulut anda, dan ludahkan. Namun jika anda berisiko tinggi mengalami gigi berlubang, disarankan untuk tidak berkumur, atau berkumur hanya dengan sedikit air agar kandungan fluorida dalam pasta gigi tetap bisa melindungi gigi lebih lama.

b. Bilas sikat gigi anda. Pegang sikat gigi anda di bawah air mengalir selama beberapa detik untuk menghilangkan bakteri dari sikat. Jika anda tidak membilas sikat gigi dengan benar, anda beresiko dapat memasukkan bakteri lama ke dalam mulut saat anda menggunakannya lagi. Membilas juga menghilangkan sisa pasta gigi. Tempatkan sikat gigi anda di tempat yang mudah mengering. Jika tidak, bakteri dapat tumbuh.

c. Akhiri dengan obat kumur berbahan dasar fluoride (Opsional). Ambil sedikit obat kumur, kumur di mulut anda selama sekitar 30 detik, dan keluarkan. Berhati-hatilah untuk tidak menelan apa pun.

d. Bilas mulut anda dengan air garam (Opsional). Air asin membunuh bakteri jahat pada gigi anda. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya karena air asin bersifat asam yang juga dapat mengikis gigi jika digunakan terlalu sering.

e. Gunakan Obat Kumur Antibakteri. Untuk perlindungan antibakteri yang lengkap bilas dengan obat kumur klorheksidin sebelum tidur, tetapi jangan menggunakannya lebih dari dua minggu berturut-turut.

f. Ingatlah untuk menyikat setidaknya dua kali sehari. Kebanyakan dokter gigi menyarankan anda menyikat setidaknya dua kali sehari. Anda juga harus mencoba untuk menghindari ngemil diantara waktu makan sebanyak mungkin, karena ini menghasilkan lebih banyak sisa makanan dan bakteri yang menumpuk di mulut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.