Sukses

Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Merek Citayam Fashion Week, Ini 4 Klarifikasinya

Setelah sempat membuat kontroversi terkait pendaftaran merek Citayam Fashion Week sebagai HAKI, Baim Wong akhirnya mencabut pengajuan tersebut dan memberikan klarifikasinya.

Liputan6.com, Jakarta Pengajuan pendaftaran merek Citayam Fashion Week sebagai HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) yang dilakukan oleh Baim Wong sempat membuat kontroversi. Publik dibuat geram oleh aksi dari suami Paula Verhoeven tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun ikut angkat bicara dan memberikan saran kepada Baim Wong agar mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week ke HAKI. Setelah menuai banyak pertentangan, akhirnya bapak dua anak itu pun memberikan pertanyaan berupa klarifikasi melalui kanal YouTube dan Instagram pribadinya pada Selasa (26/7).

Dalam video singkat tersebut, artis berusia 41 tahun itu mengucapkan permohonan maaf kepada semua pihak. Ia juga menuturkan bahwa ide tersebut sepenuhnya dari dirinya. Dan memohon agar tidak menyalahkan tim apalagi menghujat sang istri. Bersamaan dengan video tersebut, ia menyatakan akan mencabut pendaftaran HAKI merek Citayam Fashion Week.

Berikut ini beberapa klarifikasi Baim Wong yang menyatakan bahwa dirinya akan mencabut pendaftaran HAKI merek Citayam Fashion Week, dirangkum Liputan6.com dari Instagram pribadinya, Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ungkap permintaan maaf

Dalam video klarifikasi yang diunggah dalam Instagram pribadinya pada Selasa (26/7), Baim Wong mengungkapkan permohonan maaf untuk semua pihak. Ia juga menegaskan bahwa tidak ada niat untuk mengambil hak orang lain seperti yang dikatakan banyak orang. Baim meminta agar semua kesalahan dilimpahkan padanya.

"Maap saya tidak ada niat mengambil hak orang lain. Tolong salahkan semua pada saya. Kalau bisa jangan menyalahkan semua ini pada tim saya atau bahkan istri saya. Semua terjadi karena memang ini ide saya. Berawal memang karena niatan kecil saya untuk membahagiakan istri saya. Kalian harus liat excitednya Paula melihat CFW," tulisnya, dalam keterangan unggahan video.

3 dari 5 halaman

2. Kronologi ide

Baim Wong juga menjelaskan kronologi tercetusnya ide hingga upaya mengontak Bonge. Lewat video tersebut, suami Paula Verhoeven itu menjelaskan ide pendaftaran HAKI bermula dari dirinya yang melihat betapa antusiasnya sang istri untuk Citayam Fashion Week.

"Adanya ide ini sebenarnya pas Paula itu di sana. Ide sebenarnya bukan HAKI. Idenya itu kita adakan suatu pergelaran atau kompetisi supaya fashion week ini ada dan enggak cuma begini saja," katanya.

Sebelum membuat sebuah pergelaran mode, Baim Wong mencari apakah Citayam Fashion Week sudah terdaftar HAKI-nya. Jika sudah, ayah dua anak ini mencari tahu siapa pemiliknya. Setelahnya, Baim Wong mengontak Bonge, salah satu anak yang viral karena fenomena tersebut via WhatsApp.

"Di sini ada tanggalnya 20 Juli jam 9 pagi," ucap Baim Wong seraya memperlihatkan bukti chat.

Koordinasi dengan Bonge dirasa penting karena bapak dua anak itu tak ingin melanggar hak orang. Lebih baik jernih di awal daripada terjadi kehebohan di kemudian hari.

4 dari 5 halaman

3. Menghubungi HAKI

Lanjutnya, Baim Wong berniat untuk mengajak sang pemilik berkolaborasi menggelar perhelatan mode yang proper, andai sudah ada pemegang HAKI-nya. Ternyata, saat dicari belum ada yang memegang hak Citayam Fashion Week.

"Ini pertama kali saya menanyakan, jam 12 sekian, pertama kali saya menanyakan HAKI. Jadi kalau saya tipikal yang mau mengambil begitu saja hak orang? Enggak. Saya tanya dulu sama Bonge. Habis itu baru saya tanya ke HAKI,"  sambungnya.

Oleh karena itu, Baim Wong daftarkan dan buatkan pendaftarannya lewat perusahaannya, yakni PT Tiger Wong Entertainment.

"Akhirnya kita bikin saja HAKI-nya sesimpel itu. Bukan kita ambisius mengambil haknya Citayam Fashion Week. Awalnya sebenarnya dari situ. Akhirnya bergulirlah terus kita urus semuanya," tutup Baim Wong.

5 dari 5 halaman

4. Putuskan lepas Citayam Fashion Week

Bergulirnya kontroversi tersebut, Baim Wong akhirnya membuat keputusan untuk melepaskan HAKI Citayam Fashion Week. Ia menyayangkan niat baiknya itu justru berujung kecaman di media sosial.

"Jadi memang kita mau melepaskan (HAKI Citayam Fashion Week) karena menurut saya, enggak mau jadi kayak seperti ini ya. Enggak ada niatan kita untuk (mengambil hak orang)," katanya.

Awalnya tekad Baim Wong sudah mantap. Namun, daripada berkelanjutan (kontroversinya) jadi ia putuskan untuk lepaskan. Dalam kesempatan itu, bintang sinetron Catatan Hati Seorang Istri itu menegaskan tidak ada niatan merenggut hak orang lain. Baim Wong mengaku sedih saat baca dirinya dinilai mengambil untung dari hal itu.

"Aduh, saya bilang malah kita mau jadikan ini suatu ajang besar dan hasilnya buat mereka semua,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.