Sukses

Orang Realistis Adalah Tidak Kolot dan Selalu Jujur, Begini Sosoknya

Orang realistis memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami orang realistis adalah mereka yang selalu teguh pada pendirian, tetapi tidak kolot dan menjujung tinggi kejujuran. Sosok orang realistis adalah sempurna karena memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi.

Melansir dari BBC United Kingdom pada Selasa (26/7/2022), sosok orang realistis adalah setia, pekerja keras, dan pasti menepati janjinya. Orang realistis adalah sosok yang mengutamakan kejujuran dan terus terang, mereka pun mengharapkan balasan sama dari orang lain.

Orang realistis adalah suka meluangkan waktu untuk bisa berpikir dengan tenang dan hati-hati sebelum mengambil tindakan. Sementara orang-orang disekitarnya, pasti selalu merasa perlu meminta pendapat dari orang realistis karena pendapatnya pasti bisa diandalkan.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang orang realistis, kepribadian orang realistis, sosok orang realistis, dan ciri-ciri orang realistis, Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang Realistis Adalah Tidak Kolot dan Selalu Jujur

Memahami orang realistis adalah mereka dengan pemikiran yang kompleks dan logis. Secara bahasa, arti realistis adalah kenyataan yang bersifat wajar, bukan diwajarkan. Ini mengarah pada pemahaman, bahwa orang realistis adalah mereka yang bisa diandalkan dengan pemikiran tersebut.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan realistis adalah bersifat nyata (real) atau sesuatu yang bersifat wajar. Lalu, melansir dari Bahai Teachings, orang realistis adalah mereka yang memiliki pemahaman baik tentang realitas situasi dan memahami yang bisa serta tidak bisa dilakukan.

Cara Berpikir Orang Realistis:

Orang realistis adalah mampu berpikir secara optimis dan pesimis dengan seimbang. Maksudnya, orang realistis adalah mereka tidak menyangkal ada kebaikan di dunia, tetapi juga mau mengakui ada keburukan pula di dalamnya.

Melansir dari Harvard Business Review, orang realistis adalah memiliki pandangan situasi lebih pragmatis dan aktual. Orang realistis adalah mereka tidak akan pernah memaksakan kehendak dan selalu berupaya memahami keadaan dan situasi sebenarnya. Orang realistis adalah mereka yang tidak kolot.

Sosok Orang Realistis:

Lalu seperti apa sosok orang realistis itu?

Melansir dari BBC United Kingdom, sosok orang realistis adalah memiliki ciri setia, pekerja keras, dan pasti menepati janjinya. Orang realistis adalah sosok yang mengutamakan kejujuran dan terus terang, mereka pun mengharapkan balasan sama dari orang lain.

Dijelaskan sebelumnya, orang realistis adalah mereka yang tidak kolot. Pemahaman ini diperkuat pula dari penjelasan BBC. Orang realistis adalah mereka yang mempercayai prosedur standar dan hanya mendukung perubahan apabila ada manfaat yang bisa dibuktikan.

Kepribadian Orang Realistis:

Mengarah pada kepribadiannya, dijelaskan orang realistis adalah pasti hanya akan berbagi pendapat atau pengalaman pribadi dengan teman terpercayanya. Orang realistis adalah suka meluangkan waktu untuk bisa berpikir dengan tenang dan hati-hati sebelum mengambil tindakan.

Karier Orang Realistis:

Orang realistis adalah menentukan karier atau pekerjaannya didasarkan pada keputusan yang bukan main-main. Pekerjaan orang realistis adalah mereka tentukan dari pengetahuan dan pengalaman faktual yang dimilikinya.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Realistis dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang bagaimana dan seperti apa sosok orang realistis itu, selanjutnya ketahui dan kenali dari ciri-ciri orang realistis sebenarnya.

Tak hanya memahami tentang situasi, orang realistis adalah begitu memahami cara memperlakukan orang lain. Ini penjelasan ciri-ciri orang realistis, melansir dari Thought Catalog:

1. Orang yang Diingat

Ciri-ciri orang realistis adalah mereka orang yang pasti akan diingat. Semua orang akan melihat orang realistis ketika saatnya untuk merencanakan perjalanan, karena mereka tahu bahwa orang realistis tidak hanya akan merencanakan segalanya dengan sempurna. Melainkan orang realistis juga akan membuat semua rencana cadangan yang diperlukan ketika rencana awal pasti tidak berhasil.

2. Penuh Persiapan

Ciri-ciri orang realistis adalah penuh dengan persiapan. Dompet orang realistis menyaingi tas yang dibawa Mary Poppins. Orang realistis tahu untuk bersiap menghadapi situasi apa pun, sehingga teman orang realistis dapat mengorang realistislkan orang realistis untuk membawa sebungkus tisu, tabir surya, dan camilan sore hari bersama orang realistis setiap saat.

3. Pandai Memberi Nasihat

Ciri-ciri orang realistis adalah porang realistisi memberi nasihat. Orang realistis terus-menerus melawan keinginan untuk mengatakan, "Sudah kubilang," ketika teman-teman orang realistis mengabaikan realisme bijak orang realistis.

4. Teguh Pendirian

Ciri-ciri orang realistis adalah teguh pada pendirian. Fakta bahwa orang realistis satu-satunya yang memutuskan untuk membawa payung, dan sekarang hujan dan semua orang berebut tempat yang didambakan di bawahnya, biasanya mereka berbicara banyak.

5. Memahami Perasaan

Ciri-ciri orang realistis adalah sangat memahami perasaan. Bersikap realistis bukan berarti orang realistis brutal. Orang realistis tahu bahwa orang memiliki perasaan, dan orang realistis berhati-hati untuk memberi mereka pendapat jujur ​​ tanpa menyakiti.

6. Berperilaku Santai

Ciri-ciri orang realistis adalah berperilaku santai. Orang realistis umumnya sangat santai, karena orang realistis mengerti bahwa kadang-kadang, hal buruk terjadi, dan orang realistis selalu siap untuk berguling dengan pukulan.

7. Menghindari Drama

Ciri-ciri orang realistis adalah selalu menghindari drama. Orang realistis mencoba untuk menghindari drama dengan segala cara, karena drama sebagian besar terdiri dari orang-orang yang bertindak tidak rasional, dan itu membuat orang realistis kesal tanpa akhir.

8. Bisa Diandalkan

Ciri-ciri orang realistis adalah selalu bisa diandalkan. Orang realistis selalu ada jika teman yang selalu drama membutuhkan mediator, karena orang realistis pasti akan melihat kedua sisi secara rasional, dan membantu mereka menyelesaikan perbedaan mereka.

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Realistis Selanjutnya

9. Tidak Suka Berbohong

Ciri-ciri orang realistis adalah jujur atau tidak suka berbohong. Teman-teman orang realistis tahu untuk tidak datang kepada orang realistis ketika mereka ingin nasihat yang menguatkan seperti, "ikuti impian apa pun yang terjadi" atau "dia bisa berubah", karena mereka tahu mereka tidak akan mendapatkannya dari orang realistis.

10. Tidak Ragu Mengungkap Kebenaran

Ciri-ciri orang realistis adalah tidak merasa ragu untuk mengungkap kebenaran. Inilah mengapa banyak orang tahu untuk datang kepada orang realistis ketika mereka membutuhkan nasihat yang keras. Ini karena orang realistis selalu mengatakan yang sebenarnya kepada mereka.

11. Menghindari Ekspektasi Tinggi

Ciri-ciri orang realistis adalah selalu menghindari ekspektasi tinggi. Ketika teman bertanya bagaimana kencan pertama, orang realistis biasanya mengatakan sesuatu seperti, “Dia tampak sangat hebat, dan saya senang bisa mengenalnya lebih jauh.”

Bahkan ketika orang realistis benar-benar menyukai seseorang, mereka cenderung menjaga diri dari melompat ke kesimpulan fantastis bahwa mereka adalah "The One" setelah satu kencan.

12. Selalu Dimintai Pendapat

Ciri-ciri orang realistis adalah selalu dimintai pendapat. Teman-teman orang realistis selalu meminta pendapat saat berbelanja, karena mereka tahu orang realistis akan memberikan seluruh kebenaran dan tidak ada yang lain selain kebenaran, jadi tolonglah Tuhan ketika mereka mencoba pakaian yang mengerikan.

13. Dianggap Pesimis

Ciri-ciri orang realistis adalah dianggap pesimis. Orang yang optimis sering kali sedikit kecewa dengan orang realistis, karena mereka sering berpikir orang realistis pesimis, tetapi sebenarnya, bukan salah orang realistis jika skenario yang lebih mungkin tidak terlalu positif!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.