Sukses

10 Manfaat Folavit untuk Ibu Hamil, Dapat Menurunkan Tingkat Depresi

Manfaat folavit untuk ibu hamil, salah satunya dapat menurunkan tingkat depresi

Liputan6.com, Jakarta Folavit merupakan obat yang dapat membantu untuk mengatasi anemia, keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Manfaat folavit bagi tubuh dapat membentuk sel-sel yang ada dalam tubuh. Selain itu, folavit juga merupakan suplemen makanan selama proses kehamilan juga menyusui. 

Manfaat folavit yang mengandung asam folat juga dapat membantu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan, juga membantu ibu dalam memenuhi kandungan asam folat serta mencegah ganguan kehamilan lain yang akan timbul.

Manfaat folavit juga sangat baik untuk tubuh, karena selain berfungsi memenuhi kandungan asam folat pada tubuh, juga suplemen makanan, folavit dapat ,membantu merangsang kehamilan dan memenuhi nutrisi ke rahim. 

Berikut ini manfaat folavit untuk ibu hamil yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022).  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Folavit

1. Mengatasi Anemia

Manfaat folavit juga dapat merangsang pembentukan sel darah merah dan membantu terhindar dari risiko penyakit anemia atau kurang darah, yang dapat menjadi penghambat kehamilan. 

2. Nutrisi Kecerdasan

Manfaat folavit juga salah satu suplemen yang kaya nutrisi dan membantu kecerdasan otak. Kandungan asam folat yang merangsang produksi sel darah merah dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kecerdasan.

3. Mengurangi risiko cacat lahir

Selain berfungsi sebagai suplemen, juga sangat membantu ibu hamil dalam mengurangi risiko cacat saat lahir. Kandungan asam folat yang cukup selama kehamilan, sangat membantu melindungi terhadap keguguran dan cacat tabung saraf pada janin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Folavit

4. Merangsang Kehamilan

Manfaat folavit yang mengandung asam folat, membantu dalam stimulus untuk merangsang program kehamilan. Jika dikonsumsi secara akan membantu proses kehamilan jadi lebih mudah tercapai. Namun, harus menjaga asupan nutrisi agar lebih optimal. 

5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat folavit selanjutnya. Dapat berguna sebelum hamil juga membantu sel darah merah agar lebih optimal. Hal ini karena Folavit merupakan salah satu suplemen yang mengandung zat besi dan vitamin B12.

6. Turunkan tingkat depresi

Manfaat yang diperoleh saat mengonsumsi folavit, dapat menurunkan tingkat depresi saat masa kehamilan.Satu studi menunjukkan bahwa suplemen nutrisi dapat membantu mengobati suasana hati yang rendah.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Folavit

7. Mengatasi Masalah Menstruasi

Manfaat folavit selanjutnya, selain membantu proses kehamilan, juga mengatasi masalah menstruasi yang berlebihan. Dengan mengonsumsi folavit akan menurunkan risiko gejala akibat menstruasi seperti kelelahan dan lainnya, serta membantu merangsang pembentukan sel darah merah.

8. Mempersiapkan Rahim

Manfaat folavit juga membantu ibu dalam mempersiapkan rahim. Kandungan asam folat yang memiliki khasiat, membantu menjaga  kesehatan rahim wanita serta mempersiapkan kehamilan yang lebih baik.

9. Sehatkan jantung

Suplemen asam folat yang telah diteliti, sangat  mampu menurunkan kadar homosistein. Kadar homosistein yang meningkat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Dengan mengonsumsi folavit yang mengandung asam folat dan vitamin B12 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

10. Cegah kanker

Asupan folat yang tinggi, dapat melindungi tubuh terhadap kanker tertentu, baik itu kanker payudara, usus, paru-paru juga pankreas. Hal ini kemungkinan karena peran folat dalam ekspresi gen untuk mengendalikan kapan gen dihidupkan atau dimatikan.

5 dari 5 halaman

Menu Asam Folat

Untuk menghindari dampak kelebihan asam folat, yang paling baik adalah dengan mengambil asupan asam folat dari sumber makanan alami, diantaranya : 

1. Brokoli

Satu cangkir sayur brokoli memiliki kandungan asam folat sebanyak 63 mikrogram. Sangat baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

2. Roti gandum

Roti yang terbuat dari gandum memiliki kandungan asam folat sebanyak 65 mikrogram.

3. Kubis

Satu cangkir sayur kubis ini memiliki kandungan asam folat sebanyak 43 mikrogram.

4. Kacang hijau

Satu cangkir kacang hijau mengandung 42 mikrogram asam folat, menjadi rekomendasi pengganti folavit.

5. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan asam folat sebanyak 38 mikrogram.

6. Seledri

Satu cangkir seledri memiliki kandungan asam folat sebanyak 35 mikrogram.

7. Hati ayam

Kandungan asam folat di dalam hati ayam sebanyak 578 mikrogram dalam 100 gram hati ayam. Sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil saat masa kehamilan

8. Kacang koro

Satu cangkir kacang koro memiliki kandungan asam folat sebanyak 358 mikrogram. Satu cangkir sayur asparagus memiliki kandungan asam folat sebanyak 262 mikrogram.

9. Bayam

Sayur ini memiliki kandungan asam folat sebanyak 194 mikrogram dalam satu cangkir.

10. Kacang lentil 

Satu cangkir kacang lentil memiliki kandungan asam folat sebanyak 181 mikrogram dalam satu cangkir.

11. Kuning telur 

Kuning telur memiliki kandungan asam folat sebanyak 145 mikrogram.

12. Kacang tanah 

Secangkir kacang tanah memiliki kandungan asam folat sebanyak 120 mikrogram.

13. Alpukat 

Dalam satu cangkir alpukat memiliki kandungan asam folat sebanyak 110 mikrogram, dan sangat baik untuk dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.