Sukses

8 Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Depresi

8 manfaat bunga melati bagi kesehatan yang penting untuk kamu ketahui

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai manfaat bunga melati yang perlu kita ketahui. Melati adalah salah satu bunga yang terkenal di Indonesia. Bunga ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki aroma yang harum, membuatnya banyak digunakan sebagai tanaman hias di rumah-rumah.

Di seluruh dunia terdapat kurang lebih 200 jenis melati. Dari sekian banyaknya jenis bunga melati tersebut, ada setidaknya 9 jenis yang telah dibudidayakan di Indonesia. Jenis bunga melati yang umum ditemui di Indonesia adalah bunga melati putih atau Jasmimum Sambac. Di Indonesia sendiri, bunga melati ini umumnya dikonsumsi dalam bentuk teh.

Selain bentuknya yang cantik dan aromanya yang harum, bunga ini juga kaya akan manfaat. Banyaknya manfaat bunga melati membuat bunga ini banyak digunakan untuk pengobatan tradisional serta sebagai bahan untuk produk-produk kecantikan.

Mengutip dari situs Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Pemerintah Kabupaten Buleleng, bunga melati memiliki berbagai kandungan diantaranya adalah indole, linalcohol, asetat benzylic, alcohol benzylic, jasmon, antioksidan dan epigallocething gallate. Berbagai kandungan tersebutlah yang menjadi sumber manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati

1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh yang pertama ialah baik untuk kesehatan pencernaan. Mengutip dari situs Indigo Herbs, kayanya kandungan antioksidan di bunga melati memberikan berbagai manfaat baik untuk pencernaan manusia. Antioksidan dalam bunga melati yang berinteraksi dengan enzim-enzim pencernaan dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dan membantu menjaga kesehatan usus.

Selain itu, bunga melati juga bisa membantu perkembangan bakteri baik dalam pencernaan dan juga ditemukan dapat membantu membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Kemampuan antispasmodik bunga melati membuatnya dapat digunakan untuk membantu meredakan gangguan pencernaan, kram perut, dan meredakan peradangan.

2. Baik untuk Kesehatan Gastrointestinal

Manfaat bunga melati yang selanjutnya ialah membantu menjaga kesehatan gastrointestinal. Sumber yang sama menyebutkan bahwa sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ekstrak bunga melati efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus dan Bacillus cereus. Bakteri-bakteri tersebut penyebab dari berbagai gangguan pencernaan, yang umumnya dikenal sebagai “kutu perut”. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga melati dengan konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati

3. Membantu Mengurangi Depresi

Manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh yang lainnya ialah dapat membantu untuk mengurangi depresi dan stres pada seseorang. Bunga melati terkenal akan aromanya yang harum. Aromanya ini ternyata bisa membantu seseorang untuk mengurangi rasa stres dan depresi serta memperbaiki mood seseorang.

Mengutip dari sumber yang sama, sebuah penelitian yang terbit dalam "Journal of Health Research" menemukan bahwa aroma dari minyak bunga melati memang memberikan efek pada perasaan dan aktivitas otak seseorang. Para partisipan yang terlibat di dalam penelitian ini mengatakan bahwa mereka merasa lebih positif, energik, dan bahkan lebih romantis setelah menghirup aroma minyak bunga melati.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa penggunaan minyak bunga melati dalam pijat aromaterapi dapat membantu meningkatkan laju pernapasan, saturasi oksigen dalam darah, dan tekanan darah, yang membuat para peserta penelitian merasa lebih waspada. Para peneliti menarik kesimpulan bahwa efek stimulasi ini dapat membantu untuk mengurangi depresi dan rasa cemas sekaligus meningkatkan atau memperbaiki suasana hati.

4. Mengatasi Insomnia

Manfaat bunga melati yang selanjutnya ialah membantu untuk mengatasi insomnia. Dikutip dari sumber yang sama, mengkonsumsi teh bunga melati ataupun menggunakan minyak bunga melati memberikan efek sedatif yang membantu merilekskan saraf yang tegang. Senyawa sedatif yang terkandung di dalam bunga melati ini dapat membantu mengatasi insomnia, menyenyakkan tidur seseorang, dan membantu mengatur pola tidur yang tidak teratur.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bunga melati yang berikutnya ialah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mengutip dari situs Healthline, mengkonsumsi teh melati secara rutin dapat membantumu untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit jantung yang berbahaya.

Teh melati kaya akan kandungan polifenol. Menurut penelitian, kandungan polifenol pada teh dapat membantu mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi. LDL yang teroksidasi bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh karena ia cenderung menempel pada dinding arteri dan membentuk plak. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah di dalam tubuh anda yang bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya.

6. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat bunga melati yang selanjutnya ialah dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Mengutip dari sumber yang sama, mengkonsumsi teh bunga melati dapat membantu seseorang untuk fungsi otak. Kandungan kafein yang ada di dalam teh bunga melati bisa menstimulasi sistem syaraf seseorang dan membantunya untuk merasa lebih rileks. Kandungan kafein tersebut juga bisa membantu meningkatkan aktivitas otak dan melepaskan berbagai neurotransmiter yang meningkatkan suasana hati seperti dopamin dan serotonin yang membuat anda merasa lebih waspada dan energik, serta meningkatkan memori atau ingatan jangka pendek.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati

7. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat bunga melati yang selanjutnya ialah membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Bunga melati sendiri memang sudah terkenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit manusia. Bunga ini sudah banyak digunakan untuk membuat berbagai produk perawatan kulit dan kecantikan.

Kandungan antioksidan di dalam bunga melati dapat membantu kita untuk menjaga kelembaban kulit. Mengutip dari situs Merdeka.com, bunga melati dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit yang tertutup dan melembabkannya; membuatnya lebih sehat dan terlihat lebih cantik. Selain itu, bunga melati juga dipercaya bisa membantu untuk menghaluskan kulit dan mencegah proses penuaan dini.

8. Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Manfaat bunga melati yang selanjutnya ialah baik untuk kesehatan reproduksi. Mengutip dari situs Indigo Herbs, minyak bunga melati telah lama digunakan untuk membantu perempuan melewati setiap tahap kehidupan reproduksi mereka. Bunga melati memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan hormon yang terbukti dapat meredakan gejala-gejala PMS dan menopause. Selain itu, minyak ini juga dapat membantu untuk mengatur siklus menstruasi dan meredakan rasa sakit yang diderita selama masa menstruasi.

Minyak bunga melati juga bisa digunakan untuk membantu memperlancar proses persalinan. Minyak ini telah terbukti mampu memperkuat kontraksi dan mempersingkat waktu persalinan. Perempuan yang juga menggunakan minyak bunga melati pasca melahirkan menunjukkan waktu pemulihan yang lebih cepat. Selain itu, kemampuan anti-depresi dari minyak ini juga bisa membantu melawan depresi pasca melahirkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.