Sukses

12 Macam RAM dan Fungsinya, Ketahui Pengertian Serta Perbedaannya

macam-macam RAM yang digunakan diseluruh dunia, beserta dengan fungsi dan kemampuannya untuk memproses data

Liputan6.com, Jakarta Terdapat banyak macam RAM yang digunakan di seluruh dunia, baik untuk perangkat komputer maupun perangkat mobile. Saat anda memutuskan untuk membeli perangkat elektronik RAM menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan kapasitas dan fungsinya apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan kita. 

RAM atau yang dikenal dengan Random Access Memory merupakan hardware atau perangkat keras yang  berada di dalam perangkat komputer, laptop dan smartphone, yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dan bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Hal ini membuat kapasitas RAM dalam perangkat sangat penting untuk diperhatikan.

Kapasitas RAM mempengaruhi tingkat kecepatan perangkat untuk memproses data, makin besar kapasitas RAM maka semakin cepat pula perangkat dalam memproses dan menjalankan perintah. Oleh sebab itu penting untuk memahami macam RAM dan fungsinya untuk dapat memilih RAM yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Pentingnya bagian RAM dalam kualitas kinerja perangkat yang kita miliki, anda perlu mengetahui lebih jauh tentang macam RAM dan juga fungsinya masing-masing. Untuk itu berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber macam-macam RAM dan fungsinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam RAM Dan Fungsinya

1. FPM DRAM

Macam RAM yang pertama adalah First page mode dynamic random access memory (FPM DRAM), yang merupakan bentuk awal dari RAM yang popular saat ini. Tergolong antik dan ketinggalan zaman karena kecepatannya yang lambat, yaitu sekitar 176 MB per detik. Rentang frekuensi kinerja FPM DRAM di antara 16 megahertz atau MHz sampai 66 MHz.

 

2. DRAM

Dynamic Random Access Memory (DRAM) adalah kelanjutan dari FPM DRAM. DRAM dapat membaca lebih cepat dari FPM DRAM. Memori semikonduktor ini menggunakan satu kapasitor dan transistor per bit dalam kinerjanya sehingga dapat memuat lebih banyak data. Frekuensi kerjanya sekitar 4.7 MHz hingga 40 MHz.

Sayangnya DRAM secara otomatis dan berkala akan ter refresh dan ter reload oleh central processing unit (CPU) komputer. Karena kebutuhan akan kapasitor, transistor, serta penyegaran otomatis dan berkala inilah yang membuat DRAM bekerja lambat.

 

3. EDORAM

Extended data output random access memory (EDORAM) atau extended data output dynamic random access memory (EDO DRAM) dikeluarkan pertama kali pada tahun 1994 untuk komputer-komputer pada zamannya. RAM satu ini membaca lebih cepat dari FPM DRAM serta DRAM dan bekerja pada mikroprosesor seperti Intel Pentium dengan kecepatan 66 MHz ke bawah.

 

4. RDRAM

Rambus dynamic random access memory (RDRAM) pertama kali dibuat pada tahun 1995 untuk komputer buatan Rambus. RAM ini berfrekuensi kerja sekitar 133 MHz dengan kecepatan akses data 600 MB sampai 1.6 GB per detik. RDRAM biasanya dipasang di kartu grafis untuk membaca video, permainan, menyimpan cache atau proses penyimpanan memori sistem berkinerja tinggi. Ada juga komputer berprosesor Pentium 4 yang menggunakan RDRAM sebagai RAM-nya.

3 dari 4 halaman

Macam RAM Dan Fungsinya

5. SDRAM

Synchronous dynamic random access memory atau SDRAM adalah jenis RAM yang disinkronisasikan oleh clock system atau sistem waktu. RAM ini merupakan pembaruan dari DRAM dan bekerja lebih cepat pula darinya. Kecepatan akses datanya mulai dari 100 MHz sampai 133 MHz dengan kapasitas memori mulai dari 16 MB sampai 1 GB. Komputer era 1996 sampai 2003 banyak menggunakan jenis RAM ini.

 

6. SRAM

Static random access memory (SRAM) adalah RAM yang terbuat dari semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan penyegaran berkala oleh CPU sehingga kinerjanya lebih cepat dari DRAM lama.  SRAM umumnya digunakan sebagai cache memori karena kecepatannya yang tinggi, yaitu bisa mencapai 500 MHz lebih. Akan tetapi, harga produksinya mahal, sehingga hanya dijual dengan kapasitas yang rendah, yakni di bawah 1 GB.

 

7. Flash RAM

Flash random access memory atau memori flash termasuk ke dalam jenis RAM non volatil yang berarti RAM ini mampu menyimpan memori yang datanya secara fleksibel bisa dimasukkan atau dihapuskan. Flash RAM menguntungkan karena bisa menyimpan data dan informasi begitu daya habis atau terputus. Jadi cocok untuk dijadikan cadangan dalam keadaan darurat seperti mati listrik atau perangkat tiba-tiba mati.

 

8. SDR SDRAM

Single data rate synchronous dynamic random access memory (SDR SDRAM) adalah salah satu jenis RAM yang bisa meminta akses atau perintah untuk sekali membaca serta hanya bisa memasukkan memori tiap kali kita memencet tombol. Contoh mudahnya adalah pada konsol permainan video dan beberapa perangkat komputer. SDR SDRAM adalah perkembangan dari SDRAM konvensional dengan kecepatan memasukkan data yang lebih tinggi.

4 dari 4 halaman

Macam RAM Dan Fungsinya

9. DDR SDRAM

Double data rate synchronous dynamic random access memory (DDR SDRAM) merupakan macam RAM yang memiliki kecepatan yang amat tinggi dibandingkan RAM lain, yaitu dua kali lipat atau lebih dari SDR SDRAM dan SDRAM konvensional. Banyak perangkat sudah memakai DDR SDRAM untuk kebaikan proses kinerja perangkat tersebut karena mampu melakukan dua instruksi dalam waktu yang bersamaan dan memakai lebih sedikit daya listrik sehingga lebih efisien. Ditambah lagi kapasitas memorinya mencapai 4 GB per chip-nya.

 

10. SODIMM

Macam RAM yang selanjutnya adalah small outline dual inline memory module (SODIM) yang merupakan semacam perangkat penyimpan memori sementara yang biasa dipasang dan digunakan untuk laptop atau notebook, printer, router internet, dan lain-lain. Kapasitasnya mampu mencapai 4 GB memori, hampir setara dengan DDR SDRAM.

RAM ini memiliki macam-macam ukuran yang terbagi dari jumlah pinnya. Ada SODIMM dengan 72 pin, 100 pin, 144 pin, 200 pin, dan 204 pin. Tentunya masing-masing memiliki performa, kualitas, dan harga yang berbeda.

 

11. VGRAM

Macam RAM yang selanjutnya adalah video graphic random access memory (VGRAM), RAM ini digunakan untuk kartu grafis perangkat masa kini untuk kebutuhan memaparkan grafis, pixel, dan video yang tajam serta jernih. Rata-rata adaptor video dan permainan video menggunakan VGRAM untuk menghasilkan gambar yang spektakuler. Kualitasnya bermacam-macam dan harganya juga menyesuaikan.

 

12. GDDR SDRAM

Macam RAM yang terakhir adalah graphics double data rate synchronous random access memory (GDDR SDRAM). RAM ini menghasilkan grafik yang sangat jernih dengan resolusi tinggi karena kecepatan membaca datanya. Banyak permainan modern dan video-video menggunakan GDDR SDRAM. Sayangnya, kita harus memiliki perangkat dengan sistem yang kuat, terbaru, dan mumpuni untuk menggunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.