Sukses

7 Cara Mengatasi Badan Menggigil Kedinginan, Kenali Penyebabnya

Cara mengatasi badan menggigil kedinginan berkaitan dengan istirahat, konsumsi makanan dan minuman, dan langkah-langkah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi badan menggigil kedinginan tentunya perlu kamu ketahui saat musim dingin. Menggigil kerap kali dikaitkan dengan demam, namun tidak jarang tubuh seseorang menggigil bukan karena atau disertai demam. 

Menggigil kedinginan merupakan salah satu gejala seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan. Menggigil adalah respons alami tubuh terhadap berbagai kondisi yang menyebabkan otot berkontraksi secara cepat dan berulang untuk meningkatkan suhu tubuh.

Cara mengatasi badan menggigil kedinginan berkaitan dengan istirahat, konsumsi makanan dan minuman, dan langkah-langkah lainnya. Kamu perlu memperhatikan kondisi tubuh menggigil bila diikuti dengan gejala lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022) tentang cara mengatasi badan menggigil kedinginan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Tubuh Menggigil Kedinginan

Sebelum mengenali cara mengatasi badan menggigil kedinginan, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kondisi ini tentu biasanya terjadi saat utubh kamu terpapar udara dingin. Namun, tubuh menggigil kedinginan juga bisa dipengaruhi oleh kondisi lainnya.

Penyebab tubuh menggigil juga bisa dipengaruhi oleh infeksi. Mengigil terjadi sebagai mekanisme tubuh dalam melawan infeksi virus ataupun bakteri. Kondisi ini biasanya disertai dengan demam. Jika menggigil diikuti dengan demam, hal ini dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi virus atau bakteri, atau sedang mengalami peradangan.

Selain itu penyebab tubuh mengigil kedinginan lainnya yaitu suhu tubuh yang terlalu rendah (hipotermia), mengalami malnutrisi, sehingga rentan terhadap infeksi dan suhu dingin, efek samping obat atau mengonsumsi obat dengan dosis yang tidak tepat, reaksi emosional, seperti rasa takut dan cemas, kadar gula darah rendah (hipoglikemia), dehidrasi akibat aktivitas fisik yang ekstrem, serta kadar hormon tiroid dalam darah rendah (hipotiroidisme), sehingga tubuh menjadi rentan terhadap suhu dingin. Menggigil juga dapat dialami oleh pasien pasca operasi. Penggunaan obat bius total untuk operasi juga memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengendalikan suhu tubuh.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Menggigil Kedinginan

Cara mengatasi badan menggigil kedinginan dapat dilakukan dengan memperhatikan waktu istirahat, konsumsi makanan dan minuman, dan langkah-langkah lainnya. Berikut cara mengatasi badan menggigil kedingingan yang bisa kamu praktikkan di rumah:

- Cukupi kebutuhan cairan tubuh. Salah satu faktor yang menyebabkan tubuh makin cepat kedinginan adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Pengaturan suhu tubuh akan sulit bila kamu kekurangan asupan cairan. Bahkan tubuh akan menggigil kedinginan walaupun bukan di lingkungan yang dingin. Jadi, banyak minum air putih bisa dilakukan sebagai cara mengatasi tubuh mengigigil kedinginan yang ampuh.

- Minum teh jahe. Jahe umumnya dikenal untuk melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh. Jadi inilah saatnya membuat teh jahe untuk menghangatkan badanmu yang dingin. Pertama-tama yang perlu kamu lakukan yakni potong-potong 2-3 potong jahe. Lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah itu saring rebusan jahe dan minum.

- Gunakan pakaian hangat dan nyaman. Menggunakan pakaian hangat tentunya menjadi salah satu cara mengatasi tubuh menggigil yang perlu kamu lakukan. Gunakan selimut ataupun jaket agar kamu tidak kedinginan. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak menggunakan pakaian yang membuat tubuhmu sesak. Kamu juga bisa menyalakan mesin penghangat dan mematikan atau atur AC ke suhu hangat.

- Konsumsi makanan bergizi. Salah satu alasan kamu kedinginan adalah karena kekurangan vitamin B, yang sangat penting untuk meningkatkan aliran darahmu. Zat besi juga berguna untuk transportasi oksigen ke tubuhmu. Jadi, yang perlu kamu lakukan yaitu, untuk mencukupi zat besi, coba makan lebih banyak daging merah, kacang-kacangan, tahu, oat, bayam, kacang panggang, dan lain-lain.

- Istirahat yang cukup. Cara mengatasi tubuh menggigil kedinginan berikutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Kamu juga perlu memperhatikan waktu tidur pada malam hari supaya tidak terlalu larut. Tidur di waktu yang tepat dan mencukupi waktu istirahat sangat penting dalam menjaga kesehatan.

- Mandi air hangat atau kompres hangat. Mandi dengan air hangat tidak hanya meredakan, tapi juga membantu kamu tertidur lebih cepat karena merangsang sirkulasi darah. Suhu air harus sekitar 36 derajat Celcius hingga 38 derajat Celcius. Kamu juga bisa mengompres dahi dengan air hangat sebagai cara mengatasi tubuh menggigil kedinginan.

- Mengonsumsi obat pereda demam. Cara mengatasi tubuh menggigil kedinginan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat pereda demam. Hal ini bila kondisi disertai dengan demam. Kamu bisa mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.