Sukses

Macam Teks Deskripsi, Pengertian Serta Ciri-Ciri yang Wajib Disimak

Macam teks deskripsi yang wajib disimak.

Liputan6.com, Jakarta Teks merupakan naskah yang memuat kata-kata. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah bahan yang tertulis untuk dasar dalam memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya. Ada juga berbagai macam teks dalam bahasa Indonesia yang perlu diketahui, di antaranya teks prosedur, narasi, deskripsi dan masih banyak lagi. 

Macam teks deskripsi bisa diketahui berdasarkan isi serta tujuannya. Menurut KBBI, deskripsi merupakan penggambaran atau pemaparan yang dilakukan dengan kata-kata secara jelas juga terperinci. Format teks deskripsi juga digunakan oleh penulis ketika menjelaskan suatu objek secara terperinci. 

Teks deskripsi juga menggambarkan objek secara konkret juga lebih bersifat khusus. Objek yang dideskripsikan juga bersifat pendapat personal. Oleh sebab itu, sebelum membuat sebuat teks deskripsi, penulis harus mengetahui terlebih dahulu macam teks deskripsi, serta ciri-cirinya. 

Berikut ini macam teks deskripsi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Teks Deskripsi

Sebelum mengetahui macam teks deskripsi, ada baiknya untuk memahami pengertian teks deskripsi menurut para ahli. Secara umum, deskripsi atau teks deskripsi adalah suatu teks yang menggambarkan suatu objek dengan kata-kata yang mampu merangsang indra pembaca

Berikut ini sejumlah pendapat lain mengenai pengertian teks deskripsi menurut para ahli di antaranya:

1. Felicia Nuradi Utorodewo

Teks deskripsi menurut Felicia Nuradi, adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifatnya, rasanya, atau coraknya dengan mengandalkan panca indera dalam proses penguraiannya.

2. Gorys Keraf

Deskripsi menurut Gorys adalah suatu wacana yang digunakan untuk menyampaikan objek pembicaraan sehingga para pembaca seperti melihat sendiri objek tersebut secara langsung. Di dalam deskripsi penulis memindahkan kesan-kesannya, hasil pengamatan, perasaan, penyampaian sifat, dan rincian wujud yang ditemukan pada objek

2. Henry Guntur Tarigan

Teks deskripsi menurut Henry Guntur Tarigan adalah tulisan yang bisa melukiskan sebuah kisah yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar bisa memahami, merasakan dan menikmati objek yang dibicarakan seperti suasana hati, aktivitas dan sebagainya.

3 dari 4 halaman

Macam Teks Deskripsi

Adapun macam teks deskripsi antara lain: 

1. Teks Deskriptif Spasial

Teks deskriptif spasial adalah teks yang melukiskan tentang ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa ketika terjadi. 

2. Teks Deskriptif Objektif

Teks deskriptif objektif merupakan teks yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitas objek atau orang tersebut.

3. Teks Deskriptif Subjektif

Teks deskriptif subjektif adalah teks yang menggambarkan objek seperti penafsiran atau kesan perasaan penulis (tafsiran penulis).

4 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

1. Ciri-Ciri  Secara Umum

Berisikan mengenai penjelasan atau penggambaran suatu objek. Dalam menggambarkan atau menjelaskan suatu objek, penulis harus memberikan detail dan terperinci sehingga tidak menimbulkan makna ganda bagi pembacanya. Dengan memberikan penjelasan yang terperinci, diharapkan pula pembaca bisa lebih mudah memahami penjelasan tersebut.

Dalam teks tersebut, pemaparan harus membuat pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengarkan, mengalami langsung, atau merasakan apa yang telah disajikan dalam teks.Penjelasan mengenai ukuran, warna, bentuk, hingga ciri fisik dari obyek tersebut harus dicantumkan. Sehingga pembaca memiliki bayangan terhadap objek yang dideskripsikan tanpa melihatnya terlebih dahulu. Cantumkan data berupa angka agar pembaca memiliki gambaran jelas.

2. Ciri-Ciri Teks Deskripsi dari Segi Penggunaan Bahasa

Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat.Menggunakan kalimat rinci untuk menggambarkan objek. Menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan objek (warna dirinci merah, kuning, hijau). Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang.Menggunakan majas untuk memberikan gambaran lebih konkret. Contoh teks deskripsi:

Judul: Kelinci Imut

1. Identifikasi

Kelinci adalah hewan peliharaan yang lucu, imut, juga penurut. Namun, tak sedikit pula kelinci yang mudah untuk kita jumpai sekarang. Kebanyakan hewan imut ini, ada pada tempat wisata ataupun kebun binatang.

2. Klarifikasi

Beberapa minggu yang lalu, aku mulai mengadopsi seekor kelinci yang aku temukan di pinggiran jalan raya. Jalanan yang ramai penuh transportasi yang bersimpangan. Menurutku, nyawa kelinci bisa terancam bila tak diselamatkan. Untuk itu aku menggendongnya untuk dibawa ke rumah.

3. Deskripsi

Kelinci tersebut masuk jenis kelinci Holland lop, hasil silangan dari famili Leporidae. Kelinci tersebut memiliki warna yang terbilang unik.

Dua warna dalam satu makhluk, yakni putih, juga cokelat. Di bagian kepala dipenuhi warna putih dan di sebagian perut berkombinasi bercak hitam dan cokelat.

Tubuhnya yang masih kecil membuatnya terlihat seperti boneka. Terlebih dengan matanya yang berwarna semi biru, membuatnya terlihat langka.

Ketika aku menemukannya minggu kemarin, kelinci ini dalam keadaan kotor dan sekarang lebih terlihat cantik dan imut. Sekarang kuberi kelinci ini dengan nama Berry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.