Sukses

34 Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat, Secara Alami Juga Ampuh

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat, bisa dilakukan dengan alami dan terbukti ampuh.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat dengan cepat juga bekas jerawat bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Jerawat sangat mengganggu penampilan juga membuat kamu tidak nyaman. Hal yang dapat mengakibatkan orang terutama wanita tidak percaya diri adalah wajah yang penuh dengan jerawat. Oleh karena itu, sangat perlu memperhatikan juga melakukan perawatan yang tepat. 

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat, selain menggunakan skincare, ada juga bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan serta memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk kulit juga membuat jerawat dan bekasnya menjadi hilang. Sebelum melakukan perawatan, sangat perlu untuk cuci muka secara rutin, menggunakan toner, pelembap, dan tabir surya juga menghilangkan jerawat. 

Jerawat juga bisa menjadi masalah serius bagi kesehatan kulit jika tidak segera diatasi. Jerawat akan semakin parah ketika folikel bulu yang tersumbat terinfeksi dengan bakteri. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat perlu diketahui agar tidak muncul penyakit kulit seperti nodul, pustula, papula bahkan kista. 

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan cepat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

1. Kayu Manis

Sifat anti-inflamasi kayu manis yang dikombinasikan dengan sifat anti-mikroba madu dapat menghilangkan jerawat. Karena kayu manis memiliki sifat penyembuh luka yang bisa membantu menghilangkan jerawat. Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis untuk membentuk pasta dan oles pada wajah, kemudian dibersihkan. 

2. Jahe

Jahe juga membantu menjaga kulit agar tetap bersih, halus juga bebas dari noda. Jahe memiliki sifat antiseptik dan agen pembersih yang kuat. Jahe sangat membantu dalam proses pembunuhan juga membersihkan bakteri penyebab jerawat. 

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil berguna untuk mengurangi peradangan jerawat pada wajah. Kamu juga bisa menggunakan Tea tree oil yang sudah dilarutkan dan mengaplikasikannya pada jerawat. Minyak pohon teh sangat kuat, jadi selalu encerkan dengan bahan lain sebelum dioleskan ke kulit. Lakukan dengan rutin agar wajah terhindar dari jerawat membandel. 

4. Jojoba Oil

Jojoba oil adalah zat lilin alami yang diekstrak dari biji semak jojoba. Zat lilin dalam minyak jojoba dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak. Minyak ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat, juga bisa mengurangi peradangan kulit. 

5. Obat Tetes Mata

Menggunakan obat tetes mata bisa menjadi langkah awal untuk menghilangkan kemerahan pada jerawat. Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline hydrochloride, sangat membantu dalam menghilangkan jerawat

6. Minyak Zaitun 

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki khasiat untuk mencegah terjadinya peradangan pada wajah yang berjerawat. Ketika kamu menggunakan minyak zaitun maka 

7. Daun Sirih

Cara menghilangkan jerawat bisa juga menggunakan daun sirih. Kaya akan anti-oksidan membuat daun sirih sebagai salah satu obat jerawat alami. Daun sirih pula bersifat antibakteri, sehingga sangat ampuh untuk membasmi bakteri pada jerawat di wajahmu.

8. Bengkoang 

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat juga bisa menggunakan bengkoang. Mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Cukup dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

9. Jeruk Nipis

Kandungan antioksidan yang ada pada jeruk nipis, dapat meredam peradangan pada kulit wajah hingga menyebabkan munculnya jerawat. Cukup belah menjadi dua bagian, setelah itu, peras di dalam wadah yang bersih dan aplikasikan pada wajah yang terdapat jerawat secara perlahan. 

10. Madu dan Alpukat

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah menggunakan madu dan alpukat. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang dapat meredakan inflamasi sebagai penyebab jerawat. Sedangkan, madu kaya antioksidan yang baik untuk menghilangkan bakteri. Sehingga perpaduan dari kedua bahan alami ini tentu dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya secara permanen. 

11. Madu dan Yogurt

Masih dengan menggunakan madu, cara menghilangkan jerawat juga didapatkan dari kandungan asam laktat, bakteri baik, dan asam alfa hidroksi pada yogurt, yang akan dengan mudah mengatasi penyebab jerawat seperti menumpuknya sel kulit mati hingga bakteri yang menempel. 

12. Putih Telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit serta mengontrol produksi minyak pada kulit. Putih telur mengandung enzim lysozim yang dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat dan juga mengecilkan pori-pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat.

13. Baking Soda

Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini karena baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate yang berfungsi mengelupas kulit mati saat digunakan sebagai scrub pembersih. Cukup campurkan 2 sdm soda kue dengan air bersih hingga menjadi pasta yang kental dan oleskan ke kulit wajah secara merata. 

14. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel yang mengandung beberapa asam organik juga telah terbukti membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, asam laktat telah terbukti mencegah munculnya bekas jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel dapat membantu mengeringkan minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Pemakaiannya juga sangat hati-hati, campurkan air matang terlebih dahulu baru dioleskan secara tipis.

15. Bawang Putih 

Cara menghilangkan jerawat secara alami juga bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Kandungan pada bawang putih, yaitu senyawa thiacremonon sulfur mengandung anti bakteri yang mampu menghilangkan bekas jerawat.

16. Kunyit

Kunyit merupakan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah peradangan jerawat. Kunyit akan membantu dalam mempercepat penyembuhan jerawat juga menyamarkan bekas jerawat yang ada. Kunyit juga membantu mencegah hiperpigmentasi kulit yang menyebabkan bekas hitam pada kulit.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

17. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat secara alami. Hal ini lantaran lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibakteri, juga lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

18. Timun

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami adalah mentimun. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang dimiliki mentimun sangat bermanfaat bagi kulit, juga baik untuk menghidrasi kulit. 

19. Teh Hijau

Teh hijau dikenal berguna dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau bisa diminum setiap hari untuk mencegah peradangan jerawat. Menggunakan produk topikal teh hijau juga bisa membantu menenangkan jerawat, juga digunakan langsung sebagai kompres jerawat. 

20. Kentang

Cara menghilangkan jerawat secara alami bisa dengan kentang. Kandungan vitamin dan mineral pada kentang, mampu menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat juga flek hitam. Cara menggunakannya mudah saja, ikuti langkah berikut, iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada area bekas jerawat. 

21. Bubuk Cokelat

Cokelat kaya akan polifenol dan mineral esensial, sehingga membuatnya sangat cocok untuk perawatan masalah kulit. Cokelat menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi jerawat dan meningkatkan perbaikan jaringan kulit.

22. Es Batu

Es batu juga dapat meningkatkan sirkulasi darah juga menghilangkan jerawat yang membandel. Es batu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Cukup dibungkus dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit, maka secara tidak langsung membantu menghilangkan jerawat. 

23. Masker Tomat

Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker wajah. Tomat yang kaya akan vitamin C , vitamin A, dan karoten yang merupakan antioksidan, akan membantu kulit wajah untuk cepat menghilangkan bekas jerawat yang seringkali sulit untuk dihilangkan. Kandungan-kandungan yang ada dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat. 

24. Lemon

Lemon juga dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat. Kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang sangat berguna sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Bahkan, kandungan ini juga sangat baik untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit. Tambahkan madu atau air hangat jika kamu merasa terlalu perih.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

25. Cuci Wajah Secara Teratur

Dengan mencuci wajah secara teratur, maka akan menghilangkan jerawat dengan cepat. Wajah yang kotor dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Oleh sebab itu, mencuci wajah teratur penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari kulit. Gunakan sabun pembersih ringan dan air. 

26. Hindari Menyentuh Jerawat

Cara menghilangkan jerawat bisa juga dilakukan dengan tidak menyentuh wajah, terutama area yang berjerawat. Karena hal tersebut dapat mengiritasi kulit, memperburuk jerawat, dan dapat menyebarkan jerawat ke area lain. Dengan memencet jerawat juga dapat mendorong bakteri dan kotoran masuk lebih jauh ke dalam kulit, sehingga jerawat bisa bertambah parah.

27. Minum Cukup Air

Jika tubuh kekurangan cairan, sangat mempercepat penyembuhan luka jerawat dan mengurangi risiko menyebarnya jerawat. Kulit yang kering dapat dengan mudah teriritasi. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi cukup air, maka menghilangkan jerawat dan bekas jerawat serta membuat sel kulit baru berkembang dan luka bekas jerawat bisa cepat sembuh.

28. Tabir Surya

Penggunaan tabir surya sangat penting saat kulit sedang berjerawat. Paparan sinar matahari dapat menggelapkan bekas luka atau membuatnya lebih terlihat. Kulit terbakar juga dapat menyebabkan produksi minyak yang  berlebih juga dapat memperparah jerawat. Oleh sebab itu dengan SPF minimal 15 dapat membantu mencegah sengatan matahari yang memperparah jerawat.

29. Hindari Menggosok Wajah Dengan Kasar

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat, bisa dengan tidak menggosok wajah secara kasar. Beberapa orang menggosok kulit dengan kain atau waslap kasar, sehingga mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan, membuat jerawat semakin parah. 

30. Kurangi Asupan Gula

Makan makanan yang tinggi indeks glikemik dapat memicu lonjakan insulin. Kondisi  seperti ini diperkirakan dapat meningkatkan produksi sebum, menyebabkan jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi juga termasuk roti putih, minuman bersoda, makanan manis, donat, kue kering, permen, sereal juga sarapan manis lainnya.

31. Hindari Produk Susu

Minum susu dan mengonsumsi produk susu juga menyebabkan perubahan hormon serta memicu timbulnya jerawat. Susu juga protein yang dihasilkan bisa meningkatkan pertumbuhan jerawat. Susu dan produk susu mempromosikan sekresi insulin dan produksi hormon, seperti IGF-1. 

32. Hindari Skin Care Berminyak

Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah memilih produk perawatan yang tepat untuk kulit wajah. Produk berbahan dasar minyak atau berminyak dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat.

33. Jaga Kebersihan Alat Makeup

Spons dan brush makeup juga harus dibersihkan secara teratur dengan sabun dan air untuk mencegah penumpukan bakteri. Karena alat makeup yang kotor dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

34. Kurangi Stres

Stres bisa membuat kadar hormon androgen meningkat. Androgen yang menstimulasi folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Tingkat stres yang tinggi bisa meningkatkan keparahan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.