Sukses

Arti SDGs adalah Aksi Menyejahterakan Masyarakat Dunia, Simak 17 Tujuannya

SDGs adalah singkatan dari Sustainable Development Goals.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti SDGs itu? Memahami arti SDGs adalah aksi global atau agenda internasional yang telah disetujui para pemimpin dunia untuk menyejahterakan masyarakat dunia. SDGs adalah singkatan dari Sustainable Development Goals artinya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Arti SDGs adalah agenda internasional selama 15 tahun, berlaku mulai tahun 2016 dan diharapkan tercapai penuh pada tahun 2030. Selain telah disetujui para pemimpin dunia, melansir dari laman website resmi Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia, SDGs adalah melibatkan 194 negara, civil society, dan pelaku ekonomi di seluruh dunia.

Arti SDGs adalah memiliki 17 tujuan utama dan 163 target yang awalnya sudah diusulkan Departemen Informasi Publik PBB di NGOs Conference pada September 2011. Melansir dari ITB SDGs Network, arti SDGs adalah program yang fokus utamanya mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

Memahami arti SDGs adalah agenda internasional yang ditetapkan untuk melanjutkan MDGs atau Millenium Development Goals. Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti SDGs lengkap 17 tujuan SDGs dan penjelasannya, Rabu (27/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti SDGs Adalah Aksi Global Selama 15 Tahun

Memahami arti SDGs adalah singkatan dari Sustainable Development Goals. Dalam bahasa Indonesia, arti SDGs adalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. SDGs adalah bagian dari agenda internasional yang disusun langsung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Diungkap di laman website resmi Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia, arti SDGs adalah aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia. Melibatkan 194 negara, civil society, dan pelaku ekonomi di seluruh dunia. Ini bukan sembarang program, berdasarkan kesepakatan ada 169 target yang harus dicapai sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Melansir dari ITB SDGs Network, arti SDGs adalah bentuk kesepakatan dari pembangunan global. Arti SDGs adalah program yang fokus utamanya mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan.

“SDGs dirancang dengan melibatkan seluruh aktor pembangunan, baik itu Pemerintah, Civil Society Organization (CSO), sektor swasta, akademisi, dan sebagainya. Kurang lebih 8,5 juta suara warga di seluruh dunia juga berkontribusi terhadap Tujuan dan Target SDGs,” dijelaskan.

Agenda internasional SDGs adalah pada intinya memiliki tujuan menyejahterakan masyarakat dunia. Konsep awal hingga menemukan arti SDGs adalah dijelaskan Kementerian PPN atau Bappenas, diusulkan pada Juli 2011, kemudian ditetapkan pada 25 September 2015, dan diharapkan bisa sepenuhnya tercapai pada 2030.

Meski SDGs adalah sudah ditetapkan sejak tahun 2015, rencana global untuk 15 tahun ke depan ini baru mulai diberlakukan pada 2016 sampai 2030.

Memahami arti SDGs adalah agenda internasional yang ditetapkan untuk melanjutkan MDGs atau Millenium Development Goals yang artinya Tujuan Pembangunan Milenium. Lanjutan dari program MDGs atau arti SDGs adalah memiliki 17 tujuan utama dan 163 target yang awalnya sudah diusulkan Departemen Informasi Publik PBB pada NGOs Conference pada September 2011.

3 dari 4 halaman

Tujuan SDGs dan Penjelasannya

Apa saja yang menjadi tujuan SDGs yang disebut sebagai aksi global selama 15 tahun ini? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada 17 tujuan SDGs yang perlu dipahami, ini penjelasannya:

1. Tujuan SDGs Adalah Menghapuskan Kemiskinan

Tujuan SDGs adalah tanpa kemiskinan (No Poverty). Sampai kini, kemiskinan masih menjadi permasalahan utama di berbagai belahan dunia. Agar dapat mensejahterakan penduduk dunia, maka penuntasan kemiskinan menjadi salah satu agenda utama dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

2. Tujuan SDGs Adalah Menghapuskan Kelaparan

Tujuan SDGs adalah tanpa kelaparan (Zero Hunger). Selain kemiskinan, masalah kelaparan atau kurang pangan juga masih menghantui berbagai tempat di belahan dunia. Maka dari itu, menggalakkan pertanian dan ketahanan pangan menjadi agenda utama dalam mencapai tujuan perbaikan nutrisi.

3. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Hidup Kesehatan

Tujuan SDGs adalah kehidupan sehat dan sejahtera (Good Health and Well-Being). Isu kesehatan juga menjadi perhatian utama dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Maka dari itu, kini tengah digalakkan gaya hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia.

4. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Pendidikan Berkualitas

Tujuan SDGs adalah pendidikan berkualitas (Quality Education). Memastikan agar pendidikan berkualitas bisa di akses oleh semua orang. Hal ini lantaran pendidikan punya peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. 

5. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Kesetaraan Gender

Tujuan SDGs adalah kesetaraan gender (Gender Equality). Meski sedang terjadi perkembangan kesetaraan gender yang masif belakangan ini, namun diskriminasi terhadap gender terutama perempuan masih menjadi permasalahan di berbagai negara.

Memperjuangkan kesetaraan gender dapat memperkuat kemampuan negara untuk berkembang pesat, memerintah dengan efektif, dan mengentaskan kemiskinan. Ini maksud tujuan SDGs adalah menciptakan kesetaraan gender.

6. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Sanitasi Layak

Tujuan SDGs adalah air bersih dan sanitasi layak (Clean Water and Sanitation). Bank Dunia pada tahun 2014 merilis data bahwa masih ada 780 juta orang yang tidak punya akses air bersih di dunia ini dan lebih dari 2 miliar penduduk bumi tak punya akses sanitasi.

Hal ini mengakibatkan kerugian materi hingga 7 persen dari PDB dunia akibat banyak nyawa melayang setiap harinya. Maka dari itu, tujuan SDGs adalah menjamin akses atas air bersih dan sanitasi untuk semua menjadi hal yang penting dalam rangka peningkatan kualitas hidup manusia.

7. Tujuan SDGs Adalah Menyediakan Energi Bersih dan Terjangkau

Tujuan SDGs adalah energi bersih dan terjangkau (Affdorable and Clean Energy). Di dunia ini masih banyak daerah yang terisolasi dan belum memiliki listrik, padahal hal tersebut penting untuk meningkatkan kegiatan ekonomi. 

8. Tujuan SDGs Adalah Menyediakan Pekerjaan Layak

Tujuan SDGs adalah pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economy Growth). Agar bisa memaksimalkan pertumbuhan ekonomi, maka tujuan SDGs adalah menyediakan pekerjaan yang layak. Kemudian lingkungan kerja yang sehat harus dijamin agar investasi dan konsumsi terus berjalan.

4 dari 4 halaman

Tujuan SDGs dan Penjelasannya Selanjutnya

9. Tujuan SDGs Adalah Membangun Infrastruktur Kuat

Tujuan SDGs adalah membangun industri, inovasi dan infrastruktur (Industry, Inovations, and Infrastructure). Di dunia ini, lebih dari 4 miliar orang belum memiliki akses internet dan 90 persen di antaranya berasal dari negara-negara berkembang.

Maka dari itu, untuk membangun infrastruktur yang kuat dan industrialisasi yang berkelanjutan, tujuan SDGs adalah membangun infrastruktur ini akan segera dituntaskan.

10. Tujuan SDGs Adalah Mengurangi Kesenjangan Global

Tujuan SDGs adalah berkurangnya kesenjangan (Reduce Inequality). Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara-negara. Kesenjangan pendapatan sedang mengalami kenaikan, 10 persen orang-orang terkaya menguasai 40 persen dari total pendapatan global.

Di lain pihak, 10 persen orang-orang termiskin hanya mendapat antara 2 sampai 7 persen dari total pendapatan global. Di negara-negara berkembang, kesenjangan ini telah meningkat sebanyak 11 persen jika kita menghitung berdasarkan pertumbuhan populasi.

11. Tujuan SDGs Adalah Membangun Kota Berkelanjutan

Tujuan SDGs adalah kota dan komunitas berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities). Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan.

12. Tujuan SDGs Adalah Bertanggungjawab pada Konsumsi dan Produksi

Tujuan SDGs adalah konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab (Responsible Consumption and Production). Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

13. Tujuan SDGs Adalah Menangani Perubahan Iklim

Tujuan SDGs adalah penanganan perubahan iklim (Climate Action). Melawan dan mengatasi iklim yang terus berubah dan pemanasan global merupakan salah satu tugas utama. 

14. Tujuan SDGs Adalah Menjaga Ekosistem Laut

Tujuan SDGs adalah menjaga ekosistem laut (Life Below Water). Akibat banyak perburuan dan pencemaran terhadap ekosistem laut, maka dalam pembangunan berkelanjutan, kehidupan laut akan dilindungi dengan lebih maksimal.

15. Tujuan SDGs Adalah Menjaga Ekosistem Darat

Tujuan SDGs adalah menjaga ekosistem darat (Life On Land). Selain berpengaruh terhadap iklim, mengelola hutan secara berkelanjutan, merehabilitasi kerusakan lahan. Kemudian menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati juga jadi tujuan utama.

16. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Perdamaian dan Keadilan

Tujuan SDGs adalah menciptakan perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh (Peace, Justice, and Strong Institution). Terutama bisa mendorong masyarakat adil, damai, dan inklusif.

17. Tujuan SDGs Adalah Menciptakan Kemitraan Global

Tujuan SDGs adalah kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for The Goals). Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.