Sukses

10 Manfaat Serum Wajah, Ampuh Atasi Masalah Kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat serum wajah tidak hanya untuk menjaga kesehatan wajah agar tidak terlihat kusam.Terdapat banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Bahkan saat ini serum wajah telah menjadi salah satu rahasia kecantikan yang digunakan untuk merawat wajah banyak orang baik perempuan maupun laki-laki.

Memiliki kandungan antioksidan dan peptide yang tinggi, manfaat serum wajah juga dapat dimaksimalkan karena sifat cair dari skincare ini. Serum wajah dapat menembus ke dalam kulit dengan sempurna sehingga dapat secara menyeluruh menjangkau semua lapisan kulit.

Manfaat serum wajah dikenal lebih unggul daripada produk perawatan lain. Namun harus diperhatikan cara penggunaannya. Walau memiliki banyak keunggulan, risiko iritasi akibat penggunaan serum wajah yang tidak benar tetap ada. Terlebih jika kulit Anda termasuk sensitif dengan bahan aktif yang terdapat dalam serum.

Supaya tidak salah dalam menggunakannya berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber manfaat serum wajah dan cara menggunakannya agar tepat sasaran dan tidak menimbulkan iritasi berlebihan pada kulit wajah, Rabu (27/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Serum Wajah Dan Pengertiannya

Mengenal Serum Wajah

Serum wajah adalah minyak tipis yang sangat halus yang mengandung banyak bahan aktif dalam jumlah terkonsentrasi dan berfungsi untuk mengunci kelembaban. Basis minyak memungkinkan serum untuk benar-benar menembus permukaan kulit, memastikan dapat masuk dan bekerja secara efektif sambil melindungi kulit dari luar.

Terdapat berbagai macam serum yang bisa disesuaikan dengan masalah kulit yang dialami, memiliki sejumlah bahan aktif seperti vitamin, asam, retinol hingga antioksidan, membuat serum menjadi produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga penuaan dini.

 

Manfaat Serum Wajah

Berdasarkan fungsinya, serum wajah memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kulit tergantung kandungan dan jenis serum wajah yang anda pilih untuk gunakan, secara umum berikut ini adalah manfaat serum wajah secara umum:

1. Membantu Kulit Untuk Menyerap Kandungan Skincare

Manfaat serum wajah yang pertama adalah membantu meningkatkan penyerapan pada kulit. Serum wajah memiliki formulasi luar biasa ringan yang sangat mudah diserap kulit. Viskositasnya yang tipis tidak hanya untuk mempermudah kandungan serum masuk ke dalam kulit tetapi juga membuka jalan untuk membantu kulit untuk dapat menyerap manfaat dari produk skincare lain.

Singkatnya, jika anda ingin memaksimalkan manfaat dari semua yang anda kenakan pada kulit anda, serum wajah adalah jawabannya.

2. Kaya Akan Kandungan Yang Menenangkan Kulit

Manfaat serum wajah yang kedua adalah untuk menenangkan kulit. Serum kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit. Serum wajah akan menenangkan bagian kulit yang sensitif karena mampu memberikan bermacam-nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk tumbuh dan beregenerasi menjadi kulit baru.

3 dari 5 halaman

Manfaat Serum Wajah

3. Meningkatkan dan Sebagai Sumber Kolagen

Manfaat serum wajah yang berikutnya adalah sebagai sebagai sumber kolagen kulit. Serum wajah meningkatkan kolagen di kulit untuk membantu menjaganya tetap kencang dan menghilangkan garis-garis halus serta kerutan. Garis-garis halus dan kerutan adalah bagian normal dari pematangan kulit, tetapi kusam dan keringlah yang membuatnya makin buruk.

Dengan menggunakan serum, kulit akan lebih bercahaya dan penuh warna. Kulit akan menjadi lebih lembab dan garis-garis halus serta kerutan hanya terlihat seperti garis halus, dan bukannya garis yang membuat anda terlihat lebih tua.

4. Perlindungan Dari Polusi

Manfaat serum wajah selanjutnya adalah untuk perlindungan dari polusi yang mungkin diterima kulit. Serum wajah melindungi wajah dari efek berbahaya dari kehidupan sehari-hari. Berbasis minyak, serum wajah penuh dengan bahan aktif yang melindungi kulit dari radikal bebas akibat polusi udara atau kerusakan akibat sinar matahari.

Serum biasanya kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. sehingga kulit juga dapat dengan mudah menghindari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit dan tanda-tanda penuaan dini.

5. Menunjukan Hasil yang Cepat

Berbeda dengan produk kecantikan lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukan hasil perawatan pada kulit anda, serum wajah menunjukan hasil yang lebih cepat. Hal ini karena struktur dan kandungan dalam serum wajah yang lebih mudah diserap kulit serta kandungannya yang kaya akan nutrisi bagi kulit

6. Ringan Untuk Kulit

Mendengar sesuatu yang berbahan dasar minyak bisa membuat anda khawatir akan menyumbat pori-pori atau membuat anda merasa berminyak. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk serum wajah. Serum wajah memiliki kekentalan yang membuatnya terasa sedikit lebih seperti air daripada minyak itu sendiri.

Serum wajah sangat ringan, tidak akan terasa berminyak sama sekali, bahkan untuk anda yang memiliki kulit berminyak. Serum wajah bahkan dapat menghilangkan minyak pada kulit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Serum Wajah

7. Menghidrasi Kulit

Kulit anda membutuhkan hidrasi dan karena anda tidak bisa minum 8-10 gelas sehari, Anda bisa mendapatkan bantuan serum untuk mendapatkan kelembaban harian. Serum wajah adalah produk perawatan kulit yang sangat menghidrasi yang dapat membantu melawan kulit kering. Serum juga mengubah kulit kusam dan kering menjadi kulit yang ternutrisi dan sehat.

Bahan pelembab yang kuat dalam serum wajah seperti asam hialuronat membantu mengunci kelembapan di kulit dan menjadikannya lembut dan halus. Jika anda memiliki kulit yang sangat kering, maka Anda tidak boleh melewatkan produk kecantikan pelembab ini dari list perawatan kulit anda.

8. Menghilangkan Noda

Manfaat serum wajah selanjutnya adalah mampu menghilangkan noda hitam pada wajah. Noda dan bintik-bintik kulit yang mengganggu seperti bekas jerawat, bintik-bintik merah, pigmentasi dan lingkaran hitam dapat menghalangi anda untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

Serum wajah dengan bahan pencerah kulit seperti konsentrat tumbuhan, vitamin, dan banyak lagi berfungsi untuk mengobati bekas luka dan noda serta memproduksi kulit baru yang lebih cerah dan halus. Serum wajah membantu memperbaiki dan meregenerasi sel dan, dengan demikian, menyembuhkan bekas luka dan mengurangi noda lebih cepat daripada produk perawatan kulit lainnya.

9. Menyerap Minyak dan Mengurangi Jerawat

Serum wajah juga bermanfaat bagi kulit berminyak. Serum wajah  mengandung banyak bahan penangkal minyak yang telah dicoba dan diuji seperti minyak pohon teh, asam salisilat, dan ekstrak stroberi dapat membantu menjaga kelebihan minyak pada kulit wajah,

Terdapat serum anti-jerawat yang menargetkan jerawat dan minyak berlebih di wajah anda dan membantu mengurangi jerawat. Serum juga memiliki tekstur berair daripada berminyak sehingga tidak meninggalkan residu yang menyebabkan jerawat. Hal ini membuat serum wajah cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat.

 10. Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Manfaat serum wajah yang terakhir adalah untuk anti aging. Berkat kandungan serum yang tinggi antioksidan dan bahan aktif seperti retinol, resveratrol, dan Vitamin C. Serum wajah dapat melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memerangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, bintik hitam, dan membuat kulit wajah tampak sehat dan bercahaya.

Bahan-bahan ini memperbaiki sel-sel kulit dan merevitalisasi kulit, mencerahkan kulit dan menambahkan cahaya alami pada kulit. Mengoleskan serum wajah anti-penuaan juga melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini dan membuatnya tetap halus dan indah. Disarankan untuk mengaplikasikan serum pada malam hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5 dari 5 halaman

Manfaat Serum Wajah Dan Cara Pakainya

Cara Menggunakan Serum Wajah

Cara menggunakan serum wajah harus dilakukan dengan benar dan tepat agar dapat memberikan hasil maksimal pada kulit. Berikut ini cara menggunakan serum wajah yang benar sebagai pedoman.

1.Cuci wajah menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

2. Keringkan wajah anda.

3. Langkah selanjutnya yakni menggunakan serum.

4. Pastikan telapak tangan dalam keadaan bersih dan steril sehingga tak mengundang bakteri penyebab kerusakan kulit dan lain sebagainya.

5. Ambil sedikit serum dan letakkan pada telapak tangan.

6. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh wajah secara merata.

7. Gosokkan serum secara perlahan pada wajah sembari sedikit dipijat agar terserap maksimal hingga pori-pori kulit.

8. Gerakan memijat tersebut dapat berupa memutar menggunakan ujung jari telunjuk dan tengah dengan lembut.

9. Setelah selesai, tepuk-tepuk secara perlahan kulit wajah yang telah diberi serum agar meresap ke dalam pori-pori dengan cepat.

10. Terakhir, aplikasikan produk perawatan wajah lainnya seperti pelembab, sunblock, make up, dan lain sebagainya setelah menggunakan serum secara merata pada wajah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS