Sukses

IMAX Adalah Format Film Terbaik, Begini Popularitasnya di Indonesia

IMAX adalah singkatan dari Image Maximum.

Liputan6.com, Jakarta - IMAX adalah singkatan dari Image Maximum. Apa itu teknologi IMAX sebenarnya? IMAX adalah istilah yang cukup populer disebut sebagai format film dengan kualitas terbaik. Teknologi IMAX ini diciptakan oleh IMAX Corporation.

Meski IMAX disebut sebagai format film terbaik, sebenarnya teknologi IMAX tidak hanya itu. Melansir dari Forbes, pada Rabu (27/7/2022) dijelaskan IMAX adalah perusahaan teknologi, IMAX adalah konfigurasi bioskop, serta IMAX adalah jenis kamera dan film.

Popularitas IMAX di Indonesia hadir pertama kali di Cinema XXI Gandaria City, Jakarta pada tahun 2012. Kemudian sejarah mencatat pada Juli 2022, pertama kali dalam sejarah perfilman Indonesia, film Pengabdi Setan 2 akan ditayangkan pada teater dengan teknologi IMAX.

Ini film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang telah menjalani proses digital remastering menggunakan teknologi IMAX. Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang teknologi IMAX, Rabu (27/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi IMAX adalah Format Film Terbaik

Memahami teknologi IMAX adalah sangat populer di dunia perfilman. Teknologi IMAX adalah format film yang memiliki kualitas terbaik. Teknologi IMAX adalah singkatan dari Image Maximum. Teknologi IMAX adalah khusus diciptakan oleh IMAX Corporation.

Adanya teknologi IMAX adalah memungkinkan penonton mendapat pengalaman menonton di teater dengan teknologi revolusioner. Melansir dari Forbes, dijelaskan IMAX adalah perusahaan teknologi, IMAX adalah konfigurasi bioskop, serta IMAX adalah jenis kamera dan film.

Film yang diputar dengan teknologi IMAX adalah akan memiliki kualitas gambar dengan resolusi lebih besar dibanding dengan film konvensional lainnya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, standar layar teknologi IMAX adalah memiliki lebar 22 meter dan panjang 16 meter.

Resolusi Gambar Teknologi IMAX:

Selain memiliki resolusi gambar yang berkualitas tinggi, spektrum warna film yang ditampilkan dengan teknologi IMAX adalah lebih kaya dan lebih dari indah dipandang mata. Melansir dari keterangan tertulis resmi IMAX Corporation, teknologi IMAX adalah memiliki kejelasan, detail dan ukuran lebih dari sekadar film.

Itu artinya, teknologi IMAX adalah benar-benar mampu membingkai film dengan menghasilkan versi terbaiknya. Teknologi IMAX adalah mampu mengajak penonton menyaksikan tayangan yang pasti menjadi lebih dekat dengan kenyataan atau benar-benar dialami.

Kualitas Audio Teknologi IMAX:

Tak hanya mampu memanjakan mata para penonton bioskop seolah benar-benar nyata terjadi, teknologi IMAX adalah memiliki kualitas audio yang sangat hebat. Audio dari teknologi pemutar film IMAX adalah akan membawa penonton tidak hanya mendengar, tetapi merasakannya.

“Setiap nada dari soundtrack dan setiap goresan sepatu lebih jelas di IMAX, dengan perombakan total audio setiap film yang diawasi oleh sutradara film,” dijelaskan.

Adanya kualitas audio teknologi IMAX yang dikatakan begitu hebat ini, pasti akan membuat penonton menyaksikan film dengan pengalaman yang optimal.

3 dari 4 halaman

Sejarah Terciptanya Teknologi IMAX

Apabila sudah memahami tentang apa itu teknologi IMAX sebenarnya, selanjutnya ketahui sejarah terciptanya teknologi IMAX. Teknologi IMAX pertama kali dijadikan sebagai eksperimen pada tahun 1967.

Melansir dari Forbes, sejarah terciptanya teknologi IMAX adalah di Montreal Expo '67, di mana pembuat film Roman Kroitor dan Graeme Ferguson bereksperimen dengan multiproyektor sebagai sistem film multilayar.

Dalam dunia perfilman, pengaturan proyeksi tersebut bukanlah trik yang mudah dilakukan. Sejarah kemudian mencatat kerja sama antara Kroitor dan Ferguson dengan salah satu pendiri IMAX masa depan Bill Shaw dan Robert Kerr.

Dijelaskan, para pembuat film pasti akan menemui lebih banyak tantangan ketika memproduksi film dengan teknologi IMAX. Ini karena kamera IMAX adalah jauh lebih berat, lebih keras, dan lebih sulit dioperasikan daripada kamera dengan teknologi non-IMAX.

Inilah yang menjadi alasan produksi film dengan teknologi IMAX adalah paling terkenal membutuhkan anggaran sangat tinggi. Meski demikian, teknologi IMAX adalah sebagai konfigurasi bioskop atau teater sangat populer di China.

Teknologi IMAX adalah salah satu merek mewah di posisi teratas di China. Popularitas teater dengan teknologi IMAX adalah cenderung digunakan untuk memutar film-film Hollywood. Sementara di Amerika Utara, teater dengan teknologi IMAX adalah cenderung untuk menikmati film dokumenter di museum atau pusat sains.

4 dari 4 halaman

Popularitas IMAX di Indonesia

Popularitas IMAX di Indonesia hadir pertama kali di Cinema XXI Gandaria City, Jakarta pada tahun 2012. Kehadiran teknologi IMAX di Indonesia ini tepat saat Cinema 21 berulang tahun yang ke-25. Pada saat itu, Cinema XXI Gandaria City menghadirkan teknologi IMAX dan IMAX 3D.

Keberadaan teknologi IMAX di Indonesia pertama kali, memiliki dua proyektor dan dua lampu laser untuk mata kanan dan mata kiri. Ini yang menjadikan teknologi IMAX adalah mampu menampilkan gambar lebih terang yang mampu menampilkan frame trip lebih tinggi. Sangat mulus dan berbeda dengan tampilan teater biasanya.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, kehadiran teknologi IMAX di Indonesia pertama kali mampu meratakan suara dan mampu menghadirkan suara digital dengan tiga dimensi. Audio teknologi IMAX adalah di Indonesia pertama kali lebih nyaman di telingan sekaligus lebih sempurna untuk menyaksikan visualisasi video.

Di Indonesia, kehadiran pertama kali teater dengan teknologi IMAX adalah sudah bekerja sama dengan sutradara terkemuka seperti Steven Spielberg, James Cameron, dan Brad Bird. Lalu pada Juli 2022, pertama kali dalam sejarah perfilman Indonesia, film berjudul Pengabdi Setan 2 akan ditayangkan pada teater dengan teknologi IMAX.

Film berjudul Pengabdi Setan 2 adalah film pertama dari Indonesia dan Asia Tenggara yang telah menjalani proses gital remastering menggunakan teknologi IMAX. Penayangan Pengabdi Setan di seluruh bioskop IMAX dilakukan pada tanggal 30 Juli 2022 dan ditayangkan serentak pada tanggal 4 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.