Sukses

RP Adalah Role Playing, Ketahui Pengertian dan Cara Bermainnya

Liputan6.com, Jakarta Istilah RP sudah tak asing lagi dalam media sosial. RP adalah singkatan dari role playing. RP ini sudah banyak dikenal oleh beberapa pengguna, namun masih banyak yang belum mengetahui pengertian RP. 

RP atau role playing adalah permainan di mana para peserta mengambil peran karakter dan secara kolaboratif membuat cerita. Pengguna biasanya membuat karakter kesukaan mereka, bisa dari dalam negeri maupun luar negeri.Secara sederhana, pengertian RP adalah permainan di mana pengguna dapat mengisi karakter artis, idola, atau tokoh terkenal favorit mereka lewat aplikasi Telegram. Permainan ini dilakukan dengan tim atau grup.

Untuk lebih rinci, berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian RP dan cara memainkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengertian RP

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa RP adalah singkatan dari role playing. RP atau role playing adalah permainan yang dilakukan dengan memainkan peran sebagai orang lain. Pemain RP bisa memainkan berbagai tokoh dan karakter sesuai keinginannya, misal menjadi sosok idola, atau artis favoritnya.

RP ini bukanlan permainan baru, namun belakangan ini RP kembali hits diberbincangkan pengguna media sosial. Selain Telegram, RP ini juga dapat dimainkan di Twitter, Instagram, dan Line. RP ini dapat memanfaatkan forum publik, papan pesan pribadi, milis, ruang obrolan, dan layanan obrolan pesan instan untuk membangun dunia dan karakter yang dapat berlangsung beberapa jam, atau beberapa tahun.

Bahkan aturan hingga standar ditetapkan untuk meningkatkan kompleksitas dan kedalaman cerita. Ada berbagai genre yang dapat dipilih saat bermain Rp ini, mulai dari fantasi, modern, abad pertengahan, dan steam punk.

3 dari 4 halaman

Cara Bermain RP atau Role Playing

Cara bermain RP dapat dilakukan di Twitter, Telegram, Instagram, dan Line. Meskipun platform yang digunakan berbeda, namun aturan dalam permainan RP secara garis besar akan serupa. Berikut cara bermain RP yang dapat anda coba, yakni:

1. Menentukan dulu aktor atau aktris yang ingin ditiru.

2. Buat akun di media sosial yang diinginkan, bisa Twitter, Instagram, Telegram, dan Line.

3. Gunakan nama dan foto idola yang ingin ditiru.

4. Cari grup untuk memperomosikan akun kita dan mendapatkan teman.

5. Setelah bergabung dengan grup, peserta akan diminta memperkenaljan diri sesuai dengan idola yang ditirukan.

6. Peserta bisa mulai berinteraksi dengan teman RP atau role playing yang ditirukan.

7. Peserta tidak diperbolehkan mengungkap jati dirinya di dunia nyata, terutama informasi pribadi.

8. Peserta bisa memutuskan menjadi IC atau in character atau mirip dengan sang idola, atau OOC (out of character) yang artinya hanya menggunakan nama idola namun karakternya sangat berbeda.

9. Peserta RP akan melaksanakan tugas dan menjalankan kebiasaan sesuai dengan apa yang dilakukan idolanya.

4 dari 4 halaman

Istilah-Istilah dalam Permainan RP atau Role Playing

1. Angst : istilah ini sebenarnya punya arti "cemas". Namun, sering dipakai untuk menyebut sebuah genre cerita yang menguras emosi.

2. AU (Alternate Universe) : pemain ini menggunakan identitas karakter tokoh, tapi tak sepenuhnya. Misalnya, kalian memerankan Taehyung BTS yang merupakan seorang penyanyi Korea Selatan. Namun, kalian mengubahnya menjadi seorang mahasiswa di Indonesia. Cerita semacam ini banyak ditemukan di Twitter.

3. Fanstalks : istilah yang digunakan ketika pemain RP, melakukan obrolan chat satu sama lain dengan akun pribadi orang lain.

4. Fanservices : istilah yang digunakan ketika pemain RP melakukan hal-hal spesial untuk menyenangkan hati penggemarnya, baik akun pribadi maupun akun RP.

5. IC (In Character) : bisa juga disebut Less OOC merupakan pemain yang benar-benar sesuai dengan karakter tokoh yang dimainkan. Ia tak membahas kehidupannya pribadi sama sekali. Pemain seperti ini sangat serius dan menjiwai dalam bermain.

6. OC (Original Character) : pemain ini hanya memakai foto tokoh sebagai profil. Namun identitas dan latar belakangnya dibuat sendiri maka tak akan sesuai dengan aslinya.

7. OOC (Out Of Character) : pemain yang sering melenceng dari karakter tokoh yang seharusnya diperankan. Biasanya, malah lebih sering terbawa ke kehidupan aslinya. Pemain tersebut berkata seenaknya sendiri. Meski begitu, ia tetap harus menjalankan tugas sesuai dengan karakter tokoh.

8. Semi Less OOC : pemain yang serius seperti IC, tapi terkadang OOC. Jadi, pemain seperti ini tak benar-benar bermain sesuai tokoh asli yang seharusnya diperankan.

9. rl: real life (kehidupan asli).

10. cp: couple (pasangan).

11. fams: keluarga.

12. bestie: sahabat.

13. sq: squad.

14. gc: grup.

15. lpm: lapak promote.

16. sfs: subs for subs (digunakan untuk saling subscribe channel satu sama lain).

17. pfp: promote for promote (saling mempromosikan channel satu sama lain)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS