Sukses

7 Penyebab Korosi dan Cara Mencegahnya

Berikut ini 7 faktor penyebab korosi serta cara pencegahannya yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering melihat besi atau logam lainnya berkarat? Itu adalah peristiwa korosi. Penyebab korosi sendiri adalah reaksi elektrokimia, antara logam dan lingkungan sekitar yang bisa merusak logam.

Logam pada umumnya memiliki kondisi energi yang tinggi. Energi tinggi tersebut adalah hasil dari proses produksi logam tersebut. Hal ini membuat logam menjadi rentan terkena korosi. Logam memiliki kecenderungan untuk kembali ke bentuk awalnya. Lingkungan korosif yang sesuai bisa mendorong logam untuk kembali kebentuk awalnya.

Mengutip dari situs Rumah Belajar milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada umumnya peristiwa korosi merupakan proses elektrokimia yang berlangsung dalam lingkungan yang mengandung air. Suatu logam akan mengalami korosi jika pada permukaan logam terdapat lapisan yang bertindak sebagai anoda dan lapisan lain yang bertindak sebagai katoda.

Ada berbagai penyebab korosi yang bisa merusak logam. Pada umumnya korosi terjadi karena terjadinya kontak antara logam dan air yang menyebabkan logam menjadi berkarat. Lalu faktor apa saja yang menjadi penyebab korosi? Berkut ini adalah faktor-faktor penyebab korosi yang dirangkum oleh Liputan6.com dari situs Rumah Belajar milik Kemendikbud, Rabu (27/7/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Korosi Pada Logam

Menurut sumber, ada setidaknya 7 faktor penyebab korosi yang bisa merusak logam atau besi. Berikut ini adalah beberapa faktor tersebut:

A. Kontak langsung logam dengan H2O dan O2

Faktor penyebab korosi yang pertama adalah adanya kontak langsung antara logam dengan H2O dan O2. Hal ni disebabkan karena logam besi kandungannya tidaklah murni. Logam tersebut memiliki kandungan karbon yang tercampur di dalamnya yang masuk ketika proses pengolahan. Kandungan atau campuran karbon dalam besi tidak menyebar dengan rata yang menimbulkan perbedaan potensial listrik antara atom logan dan atom karbon. Saat logam kontak langsung dengan air, maka oksigen dari udaya yang larut dalam air akan tereduksi. Selain itu, air sendiri berfungsi sebagai media tempat berlangsungnya reaksi redoks pada peristiwa korosi. Semakin tingginya jumlah H2O dan O2 yang mengalamikontak langsung dengan permukaan logam, semakin cepat pula proses korosi pada permukaan logam tersebut berlangsung.

B. Keberadaan zat pengotor (debu, cairan, dan lumpur)

Penyebab korosi yang berikutnya ialah adanya zat pengotor seperti debu, cairan, dan lumpur pada permukaan logam. Zat-zat pengotor tersebut bisa menyebabkan reaksi reduksi tambahan yang membuat lebih banyak atom logam pada logam tersebut yang teroksidasi. Contohnya, tumpukan debu karbon hasil pembakaran BBM yang ada pada permukaan logam dapat mempercepat reaksi reduksi oksigen pada logam tersebut dan mempercepat proses korosi.

C. Kontak dengan elektrolit

Faktor penyebab korosi yang berikutnya ialah keberadaan zat elektrolit. Zat-zat elektrolit yang ada seperti kandungan garam pada air laut dapat menyebabkan reaksi reduksi tambahan yang mempercepat proses korosi. Selain itu, kandungan elektrolit yang terkonsentrasi dalam jumlah besar dapat menaikkan laju aliran elektron yang juga bisa mempercepat proses korosi logam tersebut.

D. Temperatur

Temperatur udara juga bisa menjadi penyebab korosi pada logam. Semakin tingginya temperatur, maka korosi akan semakin cepat terjadi. Semakin tingginya temperatur maka energi kinetik partikel pada besi semakin meningkat yang menimbulkan tumbukan yang efektif pada reaksi redoks dan memperbesar reaksi tersebut. Semakin besarnya reaksi redoks maka proses korosi pada logam tersebut akan semakin cepat. Kamu bisa mengamati korosi yang terjadi karena suhu atau temperatur dengan melihat perkakas atau mesin yang menimbulkan panas akibat gesekan selama pemakaiannya seperti cutting tools, ataupun mesin yang terkena panas secara langsung seperti mesin kendaraan bermotor.

E. Kadar pH

Selain kandungan elektrolit, kadar pH dapat mempercepat korosi pada logam. Kondisi asam yakni ketika kandungan pH < 7 akan mempercepat korosi karena dapat menimbulkan reaksi reduksi tambahan yang berlangsung pada katode. Hal ini menyebabkan lebih banyak atom yang teroksidasi dan dapat menjadi penyebab korosi pada logam.

F. Metalurgi

Faktor metalurgi juga bisa menjadi salah satu penyebab korosi pada logam. Tingkat kemurnian logam yang rendah mengindikasikan adanya banya atom unsur lain yang terkandung di dalam logam tersebut. Hal ini memicu terjadinya efek Galvanic Coupling, yaitu timbulnya perbedaan potensial pada permukaan logam tersebut karena adanya perbedaan atom-atom dari unsur yang berbeda. Efek ini bisa memicu terjadinya korosi karena dapat meningkatkan reaksi iksidasi pada daerah anode pada logam tersebut.

Permukaan logam juga bisa mempengaruhi proses korosi. Logam yang memiliki permukaan yang lebih kasar dapat lebih mudah terkena korosi. Permukaan yang kasar tersebut dapat menimbulkan beda potensial dan cenderung menjadi anode yang terkorosi.

G. Mikroba

Faktor penyebab korosi yang berikutnya adalah adanya mikroba pada permukaan logam. Terdapatnya koloni mikroba pada permukaan suatu logam bisa menybabkan kondisi material logam menjadi menurun karena adanya reaksi redoks. Reaksi redoks ini terjadi karena mikroba mengambil energi yang penting bagi keberlangsungan hidupnya. Ada berbagai macam mikroba yang bisa menyebabkan korosi pada logam, diantaranya adalah protozoa, besi mangan oksida, bakteri reduksi sulfat, dan bakteri oksidasi sulfur-sulfida seperti Thiobacillus thiooxidans, dan Thiobacillus ferrooxidans.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Korosi

Korosi yang terjadi pada logam bisa menyebabkan berbagai masalah. Logam adalah salah satu unsur yang penting dalam kehidupan manusia. Berbagai peralatan atau perlengkapan yang sering digunakan manusia pada kehidupan sehari-hari. Korosi dapat merusak peralatan-peralatan tersebut. Contohnya, apa bila besi pada jembatan berkarat, maka bisa menurunkan kondisi jembatan tersebut dan kalau sampai kondisinya menjadi lebih parah, maka jembatan tersebut bisa menjadi tidak layak digunakan atau bahkan rusak sepenuhnya.

Masalahnya, korosi terjadi akibat faktor lingkungan yang terkadang sulit untuk dihindari. Apabila anda menggunakan motor, anda terkadang juga sulit untuk menghindari supaya motor tersebut tidak terkena air, apalagi kalau musim hujan. Begitu juga dengan jembatan. Jembatan yang dibangun di atas sungai atau laut membuat sebagian dari jembatan harus berkontak langsung dengan air yang bisa menyebabkan korosi atau berkarat.

Oleh sebab itu, dibutuhkan beberapa cara untuk mencegah terjadinya proses korosi pada logam tersebut. Pada umumnya korosi terjadi karena adanya kontak langsung antara logam dengan zat-zat yang bisa menyebabkan proses korosi seperti air. Dengan demikian, maka cara terefektif untuk mencegah proses ini terjadi ialah dengan mencegah adanya kontak langsung antara logam dan zat tersebut, yaitu dengan memberikan lapisan pelapis.

Melapisi logam dengan lapisan pela[is adalah cara yang efektif dan banyak digunakan untuk mencegah terjadinya proses korosi pada logam. Pada kendaraan bermotor, lapisan cat tidak hanya berguna untuk mempercantik kendaraan tersebut saja, tetapi juga membantu mencegah kontak langsung antara logam pada kendaraan bermotor tersebut dengan zat-zat yang bisa menyebabkan korosi seperti air hujan. Lapisan cat juga digunakan untuk mencegah korosi di jembatan dan kapal. Sementara itu, lapisan oli pada mesin kendaraan bermotor ataupun mesin lainnya juga bisa membantu melindungi logam dari proses korosi. Selain itu, melapisi logam dengan menggunakan lapisan plastik juga biasa digunakan untuk mencegah korosi pada peralatan dapur seperti rak pengering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.