Sukses

12 Manfaat Jagung Rebus, Melancarkan Pencernaan hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jagung rebus dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jagung rebus perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, makanan sehat satu ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Bahkan, jagung rebus juga dapat mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat jagung rebus dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang melimpah. Jagung mengandung kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, omega-3, omega-6, folat, vitamin, dan mineral seperti zinc dan magnesium.

Tidak hanya sehat, jagung rebus juga digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak. Kamu bisa mengonsumsinya secara teratur agar mendapatkan manfaat kesehatannya. Jagung rebus bahkan juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022) tentang manfaat jagung rebus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan

Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat jagung rebus yang pertama adalah dapat mencegah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang. Jagung mengandung cukup banyak serat yang penting untuk tubuh. Serat membuat makanan bisa bergerak dengan mulus di dalam saluran pencernaan.

Hal ini membuat kamu terhindar dari sembelit atau susah buang air besar. Dengan mengonsumsi jagung rebus, usus akan bekerja lebih baik lagi dan mencegah gangguan pencernaan. Selain itu, makanan kaya serat biasanya juga kaya akan nutrisi lain yang kamu butuhkan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jagung rebus berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, serta bioflavonoid yang berfungsi untuk mengontrol jumlah kolesterol di dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi jagung rebus secara teratur dan tepat akan mengurangi risiko penyakit jantung, sehingga jantung kamu bisa tetap sehat.

Mengatasi Kanker Paru-Paru

Manfaat jagung rebus juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kanker paru-paru. Sebuah penelitian mengungkap bahwa jagung bisa mencegah kanker paru-paru. Terdapat zat kimia alami yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika diserap oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan antioksidan yang memengaruhi manfaat jagung rebus tidak hanya dari vitamin C saja. Bahkan, jumlah antioksidan dalam jagung memang dikenal cenderung lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya. Berikut beberapa macam antioksidan dalam jagung lainnya, salah satunya adalah lutein untuk melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan salah satu karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan dan diduga dapat meningkatan kesehatan mata. Jagung rebus bisa dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit mata, seperti katarak dan degernerasi makula.  Jadi, manfaat jagung rebus berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan

Sebagai Sumber Energi

Manfaat jagung rebus salah satunya dipengaruhi oleh kandungan karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh setiap orang. Bahkan sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan oleh tubuh harus didapat dari makanan berkarbohidrat. Jagung sering dijadikan makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi jagung rebus sebagai camilan sehari-hari agar tubuh tetap bertenaga.

Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat jagung rebus juga dapat menjaga kesehatan mental kamu. Jagung rebus dapat mengatasi depresi seseorang. Hal ini berkat kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D, hingga asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi esensial yang dibtuhkan oleh otak. Makanan yang bernutrisi tinggi seperti jagung rebus cocok dijadikan konsumsi sehari-hari yang menyehatkan.

Meningkatkan Daya Ingat

Jagung rebus bisa membantu meningkatkan daya ingat. Manfaat jagung rebus untuk kesehatan ini berasal dari kandungan Thiamine dan vitamin B1. Selain meningkatkan kemampuan ingatan, jagung rebus juga mampu mencegah penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer/pikun kerap dialami oleh lansia.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Jadi, secara otomatis, manfaat jagung rebus untuk kesehatan dapat mengontrol kadar gula darah seseorang. Jagung rebus baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengalami penyakit tersebut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jagung Rebus untuk Kesehatan Ibu Hamil

Membantu Mencukupi Asupan Asam Folat

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil dipengaruhi oleh kandungan asam folat atau vitamin B9 yang melimpah. Hal ini karena saat hamil, asam folat merupakan salah satu jenis kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membantu tumbuh kembang janin. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai pembentukan sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang.

Bayi yang dilahirkan karena kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan. Jadi, mengonsumsi jagung rebus sangat baik untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya gangguan ini. Vitamin B9 atau asam folat juga berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan cacat tabung saraf janin.

Kaya Vitamin B

Selain asam folat atau vitamin B9, manfaat jagung rebus juga menyediakan vitamin B kompleks lainnya. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9. Vitamin B3 berfungsi menjaga sistem saraf dan kulit sehat, vitamin B5 membantu memperoleh energi dari makanan, dan vitamin B6 dapat membantu mengatasi morning sickness dan menghasilkan sel darah merah.

Kaya Protein

Manfaat jagung rebus untuk ibu hamil juga dipengaruhi oleh kandungan proteinnya. Selama masa kehamilan, terutama trimester kedua dan ketiga, protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan. Protein berfungsi sebagai batu bata yang menyusun sel-sel tubuh janin dan berperan penting dalam pertumbuhannya. Selain itu, protein juga dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil yang semakin membesar, untuk mengakomodasi kebutuhan janin yang sedang tumbuh dan berkembang.

Kandungan Kalium

Kalium merupakan salah satu kandungan yang berperan dalam manfaat jagung rebus untuk ibu hamil. Kalium berperan penting dalam membantu otot berkontraksi, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel-sel tubuh yang membuat plasenta terjaga keamanannya, serta penghantaran sinyal saraf. Kalium juga berperan dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.