Sukses

4 Manfaat Sosiologi Bagi Kehidupan Beserta Pengertiannya

Liputan6.com, Jakarta Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dari sebagai makhluk sosial. Sebagai ilmu, ada berbagai manfaat sosiologi bagi manusia maupun masyarakat luas.

Sosiologi mempelajari kehidupan sosial dalam masyarakat. Ilmu ini meneliti berbagai bentuk hubungan, gejala, dan fenomena sosial yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Para sosiolog mempelajari dan mengamati interaksi sosial masyarakat, dan juga gejala-gejala sosial seperti konflik yang terjadi di masyarakat.

Sebagai makhluk sosial yang hidup di dalam masyarakat, ilmu sosiologi penting untuk kita pahami dan pelajari. Manfaat sosiologi dapat kita gunakan untuk mengenal lebih dalam mengenai kelompok sosial ataupun masyarakat tempat kita tinggal dan berinteraksi setiap harinya, dan juga berbagai fenomena, gejala, maupun masalah-masalah yang muncul di dalamnya. Dengan mengetahui penyebab gejala ataupun fenomena sosial tersebut, kita dapat terbantu untuk menyelesaikan masalah tersebut ataupun menyiapkan cara untuk mencegah terjadinya permasalahan sosial tertentu.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sosiologi bagi kehidupan sehari-hari yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian Sosiologi

Sebelum membahas manfaat sosiologi, ada baiknya bagi kita untuk membahas pengertian sosiologi terlebih dahulu. Secara etimologis, sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu "socius" yang berarti teman atau kawan, dan juga dari kata Yunani "logos" yang berarti pengetahuan. Menurut KBBI, sosiologi adalah pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat; ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.

Mengutip dari situs Britannica, sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari masyarakat manusia, interaksi mereka, dan proses yang melestarikan dan mengubahnya. Ini dilakukan dengan memeriksa dinamika bagian-bagian penyusun masyarakat seperti institusi, komunitas, populasi, dan gender, ras, atau kelompok usia. Sosiologi juga mempelajari status atau stratifikasi sosial, gerakan sosial, dan perubahan sosial, serta gangguan masyarakat berupa kejahatan, penyimpangan, dan revolusi.

Ilmu sosiologi pertama kali dicetuskan oleh seorang filsuf asal Perancis yang bernama Auguste Comte. Menurut Comte sendiri, sosiologi adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sosiologi Bagi Kehidupan

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan sehari-hari dan masyarakat. Berikut ini adalah berbagai manfaat sosiologi bagi kehidupan:

1. Mendukung Perumusan Kebijakan

Manfaat sosiologi bagi masyarakat yang pertama ialah untuk membantu perumusan kebijakan. Sosiologi bisa mempelajari gejala-gejala ataupun fenomena-fenomena sosial pada masyarakat dan membantu pemerintah untuk mengambil ataupun merumuskan kebijakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, sosiologi juga bisa membantu pemerintah untuk memperkirakan efek suatu kebijakan pada masyarakat sehingga pemerintah bisa bergerak cepat menanggulangi permasalahan-permasalahan yang mungkin muncul akibat kebijakan tersebut.

2. Kajian Pembangunan

Manfaat sosiologi berikutnya ialah sebagai kajian pembangunan. Pembangunan diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ilmu dan kajian sosiologi dapat membantu kebijakan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah menjadi lebih efektif dan tepat guna. Kajian dan ilmu sosiologi juga bisa membantu pemerintah untuk mencegah efek negatif dari pembangunan tersebut terhadap masyarakat.

3. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Masyarakat

Salah satu manfaat sosiologi bagi masyarakat adalah meningkatkan kemampuan adaptasi mereka. Sosiologi mempelajari unsur-unsur yang membentuk masyarakat dan struktur mereka. Sosiologi juga mengamati bagaimana suatu masyarakat bereaksi terhadap suatu perubahan. Ilmu dan kajian sosiologi dapat membantu kita untuk mencari cara supaya masyarakat bisa beradaptasi dengan lebih cepat terhadap perubahan-perubahan yang mereka hadapi.

4. Kajian Pola Kesehatan Masyarakat

Manfaat sosiologi yang selanjutnya ialah dapat digunakan untuk mengamati dan mempelajari pola kesehatan masyarakat. Sosiologi dapat membantu kita untuk mengamati pola hidup atau kebiasaan hidup masyarakat yang bisa saja menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mempelajari sosiologi dapat membantu kita untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai masalah kesehatan yang terjadi akibat kebiasaan sehari-hari. Selain itu, sosiologi juga bisa membantu kita untuk menemukan penyebab penyakit lebih cepat.

4 dari 4 halaman

Cabang Ilmu Sosiologi

A. Sosiologi Politik: Cabang ilmu sosiologi yang mengkaji dan mengamati hubungan antara masyarakat dengan kekuasaan dan legitimasi. Objek kajian dari cabang ilmu ini meliputi pembagian kekuasaan, pengambilan kebijakan, konflik, hingga pemerintahan.

B. Sosiologi Ekonomi: Cabang ilmu sosiologi ini fokus mempelajari cara manusia dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Pada sosiologi ekonomi, fokus kajian yang dilakukan adalah sistem ekonomi masyarakat yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi dan bagaimana pengaruhnya pada kesejahteraan dan kehidupan masyarakat.

C. Sosiologi Pedesaan: Cabang ilmu sosiologi yang fokus untuk mempelajari masyarakat yang hidup di pedesaan. Cabang ilmu ini berfokus untuk mengamati berbagai unsur dan struktur masyarakat pedesaan. Pada masa awal penemuannya, cabang ilmu sosiologi ini dapat memberikan gambaran mengenai struktur masyarakat hingga perbedaan antara masyarakat desa dan kota di Eropa.

D. Sosiologi Perkotaan: Cabang sosiologi yang mengkaji masyarakat dan kehidupan sosial masyarakat perkotaan. Fokus kajian dari cabang ilmu ini adalah urbanisasi, permasalahan kota, struktur masyarakat, hingga pembagian kawasan.

E. Sosiologi Pembangunan: Cabang ilmu sosiologi yang mengkaji hubungan antara pembangunan dan kehidupan sosial masyarakat. Pada cabang ilmu ini, masyarakat bisa dilihat baik sebagai subjek maupun objek dari pembangunan. Ilmu ini juga mengkaji mengenai dampak pembangunan terhadap kehidupan sosial masyarakat.

F. Sosiologi Hukum: Cabang ilmu yang mengkaji hubungan antara masyarakat dan aturan hukum yang telah disepakati. Sosiologi hukum fokus mempelajari berbagai pola, prosedur, sanksi, hingga kebiasaan penerapan aturan pada masyarakat.

G. Sosiologi Agama: Cabang ilmu sosiologi yang fokus mengkaji masyarakat menggunakan perspektif agama. Sosiologi agama cenderung mengamati keutamaan serta kelemahan suatu agama sebagai kajian.

H. Sosiologi Pendidikan: Cabang ilmu sosiologi yang meneliti dan mempelajari hubungan antara masyarakat dan sistem serta institusi pendidikan.

I. Sosiologi Kesehatan: Cabang ilmu sosiologi yang mempelajari hubungan kehidupan sosial masyarakat dengan kesehatan. Ilmu ini mencoba untuk mengkaji berbagai unsur kehidupan sosial ataupun kebiasaan-kebiasaan masyarakat dan kaitannya dengan berbagai isu kesehatan seperti penyebaran suatu penyakit dan yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.