Sukses

Seni Adalah Keahlian Membuat Karya, Ketahui Pengertian dan Perannya

Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.

Liputan6.com, Jakarta Seni adalah istilah yang sudah dikenal oleh orang sejak usia dini hingga dewasa. Seni pada umumnya merupakan wujud dari budaya dan perasaan manusia. Dengan sebuah seni, seseorang dapat berekspresi seluas dan sebebas mungkin.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.

Secara umum, seni adalah suatu hasil ciptaan manusia yang mengandung unsur keindahan dan juga dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Seni dapat berupa kegiatan manusia dari berbagai bidang, seperti karya visual, audio, atau pertunjukan untuk dihargai keindahan dan kekuatan emosinya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian seni menurut para ahli beserta jenis-jenis dan perannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Seni Secara Umum

Secara etimologi, kata seni dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) sonik yang berasal dari kata 'so' atau 'se' artinya adalah 'satu', berasal dari bahasa Sanskerta 'swa' (satu), yang digabung dengan kata 'nik' yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus. Jadi, kata sonik/sonit/seni berarti suatu yang halus bentuk rupa maupun sifatnya.

Secara umum, pengertian seni adalah dalah segala sesuatu ciptaan manusia untuk memenuhi atau untuk menunjukkan rasa keindahan. Seni juga dapat diartikan sebagai bentuk transformasi representatif yang estetik.

3 dari 5 halaman

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Ada banyak pendapat  dari para ahli mengenai pengertian seni. Berikut penjelasannya:

Coorie Hartong

Seni adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Pengertian seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Aristoteles

Seni adalah karya yang dinilai sebagai suatu tiruan, yakni tiruan dunia alamiah dan dunia manusia. Menurut Aristoteles, pengertian seni rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal.

Seni adalah suatu tindakan atau aktivitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan.  Diidentikan dengan perasaan yang indah-indah yang akhirnya dapat dan sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni. 

Drs. Sudarmaji

Beliau menyatakan pengertian seni rupa adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

Brade

Seni adalah pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual manusia.

 

4 dari 5 halaman

Peran dari Seni

Dikutip dari buku berjudul Pembelajaran Seni Rupa di SD karya Yunisrul, seni memiliki berbagai peran penting dalam kehidupan. Berikut peranan seni dalam kehidupan manusia, yakni:

1. Seni sebagai Kebutuhan

Manusia memenuhi kebutuhan hidup dengan bantuan alat-alat untuk menyempurnakan pekerjaannya. Alat-alat seperti perabot rumah tangga, alat upacara keahamaan, dan kebutuhan lainnya termasuk bagian dari seni. Kini manusia menganggap seni sebagai bagian kebutuhan dalam berbagai bidang.

2. Seni sebagai Terapi, Ungkapan, dan Komunikasi

Seni berperan sebagai alat terapi, ungkapan dan komunikasi. Seni bisa ditinjau pengaruhnya dalam ilmu kejiawaan. Misal, manusia berkarya melalui seni lukis, lagu, puisi, drama, semua dilakukan sebagai alat hiburan melepaskan penat. Peran seni adalah sebagai penghiburan batin. Melalui seni, manusia bisa mengkomunikasikan pengalaman emosinya dalam sebuah karya.

 

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Seni

Dikutip dari buku berjudul Pembelajaran Seni Rupa di SD karya Yunisrul, seni dibedakan menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenis seni yang wajib anda ketahui, antara lain:

1. Seni Rupa

kata seni rupa sendiri dibangun dari dua kata yakni kata seni dan kata rupa. Kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Kata seni memiliki arti sebuah cara menampilkan keindahan dalam bentuk karya, gerakan, dan beberapa metode lainnya. Sedangkan, kata rupa memiliki arti wujud atau sesuatu yang bisa dirasa, dilihat, diraba, dan juga dinikmati. Dengan begitu, seni adalah sebuah cabang seni yang hasil karyanya dapa dinikmati oleh mata dan disentuh dengan tangan.

2. Seni Musik

Hakikat musik adalah pengungkapan suara dalam paduan keseimbangan tiga aspek irama, melodi, dan harmoni. Ketiga aspek ini adalah alat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui suara.

3. Seni Tari

Seni tari adalah paduan keseimbangan unsur gerak irama dan rasa untuk ungkapan perasaan, gagasan, dan pesan dengan penunjang iringan dan musik.

4. Seni Drama

Seni drama adalah sebuah seni pertunjukan atau sebuah penyajian ungkapan yang menggunakan suara, tubuh, gerak, dan latar atau ruang untuk menyampaikan gagasan pesan dan perasaan suatu kegiatan pagelaran.

5. Seni Sastra

Seni sastra yang bisa dinikmati melalui pendengaran dan penglihatan. Biasanya seni sastra akan berbentuk kata-kata yang menarik berkesan dan disampaikan dengan cara yang indah. Contoh dari seni sasatra ada puisi dan kaligrafi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.