Sukses

Serealia Adalah Jenis Tanaman Pangan, Ketahui Pengertian dan Jenisnya

Serealia adalah kelompok tanaman pangan yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber kabohidrat atau pati.

Liputan6.com, Jakarta Serealia adalah kelompok tanaman pangan yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber kabohidrat atau pati. Serealia juga dikenal dengan sebutan sereal atau biji-bijian. Serealia ini banyak mengandung manfaat untuk tubuh.

Jenis serealia yang dikonsumsi masyarakat adalah jagung, pagi, gandum,  jelai, haver, dan gandum hitam. Serealia banyak dibudidayakan menjadi makanan pokok sebagai salah satu kebutuhan primer penduduk.

Serealia memiliki banyak jenis spesies, sehingga kandungan gizi dalam tanaman serealia sangat bervariasi tergantung jenisnya. Umumnya, kandungan nutrisi dalam serealia terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin E, vitamin B kompleks, besi, magnesium, dan seng.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian serealia dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Serealia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian serealia adalahanaman rumput-rumputan yang bijinya digunakan sebagai makanan manusia, seperti padi dan gandum. Pengertian serealia adalah biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, sehingga banyak dijadikan sebagai makanan pokok. 

Dikutip dari buku Ilmu Bahan Makanan (2020: 17) karya Yosfi Rahmi dan Titis Sari Kusuma, pengertian serealia adalah biji-bijian yang kaya akan karbohidrat. Banyak sekali contoh serealia yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya beras, gandum, oat, barley dan jagung.

Masyarakat membudidayakan serealia karena dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Bahkan dengan manfaat tersebut, serealia dibubidayakan secara besar-besaran di seluruh dunia. Di sebagian negara berkembang, serealia ering kali merupakan satu-satunya sumber karbohidrat.

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Serealia

Dikutip dari modul Prakarya Pengolahan SMP Kelas VIII (2020), berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis serealia dan penjelasannya adalah:

1. Jagung

Jagung adalah makanan pokok penduduk Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika, serta pakan ternak utama di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, jagung menjadi sumber karbohidrat utama warga sebagian Pulau Madura dan Nusa Tenggara Timur.

2. Beras

Jenis-jenis serealia adalah beras atau pagi. Beras adalah butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Sedikit rasa manis dari kandungan glukosa merupakan sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas.

3. Sorgum

Jenis-jenis serealia adalah sorgum. Sorgum (Sorghum spp.) adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Tanaman ini dapat tumbuh walaupun pada keadaan tanah yang kurang subur dan pengairan terbatas. Oleh karena itu, sorgum merupakan salah satu tanaman pangan yang potensial dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai pangan, pakan, dan bioenergi (bioetanol).

4. Gandum

Jenis-jenis serealia adalah gandum. Gandum adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Gandum sangat kaya vitamin, mineral, dan serat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, gandum juga memiliki beragam senyawa fitokimia yakni senyawa kimia yang mempunyai dampak positif untuk kesehatan.

5. Jelai

Jenis-jenis serealia adalah jelai. Umum digunakan untuk pembuatan bir, malt, dan pakan ternak. Biasanya ditanam di daerah yang terlalu kering atau dingin untuk gandum.

6. Milet

Jenis-jenis serealia adalah milet. Gabungan dari berbagai serealia berbiji kecil. Makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika; juga sebagai sumber pakan burung peliharaan.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Serealia

7. Haver (oat)

Dahulu adalah makanan pokok orang-orang Skotlandia dan populer sebagai makanan ternak. Pernah populer sebagai makanan pengganti beras pada masa setelah perang.

8. Gandum Hitam (Rye)

Cocok untuk ditanam di tempat beriklim dingin.

9. Triticale

Hibrida gandum dan gandum hitam, bentuknya cenderung mirip dengan gandum hitam.

10. Buckwheat

Dimakan di Eropa dan Asia. Kegunaan utamanya, sebagai bahan bermacam-macam kue dadar dan groats (gandum yang digiling kasar).

11. Fonio

Makanan pokok di beberapa tempat di Afrika, terutama Afrika Barat.

12. Barley

Barley adalah jenis tanaman serealia dari Mesopotamia. Biji barley dapat difermentasi menjadi bir, sedangkan tepungnya bisa digunakan jadi bahan baku pembuatan kue, roti, dan makanan bayi.

13. Oats

Oats adalah tanaman jenis serealia yang umum tumbuh di daerah dengan iklim yang basah. Oats menghasilkan tepung dengan kadar serat yang halus dan bermanfaat memperlancar pencernaan.

5 dari 6 halaman

Manfaat Serealia untuk Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa serealia merupakan tanaman biji-bijian yang memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat  yang tinggi. sehingga pantaslah bila semua negara di dunia membudidayakan tanaman-tanaman yang termasuk di dalamnya. Antara lain, jagung, padi, gandum, jelai, haver.

Namun, ada sebagian tumbuhan yang menghasilkan pati, ada beberapa tumbuhan yang tidak digolongkan sebagai serealia sejati, atau serealia semu, karena bukan dipanen bulir/bijinya. Contohnya tanaman seperti sagu, ketela pohon, atau kentang.

Manfaat utama serealia adalah sebagai sumber karbohidrat/pati, yang mampu mencukupi bahan pangan baik bagi manusia maupun hewan. Selain itu, serealia juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, melancarkan pencernaan, dan meminimalisir penyakit berbahaya.

6 dari 6 halaman

Cara Mengolah Serealia

Jenis tanaman serealia akan menghasilkan biji sebagai produk hasil budaya. Jenis tanaman serealia berupa gandum, rye (gandum hitam, umumnya untuk makanan ternak), triticale, havermut, dan jelai (yang digunakan untuk pembuatan bir), serta spelt (gandum yang cocok untuk dijadikan tepung berkualitas tinggi) .

Jenis tanaman serealia tersebut tumbuh baik di daerah beriklim sedang dan tidak sanggup tumbuh di cuaca panas. Namun, ada jenis tanaman serealia yang dapat tumbuh subur tidak mementingkan perubahan musim, yakni jelai dan gandum hitam.

Serealia mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga tidak mengherankan bila semua negara di dunia membudidayakan tanaman-tanaman yang termasuk di dalamnya. Manfaat utama serealia adalah sebagai sumber karbohidrat, yang mampu mencukupi bahan pangan baik bagi manusia maupun hewan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.