Sukses

28 Wisata Karimunjawa yang Wajib Dikunjungi, Menyuguhkan Panorama Sunrise Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Wisata Karimunjawa merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal juga memiliki julukan The Paradise of Java. Tempat wisata ini terdapat sederet pulau yang memiliki pesona memukau, mulai dari wisata bukit, wisata bawah laut, wisata pantai dan hutan mangrove. Berbagai potensi budaya yang dimiliki Karimunjawa, membuat tempat wisata ini cukup banyak diminati oleh para pengunjung lokal, dari luar daerah, hingga wisatawan dari mancanegara.

Tempat wisata Karimunjawa juga selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan hampir setiap tahunnya. Terbentang gugusan pulau yang elok dan indah, menjadikan destinasi wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Tempat yang berada di Jepara, Jawa Tengah ini menawarkan berbagai keseruan untuk liburan bersama pasangan, teman terdekat hingga keluarga. 

Para wisatawan yang berlibur di tempat wisata Karimunjawa ini, kebanyakan ingin sekedar melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan dari bawah laut, ada juga yang ingin menikmati indahnya perbukitan serta berbagai tempat lainnya. Pesona wisata alam Karimunjawa yang lengkap membuat siapapun yang berkunjung akan betah dan merasa nyaman. 

Berikut ini wisata Karimunjawa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Karimunjawa

1. Pantai Batu Topeng

Wisata Karimunjawa yang wajib juga untuk dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Batu Topeng. Tempat wisata ini merupakan salah satu pantai pasir putih yang sangat  indah serta dijadikan sebagai daya tarik wisata, baik itu wisata darat maupun laut. Pantai Batu Topeng ini bisa untuk diakses baik itu melalui jalur laut juga jalur darat. Pantai Batu Topeng sering dikunjungi oleh wisatawan pada saat sore hari juga siang hari untuk menikmati suasana yang ada ditempat ini.

2. Alun-alun Karimunjawa

Wisata karimunjawa selanjutnya adalah Alun-alun yang terletak di Karimunjawa. Saat pengunjung yang berada di sini, akan disuguhkan dengan makanan lezat hasil tangkapan ikan, yang diolah menjadi berbagai menu makanan lezat dan beraneka macam. Alun-alun ini akan ramai pengunjung ketika malam hari. Kamu juga bisa bercengkrama bersama kerabat dan saudara di atas tikar di bawah bintang yang gemerlap.

3.  Karimunjawa Butterfly Park

Selain menyuguhkan wisata alam yang keren, destinasi wisata karimunjawa ini  juga menawarkan wisata buatan yang tak tidak kalah menawan untuk dikunjungi, yaitu Karimunjawa Butterfly Park. tempat wisata ini sangat cocok untuk para pengunjung yang malas untuk mengeksplor indahnya pantai, bisa datang kesini. Tempat ini terdapat banyak kupu-kupu yang cantik, cocok untuk kamu yang suka dengan hewan. Selain kupu-kupu, terdapat juga wahana lain yang tak kalah keren seperti bioskop 3D Cinema, 3D Art Gallery, serta masih banyak lagi. 

4. Dermaga Mrican

Wisata karimunjawa selanjutnya adalah Dermaga Mrican. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dinikmati saat sore hari ketika melihat matahari terbenam. Dermaga ini juga menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan pencari ikan di laut lepas. Banyak warga juga bisa membeli hasil tangkapan mereka.

5. Makam Sunan Nyamplungan

Karimunjawa memang terkenal dengan wisata alam terutama pantai yang keren dan indah, namun dibalik keindahan itu terdapat tempat wisata religi juga di sana. Wisata karimunjawa juga memiliki sebuah makam sunan Nyamplungan yang dikenal sebagai makam Syekh Amir Hasan putra dari Sunan Muria, Syekh Amir  adalah sosok penting di Karimunjawa. Nama nyamplung sendiri diberi, karena di dekat makam terdapat pohon nyamplung.

6.  Island Hopping

Wisata Karimunjawa berikutnya adalah Island Hopping. Island Hopping memiliki arti bahwa pengunjung bisa pergi ke banyak pulau sekaligus dalam satu hari. Ini merupakan aktivitas yang wajib untuk dilakukan bagi wisatawan yang suka travelling. Kapten kapal yang ada disini, akan membawa pengunjung ke banyak tempat atau pulau eksotis di Karimunjawa. Banyak pulau yang bisa dikunjungi, seperti Pulau Menjangan Besar, pulau tempat penangkaran hiu. Juga Pulau Menjangan Kecil yang sangat cocok untuk melakukan snorkeling. 

7. Bukit Love Karimunjawa

Salah satu destinasi  wisata keren yang ada di Karimun jawa ini juga bisa kamu kunjungi dengan pasanganmu. Selain menyuguhkan keindahan alam yang indah, sama seperti namanya tempat ini terdapat patung bertuliskan 'Cinta'. bisa jadikan patung itu menjadi salah satu spot foto terindah bersama orang yang kamu sayang.

3 dari 5 halaman

Wisata Karimunjawa

8. Bukit Annora

Destinasi di karimunjawa juga menyuguhkan perbukitan yang indah. Pengunjung juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora, Karimunjawa. Saat berada disini, pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Lebih indah lagi jika kamu datang ke tempat wisata Karimunjawa ini ketika pagi hari saat matahari mulai terbit. Sangat indah bukan?

9. Bukit Joko Tuwo

Salah satu bukit yang cukup unik juga berada di karimunjawa, dengan menyuguhkan pesona alam yang sangat indah dan elok, seakan hamparan langit bisa menyatu dengan pantai. Selain pemandangan yang indah, tempat ini menyuguhkan berbagai daya tarik yang lainnya seperti Tasbih Raksasa, Kerangka Ikan Joko Tuo, dan Area olahraga alam. Sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk dikunjungi.  

10. Bakololo

Salah satu wisata di Karimunjawa ini tidak hanya menawan dan indah, tapi juga menyuguhkan sebuah tempat duduk kano di tengah air. Kamu bisa bersantai melepas penat di tengah air yang tenang dan menikmati pemandangan yang sangat memesona. Tempat ini juga menjadi destinasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin merilekskan pikiran akibat aktivitas yang padat.

11. Hutan Mangrove

Wisata karimunjawa selanjutnya ini, tidak hanya menampilkan bukit yang indah, namun pengunjung juga akan menemui wisata keren seperti hutan mangrove. Tempat ini terdapat jalanan yang terbuat dari kayu sepanjang 2 km dan bisa kamu gunakan untuk berjalan menikmati kawasan hutan. Jika sedang beruntung, pengunjung juga akan menemui berbagai spesies binatang yang hidup di hutan mangrove tersebut

12. Pantai Nirwana

Tempat wisata alam yang ada di Karimunjawa selanjutnya adalah Pantai Nirwana. Tempat ini merupakan pantai terpanjang yang ada di Karimunjawa, serta memiliki ciri khas banyak pohon kelapa yang tumbuh disepanjang pantai, membuat tempat ini sangat indah sangat asri, juga akan cocok sekali untuk membuat pikiran menjadi fresh kembali.

13. Pantai Ujung Batu Lawang

Wisata alam yang juga cukup populer selanjutnya adalah Pantai Ujung Batu Lawang. Tempat ini menyuguhkan pantai dengan nuansa indah dan mempesona, juga sangat cocok untuk berkunjung bersama keluarga. Pantai ini juga ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terletak di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimunjawa.

14. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam adalah salah satu wisata pantai di karimunjawa yang cukup populer juga pantai ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen dengan latar batu – batu yang berjejer. Pantai ini juga memiliki keindahan pasir putih yang bertekstur lembut layaknya lembutnya tepung terigu. Tunggu apalagi, jadikan tempat ini sebagai destinasi liburan yang menyenangkan. 

4 dari 5 halaman

Wisata Karimunjawa

15. Pantai Annora

Pantai Annora merupakan tempat yang terletak di Dusun Cikmas. Tempat wisata karimunjawa ini memiliki air yang sangat jernih juga pasir yang bersih. Selain itu, tempat ini memiliki ciri khas dengan banyaknya ayunan yang menggantung di sekitarnya. Terkadang orang menyebut wisata ini dengan nama Pantai Ayunan Annora. Saat berada disini, jangan lewatkan untuk mendaki bukit yang indah di Annora, Karimun jawa.

16. Pantai Barakuda

Tempat wisata karimunjawa selanjutnya ini, juga menyuguhkan nuansa pantai yang indah dan keren. Tempat ini patut untuk kamu coba datangi. Pantai ini terletak di Desa Kemajon dengan menyuguhkan keindahan air yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sepanjang pantai terdapat sederet pohon kelapa yang menambah kecantikan pantai ini.

17. Pulau Gosong

Pantai yang satu ini memiliki keunikan yang sangat keren, wisata karimun jawa ini terdapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini juga dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul ke permukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup. Saat berada disini, pengunjung akan menikmati keindahan dan panorama yang indah yang sangat sayang jika dilewatkan. 

18. Pulau Menjangan Besar

Wisata karimun jawa yang satu ini merupakan salah satu pulau dengan kategori cukup besar serta dekat dengan dermaga. Saat pengunjung yang datang kesini, pengunjung bisa menikmati matahari yang terbenam dengan indah. Pulau ini tidak hanya indah tetapi juga unik, karena terdapat tempat penangkaran hiu. Bahkan para pengunjung yang datang juga bisa berenang bersama hiu, juga bisa bertemu dengan penyu dan binatang laut lainnya. Hiu yang berada di pulau ini sudah jinak, jadi pengunjung bisa berenang di  tempat ini. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan, jangan lewatkan untuk berfoto bersama biota laut yang ada disini.Tempat ini menjadi rekomendasi untuk liburan keluarga. 

19. Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil juga merupakan salah satu wisata karimunjawa yang wajib untuk dikunjungi. Pengunjung hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam untuk sampai kesini. Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang sangat cantik, serta memiliki arus laut yang tenang serta mempunyai panorama paling khas. Karena keindahan pulau karimunjawa, membuat siapapun yang berkunjung, akan menjadikan tempat ini favorit para wisatawan. Menawarkan keindahan bawah laut dengan keanekaragaman terumbu karang yang indah dan cantik, membuat tempat ini sayang untuk dilewatkan.

20. Pulau Cemara Besar

Wisata karimunjawa selanjutnya adalah Pulau Cemara Besar. Pulau yang memiliki keindahan pantai yang indah serta luar biasa terpancar, serta bisa disaksikan oleh para pelancong saat berada di tempat ini. Air jernih dengan pemandangan yang menakjubkan, bisa digunakan untuk snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar. 

21. Pulau Cemara Kecil

Tidak kalah dari sebelumnya, wisata karimunjawa selanjutnya ini menyuguhkan suasana yang alami juga bersih, serta dihiasi oleh puluhan pohon cemara. Pulau Cemara Kecil ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup keren, karena saat berada disini pengunjung dimanjakan dengan pantai yang jernih dan pasir putih kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling.

5 dari 5 halaman

Wisata Karimunjawa

22. Pulau Geleang

Wisata karimunjawa yang wajib untuk dikunjungi adalah Pulau Geleang. Destinasi wisata ini sangat keren juga indah. Saat berada disini, pengunjung juga bisa berenang di air yang biru dan jernih. Pulau ini meskipun memiliki ukuran yang kecil dibanding pulau yang lainnya, akan tetapi tempat ini bernuansa unik juga menakjubkan yang sayang sekali jika dilewatkan.

23. Pulau Tengah

Cocok untuk pecinta wisata pantai, wisata karimunjawa ini memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Saat berada disini, pengunjung tidak hanya bisa bermain air, akan tetapi juga bisa memancing ikan sendiri bahkan terkadang kamu juga bisa mendapatkan cumi. Pulau ini sangat tertata dengan rapi dan indah, tempat ini juga terdapat dermaga kecil yang terbuat dari kayu jadi bisa digunakan untuk berjalan sambil berfoto dan seolah berjalan di tengah pantai. Menjadi rekomendasi yang cocok untuk liburan keluarga bukan?

24. Pulau Sintok

Salah satu wisata alam yang keren selanjutnya, yang berada tepat di karimun jawa adalah Pulau Sintok. Tempat ini tidak hanya memiliki pantai yang indah, tetapi juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang keren. Sama dengan pulau yang lain, pengunjung yang datang kesini bisa melakukan snorkeling bersama teman-teman dan juga kerabat. Pulau ini memiliki luas 21 hektar dan terletak di sebelah timur pulau Karimun jawa.

25. Pantai Batu Putih

Salah satu wisata karimun jawa yang sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Batu Putih. Wisata yang merupakan andalan ini, dikunjungi oleh banyak pelancong yang ada di karimun jawa maupun wisatawan luar daerah. Pantai yang terletak kurang lebih 15 km dari kota ini memberikan sensasi wisata alam Pantai Batu Putih yang indah dengan air biru yang jernih. Tempat ini juga terdapat bongkahan batu berwarna putih yang akan terlihat ketika air mulai surut.

26. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele merupakan wisata pantai yang berada di sebelah timur pulau Karimunjawa. Tak hanya pantai, Legon Lele juga memiliki hutan mangrove yang masih sangat asri. Walaupun jarang untuk dikunjungi, akan tetapi tempat ini  menjadi salah satu wisata karimunjawa yang tersembunyi. Merupakan hal yang baik, karena memberikan dampak yang baik untuk tempat ini, karena menjadi asri juga sangat terjaga dengan baik.

27. Pantai Tanjung Gelam

Destinasi wisata yang satu ini, bisa ditempuh dengan jalur darat maupun laut. Saat berada di pusat kota, hanya memerlukan 10 menit berkendara dan pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan yang ada di pantai ini. Tempat ini memiliki kelapa doyong yang merupakn ciri khasnya, dan pengunjung juga bisa berjalan menyusuri pantai ini sambil melihat matahari terbenam. 

28. Pantai Bobi 

Tempat wisata Karimunjawa ini juga bisa diakses 10 menit dari pusat kota. Destinasi wisata ini menyuguhkan panorama sunrise terbaik, dengan bentangan pasir putih panjang. Tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik untuk diabadikan. Saat berkunjung, pengunjung juga bisa bersantai sambil minum kopi. Jadikan tempat ini sebagai salah satu tempat liburan melepas penat. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS