Sukses

Arti Spoiler adalah Membocorkan Informasi, Ketahui Dampaknya

Spoiler adalah tindakan membocorkan informasi yang seharusnya dirahasiakan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti spoiler? Memahami arti spoiler adalah istilah yang sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Secara bahasa, arti spoiler adalah membocorkan. Arti spoiler adalah membocorkan informasi yang seharusnya dirahasikan.

Di Indonesia, arti spoiler adalah paling sering digunakan untuk membocorkan sebuah kisah. Kisah tersebut biasanya akan ditayangkan dalam bentuk film, buku, dan lainnya. Perilaku spoiler adalah di Indonesia disamakan dengan pelanggaran hak cipta.

Pada beberapa penelitian, dampak sesuai arti spoiler adalah pasti akan menggangu seseorang dalam menikmati sebuah cerita yang seharusnya dirahasiakan. Pada penelitian yang lain, dampak spoiler justru baik untuk menikmati cerita tepat sesaat setelah mendapat spoilernya.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang arti spoiler, ciri-ciri spoiler, dampak spoiler, dan istilah bahasa Inggris lainnya, Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Spoiler adalah Membocorkan Informasi

Memahami arti spoiler adalah mengungkap aslinya. Arti spoiler adalah memberitahu kisahnya. Istlah spoiler adalah berasal dari bahasa Inggris yang artinya bocoran atau membocorkan.

Arti spoiler adalah demikian kerap digunakan untuk membahas kisah atau cerita dalam film, novel, dan buku lainnya. Selain berhubungan dengan kisah, arti spoiler adalah sebenarnya merujuk bocoran informasi penting tertentu.

Seseorang yang memberitahu informasi yang semestinya dirahasiakan disebut sebagai seorang spoiler. Cambridge Dictionary menjelaskan arti spoiler adalah berhubungan dengan informasi dalam artikel surat kabar, blog, dan lain-lain yang memberi tahu apa yang terjadi dalam sebuah program televisi.

Di Indonesia, arti spoiler adalah yang paling sering digunakan, terutama berhubungan dengan membocorkan sebuah kisah. Kisah tersebut biasanya akan ditayangkan dalam bentuk film, buku, dan lainnya.

Ada tiga ciri-ciri yang menandakan seorang individu adalah sebenarnya suka melakukan spoiler. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ciri-ciri seorang spoiler adalah sebagai berikut:

1. Ciri-ciri seorang spoiler adalah pertama tergolong akut. Mereka adalah individu yang seakan dia menjadi orang yang serba tahu segala informasi secara detail untuk menjadikannya bahan spoiler. Ciri-ciri seorang spoiler yang akut pasti akan membocorkan cerita sesaat setelah rilis pertama kalinya.

2. Ciri-ciri seorang spoiler adalah kedua tergolong seorang yang baru atau sebenarnya tidak sengaja melakukan spoiler. Antusias yang tinggi menjadi salah satu penyebab tidak sengaja menjadi seorang spoiler.

3. Ciri-ciri seorang spoiler adalah ketiga tergolong sebagai tuntutan pekerjaan dan memang disengaja. Mereka adalah individu yang memberitahu informasi, dengan sengaja juga membocorkan hal-hal menarik seputar informasi tersebut agar banyak pembaca yang semakin penasaran.

3 dari 4 halaman

Dampak Spoiler dan Penjelasannya

Dampak spoiler adalah tak main-main, ini memengaruhi popularitas informasi yang dibocorkan. Dalam penelitian yang diungkap Live Science terbaru, dampak spoiler adalah membuat cerita kurang menyentuh, kurang memancing pikiran, dan memberi pengalaman imersif.

Meski sebenarnya, sebagian kecil penelitian pun mengungkap dampak baik dari spoiler. Dalam penelitian yang diungkap Psychological Science, dampak spoiler adalah bisa membuat seseorang justru menikmati pengalaman setidaknya beberapa saat setelah mendengar spoiler terjadi.

Di Indonesia, pelaku spoiler adalah bisa dikenakan hukuman karena ini diatur pula dalam Undang-Undang. Negara mengakui tindakan spoiler adalah tidak dibenarkan oleh Undang-Undang Hak Cipta dan Undang-Undang ITE. Diungkap, setiap orang yang melakukan hal tersebut, dapat diancam pidana 10 tahun dan/atau denda Rp 4 Miliar.

Adapun dimuat dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman. Pasal 40 ayat (1), yang bunyinya:

“Barang siapa dengan sengaja mengedarkan, mengekspor, mempertunjukkan dana atau menayangkan film sebagaimana dimaksud dalam pasal 33 ayat 6 dipidana penjara paling lama 5 tahun dana tau denda paling banyak Rp50.000.000.00, (lima puluh juta rupiah).”53 Sedangkan mengenai sanksi administratif yang akan didapatkan oleh si pembajak film diatur dalam Pasal 78 UU No. 33 Tahun 2009. 

4 dari 4 halaman

Istilah Bahasa Inggris Lainnya

- SEKUEL. Film yang berkisah tentang kelanjutan dari film pertamanya.

- SPIN-OFF. Spin-off adalah mengambil karakter dari film terdahulunya untuk digali lebih dalam lagi.

- REMAKE. Memproduksi ulang film dengan plot yang secara garis besar masih sama beserta karakter-karakternya.

- REBOOT. Karakter utamanya sama tetapi ceritanya tidak berhubungan dengan cerita yang pertama.

- PREKUEL. Prekuel dibuat setelah film pertama untuk menceritakan latar belakang konflik di film pertama bisa terjadi.

- FYI. FYI Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

- BTW. Btw merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

- COD. COD Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

- ASAP. ASAP adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

- GWS. GWS singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

- Hypebeast. Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. Hal populer yang dimaksud biasanya berupa barang-barang mahal yang dikenakan.

- BRB: Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

- LMAO. singkatan dari Laughing My Ass Off, artinya tertawa ngakak.

- OOT. Out of Topic. Singkatan ini merupakan peringatan dan tanggapan yang dilontarkan ketika membahas sesuatu di luar dari ka.egori dan topik yang sudah ditetapkan.

- OOTD. Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

- OTW. On The Way, yang berarti sedang di jalan atau perjalanan.

- PAP. Post a Picture. Digunakan untuk meminta seseorang mengirim foto terkininya.

- ROTFL. singkatan dari Rolling On The Floor Laughing, artinya tertawa sampai terguling-guling.

- SYS. singkatan dari See You Soon, artinya sampai ketemu lagi.

- WTH. What the Hell / What the Heck artinya apa apaan.

 - CANCEL CULTURE. Cancel culture adalah salah satu istilah bahasa gaul yang kerap digunakan di media sosial. Hal ini merujuk pada seseorang dikeluarkan dari lingkaran sosial atau profesional baik secara daring di media sosial, di dunia nyata, atau keduanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.