Sukses

12 Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan saat Liburan

Simak 12 tempat wisata kuliner Bali yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Bali adalah salah satu destinasi wisata terfavorit di Indonesia. Setiap tahunnya, ada begitu banyak wisatawan, baik lokal maupun asing yang berkunjung ke Pulau Dewata ini. Ada berbagai tempat wisata kuliner Bali ataupun wisata lainnya yang dapat kamu kunjungi ketika berada di pulau ini.

Bali terkenal akan alamnya yang indah, terutama pantainya. Banyak wisatawan yang mengunjungi pulau ini untuk menikmati kecantikan pemandangan alam yang ditawarkan oleh Bali.

Selain itu, kultur masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Berbagai upacara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Bali juga banyak menarik minat pengunjung. Akan tetapi, tidaklah lengkap bila kamu berkunjung ke Bali tanpa mencicipi wisata kuliner Bali yang khas dan lezat.

Bali memiliki berbagai hidangan khas yang menggugah selera. Ada berbagai sajian khas Bali seperti satai lilit atau ayam betutu yang harus kamu cicipi ketika berlibur di Bali. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bila kamu singgah ke berbagai tempat wisata kuliner Bali di sela-sela waktu kunjunganmu ke berbagai destinasi wisata lainnya di pulau ini.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner Bali yang bisa kamu kunjungi di pulau ini yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

1. Ayam Betutu Men Tempeh 

Tempat wisata kuliner Bali pertama yang bisa kamu kunjungi ialah Ayam Betutu Men Tempeh. Ayam betutu memang salah satu sajian khas Bali yang terkenal dan lezat yang harus kamu icipi ketika mengunjungi pulau ini. Di sini kamu akan menikmati lezatnya ayam dengan bumbu rempah komplit khas Bali yang memiliki rasa pedas dan akan membuatmu ketagihan. Oh ya, selain ayam, bumbu betutu juga biasa digunakan untuk memasak daging bebek lho.

Ayam Betutu Men Tempeh ini memiliki beberapa cabang di berbagai lokasi di Bali, mulai dari di GIlimanuk, Melaya, hingga Jembrana. Restoran ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WITA. Buat kamu yang beragama Muslim, jangan ragu untuk berkunjung ketempat ini karena hidangan di sini halal.

2. Ayam Bakar Taliwang Baru 

Kalau kamu berlibur ke Bali, mungkin kamu mau menikmati kelezatan ayam bakar taliwang di restoran Ayam Bakar Taliwang Baru. Di wisata kuliner Bali yang satu ini, kamu akan disajikan kenikmatan hidangan khas daerah Lombok yang terkenal ini. Di sini, menu yang wajib kamu icipi adalah ayam bakar-nya. Kalau kamu doyan makan makanan yang pedas, kamu bisa mencoba menu Ayam Plecing ataupun Ayam Sasak yang tak kalah lezatnya. Untuk menambah nikmatnya hidangan ayam tersebut, kamu bisa memesan beberuk terong ataupun plecing kangkung sebagai hidangan pendamping. Semua hidangan di tempat ini juga halal untuk dikonsumsi bagi yang beragama Muslim.

Restoran ini terletak di Jl. Teuku Umar No.8, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali. Restoran ini Buka setiap hari pada pukul 10.00 - 21.30. Restoran ini cocok untuk kamu kunjungi setelah berbelanja oleh-oleh di Erlangga maupun Krisna Oleh Oleh Bali.

3 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

3. Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

Wisata kuliner Bali berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku. Warung ini wajib kamu singgahi ketika kamu mengunjungi daerah Ubud. Seperti namanya warung ini menyajikan berbagai hidangan halal berbahan dasar ayam yang menggugah selera. Selain itu, setiap porsinya juga akan dilengkapi dengan sate lilit, telur, dan sayuran lawar. Selain itu, hidangan juga akan dilengkapi dengan sambal yang pedas yang menambah kelezatan sajian ayam tersebut.

Selain makanannya yang lezat, warung ini juga terkenal dengan desain bangunannya yang cantik dan unik berbentuk pendopo khas Bali. Di sini para pengunjung bisa merasakan kelezatan hidangan yang disajikan sambil menikmati suasana tradisional khas Bali yang nyaman. Warung ini terletak di Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Warung ini juga buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00.

4. Bale Udang Mang Engking

Kalau kamu ingin mengicipi hidangan seafood, kamu bisa mengunjungi wisata kuliner Bali yang satu ini. Bale Udang Mang Engking adalah restoran yang menyajikan berbagai hidangan yang berbahan dasar udang dan halal. Ya, makanan berbahan dasar udang menjadi jagoan dari restoran yang satu ini. Bale Udang Mang Engking bisa kamu kunjungi di Kuta maupun Ubud. Keduanya menawarkan pengalaman kuliner di pondokan dengan nuansa pedesaan. Bale Udang Mang Engking juga ada di Jalan Nakula No. 88, Sunset Road, Kuta dan buka setiap hari dari jam 11.00 – 22.00 WITA.

4 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

5. Teba Café Jimbaran

Wilayah Jimbaran memang terkenal dengan deretan restoran yang menjajakan hidangan seafood yang siap untuk memanjakan lidahmu. Wilayah ini terkenal dengan deretan restoran seafood di pinggir pantai, di mana para pengunjung bisa menikmati hidangan yang lezat sambil menikmati indahnya pemandangan pantai yang indah. Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah pada sore hari, khususnya sekitar jam 5 sore. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tempat duduk yang terbaik untuk menikmati indahnya pemandangan sunset di pantai Bali yang terkenal.

Hampir semua restoran di Jimbaran menawarkan berbagai hidangan seafood kepada para pengunjung. Akan tetapi, Teba Café Jimbaran disebut-sebut menjadi salah satu favorit karena kelezatan hidangannya. Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seafood ditemani oleh berbagai hidangan pendamping yang tak kalah lezatnya seperti sayur plecing dan sambal matah. Hidangan di tempat ini juga halal untuk dikonsumsi oleh teman-teman yang beragama Muslim. Cafe ini terletak di Jl. Pantai Muaya four season hotel, Jimbaran, Badung Regency, Bali. Mereka buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 23.00.

6. Bebek Bengil

Kalau kamu suka dengan menu bebek goreng krispi atau Crispy Duck, kamu wajib untuk mampir ke wisata kuliner Bali yang satu ini. Bebek Bengil adalah pelopor dari hidangan bebek goreng krispi yang tentunya sayang untuk dilewati bagi para penggemar masakan ini. Selain menu Crispy Duck yang menjadi jagoannya, para pengunjung juga bisa mengicipi hidangan lain yang tidak kalah lezatnya seperti Bebek Sambal Hijau.

Restoran yang satu ini selalu ramai dikunjungi. Selain itu, hidngan di tempat ini juga halal. Saat ini, Bebek Bengil sudah memiliki 3 cabang di Bali, yakni di daerah Ubud, Jimbaran, dan Nusa Dua. Restoran ini buka pada pukul 10.00 sampai 22.00 setiap harinya.

5 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

7. Warung Pink Tempong

Wisata kuliner Bali berikutnya yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata di pulau ini adalah warung pink tempong. Nasi Tempong merupakan makanan khas Banyuwangi, dilengkapi dengan lauk pendamping wajib yaitu ikan asin, tahu, tempe, sayur bayam yang direbus, serta sambalnya yang super pedes.

Para pengunjung bisa menikmati nasi tempong dengan berbagai pilihan lauk, mulai dari ayam hingga cumi dan empal. Warung ini juga terkenal dengan sambalnya yang super pedas, sesuai dengan slogannya "monyor-monyor". Seluruh sudut warung ini bahkan hingga perniknya juga berwarna pink membuat tempat ini memiliki nuansa yang unik. Hidangan di tempat ini halal untuk dikonsumsi oleh umat Muslim. Warung ini terletak di Jl. Teuku Umar No.168, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali. Mereka buka setiap hari dari pukul 10.00-21.00.

8. Nasi Ayam Ibu Oki

Wisata kuliner Bali selanjutnya yang bisa kamu cicipi adalah Warung Nasi Ayam Ibu Oki. Warung ini menyajikan nasi rames yang lezat dengan suasana yang nyaman. Di sini para pengunjung bisa menikmati nasi campur dengan berbagai olahan ayam untuk lauknya seperti ayam goreng, ayam sisit, dan ayam betutu, serta berbagai hidangan lain seperti sate lilit, telor dan sayuran untuk pendampingnya. Hidangan di warung ini halal untuk dikonsumsi. Warung ini terletak di Jl. Siligita Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.27, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali. Kedai ini buka setiap harinya pada pukul 07.00 hingga 21.00.

6 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

9. Nasi Pedas Bu Andika

Bagi kamu para pecinta hidangan pedas, kamu bisa mengunjungi wisata kuliner Bali yang satu ini. Nasi Pedas Bu Andika adalah salah satu kuliner legendaris yang terkenal akan berbagai hidangan yang super pedas. Ada berbagai pilihan lauk yang bisa dipilih oleh para pengunjung di warung ini. Akan tetapi, janganlah lupa untuk memesan kulit ayam yang lezat serta sambal setannya yang terkenal akan kepedasannya.

Warung Nasi Pedas Bu Andika terletak di daerah Kuta, tepatnya di Jl. Blambangan No.55, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Tidak hanya itu, warung ini juga buka 24 jam setiap harinya. Hidangan di warung ini juga halal bagi yang beragama Muslim.

10. Warung Mak Beng

Wisata kuliner Bali selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Warung Mak Beng. Warung ini adalah salah satu tempat kuliner legendaris di Bali yang telah buka sejak tahun 1941 dan tidak pernah sepi pengunjung. Menu andalan dari warung ini adalah sop kepala ikan dan juga ikan goreng pedasnya yang nikmat.

Warung ini cocok untuk kamu kunjungi apabila berkunjung ke pantai Sanur, karena warung ini terletak tepat di pinggiran pantai tersebut, tepatnya di Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Warung ini bisa menjadi tempatmu untuk makan ketika berkunjung ke pantai ini. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 22.00. Bila kamu beragama Muslim, jangan khawatir karena hidangan di warung ini halal.

7 dari 7 halaman

Wisata Kuliner Bali yang Nonhalal Tak Boleh Dilewatkan

11. Warung Babi Guling Bu Made Sekar

Salah satu wisata kuliner Bali yang terkenal adalah babi gulingnya. Kalau kamu ingin mencicipi hidangan babi guling yang lezat, kamu bisa mampir ke Warung Babi Guling Bu Made Sekar. Di sini kamu akan disajikan dengan hidangan babi guling yang dilengkapi berbagai makanan pendamping seperti lawar dan sayur. Tidak hanya itu, warung ini juga memiliki lokasi yang cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya dan dekat dengan Pasar Kuta. Warung ini terletak di Jl. Raya Kuta No.127, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 14.00 hingga 22.00. Bagi kamu yang beragama Muslim sebaiknya tidak mampir ke tempat ini karena hidangan di sini non-halal.

12. Babi Guling Ibu Oka

Babi guling adalah salah satu kuliner khas Bali yang terkenal. Oleh sebab itu, ada banyak tempat makan lain yang menyajikan hidangan ini. Selain Warung Bu Made Sekar, kamu juga bisa mencicipi babi guling yang nikmat di warung Babi Guling Ibu Oka. Warung ini menyajikan babi guling yang terbuat dari anak babi lokal yang disebut-sebut memiliki rasa yang lebih nikmat. Warung ini menyajikan olahan daging babi yang bersifat haram bagi yang beragama Muslim. Warung ini terletak di Ubud, tepatnya di Jl. Tegal Sari No.2, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Kalau kamu mengunjungi daerah Ubud, kamu bisa mampir ke warung ini. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 hingga 18.00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.