Sukses

12 Cara Menghemat Energi Mudah Dan Sederhana, Hemat Energi Hemat Uang

cara menghemat energi bisa dilakukan mulai dari hal kecil dan sederhana di rumah, seperti mematiakn lampu dan membeli alat yang hemat energi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghemat energi bisa kita mulai dari hal kecil dan sederhana di rumah. Energi sendiri dalam fisika bisa didefinisikan sebagai kapasitas untuk melakukan pekerjaan atau usaha tertentu. Energi ini dibutuhkan manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Terdapat begitu banyak jenis energi yang ada dunia, salah satunya adalah energi listrik.

Berbagai kegiatan dan kebutuhan memerlukan listrik untuk dapat berjalan. Namun sayangnya penggunaan energi listrik yang terus meningkat tidak diimbangi dengan ketersediaan energi listrik yang mencukupi, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara menghemat energi untuk menjaga ketersediaan energi.

Dengan penerapan cara menghemat energi listrik yang baik dan benar, kita dapat membantu mempertahankan ketersediaan bahan bakar, menghemat pengeluaran dan menjaga keberlangsungan hidup yang lebih baik, dengan turut mengurangi dampak pemanasan global dan gas rumah kaca yang dapat merusak lingkungan.

Cara menghemat energi listrik bisa dimulai dari diri sendiri dengan langkah-langkah sederhana. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara menghemat listrik yang bisa dicoba di rumah, Kamis (28/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghemat Energi Dengan Cara Sederhana

1. Ganti bola lampu

Cara menghemat energi yang pertama adalah dengan mengganti bola lampu. Bola lampu pijar tradisional mengkonsumsi listrik dalam jumlah yang berlebihan dan harus diganti lebih sering. Lampu pijar halogen, lampu neon kompak (CFL), dan lampu dioda pemancar cahaya (LED) menggunakan listrik 25-80 persen lebih sedikit dan bertahan 3 hingga 25 kali lebih lama daripada lampu tradisional.

 

2. Gunakan strip daya

Alat elektronik yang masih terhubung dengan sumber listrik tetap akan memakan energi listrik walau sudah dalam status mati atau mode tidur. Hal ini jika dibiarkan dapat menjadi salah satu sumber pemborosan energi. Faktanya, diperkirakan 75% energi yang digunakan untuk menyalakan elektronik rumah tangga dikonsumsi saat alat elektronik dalam keadaan mati.

Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan strip daya pintar yang berfungsi untuk menangani masalah beban hantu dengan mematikan daya ke elektronik saat tidak digunakan. Strip daya dapat diatur untuk dimatikan pada waktu yang ditentukan, selama alat elektronik tidak aktif.

 

3. Beli peralatan hemat energi

Rata-rata, peralatan bertanggung jawab atas sekitar 13% dari total penggunaan energi rumah tangga. Saat membeli alat elektronik, anda  harus memperhatikan dua angka yaitu harga pembelian awal dan biaya pengoperasian tahunan. Meskipun peralatan hemat energi mungkin memiliki harga pembelian yang lebih tinggi, biaya pengoperasiannya seringkali 9-25% lebih rendah daripada model konvensional.

Saat membeli peralatan hemat energi, anda harus mencari peralatan dengan label ENERGY STAR, yang merupakan jaminan bahwa peralatan akan mengkonsumsi lebih sedikit energi selama penggunaan dan saat siaga dibandingkan model standar. Penghematan energi berbeda berdasarkan alat elektronik yang dibeli.

 

4. Kurangi pemakaian pemanas air

Cara menghemat energi selanjutnya adalah mengurangi pemakaian pemanas air. Selain membeli pemanas air hemat energi, ada tiga metode untuk mengurangi biaya pemanasan air yaitu dengan cukup menggunakan sedikit air panas, mengecilkan suhu pada pemanas air, atau tidak menggunakan pemanas air.

Jika anda mempertimbangkan untuk mengganti pemanas air anda dengan model yang efisien, anda harus mengingat dua faktor: jenis pemanas air yang memenuhi kebutuhan anda dan jenis bahan bakar yang akan digunakan. Pemanas air yang efisien dapat berkisar antara 8% dan 300% lebih hemat energi daripada pemanas air penyimpanan konvensional.

3 dari 4 halaman

Cara Menghemat Energi Dengan Cara Sederhana

5. Gunakan cahaya alami

Pencahayaan menyumbang sejumlah besar biaya energi dan menggunakan cahaya dari matahari adalah salah satu cara untuk mengurangi konsumsi energi. Jika bisa, lebih baik memiliki jendela yang menghadap ke utara dan selatan daripada ke timur dan barat. Hal ini memungkinkan lebih banyak cahaya masuk.

 

6. Gunakan peralatan besar bersama-sama untuk mengurangi penggunaan energi

meskipun mesin cuci dan pengering sudah ditandai hemat energi, mesin-mesin ini tetap mengkonsumsi banyak listrik setiap kali digunakan. Untuk menghemat listrik sebanyak mungkin, kumpulkan cucian bersama-sama dan cuci semua baju sekaligus. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah penggunaan mesin cuci setiap minggu.

 

7. Keringkan pakaian secara alami

Anda juga dapat memotong penggunaan pengering untuk menghemat energi dengan menjemur pakaian anda di bawah sinar matahar. Jika anda tidak dapat menghindari pengering, gunakan pengaturan yang paling rendah, meskipun pengeringan mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Jika anda menggunakan mesin pencuci piring, matikan pilihan pengeringan dengan dipanaskan dan lebih baik mengeringkan piring dengan serbet. Anda juga bisa membiarkan pintu mesin cuci piring terbuka dan membiarkan pengeringan udara secara alami untuk menghemat uang.

 

8. Pasang kipas langit-langit untuk udara yang lebih dingin tanpa pendinginan

Kipas yang dipasang di langit-langit ruangan dapat mengalirkan udara panas atau dingin di sekitar ruangan mencegah penggunaan energi ekstra dan anda dapat menghindari menyalakan AC untuk pendinginan. Di iklim yang lebih hangat, penggunaan keduanya secara bersamaan membantu anda merasa tetap sejuk sementara AC bisa dalam mode pengaturan yang lebih rendah sehingga menggunakan energi yang lebih sedikit juga.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Energi Dengan Cara Sederhana

9. Gunakan pintu dan gorden

Untuk menjaga suhu ruangan, daripada menggunakan kipas atau AC, anda dapat memasang dan menggunakan tirai untuk mengatur banyaknya cahaya matahari yang masuk ke ruangan dan angin yang masuk.

Namun jika anda ingin tetap menyalakan AC untuk kenyamanan, anda bisa mengaturnya dengan suku yang rendah untuk menghemat energi dan pastikan untuk mengunci pintu agar udara dingin dari AC tidak keluar ke tempat yang tidak memerlukan AC.

 

10. Matikan lampu saat tidak dibutuhkan

Cara menghemat energi yang selanjutnya adalah mematikan lampu saat tidak digunakan. Mematikan lampu saat meninggalkan ruangan dapat menghemat lebih banyak listrik dan mengurangi penggunaan bahan bakar. Gunakan lampu hanya saat diperlukan dan matikan pada siang hari dan saat tidak digunakan.

 

11. Cabut dan cairkan freezer sekali dalam bulan

Ketika es yang berlebihan menumpuk di dalam freezer, sistem akhirnya bekerja lebih keras untuk mempertahankan semua es itu dan menjaga aliran udara dingin. Akibatnya, freezer yang membutuhkan pencairan es menggunakan lebih banyak energi dan menambah biaya energi.

Kapan pun anda ingin mencairkan es, cukup cabut steker freezer dan keluarkan semua makanan. Biarkan pintu terbuka untuk proses pencairan yang lebih cepat, lalu keringkan freezer. Nyalakan kembali, dan setelah dingin, kemas ulang makanan anda. Pastikan anda menempatkan barang dengan benar untuk memungkinkan aliran udara pendingin yang mudah dan penghematan energi yang lebih baik.

 

12. Tetap up to date tentang perawatan untuk menghemat energi

Peralatan anda akan bekerja lebih efektif dan menghemat listrik di rumah jika dirawat. Misalnya, ketika filter udara AC anda tersumbat, anda mungkin memilih untuk menaikkannya lebih tinggi karena suhu biasa tidak terlalu berpengaruh lagi, dan akhirnya membuat anda menggunakan lebih banyak energi.

Dengan mengganti filter setiap bulan, seperti yang disarankan, anda bisa mendapatkan cukup udara dingin pada suhu minimal, dan anda akan mencatat pengurangan tagihan listrik. Hal yang sama berlaku untuk mesin pencuci piring, mesin pengering, dan peralatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.