Sukses

12 Penyebab Ngantuk di Pagi Hari, Mulai dari Anemia hingga Sleep Apnea

Penyebab ngantuk di pagi hari mulai dari kurang tidur, mengalami anemia hingga mengalami insomnis dan sleep apnea

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ngantuk di pagi hari bisa karena pola istirahat yang tidak baik hingga karena mengalami masalah kesehatan. Tidak hanya membuat anda menjadi tidak bersemangat, mengantuk juga membuat konsentrasi anda menurun dan tidak waspada dengan apa yang terjadi disekitar anda. Hal ini kemudian dapat mengganggu aktivitas harian anda.

Penyebab ngantuk di pagi hari juga beragam tergantung dari orang yang mengalami, mulai dari jam tidur tidak teratur, gangguan kesehatan, salah mengkonsumsi makanan atau minuman dan lingkungan saat tidur yang tidak kondusif. Namun banyak kasus yang ditemukan adalah karena pola hidup yang tidak sehat.

Jika penyebab ngantuk di pagi hari anda karena pola hidup yang tidak sehat, maka anda dapat mengatasinya dengan menghindari pola hidup yang tidak sehat, anda juga bisa menghindari konsumsi makanan atau minuman tertentu yang tidak cocok untuk anda dan membuat anda kesulitan tidur. Dan jika gangguan tidur berkepanjangan, anda dapat berkonsultasi ke dokter.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022) faktor penyebab ngantuk di pagi hari serta beberapa solusi sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari

1. Kafein 

Banyak dari kita yang kecanduan stimulan untuk memberikan sedikit permulaan di pagi hari. Sebagian besar kopi pagi anda diserap dalam 45 menit pertama setelah meminumnya sehingga efeknya cukup langsung. Kopi dapat memblok reseptor adenosin, yang merupakan bagian dari sistem yang mengendalikan siklus tidur dan bangun kita.

Kopi dapat menghentikan kita dari rasa mengantuk untuk sementara, tetapi itu tidak menghentikan kita dari membuat adenosin yang mengantuk. Ini masih melakukan putaran dengan riang, menunggu untuk mulai bekerja lagi segera setelah kafein habis.

Inilah sebabnya mengapa anda akan mengantuk lagi dalam waktu satu jam. Kafein juga bersifat diuretik. Ini berarti dapat mengeluarkan cairan dari tubuh dan mempengaruhi hidrasi, yang dapat berkontribusi membuat Anda merasa lelah dan mudah mengantuk.

 

2. Merokok

Nikotin dalam rokok dan vape juga merupakan stimulan. Mereka dapat menutupi betapa lelahnya anda dan memberi anda energi buatan. Mereka dapat menghambat nafsu makan, yang dapat mempengaruhi pilihan makanan sehat. Perokok sering menderita penarikan nikotin pada saat pagi tiba. Hal ini dapat menyebabkan iritabilitas dan kelelahan hingga akhirnya anda merasa ngantuk.

Tubuh kita memiliki sistem keseimbangan yang diatur untuk mengatur energi dan istirahat. Penting agar stimulan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mereka dapat mempengaruhi siklus bangun-tidur kita secara negatif. anda akan kurang tidur dan bangun dengan buruk.

 

3. Kurang tidur

Penyebab ngantuk di pagi hari selanjutnya adalah kurang tidur dimalam sebelumnya, begadang semalam dan hanya mendapat beberapa jam untuk tidur dapat membuat anda mengalami rasa lelah dan kantuk sepanjang hari. Idealnya waktu untuk tidur yang cukup adalah 7 sampai 9 jam dalam sehari. Membiasakan tidur tepat waktu dengan durasi yang cukup dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

 

4. Suasana hati yang buruk

Merasa tidak enak di pagi hari bisa menjadi gejala dari siklus tidur-bangun yang terganggu. Ini bisa termasuk perasaan lelah dan suasana hati yang buruk. Ini dapat mempengaruhi motivasi dan energi anda.

Tubuh menjaga keseimbangan hormon dengan jam tubuh internal. Itu disebut ritme sirkadian. Setiap hormon yang menentukan suasana hati tergantung pada ini. Suasana hati yang buruk memicu hormon yang disebut melatonin, yang membuat kita mengantuk.

Sangat penting bahwa suasana hati yang buruk untuk segera ditangani jika itu terjadi secara rutin sehari-hari. Ada garis tipis antara suasana hati yang rendah dan depresi jadi pastikan juga untuk memeriksakan diri anda ke dokter untuk tau penyebab suasana hati anda.

3 dari 4 halaman

Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari

5. Kadar gula darah tinggi

Setelah makan, tubuh mengubah gula menjadi glukosa. Glukosa dapat dengan mudah diterima oleh tubuh kita dan digunakan untuk energi. Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas dan tugasnya adalah mengatur glukosa. insulin menerimanya dan memutuskan di mana harus meletakkannya. Lalu digunakan oleh sel-sel di seluruh tubuh untuk energi atau disimpan untuk dalam bentuk lemak.

Jika anda tidak makan selama beberapa jam, tubuh akan menggunakan hormon lain untuk melepaskan glukosa yang disimpan. Ini akan membuat anda bertahan sampai makan berikutnya. Begitulah cara kadar gula darah kita diatur.

Kadang-kadang mungkin tidak ada cukup insulin yang tersedia karena anda memiliki kadar darah tinggi. Hal ini dapat terjadi dengan makan berlebihan terus-menerus namun tidak bergerak aktif untuk membakarnya.  Insiden gula darah tinggi yang berulang dapat menyebabkan diabetes dan membuat anda sering merasa ngantuk.

 

6. Alkohol

Penyebab ngantuk di pagi hari yang berikutnya adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol.  Terlalu banyak alkohol membuat lebih sulit bagi hati untuk melepaskan glukosa ke dalam darah anda. Berbeda dengan glukosa yang didapat dari makanan. Terlalu banyak glukosa karena konsumsi alkohol dapat membuat anda mengalami darah rendah.

Kondisi darah rendah akibat alkohol inilah yang kemudian membuat anda merasa ngantuk dan lemas saat bangun tidur di pagi hari. Melewatkan makan dan kurang makan juga akan menyebabkan gula darah rendah karena tidak ada bahan bakar untuk tubuh.

 

7. Olahraga intens pada malam hari

Penyebab ngantuk di pagi hari yang selanjutnya adalah karena melakukan olahraga terlalu intens sebelum tidur. Olahraga intens di malam hari dapat menyebabkan gula darah rendah keesokan paginya. Jika tubuh didorong terlalu keras, tubuh mungkin kehilangan terlalu banyak sumber daya, berupa cairan, garam, karbohidrat, gula atau protein yang mungkin perlu dicerna untuk pemulihan.

 

8. Dehidrasi

Penyebab ngantuk di pagi hari lainnya adalah karena dehidrasi. Dimana saat anda tidur, tubuh akan kehilangan cairan saat bernafas mendengkur dan saat mengalami sleep apnea. Dehidrasi juga dapat disebabkan kondisi kamar yang terlalu kering atau panas.

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi saat tidur dapat mengakibatkan kram kaki dan mengeringnya saliran mulut dan hidung hingga akhirnya membuat anda mendengkur. Hal inilah yang membuat anda sulit tidur dan merasa ngantuk di pagi harinya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari

9. Efek Samping Obat

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menjadi salah satu penyebab ngantuk di pagi hari, sebagai contoh adalah obat untuk mengatasi jantung yang dapat menyebabkan anda mengalami kesulitan untuk tidur. Atau konsumsi obat-obatan seperti antidepresan, tiroid dan dekongestan yang dapat membuat anda merasa ngantuk.

Obat flu, demam dan alergi juga diketahui dapat menyebabkan rasa ngantuk. Selain itu ada juga obat beta blocker untuk tekanan darah dan antikonvulsan untuk mengobati kejang-kejang.

 

10. Sleep Apnea

Penyebab ngantuk berikutnya adalah Sleep Apnea. Saat anda mengalami sleep apnea anda akan mendengkur dengan keras saat tidur dan membuat tidur anda tidak berkualitas karena anda mungkin mengalami henti napas untuk sejenak hingga membuat anda sering terbangung di tengah malam.

Sleep apnea termasuk masalah kesehatan sehingga untuk mengatasinya anda perlu mendapatkan bantuan dari dokter untuk pengobatan yang tepat, agar anda dapat mengembalikan kualitas tidur anda yang sempat rusak karena sleep apnea.

 

11. Mengidap Penyakit Tertentu

Jarang diketahui rasa ngantuk di pagi hari juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu yang dapat mengganggu kualitas tidur. Gangguan tidur itu merupakan gejala dari penyakit yang dialami sehingga penting untuk mengetahui penyakit apa yang diderita untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kualitas tidur diantaranya adalah diabetes, penyakit ginjal, penyakit tiroid, masalah pernapasan, gangguan neurologis, insomnia, stress, gangguan muskuloskeletal dan masih banyak lagi.

 

12. Kekurangan Oksigen

Penyebab ngantuk di pagi hari yang terakhir adalah karena kekurangan oksigen. Saat tubuh kekurangan oksigen, tubuh agan mudah merasa lelah, lesu dan letih, hingga akhirnya membuat anda merasa mengantuk.

Ada banyak penyebab tubuh dapat kekurangan oksigen seperti kamar tidur yang tidak memiliki ventilasi udara hingga anemia. Hal ini  kerana sel darah merah memiliki fungsi utama sebagai pengangkut oksigen ke seluruh tubuh jadi jika anda kekurangan oksigen anda juga akan mengalami anemia yang membuat anda merasa ngantuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.