Sukses

6 Manfaat Telur Ayam Kampung Bagi Kesehatan, Rendah Kolesterol

Inilah berbagai manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang digemari oleh banyak orang. Telur ayam banyak dipilih menjadi sumber protein hewani utama bagi banyak orang. Rasanya yang nikmat, mudah untuk diolah, juga harganya yang murah membuat telur ayam menjadi favorit banyak orang.

Ada berbagai jenis ayam yang ada dan beredar di masyarakat, salah satunya ayam kampung. Manfaat telur ayam kampung maupun daging ayam kampung dianggap lebih tinggi dan lebih sehat dibandingkan jenis ayam yang lainnya.

Telur ayam kampung memiliki kandungan gizi yang lebih kaya dibandingkan jenis ayam lainnya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam telur ayam kampung disebut-sebut lebih seimbang dibandingkan telur yang lainnya. Hal inilah yang membuat manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan dianggap lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Lantas, apa sajakah manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut ini adalah beberapa manfaat telur ayam kampung untuk kesehatan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rendah Kolesterol dan Nutrisi Seimbang

1. Rendah Kolesterol

Manfaat telur ayam kampung yang pertama ialah rendah kolesterol. Telur ayam sering disebut-sebut memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Tidak sedikit orang yang menghindar mengkonsumsi telur ayam karena takut bila kadar kolesterol dalam tubuhnya akan naik drastis setelah mengkonsumsinya. Padahal, telur ayam juga memberikan berbagai manfaat baik lainnya bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi, telur ayam kampung sebenarnya memiliki kandungan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan telur ayam biasa. Kandungan kolesterol pada telur ayam kampung hampir setengah dari kandungan kolesterol pada telur ayam biasa. Rata-rata, kandungan kolesterol pada tellur ayam biasa sebesar 423 miligram kolesterol. Sementara itu, rata-rata kandungan kolesterol pada telur ayam kampung sebesar 277 miligram. Oleh sebab itu, kalau kamu takut mengkonsumsi telur ayam karena kadar kolesterolnya yang tinggi, mungkin kamu bisa menggunakan telur ayam kampung yang memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah.

2. Nutrisi yang Lebih Seimbang

Manfaat telur ayam kampung yang kedua ialah kandungan nutrisinya yang lebih tinggi dan lebih seimbang daripada telur ayam biasa. Ayam broiler yang biasa dibudidayakan untuk kebutuhan konsumsi secara luas, banyak menggunakan obat-obatan supaya ayam bisa berkembang dengan cepat. Obat-obatan yang digunakan dalam proses perkembangan ayam broiler bisa menurunkan kandungan nutrisi pada ayam tersebut.

Sebaliknya, ayam kampung memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan telur ayam yang lainnya. Dalam telur ayam kampung terdapat kandungan berbagai nutrisi yang tinggi dan penting bagi kesehatan manusia. Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam telur ayam kampung meliputi protein, asam lemak omega-3, beta karoten, Vitamin A, D, dan E serta kolin yang baik untuk kesehatan memori dan saraf.

3 dari 4 halaman

Kaya Vitamin D dan Meningkatkan Imunitas

3. Vitamin D

Telur ayam kampung memiliki kandungan vitamin D yang tinggi di dalamnya. Telur adalah salah satu dari sedikit bahan makanan yang bisa kaya akan asupan vitamin D alami. Menurut sebuah penelitian tahun 2009, kandungan vitamin D yang ada di dalam telur ayam kampung jumlahnya bisa tiga hingga enam kali lipat dibandingkan telur ayam biasa.

Ada berbagai manfaat telur ayam kampung yang dihasilkan oleh tingginya kandungan vitamin D yang ada di dalam telur tersebut. Kandungan vitamin D pada telur ayam kampung bisa membantu tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di samping itu, vitamin D juga bisa membantu untuk mendukung fungsi kekebalan, mengatur kadar insulin, dan banyak hal lainnya.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat telur ayam kampung yang selanjutnya ialah membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Telur ayam kampung telah lama dipercaya dan digunakan untuk menambah atau meningkatkan stamina seseorang. Biasanya mereka mencampurnya dalam makanan ataupun minuman.

Akan tetapi, manfaat telur ayam kampung untuk meningkatkan daya tahan tubuh bukanlah sebuah mitos. Di dalam telur ayam kampung terdapat kandungan senyawa glikopeptida tersulfasi. Senyawa ini terdapat pada membran kuning telur. Senyawa ini bisa membantu untuk merangsang produksi makrofag yang merupakan sel-sel dalam sistem kekebalan yang melindungi tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Selain itu, kandungan protein phosvitin dalam kuning telur ayam kampung bisa membantu tubuh untuk melawan dan meredakan peradangan. Senyawa ini dapat membantu tubuh untuk mengurangi jumlah senyawa dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

4 dari 4 halaman

Kaya Antioksidan dan Omega 3

5. Kaya Kandungan Antioksidan

Manfaat telur ayam kampung yang selanjutnya adalah kayanya kandungan antioksidan. Antioksidan yang terkandung di dalam 2 butir telur ayam kampung lebih banyak dua kali lipat dibandingkan kandungan antioksidan pada sebuah apel. Di dalam telur ayam mentah, khususnya di bagian kuning telurnya, bisa membantu untuk mencegah kanker.

Selain itu, kuning telur ayam kampung juga kaya akan kandungan berbagai macam vitamin. Kandungan vitamin pada kuning telur lebih tinggi dari putih telurnya. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin: B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E dan K. Vitamin-vitamin ini memiliki fungsi serupa antioksidan yang menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kuning telur ayam kampung juga dikenal akan kandungan kolinnya. Dalam kuning telur ayam kampung, kandungan kolin ini jauh lebih besar. Kolin diperlukan untuk mendukung pertumbuhan organ seperti otak dan jantung.

6. Omega-3

Telur ayam kampung terutama bagian kungingnya memiliki kandungan berbagai asam lemak rantai panjang esensial seperti omega 3. Asam lemak ini dipelukan untuk fungsi otak dan retina. Konsumsi kuning telur juga bermanfaat untuk rambut yang sehat, meningkatkan sistem reproduksi tubuh dan respons tubuh terhadap cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.