Sukses

26 Tempat Wisata Jawa Timur yang Sayang Jika Dilewatkan, dari Alam hingga Edukasi

Inilah rekomendasi beberapa tempat wisata Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi bersama dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat.

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Pulau Jawa yang menjadi destinasi favorit untuk berwisata. Ada berbagai tempat wisata Jawa Timur yang ditawarkan oleh provinsi ini untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Ada berbagai macam tempat wisata Jawa Timur yang bisa dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Timur ialah gunungnya. Jawa Timur memiliki beberapa gunung yang menawarkan pemandangan yang indah bagi para pengunjungnya, seperti Bromo, Semeru, dan Kelud. Bagi para pecinta alam, sayang rasanya bila melewatkan kesempatan untuk mengunjungi, mendaki, dan menikmati pemandangan indah yang ditawarkan oleh gunung-gunung tersebut.

Tempat wisata Jawa Timur tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan dan segarnya udara pegunungan saja. Di provinsi ini kamu juga bisa menikmati berbagai keindahan alam lainnya seperti pantai dan taman nasional atau cagar alam. Selain itu, ada berbagai tempat wisata Jawa Timur yang menawarkan wisata budaya dan edukasi bagi para pengunjungnya.

Beragamnya tempat wisata Jawa Timur membuat provinsi ini menjadi tempat yang cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga ataupun orang-orang terdekatmu. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi di waktu luangmu yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jawa Timur Berupa Gunung

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur yang telah terkenal hingga ke luar negeri. Gunung ini masuk ke dalam wilayah 4 kabupaten di Jawa Timur, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, serta Kabupaten Pasuruan.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 mdpl dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Bromo adalah di pagi hari untuk menikmati indahnya pemandangan matahari terbit. Kamu bisa mengunjungi puncak Gunung Pananjakan yang juga berada di kawasan taman nasional yang sama untuk melihat keindahan pemandangan mata hari terbit di Bromo.

2. Gunung Semeru

Tempat wisata Jawa Timur berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Gunung Semeru. Gunung ini terletak di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur; masih di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini terkenal akan pemandangan alamnya yang indah dan membuat banyak pendaki ingin kembali mendaki gunung ini. Salah satu spot wisata favorit di Semeru ialah Ranu Kumbolo. Danau ini berada di ketinggian 2.400 Mdpl. Di sini kamu dapat menyaksikan pemandangan mata hari terbit yang indah ditambah dengansegarnya udara pegunungan.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud juga merupakan salah satu tempat wisata Jawa Timur yang terkenal. Gunung ini terletak diperbatasan Kota Malang, Kediri, dan Blitar. Gunung Kelud terkenal dengan danau kawahnya yang indah dan berwarna hijau.

Selain itu, Kelud juga terkenal dengan wisata air panasnya yang wajib kamu kunjungi. Kolam air panas di Gunung Kelud berasal dari mata air alami. Berendam di kolam air panas alami ini bisa menghilangkan rasa lelah dan letihmu dan membuat badanmu segar kembali dan siap untuk memulai lagi aktivitas sehari-hari.

4. Gunung Ijen

Gunung lain di Jawa Timur yang terkenal ialah Gunung Ijen. Tempat wisata Jawa Timur ini terletak di ujung Jawa Timur, tepatnya di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung ini terkenal dengan kawah asamnya. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya Kawah Ijen yang mengagumkan. Kamu juga bisa menyaksikan fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Ini membuat Gunung Ijen terkenal baik di dalam negeri hingga luar negeri.

5. Gunung Welirang

Gunung selanjutnya yang bisa kamu kunjungi di Jawa Timur adalah Gunung Welirang. Tempat wisata Jawa Timur ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto. Gunung ini memiliki ketinggian 3.156 mdpl dan terkenal dengan belerangnya. Mayoritas penduduk di sekitar gunung ini berprofesi sebagai pengumpul atau penambang belerang.

6. Gunung Argopuro

Tempat wisata Jawa Timur berikutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Gunung Argopuro. Gunung yang memiliki ketinggian 3.088 mdpl ini merupakan gunung api yang sudah tidak aktif lagi. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Di sini kamu bisa mendaki ke Puncak Rengganis dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan dari atas sambil menikmati segarnya udara pegunungan. Setelah puas menikmati indahnya pemandangan di puncak, kamu bisa turun melalui jalur Baderan, di mana kamu bisa menemukan dan menikmati indahnya padang sabana bernama Cikasur.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jawa Timur Berupa Taman Nasional

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur yang terfavorit. Di kawasan yang dikenal sebagai "Land of Edelweiss" ini terdapat jajaran pegunungan, termasuk beberapa gunung yang paling terkenal di Jawa Timur seperti Bromo dan Semeru. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Saat kamu mengungjungi kawasan TNBTS, kamu bisa menikmati keindahan keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di kawasan ini. Di sini terdapat setidaknya 1.025 jenis flora termasuk 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka. Di kawasan TNBTS ini juga terdapat satwa yang beraneka ragam seperti luwak, rusa, monyet kra, kijang, ayam hutan merah, macan tutul, ajag dan berbagai jenis burung seperti alap-alap burun, rangkong, elang-ular bido, srigunting hitam, elang bondo, dan belibis.

8. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah tempat wisata Jawa Timur yang terletak di wilayah administrasi Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Taman Nasional Baluran adalah taman nasional terkecil di wilayah Jawa Timur dengan total luas wilayah sebesar 250 kilometer persegi.

Taman Nasional Baluran terkenal akan padang savananya yang indah yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Jawa Timur yang satu ini. Di sini kamu akan disajikan indahnya flora dan fauna yang ada di kawasan ini. Di taman nasional ini terdapat sekitar 44 jenis flora, 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Selain itu, di sini juga terdapat 4 pantai yang indah dan mempesona yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Pantai-pantai tersebut ialah Pantai Bama, Balanan, Bilik dan Sijile.

9. Taman Nasional Alas Purwo

Tempat wisata Jawa Timur yang berikutnya ialah Taman Nasional Alas Purwo. Kawasan taman nasional ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur. Di sini, para pengunjung bisa menikmati berbagai macam pemandangan, mulai dari hutan, gua, savana, hingga pantainya yang indah.

Daya tarik utama dari kawasan Taman Nasional Alas Purwo adalah keanekaragaman flora dan faunanya. Di sini terdapat sekitar 584 jenis tumbuhan yang terdiri dari berbagai macam tumbuhan herba, semak, rumput, liana, dan pohon. Selain itu, Taman Nasional Alas Purwo juga merupakan rumah bagi berbagai macam hewan liar seperti banteng, rusa, babi hutan, kijang, macan tutul, lutung, kera, aneka burung, dan hewan lainnya. Para pengunjung juga bisa mengunjungi sekitar 40 gua yang terdapat di kawasan ini.

10. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri terletak di dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat wisata Jawa Timur yang satu ini terkenal dengan pemandangan hutan dan tamannya yang indah. Kawasan taman nasional ini merupakan rumah bagi beraneka ragam flora dan fauna yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Di Taman nasional ini, para pengunjung dapat menemukan sekitar 520 jenis tanaman yang didominasi oleh berbagai macam tumbuhan bunga dan obat-obatan. Salah satu tanaman yang bisa dijumpai di Taman Nasional Meru Betiri ialah bunga Rafflesia Zollingeriana yang mirip dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beraneka jenis hewan liar seperti musang luwak, monyet kera, ajak, rusa, bajing terbang ekor sembilan, merak, penyu, kucing hutan, macan tutul, banteng jawa dan rusa.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jawa Timur Berupa Pulau Kecil

11. Pulau Bawean, Gresik

Selain gunung dan cagar alamnya, Jawa Timur juga terkenal dengan beberapa pulau kecilnya. Salah satu pulau yang terkenal menjadi tempat wisata Jawa Timur yang terfavorit ialah Pulau Bawean. Pulau ini terletak di Laut Jawa, sekitar 120 kilometer sebelah utara Gresik. Pulau ini merupakan rumah bagi satu spesies rusa endemik yang hanya bisa ditemukan di Bawean saja. Spesies rusa ini bernama Axis kuhli. Selain itu, para pengunjung yang datang ke pulau ini juga bisa menikmati berbagai suguhan pemandangan alam yang indah lainnya seperti Danau Kastoba dan air terjun.

12. Gili Ketapang

GIli ketapang ialah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 8 km dari lepas pantai utara Probolinggo, Jawa Timur. Tempat wisata Jawa Timur ini masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gili Ketapang cocok untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pantai dan laut di Jawa Timur. Di Gili Ketapang ini, para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas laut seperti snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut di perairan di sekitar pulau ini. Para pengunjung bisa menyaksikan kumpulan ikan badut yang menjadi penghuni di Gili Ketapang ini.

13. Gili Labak, Sumenep

Gili Labak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Sumenep, Madura. Pulau ini memiliki luas tidak lebih dari 5 hektare yang menjadikannya sebagai salah satu pulau terkecil di antara 127 pulau lainnya yang terletak di sekitar Sumenep. Saking kecilnya, para pengunjung bisa mengelilingi Gili Labak dengan berjalan kaku selama kurang lebih setengah jam. Gili Labak terkenal dengan airnya yang jernih. Saking jernihnya, para pengunjung bisa menikmati indahnya bebatuan yang berada di dasar laut dari jarak setengah mil.

14. Gili Iyang, Sumenep

Tempat wisata Jawa Timur berikutnya ialah Gili Iyang. Pulau kecil yang terletak di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura ini terkenal dengan kandungan oksigennya yang tinggi. Pulau ini memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Yordania. Pulau ini dipenuhi dengan pepohonan yang rimbun yang membuat para pengunjung bakal betah berlama-lama di pulau ini. Perairan di sekitar pulau ini juga jernih sehingga cocok untuk menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas laut seperti diving dan snorkeling.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jawa Timur Berupa Pantai

15. Pantai Teluk Hijau

Selain pemandangan gunungnya yang indah, Jawa Timur juga memiliki berbagai pantai yang mempesona. Salah satu pantai yang menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur yang ramai dikunjungi ialah Pantai Teluk Hijau. Pantai yang terletak di Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi ini disebut sebagai Teluk Hijau karena memiliki air laut yang berwarna biru kehijau-hijauan. Hal tersebut terjadi karena banyaknya alga yang tumbuh dan hidup secara bergerombol di perairan pantai tersebut. Selain itu, di pinggiran pantai ini juga terdapat batu karang yang berukuran raksasa yang menjadi daya tarik lain bagi para pengunjung.

16. Pantai Tiga Warna

Pantai lain yang terkenal di Jawa Timur ialah Pantai Tiga Warna. Tempat wisata Jawa Timur yang satu ini terletak di wilayah Malang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki tiga warna yang berbeda, yakni merah, hijau, dan biru. Gradasi warna yang ditemukan di pantai ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Pantai ini memiliki sistem penjagaan yang cukup ketat. Pengelola menerapkan pembatasan kuota pengunjung setiap harinya guna menjaga kelestarian dari pantai ini. Pengelola juga menerapkan pembatasan durasi kunjungan bagi para pengunjung. Pengunjung hanya memiliki waktu maksimal 2 jam untuk menikmati keindahan pemdangan di pantai ini.

17. Pantai Pulau Merah

Pantai yang indah lain yang bisa kamu kunjungi di Jawa Timur ialah Pantai Pulau Merah. Tempat wisata Jawa Timur ini merupakan sebuah pulau kecil setinggi 200 meter yang memiliki tanah dan pasir yang berwarna kemerahan. Pulau ini terletak di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi. Selain warna tanah dan pasirnya yang unik, para wisatawan juga tertarik berkunjung ke sini karena bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki air yang jernih dan hamparan pasir putih sepanjang 3 km yang indah dan menggoda mata para wisatawan.

18. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Tempat wisata Jawa Timur ini terkenal dengan keunikannya, di mana ada air terjun yang langsung jatuh ke pantai selatan Jawa. Air terjun unik yang memiliki air yang jernih dan segar ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Para pengunjung bisa mandi dan berendam di bawah air terjun ini.

19. Pantai Bale Kambang

Pantai Bale Kambang adalah pantai lain di wilayah Malang yang bisa kamu kunjungi. Pantai ini terletak di Dusun Sumber Jahe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tidak jauh dari pantai ini terdapat 3 pulau yakni Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati, dan sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang. Tempat wisata Jawa Timur ini kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa.

20. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan adalah sebuah pantai yang indah dan mempesona yang berada di Desa Kepetingan, Buduran, Sidoarjo. Lokasinya sedikit terpelosok, tetapi para pengunjung tidak akan kecewa ketika mengunjungi tempat ini karena cantiknya pemandangan yang ditawarkan. Pantai ini menyediakan berbagai spot yang cantik yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk berfoto-foto. Tempat wisata Jawa Timur ini juga menjadi tempat upacara tradisi masyarakat setempat yang bisa disaksikan oleh para pengunjung.

 

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Jawa Timur dan Lain-Lain

21. Ranu Kumbolo

Kalau kamu mendaki Gunung Semeru, kamu wajib mampir ke Ranu Kumbolo. Danau yang terletak pada ketinggian 2.400 mdpl ini menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur yang terkenal dan favorit. Untuk menikmati pemandangan di Ranu Kumbolo, para pengunjung butuh untuk melakukan pendakian yang cukup jauh terlebih dahulu. Akan tetapi, para pengunjung tidak akan kecewa karena indahnya pemandangan yang disajikan oleh Ranu Kumbolo. Pemandangan danau yang mempesona di tambah dengan udara pegunungan yang segar dan sejuk membuat para pengunjung akan betah berlama-lama menikmati pemandangan di Ranu Kumbolo ini.

22. Ranu Gumbolo

Memiliki nama yang mirip dengan Ranu Kumbolo, Ranu Gumbolo adalah sebuah danau yang terletak di Tulungagung, Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur yang satu ini menyajikan pemandangan yang indah dan mempesona. Pemandangan perbukitan yang hijau di tepian Ranu Gumbolo menambah keindahan pemandangan di danau ini yang menarik minat banyak pengunjung untuk datang ke Ranu Gumbolo.

23. Ranu Agung

Danau lain yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke Jawa Timur adalah Ranu Agung. Tempat wisata Jawa Timur yang terkenal ini terletak di wilayah Probolinggo, Jawa Timur. Konon, danau ini terbentuk karena letusan Gunung Lamongan. Di sekitar danau ini terdapat tebing-tebing tinggi yang menambah keindahan pemandangan di Ranu Agung. Indahnya pemandangan danau yang mempesona dan udara yang sejuk membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di sini.

24. Kebun Teh Gambir, Jember.

Kalau kamu mengunjungi daerah Jember, kamu bisa mempir ke Kebun Teh Gambir. Tempat wisata Jawa Timur ini terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember. Kebun teh ini berada di ketinggian 900 mdpl, di lereng Gunung Argopuro. Di sini anda bisa menikmati indahnya pemandangan kebun teh dan udara pegunungan yang sejuk. Anda juga bisa bermalam di sini karena ada tempat perkemahan yang bisa anda gunakan.

25. Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun Teh Wonosari terletak di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Tempat wisata Jawa Timur yang terletak di kaki Gunung Arjuna ini cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmatiindahnya pemandangan kebun teh dan udara pegunungan yang menyegarkan badan. Di samping itu, para pengunjung juga bisa berkeliling menikmati keindahan kebun teh dengan menggunakan kereta mini. Selain itu, para pengunjung juga bisa mengunjungi kebun binatang mini serta pemandian air hangat yang ada di sini. Lengkapnya fasilitas yang ada di Kebun Teh Wonosari membuat tempat ini cocok untuk kamu kunjungi bersama keluarga.

26. Museum Angkut Malang

Museum Angkut adalah sebuah museum yang terletak di lereng Gunung Panderman, tepatnya di Batu, Malang. Tempat wisata Jawa Timur ini memiliki koleksi ratusan jenis angkutan, baik tradisional maupun modern; mulai dari becak hingga mobil-mobil klasik. Selain itu, museum ini juga terbagi dalam beberapa zona yang memiliki berbagai macam dekorasi. Setiap zona memiliki dekorasi berupa bangunan bergaya Asia, Eropa, maupun Amerika yang membuatnya cocok untuk dijadikan tempat berfoto-foto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.