Sukses

6 Cara Menghitung Biaya Listrik yang Mudah, Bisa Manual juga Pakai Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung biaya listrik dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan menggunakan aplikasi untuk memudahkan perhitungan. Menghitung biaya listrik sering dilakukan untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran terutama pada biaya listrik.

Dengan mengetahui cara menghitung biaya listrik, kamu juga bisa mempertimbangkan seberapa banyak daya listrik yang akan digunakan agar dapat mempersiapkan biaya dan juga untuk upaya penghematan dengan mengontrol pengeluaran biaya listrik.

Terutama untuk pengguna listrik pasca bayar yang sering kali khawatir dengan biaya listrik yang harus dikeluarkan jika ada lonjakan pemakaian listrik pada bulan sebelumnya. Sehingga penting untuk pengguna untuk mengetahui cara menghitung biaya listrik baik manual atau dengan cara cepat menggunakan aplikasi.

Untuk itu, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara menghitung biaya listrik dengan mudah secara manual dan cara cepat menggunakan aplikasi PLN mobile, website PLN, call center dan lain sebagainya, Jumat (29/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan Menghitung Manual

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan Menghitung Manual

Cara menghitung biaya listrik yang pertama dan secara manual bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Ketahui golongan tarif listrik anda terlebih dahulu. Di Indonesia terdapat beberapa jenis golongan tarif listrik berdasarkan batas daya, diantaranya adalah 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.300 VA, 4.400 VA, 5.500 VA, dan 6.600 VA ke atas.

2. Lakukan pengecekan dan pencatatan pada peralatan yang membutuhkan listrik. Sebagai contoh misal di rumah Anda menggunakan berbagai peralatan di bawah ini 1 buah mesin cuci dengan daya 350 watt, 1 buah kulkas dengan daya 350 watt dan 1 buah TV dengan daya 80 watt.

3. Melakukan estimasi penggunaan peralatan listrik, Penghitungan estimasi ini dilakukan berdasarkan perkiraan lamanya penggunaan peralatan listrik tiap harinya. Berikut ini adalah contoh estimasi penggunaan listrik dari data diatas:

- 1 mesin cuci dengan daya listrik 350 watt digunakan satu jam per hari, maka total penggunaan 350 watt.

- 1 kulkas dengan daya listrik 350 watt, umumnya menyala selama 24 jam. Maka estimasi nya 350 x 24 = 8.400 watt.

- 1 TV dengan daya listrik 80 watt, pemakaian dalam sehari 5 jam. Maka estimasi nya 80 x 5 = 400 watt.

4. Cara menghitung biaya listrik dengan menjumlahkan semua estimasi penggunaan peralatan listrik di rumah anda. Berdasar data diatas maka jumlah penggunaan daya listrik adalah 350 watt + 8.400 watt + 400 watt = 9.150 watt.

Selanjutnya merubah satuan watt menjadi kilowatt per hour atau kWh. Caranya adalah dengan membagi jumlah penggunaan daya dengan 1.000, atau 9.150:1.000 = 9,15 kWh.

Angka ini kemudian digunakan untuk menghitung perkiraan biaya listrik harian, dengan cara dikalikan dengan tarif dasar listrik sesuai golongan yang dipakai di rumah. Jika tarif dasar listrik adalah 900 VA maka biayanya 1.352 per kWH,

Jadi 9,15 kWh x 1,352 = Rp 12.371 per hari.

Untuk menghitung perkiraan biaya listrik dalam sebulan maka tinggal mengalikan dengan 30.

Jadi 12.371 x 30 = 371.124 rupiah per bulan.

3 dari 6 halaman

Cara Menghitung Biaya Listrik di PLN Mobile

Cara Menghitung Biaya Listrik di PLN Mobile

Cara menghitung biaya listrik yang kedua adalah dengan aplikasi PLN mobile. berikut cara menghitung tarif listrik di PLN Mobile:

1. Instal aplikasi PLN Mobile di Google Play Store atau Apple Store.

2. Buka aplikasi lalu daftar dan login akun di aplikasi.

3. Isi nama lengkap, IDPEL/Nomor Meter, lokasi, nomor handphone, email, dan password sebanyak 6 digit.

4. Kemudian pilih tab ‘Informasi’ di halaman depan aplikasi PLN Mobile, lalu ketuk ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.

5. Lihat Halaman ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’, tertera grafik naik-turun yang menunjukan pemakaian dan jumlah tagihan listrik.

6. Garis hijau pada grafik menunjukan jumlah tagihan dalam rupiah, lalu garis kuning merupakan pemakaian listrik dalam hitungan kWh meter.

7. Dari data yang tersedia di aplikasi, bisa dihitung besaran tagihan, apakah sesuai dengan pemakaian listrik yang digunakan atau tidak.

4 dari 6 halaman

Cara Menghitung Biaya Listrik di Website PLN

Cara Menghitung Biaya Listrik di Website PLN

Cara menghitung tarif listrik yang ketiga adalah dengan mengakses website PLN di internet. Berikut langkah cara menghitung tarif listrik di website PLN:

1. Buka browser dan masuk ke situs https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-rekening-pascabayar

2. Pada halaman awal website PLN, isi semua data dengan benar dan sesuai.

3. Kemudian pilih menu ‘Hitung’ untuk menyelesaikan.

4. Akan muncul hasil perhitungan akan muncul di layar dan mulai perhatikan detail biayanya apakah sudah sesuai konsumsi sehari-hari atau belum

5 dari 6 halaman

Cara Menghitung Biaya Listrik Melalui Call Center

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan Telepon Call Center

Selain menggunakan aplikasi dan website resmi PLN, kamu juga bisa menghubungi pihak PLN langsung melalui Call center untuk mengetahui besaran tarif listrik. Sangat direkomendasikan untuk menghubungi langsung pihak PLN melalui nomor resminya di 123 berikut langkahnya:

Buka perangkat gawai dan pilih pada bagian Telepon. Ketikkan nomor call center pihak PLN pada 123. Komunikasikan kepada customer service yang menerima panggilan. Sampaikan ID Pelanggan atau nomor meteran yang tertera pada mesin atau struk pembayaran terakhir.

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan SMS Call Center

Jika kamu tidak dapat menelepon pihak Call Center karena sibuk atau karena hal lain sehingga tidak sempat berbicara dengan petugas, kamu juga bisa mengetahui tarif listrik dengan mengirim pesan lewat SMS atau mengirim e-mail ke pln123@pln.co.id. Berikut langkahnya:

Cukup ketika REK (Spasi) No ID Pelanggan berupa nomor meteran. Setelah itu, kirim ke 8132 dan pengguna dapat memperoleh informasi berupa tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Jika ingin terus berlangganan melalui SMS, caranya ketik SMS dengan PLN (Spasi) ON (Spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke nomor 8123. Jika pengguna ingin berhenti untuk berlangganan, maka ketika format PLN (Spasi) OFF (Spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke nomor 8123

6 dari 6 halaman

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan Kalkulator EBTKE

Cara Menghitung Biaya Listrik dengan Kalkulator EBTKE

Cara menghitung biaya listrik yang terakhir bisa kamu coba adalah dengan kalkulator energi dari Direktorat Jenderal EBTKE. Berikut ini langkah-langkah menghitung tarif listrik dengan kalkulator EBTKE:

1. Untuk mengakses Kalkulator bisa kamu bisa membuka laman website resmi EBTKE di  http://kalkulator.ebtke.esdm.go.id/.

2. Setelah website terbuka langkah pertama adalah melakukan registrasi terlebih dahulu bagi yang baru pertama kali mencoba.

3. Jika sudah berhasil registrasi, langsung lakukan login atau masuk laman kalkulator.

4. Kemudian isi semua data yang diperlukan untuk cara menghitung tarif listrik di kalkulator energi.

5. Ikuti langkah sampai selesai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS