Sukses

11 Wisata di Palembang, Rekomendasi Wisata Keluarga yang Menyenangkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Palembang menyuguhkan berbagai pesona keindahan yang tidak akan kamu jumpai di kota lain. Kota Palembang merupakan daerah yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) melalui PP No. 50 tahun 2011.

Kota Palembang sangat terkenal sebagai wisata yang paling terlaris di Pulau Sumatera. Berbagai sumber kekayaan alam diubah menjadi kawasan wisata yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi. Wisata di Palembangan selain nuansa alam yang disuguhkan, ada juga wisata religi serta edukasi yang disuguhkan untuk memanjakan mata pengunjung.

Wisata di Palembang juga memiliki tempat bersejarah, pengunjung bisa menilik kembali kisah penjajahan Belanda, penyebaran agama Islam di Indonesia, serta masuknya warga Tionghoa yang dirangkum dalam satu wilayah. Destinasi wisata di Palembang bisa menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga. 

Berikut ini wisata di Palembang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata di Palembang

1. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Wisata di Palembang yang satu ini bisa pengunjung datangi ketika liburan. Kalau di Jakarta pengunjung bisa menjumpai Stadion Gelora Bung Karno, di Palembang terdapat Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Stadion ini merupakan salah satu stadion terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Saat para wisatawan yang berkunjung juga bisa foto–foto keren, karena pemandangan stadion ini super megah juga instagramable

2. Kampung Warna-Warni 

Wisata di Palembang selanjutnya, terletak di tepian Sungai Musi, Kampung Warna-Warni Lorong Mari. tempat ini tergolong objek wisata baru yang ada di Palembang yang diperkenalkan pada tahun 2017 lalu. Munculnya gagasan untuk membuat Kampung Warna-Warni bermula saat pemerintah setempat mempunyai keinginan mengubah kawasan padat penduduk yang kumuh menjadi lebih terjaga kebersihannya. Tempat ini dibentuk sebagai salah satu cara dalam memanfaatkan kreativitas warga lokal yang pandai melukis

3. Rumah Apung Sungai Musi

Wisata di Palembang berikut ini menyuguhkan perumahan warga yang cantik juga warna - warni. Kreativitas masyarakat Palembang akan terasa kental terasa saat pengunjung mendatangi rumah apung Sungai Musi. Masyarakat setempat memanfaatkan permukaan air Sungai Musi yang luas, dengan mendirikan sebuah rumah di atas rakit. Desain bangunan yang unik, dengan penghuninya mayoritas etnis Tionghoa. 

4. Pulau Kemaro

Tempat wisata di Palembang yang tak kalah indah juga mengagumkan, yakni Pulau Kemaro. Tempat yang cukup legendaris ini menyimpan kisah cinta serta persatuan agama di Sumatera. Pulau ini memiliki sebuah kelenteng dan pagoda dengan sembilan lantai, yang kerap dikunjungi oleh umat Buddha untuk sembahyang. Tempat ini juga berdatangan pengunjung yang ingin berziarah ke makam seorang Putri Palembang, yang menikah dengan pangeran asal China, di mana pasangan ini meninggal usai tenggelam, sehingga muncul kepercayaan bila mengukir nama di pohon cinta, maka hubungan kekasih akan langgeng sampai di pelaminan.

3 dari 4 halaman

Wisata di Palembang

5. Jembatan Ampera

Wisata di Palembang yang cukup populer adalah Jembatan Ampera. Saat bertandang di Palembang untuk liburan, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak dan berfoto di depan Jembatan Ampera. Jembatan yang begitu megah juga cantik ini, dikenal sebagai lambang dari Kota Palembang itu sendiri. Nama jembatan juga disematkan oleh Presiden Pertama RI, Soekarno. Ampera merupakan singkatan dari amanat penderitaan Rakyat, slogan bangsa Indonesia era 1960-an.

6. Sekanak Sidewalk

Wisata di Palembang berikutnya yang wajib untuk dikunjungi ialah Sekanak Sidewalk. Tempat  ini merupakan hasil tangan pemerintah setempat, saat menyambut kemeriahan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Palembang. Tempat ini masih terjaga hingga saat ini.  Warna-warna unik yang ada pada dinding rumah warga, membuat wisatawan bisa mengabadikan momen gambar di sana, yang tentunya instagramable.

7. De Jakabaring

Wisata di Palembang yang berlokasi di Komplek Graha Teknologi Jakabaring. Tempat wisata yang satu ini menghadirkan objek wisata anyar dan pengunjung yang masuk, harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp25.000 untuk hari Sabtu-Minggu. Tersedia berbagai spot selfie dan wefie, dengan latar belakang gambar tiga dimensi, siap memanjakan mata Anda.

4 dari 4 halaman

Wisata di Palembang

8. Air Terjun Lematang Indah

Tempat wisata di Palembang selanjutnya, menawarkan kesejukan alam yang indah juga menarik. Tingginya yang mencapai sekitar 40 meter menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata alam andalan di Sumatera. Terdapat juga tangga di sisi kanan yang berliku seakan memasuki hutan yang memesona, serta banyak warung yang siap mengganjal perut saat lelah menuruni tangga.

9. Air Terjun Bidadari

Wisata di Palembang yang menawarkan kesejukan serta indahnya kemilau air, adalah Air Terjun Bidadari. Terdapat pepohonan yang mengelilingi tempat ini, dan pengunjung juga bisa menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari Kota Lahat. Uniknya tempat ini memiliki sebuah goa yang tertutupi oleh rindangnya pohon dan tanaman menjalar.

10. Kampung Arab

Bagi pengunjung yang ingin menikmati penjelajahan waktu, coba berkunjung ke Kampung Arab. Bangunan tempat ini sangat unik, dengan mengusung konsep tempo dulu yang khas, dan menyerupai limas. 

11. Museum AlQuran Palembang

Wisata di Palembang yang selanjutnya, menyuguhkan wisata yang bernuansa religi. Salah satu yang paling terkenal adalah Museum AlQuran. Pengunjung akan dibuat takjub dengan AlQuran raksasa yang menjulang hingga ke langit-langit. Tersedia juga ukiran tulisan yang dibuat di atas permukaan kayu berjenis trembesi dan memiliki panjang 177 sentimeter, serta lebar sekitar 140 sentimeter. Sementara ketebalannya hingga 2,5 centimeter. Saat berada di sini, jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan unik yang patut diunggah di media sosial.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS