Sukses

Viral Pulau di Kalimantan Bergerak Ikuti Arus Air di Jam Tertentu, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial diramaikan dengan sebuah video yang menampilkan pulau yang bisa bergerak. Salah satunya dibagikan oleh laman TikTok @1_maret_ultah. Diketahui, pulau tersebut terletak di Danau Bagut, Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Pulau yang bisa bergerak tersebut dinamakan Pulau Begansar. Dalam bahasa Kapuas Hulu, begansar artinya bergerak. Dengan kata lain, Pulau Begansar adalah pulau yang bisa bergerak sendiri di danau tersebut. Dalam video yang beredar tampak banyak wisatawan yang menikmati pergerakan pulau tersebut.

Menurut cerita yang beredar, awalnya di danau itu terdapat tujuh pulau yang bisa bergerak. Namun, kini tersisa dua pulau yang bisa bergerak, karena selebihnya sudah mati. Konon, pulau tersebut memiliki kepala dan ekor, namun tidak terlihat. Pulau tersebut mampu berpindah-pindah lokasi dengan mengikuti arus air.

Lebih lengkapnya, simak berita viral tentang pulau di Kalimantan Barat yang bisa bergerak tersebut, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Bergerak di jam tertentu

Dikutip dari dream.co.id, melalui video yang diunggah di kanal YouTube Indoflashlight, pulau tersebut tak selalu bergerak setiap waktu. Pergerakan pulau-pulau tersebut rupanya memiliki waktu di jam-jam tertentu. Waktu geraknya terbilang cukup teratur dan selalu dilakukan di posisi yang sama.

"Pulau Begansar mulai bergerak sekitar pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB atau pagi mulai bergerak, sorenya kembali ke tempat semula," tulis keterangan dalam video.

Belum diketahui penyebab pasti bagaimana Pulau Begansar itu dapat bergerak. Namun, pergerakan pulau tersebut diduga terjadi karena beberapa faktor seperti struktur tanah, angin, bahkan aktivitas manusia.

3 dari 5 halaman

Dikunjungi banyak wisatawan

Seiring dengan keviralan video pulau bergerak tersebut, semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Entah itu hanya penasaran atau ingin menikmati bagaimana rasanya naik di atas pulau tersebut. Dalam video, sejumlah wisatawan tampak ramai berada di atas pulau.

Mereka menaiki perahu yang berada di tepian danau dan kemudian berlayar ke pulau yang tengah bergerak itu. Lebih lanjut, karena area pulau yang kecil, pulau bergerak hanya bisa dinaiki sekitar 40 hingga 50 orang saja.

4 dari 5 halaman

Komentar netizen

Unggahan TikTok yang telah ditonton hampir 850 ribu kali itu menuai berbagai komentar dari netizen. Mereka tampak terpukau dengan fenomena pulau bergerak tersebut. Banyak yang kagum dengan fenomena tersebut, namun tak sedikit pula yang menerka alasan mengapa pulau tersebut dapat bergerak.

"Sama kayak Pulau Malan dulu. Tapi sekarang katanya udah ngga bisa gerak," tulis akun ajoy.yin21.

"Pernah naik ke situ,emang kerasa banget pas pulaunya bergerak," ungkap akun gaprilala.

"Keren banget," tulis akun kintan.1.

"POV: ternyata pulau itu adalah punggung dari hewan purba zaman dinasourus yang masih hidup hingga sekarang," tulis akun 123_kentang.

5 dari 5 halaman

Tonton videonya berikut ini:

@1_maret_ultah

Keajaiban dunia di kalimantan barat, kalbar mana suaranya ?? #fyp #keajaibandunia #kalimantan #kalbar

♬ suara asli - Aris_Mdr - Aris_Mdr

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS