Sukses

16 Wisata Rasa Surabaya yang Enak dan Murah, Lengkap dengan Harganya

Rekomendasi wisata rasa Surabaya yang enak dan mudah untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Surabaya, lengkap dengan harga perporsinya.

Liputan6.com, Jakarta Wisata rasa Surabaya tidak kalah menarik untuk dijelajahi untuk kamu para wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya. Terdapat beragam kuliner dengan berbagai rasa yang menggugah selera seperti rawon, sate, rujak cingur, bakso dan masih banyak lagi.

Selain berwisata untuk menikmati keindahan alam kota Pahlawan, wisatawan yang berkunjung juga dapat melakukan perjalanan wisata rasa Surabaya yang sudah terkenal dengan cita rasa yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Selain rasanya yang enak, banyak wisata rasa Surabaya yang bisa dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau untuk setiap porsinya. Kamu bisa menikmati wisata rasa Surabaya sejak pagi hari hingga malam hari dengan banyak variasi yang tidak akan membuat bosan.

Sebagai rekomendasi untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Surabaya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber daftar wisata rasa Surabaya yang enak dan murah, lengkap dengan harga per porsinya. Jumat (29/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Rasa Surabaya Yang Enak Dan Murah

1. Rawon Kalkulator (Sup Daging Sapi Indonesia)

Wisata rasa Surabaya yang pertama adalah Rawon. Rawon merupakan sup daging sapi tradisional Jawa yang disajikan dengan kuah kaldu dari buah keluak asli yang berwarna hitam. Ditemani dengan telur bebek asin, sambal terasi, jeruk limau dan nasi putih

Rawon adalah sup daging sapi hitam khas Indonesia yang berasal dari Surabaya. Menu ini adalah salah satu makanan legendaris yang harus dicoba ketika datang ke Surabaya. Warna hitam Rawon berasal dari Kacang Keluak yang menjadi hitam setelah diolah.

Olahan rawon yang terkenal di Surabaya adalah rawon Kalkulator yang terletak di Jalan Raya Darmo, Kabupaten Wonokromo. Buka sampai jam 10 malam, kamu bisa mendapatkan semangkuk Rawon yang enak hanya dengan Rp 20.000.

Harga: mulai dari Rp 20.000/porsi*

 

2. Bubur Ayam Mang Dudung

Wisata rasa Surabaya yang kedua adalah Bubur Ayam Mang Dudung. Makanan ini terdiri dari bubur nasi putih, suwiran ayam, cakwe, kedelai goreng, kerupuk, daun bawang dan telur. Bubur ayam adalah hidangan yang sangat sederhana untuk dimakan.

Tempat makan bubur ayam terbaik di Surabaya ada di Bubur Ayam Mang Dudung yang terletak di jalan Kedungdoro, Bubur Ayam Mang Dudung. Sangat terkenal di Surabaya, kamu harus mengantri panjang sebelum mendapatkan semangkuk bubur ayam.

Harga: mulai dari Rp 10.000/porsi*

 

3. Sego Sambel Mak Yeye

Wisata rasa Surabaya berikutnya adalah sego sambel Mak Yeye. Sego (nasi) sambel (sambal) adalah makanan khas Surabaya. Menu ini berupa nasi dengan banyak sambal diatas pauk seperti tempe goreng atau ayam.

Tempat terbaik untuk malam Sego Sambel adalah yang terletak di Jagir Wonokromo, Sego Sambel Mak Yeye. Kamu dapat memilih lauk apa saja yang anda inginkan, baik itu tempe, ayam, atau tahu goreng. Ada level sambal yang bisa dipilih, dari yang kurang pedas hingga yang paling pedas bisa membakar lidah.

Harga: mulai dari Rp 10.000/porsi*

 

4. Penyetan Bang Ali

Ayam Penyet adalah masakan Jawa Timur khas Indonesia yang disajikan dengan sambal cabai, selada dan irisan mentimun. Sedangkan penyetan adalah istilah Jawa untuk "dihancurkan" atau "ditekan". Ayam penyet atau tempe atau tahu goreng kemudian disajikan dengan sambal pedas diatasnya.

Salah satu tempat penyetan yang terkenal di Surabaya adalah penyetan bang Ali yang terletak di Jl. Simpang Darmo Permai Utara No.22, Lontar, Sambikerep, Surabaya. Ada berbagai lauk pauk dan sambal pedas yang bisa dipilih. Pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan karena penyetan ini buka 24 jam.

Harga: mulai dari Rp 20.000/porsi*

3 dari 5 halaman

Wisata Rasa Surabaya Yang Enak Dan Murah

5. Bebek Wachid Hasyim

Seperti namanya, Bebek Wachid Hasyim memang menggunakan bebek sebagai menu andalannya. Tentu saja ada banyak restoran bebek di Surabaya, tetapi yang paling terkenal dengan rasanya adalah Bebek Wachid Hasyim.

Bebek Wachid Hasyim dikenal dengan hidangan bebeknya yang lembut dan kaya akan rempah-rempah. Belum lagi betapa lembut dan juicynya daging bebek yang dimasak, dipadukan dengan sambal pedas yang gurih.

Harga: mulai dari Rp 24.000/porsi*

 

6. Sop Buntut Gelora Pancasila

Sop Buntut adalah sop tradisional yang terbuat dari buntut sapi yang direbus dengan bumbu. Sop buntut adalah makanan lain yang populer di seluruh pelosok tanah air, khususnya Surabaya ada Sop Buntut Gelora Pancasila. Sop Buntut Gelora Pancasila dikenal kaya akan bumbunya di setiap mangkok sop buntut dan daging yang lembut.

Harga: mulai dari Rp 45.000/porsi*

 

7. Bakso Rindu Malam

Bakso atau bakso adalah sesuatu yang dapat ditemukan di setiap sudut setiap kota, namun jika kamu berkunjung ke Surabaya, kamu akan menemukan bakso jagoan area Surabaya yaitu Bakso Rindu Malam. Dari namanya “Rindu Malam” yang berarti “Merindukan Malam” bakso ini adalah menu favorit semua orang saat berburu bakso di malam hari.

Dibuka pada tahun 1984, Bakso Rindu Malam dikenal dengan cita rasa otentik di setiap mangkok baksonya yang hangat. Mulai dari bakso yang empuk hingga bakso keju bisa dipesan sesuai keinginan.

Harga: mulai dari Rp15.000/porsi*

 

8. Nasi Goreng Pak Kumis

Wisata rasa Surabaya yang selanjutnya adalah Nasi Goreng Pak Kumis. Nasi goreng yang banyak disukai dan terkenal serta patut dicoba di Surabaya adalah Nasi Goreng Pak Kumis. Terletak di Taman Apsari, Nasi Goreng Pak Kumis merupakan salah satu warung nasi goreng yang tidak pernah sepi pengunjung. Tempat ini terkenal dengan cita rasanya yang kaya.

Harga: mulai dari Rp 12.000/porsi*

4 dari 5 halaman

Wisata Rasa Surabaya Yang Enak Dan Murah

9. Nasi Cumi Bu Atun Surabaya

Seperti namanya, Nasi Cumi Bu Atun di Surabaya memang khusus menyajikan menu nasi cumi. Kepopuleran Nasi Cumi Bu Atun dibuktikan dengan antrian panjang yang harus dilalui sebelum bisa mencicipi menu nasi cuminya.

Meski buka selama 24 jam, warung makan ini tetap ramai dengan pengunjung. Nasi cumi terkenal dengan kelezatan dan sambalnya. Hanya dengan Rp 15.000, kamu sudah bisa mendapatkan lengkap lengkap dengan nasi, cumi, mie, telur, dan rempeyek .

Harga: mulai dari Rp15.000/porsi*

 

10. Sate Ayam WR Supratman

Sate ayam atau sate ayam adalah hidangan populer lainnya di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Di Surabaya sendiri ada Sate Ayam WR Supratman yang menyajikan sate ayam terenak di kota ini,

Irisan daging ayam Sate Ayam WR Supratman disukai oleh penikmatnya karena juicy dan potongan ayamnya yang lebih besar dari tempat lain. Selain itu, kuah kacang yang dibuat tidak terlalu halus sehingga lebih gurih dan kaya akan rasa manis.

Harga: mulai dari Rp 12.000/porsi*

 

11. Sate Klopo

Menu sate ayam yang terkenal di Surabaya berikutnya adalah Sate Klopo. Sedikit berbeda dengan menu sebelumnya karena memiliki tambahan kelapa di atasnya. Yaitu Sate Klopo yang berada di gang Ondomohen.

Yang membuat menu ini istimewa adalah kelapa parut tumis yang gurih yang disebut “poya” atau “serundeng” yang menutupi satenya. Daging yang ditusuk dan dipanggang di atas api arang adalah daging sapi, jeroan, dan lemak. Selain itu, bumbu kacang yang pedas dan manis menciptakan cita rasa yang luar biasa.

Harga: mulai dari Rp 30.000/porsi*

 

12. Nasi krawu

Wisata rasa Surabaya yang berikutnya adalah Nasi Krawu. Jika kamu menginginkan nasi yang berbeda, kamu harus mencoba nasi krawu. Nasi krawu memiliki isi yang beragam terdiri dari nasi kukus, suwiran daging sapi, jeroan, “serundeng” (kelapa parut dan tumis), dan sambal petis.

Ada dua jenis serundeng yang berbeda yang bisa dipilih yaitu serundeng merah untuk rasa pedas dan kuning untuk rasa yang tidak pedas. Nasi krawu disajikan dalam daun pisang yang menciptakan aroma yang luar biasa.

Harga: mulai dari Rp 20.000/porsi*

5 dari 5 halaman

Wisata Rasa Surabaya Yang Enak Dan Murah

13. Rujak cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang paling populer, jadi sangat direkomendasikan untuk mencoba makanan ini jika kamu berkunjung ke Surabaya. Disebut rujak cingur karena bahan utamanya adalah cingur (mulut sapi).

Rujak cingur sebenarnya merupakan sejenis salad yang terbuat dari sayuran rebus (bayam, kacang panjang, dan tauge), tempe dan tahu goreng, irisan mentimun, dan “cingur”. Salad hijau ini kemudian menggunakan saus kacang pedas yang dicampur saus "petis".

Harga: mulai dari Rp 75.000/porsi*

 

14. Lontong balap

Lontong balap yang merupakan menu asli Surabaya ini punya cerita unik di balik namanya. “Balap” secara harfiah berarti “ras.” Yang di masa lalu, para pedagang makanan ini membawa keranjang berat dan bersaing untuk mendapatkan pelanggan di pasar Wonokromo.

Hidangan lontong balap terbuat dari lontong (kue beras), tauge, tahu goreng, dan “lentho.” Disajikan dengan kuah bening bersama bawang merah goreng, kecap manis, kerupuk, dan sate daging cangkang. Dari sinilah nama lontong balap diambil.

Harga: mulai dari Rp 15.000/porsi*

 

15. Tahu tek

Tahu tek yang terkenal di Surabaya biasanya merupakan tahu tek yang menggunakan tahu goreng yang dimasak sedang, menawarkan perpaduan rasa yang luar biasa dari rasa manis, gurih, dan pedas.

Selain tahu, hidangan ini terdiri dari beberapa bahan lainnya seperti lontong (lontong), tauge, kentang goreng atau kukus, dan irisan mentimun. Itu atasnya dengan saus kacang manis, bawang merah goreng, dan daun bawang cincang.

Harga: mulai dari Rp 11.000/porsi*

 

16. Pecel semanggi

Wisata rasa Surabaya yang terakhir yang cocok untuk kamu penyuka sayuran adalah Pecel Semanggi. Pecel semanggi yang merupakan makanan asli Surabaya yang sebagian besar terdiri dari daun “semanggi” yang direbus, tauge, bunga “turi”, dan topping saus kacang pedas.

Makanan tradisional ini semakin langka dan biasanya hanya dijual oleh wanita tua di pinggir jalanan Surabaya. Alih-alih menggunakan sendok, penduduk setempat biasanya menggunakan kerupuk puli untuk menyendok pecel dan untuk menambah kenikmatan saat memakannya.

Harga: mulai dari Rp 10.000/porsi*

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.