Sukses

Penyebab iPhone Mati Total dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Penyebab iPhone mati total perlu diketahui oleh para pengguna produk dari Apple ini. Hal ini tentunya sangat penting agar kamu dapat menghindarinya, atau misalkan sudah terjadi kamu tidak panik dan berupaya mengatasi masalah tersebut.

iPhone yang mati total bisa saja tidak rusak. Kamu perlu mengecek kondisi ponsel pintarmu tersebut terlebih dahulu sebelum berputus asa menganggap iPhone sudah rusak. Ada berbagai cara untuk mengatasi iPhone mati total.

Penyebab iPhone mati total bisa dipengaruhi oleh kondisi ponsel yang sudah tua ataupun perangkat pendampingnya yang bermasalah. Mengenali penyebab iPhone mati total perlu dipahami sebelum kamu menerapkan cara mengatasinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022) tentang penyebab iPhone mati total.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab iPhone Mati Total

Penyebab iPhone mati total perlu dipahami setiap penggunanya. Pasalnya, hal ini tentu saja membuat kamu panik. Mengganti ponsel tentu bukan keputusan yang mudah, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Penyebab iPhone mati total biasanya dipengaruhi oleh umur dari ponsel pintar itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, semua barang elektronik akan mengalami penurunan performa. Hal ini juga terjadi pada iPhone. Salah satu tanda yang menjadi tolok ukur kemampuan iPhone makin menurun adalah masa pakai baterai yang tak lagi sama seperti dulu. Hal inilah yang terkadang menjadi penyebab iPhone mati total. Jadi, salah satu penyebab iPhone mati total adalah karena daya baterai sudah sangat rendah.

Selain itu, penyebab iPhone mati total juga bisa dikarenakan aksesoris iPhone yang digunakan tidak asli. Aksesoris ini contohnya seperti adapter dan kabel data yang tidak original. Penyebab iPhone mati total ini terjadi karena iPhone terbilang sangat sensitif terhadap adapter dan kabel yang tidak original.

Penyabab iPhone mati total juga bisa dipengaruhi oleh port charger rusak dan mesin iphone yang bermasalah. Sebelum mengatasi penyebab iPhone mati total dengan membawanya ke tempat servis, kamu bisa melakukan beberapa penanganan sederhana terlebih dahulu di rumah.  

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi iPhone Mati Total

Tekan Tombol Power

Cara mengatasi iPhone mati total yang pertama yaitu dengan memencet tombol restart atau menekan tombol power. Kamu perlu memeriksanya terlebih dahulu, kemudian tahan tombol Hold di pojok kanan atas tepi ponsel selama sekitar 10 detik. Jika belum menyala, coba ulangi sekali lagi. Setelah itu layar iPhone kamu akan berkedip dan tidak lama kemudian akan muncul logo Apple. Jika iPhone dapat kembali beroperasi secara normal, disarankan untuk restart iPhone agar fitur yang ada bisa bekerja dengan normal.

Tekan Tombol Hold dan Home

Cara mengatasi iPhone mati total berikutnya bisa kamu lakukan jika cara pertama tidak berhasil kamu lakukan. Jika iPhone kamu tidak bisa di-restart, coba cara ini sebagai alternatif, yaitu dengan menekan tombol Hold dan tombol Home secara bersamaan selama 10 detik. Jika memungkinkan, kamu bisa menekannya selama 20 atau 30 detik. Dalam banyak kasus, cara ini dijamin dapat menghidupkan kembali iPhone kamu yang mati mendadak.

Charge iPhone

Terkadang penyebab iPhone mati total adalah karena daya baterai sudah sangat rendah. Hal itu karena iPhone memanfaatkan daya baterai yang tersisa untuk mengamankan data dan pengaturan. Jadi, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir jika iPhone mati total. Untuk menangani masalah ini tentu mudah saja, kamu tinggal isi baterai iPhone melalui charger adapter atau tancapkan ke port USB komputer. Namun bila baterai iPhone kamu benar-benar kosong, disarankan untuk men-charge melalui charger adapter.

Factory Reset dan Restore iPhone

Jika cara mengatasi iPhone mati total di atas dirasa belum maksimal, terkadang solusi terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik atau melakukan Factory Reset. Ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone kamu. Langkah ini dijamin dapat memecahkan banyak masalah. Biasanya, kamu hanya perlu mensinkronisasikan iPhone dan klik tombol Restore via iTunes.

Tetapi jika iPhone tidak dapat menyala, kamu perlu melakukan langkah-langkah yang agak spesifik. Pertama-tama, pasang kabel USB iPhone ke konektor dock, jangan ke komputer. Tahan tombol Home selama beberapa detik, setelah itu colok kabel USB ke komputer. Lalu, langkah ini akan membuka iTunes, memposisikan iPhone ke recovery mode, dan memungkinkan kamu mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik. 

4 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Mengatasi iPhone Panas

Selain iPhone mati total, kamu mungkin juga pernah mengalami iPhone kamu menjadi panas. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan ketika iPhone panas:

- Lepas casing agar panas lebih mudah keluar

- Tutup semua aplikasi yang berjalan dan menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang

- Aktifkan mode daya rendah.

- Matikan Bluetooth

- Jauhkan perangkat dari lingkungan yang panas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS